Kampung Coklat Blitar, Wisata Edukasi Ramah Anak Dengan Beragam Aktivitas Seru

Kampung Coklat Blitar

Bingung cari tempat liburan yang cocok buat si kecil? Tenang, sekarang ada wisata ramah anak bernama Kampung Coklat yang berlokasi di Kabupaten Blitar. Di sana banyak sekali aktivitas dan beragam wahana permainan seru yang siap membuat liburan si kecil jadi lebih berwarna.

Alamat : Jl Banteng – Blorok No. 18, Desa Plosorejo RT. 01 / 06, Kademangan, Plosorejo, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar, Jawa Timur 66161.
Lokasi : Google Maps.
Harga Tiket : Rp 20.000 – Rp 35.000.
Jam Buka : 08.00 – 16.00 WIB (Weekday), 08.00 – 18.00 WIB (Weekend).

Aktivitas Seru di Kampung Coklat Blitar

Kalau kamu liburan ke Blitar jangan lupa menyempatkan waktu sebentar berkunjung ke wisata Kampung Coklat. Salah satu tempat wisata paling populer yang sangat cocok buat anak-anak menghabiskan libur akhir pekannya bersama keluarga. Semua hal tentang dunia coklat bisa kamu temui disini.

Kampung Coklat Blitar sendiri didirikan oleh warga sekitar yang bertempat tinggal di sana. Orang tersebut tidak lain dan bukan adalah H. Kholid Mustofa. Awalnya beliau memiliki usaha beternak ayam namun gagal. Begitu membudidayakan tanaman kakao yang diolah menjadi produk coklat, ternyata usahanya itu berhasil dan mulai dikenal luas hingga ke mancanegara.

Akhirnya pada tahun 2014 lahirlah wisata Kampung Coklat yang kamu kenal sekarang. Sayang, wisata ini sempat mengalami kebakaran hebat pada hari Rabu, 23 April 2023 lalu. Memang tidak ada korban jiwa dalam insiden mematikan itu. Namun, kerugian yang harus ditanggung pemilik mencapai ratusan juta rupiah.

Beruntung kebakaran hebat itu tak berdampak serius pada tempat wisatanya. Pihak pengelola juga masih menerima kunjungan wisatawan. Semua aktivitas dan pelayanan kembali berjalan normal seperti biasa.

Wisata ini menawarkan berbagai macam aktivitas seru buat si kecil. Mulai dari mencoba wahana permainan, terapi ikan, belajar memasak, dan menikmati aneka macam coklat di galeri coklat. Kalau mau tahu keseruan lengkapnya bisa kamu simak pada ulasan berikut ini.

Mencoba Wahana Permainan

2022 08 12
Sumber : Googlemaps/ Chandra Nugraha Adi Putra

Kampung Coklat Blitar mempunyai beragam wahana permainan seru yang bisa dimainkan oleh anak-anak. Salah satunya ada mini swinger yang mengajak pengunjung berputar 360 derajat mengikuti arah jarum jam. Wahana ini masih tergolong baru dan menjadi favorit semua kalangan.

Wahana lainnya ada animal toys dan bom bom car. Animal toys adalah kendaraan berbentuk hewan-hewan lucu yang digerakkan menggunakan sumber listrik. Sementara bom bom car adalah mobil berukuran mini dengan beragam warna menarik. Biasanya anak-anak kecil akan beradu balap menggunakan mobil satu ini.

Masih ada dua wahana lagi yaitu kereta lokomotif dan monorel. Keduanya hanya boleh dinaiki oleh anak-anak. Orang tua boleh mendampingi jika si kecil masih berusia di bawah 5 tahun.

Dan semisal kamu ingin berkeliling tanpa perlu repot jalan kaki bisa naik golf car atau sepeda listrik. Sembari duduk santai kamu bisa memandangi area Kampung Coklat secara keseluruhan.

Setelah lelah berkeliling jangan lupa mengunjungi Playground B dan pulo coklat. Sebuah tempat bermain yang menawarkan wahana permainan yang bisa mengasah motorik anak. Coba juga mesin permainan yang dioperasikan menggunakan koin bernama arkade game.

Mencelupkan Kaki di Kolam Terapi Ikan

Ada satu aktivitas paling nikmat di Kampung Coklat Blitar, yaitu mencelupkan kaki di kolam terapi ikan. Rasakan sensasi menggelitik yang aneh karena ikan-ikan kecil tengah menggigit seluruh permukaan kulit kaki kamu.

Awalnya memang agak sedikit geli. Tetapi lama kelamaan kamu akan merasa nyaman dan terbiasa. Aktivitas semacam ini sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh karena bisa mengangkat sel kulit mati pada kaki.

Kamu bisa menikmati fasilitas kolam terapi ikan ini secara gratis jika membeli tiket terusan seharga Rp 35.000. Tetapi kalau kamu masuk dengan tiket reguler seharga Rp 20.000 masih harus membayar tarif lagi sebesar Rp 5.000.

Cooking Class

2022 03 28
Sumber : Googlemaps/ Wienda Dian

Bagi kamu yang hobi masak jangan lewatkan aktivitas cooking class di Kampung Coklat Blitar. Di sini pengunjung bisa belajar memasak berbagai macam olahan makanan berbahan dasar coklat. Selain itu pengunjung juga diperbolehkan menghias coklat sesuai selera.

Aktivitas ini biasanya ditujukan untuk anak-anak kecil yang ingin belajar memasak. Namun terkadang ada juga orang dewasa yang berminat mencobanya. Bisa dibilang kegiatan cooking class dibuka untuk semua umur.

Banyak manfaat yang akan kamu dapatkan jika mengikuti program ini. Seperti tahu bagaimana cara mengolah coklat dengan benar, jadi mahir memasak, dan mendapatkan ilmu serta kawan baru.

Mengunjungi Galeri Coklat

2022 02 14
Sumber : Googlemaps/uut_udhel 29

Sebelum pulang dari Kampung Coklat Blitar jangan lupa membeli oleh-oleh di galeri coklat. Area satu ini menawarkan berbagai macam produk dari coklat yang bisa kamu cicipi dan bawa pulang. Semuanya tertata rapi pada sebuah etalase dan meja kayu kecil.

Kebanyakan produk yang dijual adalah khas dari Kampung Coklat. Ada brownies, keripik, permen, dan coklat beraneka rasa. Bentuk makanannya sangat lucu dan menggugah selera.

Tidak hanya makanan saja, galeri coklat juga menjual produk suvenir yang menarik. Diantara-Nya ada tas, cangkir, baju, dan masih banyak lagi. Untuk harganya masih cukup terjangkau di kalangan wisatawan lokal.

Fasilitas Kampung Coklat Blitar

Fasilitas umum di Kampung Coklat Blitar tergolong lengkap dan memadai. Area parkirnya cukup luas untuk menampung sepeda motor dan mobil milik wisatawan. Agar lebih tertata rapi pihak pengelola menempatkan seorang juru parkir khusus.

Bagi pengunjung muslim sudah disediakan tempat ibadah berupa mushola kecil yang bisa kamu manfaatkan. Suasana tempatnya sangat nyaman untuk menjalankan shalat 5 waktu.

Tak lupa pihak pengelola juga menyediakan toilet umum. Kondisinya terlihat bersih dan sangat terawat sehingga membuat pengunjung merasa nyaman saat menggunakannya.

Semisal kamu merasa lapar bisa mengunjungi outlet kuliner di sekitar Kampung Coklat Blitar. Di sana banyak menjual menu minuman makanan yang enak-enak. Tentunya dengan harga terjangkau dan tidak sampai menguras kantong kamu.

Tips Berkunjung Ke Kampung Coklat Blitar

Liburan ke Kampung Coklat Blitar jangan lupa mengajak anggota keluarga atau sahabat. Karena bepergian secara berkelompok jauh lebih seru ketimbang pergi seorang diri. Selama perjalanan kamu jadi punya teman mengobrol dan bersenda gurau.

Sudah pasti perjalanan yang tadinya melelahkan akan berubah menjadi lebih menyenangkan. Dan kalau kamu datang dari luar Blitar sebaiknya naik bus sewa saja semisal perginya beregu. Biasanya harga sewanya sangat murah dan ada diskon khusus.

Begitu sampai di tempat wisata selalu ikuti arahan petugas. Patuhi juga setiap peraturan yang ada di tempat wisata tersebut. Jangan mencoret-coret atau membuang sampah sembarangan.

Sekian penjelasan singkat mengenai Kampung Coklat Blitar kali ini. Kalau kamu mau tahu informasi lebih lengkap tentang wisata ini bisa menghubungi nomor telepon 082220567818. Atau bisa juga mengikuti media sosial Instagram resminya di kampung_coklat.

Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments