Museum Satwa Batu, Ulasan Wisata & Tiket Masuk

Museum Satwa Batu

Museum Satwa Batu ini hadir sebagai ajang edukasi mengenai perkembangan fauna di Indonesia. Keberadaannya berhasil menarik perhatian para wisatawan lokal maupun luar.

Di Indonesia sendiri kita bisa menemukan berbagai hal yang berhubungan dengan satwa di kebun binatang. Ada berbagai kebun binatang di setiap daerah yang bisa kita temukan mulai dari Taman Margasatwa Ragunan yang berada di Jakarta, Kebun Binatang Bandung di Bandung, atau Taman Safari Indonesia yang terletak di Bogor.

Namun tidak hanya itu saja, berlibur ke kawasan Batu, kita akan menemukan berbagai tempat yang bernilai edukasi satwa. Salah satunya yang cukup hits di Kalangan yaitu Jatim Park 2. Jatim Park 2 ini memiliki ribuan koleksi satwa yang cukup menarik untuk dipelajari.

Masih berada di kawasan tersebut, kita akan menemukan Museum Satwa, salah satu lokasi yang belakangan ini banyak diincar oleh para wisatawan.

Museum Satwa Batu bergerak dibawah naungan Ex-Situ Satwa Liar di mana mempunyai tugas untuk mengoleksi serta mengedukasi berbagai hewan punah yang telah diawetkan. Satwa yang diawetkan tersebut tidak hanya berasal dari Indonesia saja, bahkan ada pula yang berasal dari luar benua.

Ulasan Wisata Museum Satwa Batu

Museum Satwa ini hadir ditengah-tengah para wisatawan sejak tahun 2017 silam. Kehadirannya ini berhasil menarik perhatian wisatawan untuk mengunjungi.

2019 08 11
Foto via googlemaps/Syamsul arifin

Museum Satwa Batu terbagi ke dalam beberapa area di mana setiap areanya sendiri memiliki nilai edukasinya tersendiri.

Ada area Sangkar Raksasa. Kita bisa masuk ke sebuah sangkar raksasa dan melihat berbagai koleksi burung yang diawetkan. Di dalam sana juga terdapat berbagai edukasi seputar jenis burung, kebiasaan, hingga peran dari setiap burung tersebut.

Selain itu, ada pula Insectarium yang disebut-sebut sebagai rumah serangga. Ada berbagai jenis serangga hingga kupu-kupu indah yang bisa kita lihat di Insectarium.

Ada juga Mayapada Show tempat ini diperuntukan bagi hewan-hewan lucu untuk melakukan pertunjukan. Di sana juga kita akan diedukasi mengenai menjaga lingkungan dan bahayanya menebang pohon sembarangan.

Wisata Menarik Lainnya :  Lembang Wonderland, Serunya Menjelajahi Dunia Dongeng

Museum Satwa Batu juga memiliki area Imperial Eagle atau yang dikenal dengan nama rumah elang. Kita bisa melihat keindahan burung dengan penglihatan tajam dan sayap yang kokoh. Bahkan kita bisa mampir ke area Harimau Sumatera. Hewan yang hampir punah ini bisa kita pelajari habitatnya di Museum Satwa.

2021 10 30 2
Foto via Googlemaps/Hendri Wijaya

Ada pula beberapa area lainnya yang tidak kalah menarik yaitu Racoon, Grizzly Bear, Galeri Fosil, Pengetahuan Fauna, dan masih banyak lagi.

Selain menyuguhkan nilai edukasi yang sangat bermanfaat. Di sana juga wisatawan bisa melakukan rekreasi menyenangkan bersama teman maupun keluarga tercinta. Bahkan beberapa wisatawan mengabadikan momen berkesan di Museum Satwa ini.

Tiket Masuk Museum Satwa Batu

Untuk masuk dan mendapatkan segala pengetahuan di Museum Satwa ini, wisatawan akan dikenakan tarif sebesar Rp 110.000 per orang yang diberlakukan setiap weekdays dan Rp 120.000 yang diberlakukan untuk hari Sabtu, Minggu dan hari libur nasional.

Harga tiket yang diberlakukan di Museum Satwa ini terbilang murah di lihat dari fasilitasnya yang lengkap dan kegiatannya yang bermanfaat.

Untuk wisatawan yang membawa kendaraan pribadi berupa kendaraan roda dua maupun empat akan dikenakan biaya tambahan untuk satu kendaraan dibanderol dengan tarif Rp 2.000 hingga Rp 10.000.

Kuliner Museum Satwa Batu

Museum Satwa Batu juga dilengkapi dengan fasilitas berupa rumah makan. Rumah makan tersebut menyediakan berbagai menu hidangan yang lezat.

Menu Nusantara seperti rawon, gudeg, soto babat hingga menu western bisa kita temukan dengan mudah di sana. Untuk harga menu makan yang ada di resto tersebut ditaksir mulai dari Rp 9.000 hingga Rp 40.000.

Lokasi Museum Satwa Batu

Wisatawan yang menyukai kegiatan berhubungan dengan satwa, wajib banget mampir ke Museum Satwa yang terletak di Jalan Oro-Oro Ombo No.9, Temas, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur. Map klik disini.

Wisatawan hanya perlu menuju ke Jalan Oro-Oro Ombo yang bisa dilalui menggunakan kendaraan pribadi maupun umum dengan durasi waktu sekitar 25 menit perjalanan.

Wisata Menarik Lainnya :  5 Pilihan Tempat Wisata Jogja Yang Instagramable

Meskipun berada di kawasan Jatim Park 2, Museum Satwa ini memiliki durasi waktu operasional yang berbeda yaitu mulai pukul 09.30 – 17.30 WIB.

Akomodasi

Menemukan tempat penginapan di sekitar Jatim Park 2 sangatlah mudah. Kita bisa mampir ke Grand Batu Inn yang terletak di Jalan Oro-Oro Ombo No.1A, Temas, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur.

Kita bisa sampai di penginapan tersebut dengan waktu sekitar 8 menit perjalanan. Tarif penginapan yang ditawarkan Grand Batu Inn ini cukup terjangkau yaitu mulai dari Rp 225.000 hingga Rp 564.000 per malam. Hotel tersebut dilengkapi dengan fasilitas yang cukup lengkap mulai dari perlengkapan tidur, perlengkapan mandi, akses Wi-Fi, dan masih banyak lagi.

Wisatawan yang ingin mengenal seputar fauna dan berbagai fosil hewan langka bisa mampir ke Museum Satwa ini bersama keluarga agar terkesan lebih menyenangkan. Terutama bagi wisatawan Malang dan sekitarnya wajib banget datang ke sana.

Rate this post
Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.
Avatar for Erisa Vindia
Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.