Museum Barli Bandung – Koleksi Karya Seni, Harga Tiket Masuk & Cafe

museum barli bandung

Bicara mengenai seni dan keindahan, dua unsur ini memiliki makna saling keterikatan. Belakangan ini juga banyak destinasi wisata yang mengusung konsep seni budaya yang seketika marak dikagumi oleh para wisatawan. Seperti halnya salah satu tempat yang wajib kita kunjungi ketika berkunjung ke Bandung yaitu Museum Barli.

Museum Barli Bandung didirikan oleh seorang seniman bernama Barli Sasmitawinata yang kemudian diresmikan sebagai tempat wisata di Bandung pada tanggal 26 Oktober 1992. Hadirnya Museum Barli ini menjadi inspirasi sekaligus edukasi seputar perjalanan seni rupa yang ada di Bandung.

Museum Barli cukup melegenda di Bandung. Banyak wisatawan yang sengaja-sengaja datang ke Bandung hanya untuk melihat sisi menarik dari Museum Barli. Dari tahun 1992 hingga saat ini, Museum Barli ini selalu saja eksis di kalangan para wisatawan terutama bagi wisatawan Bandung dan juga seniman.

Koleksi Museum Barli Bandung

19050808 453279588354932 3902117581011550208 n
Foto via Instagram.com/fasko_dede

Museum Barli Bandung ini berkonsep jadul namun dari segi desain bangunan beserta penataannya Museum Barli terkesan sangat kekinian. Dengan warna bangunan berwarna putih dan bergaya Eropa sehingga membuat Museum Barli ini memiliki ketertarikannya sendiri.

Di dalam sana kita akan menemukan beragam jenis lukisan yang telah di buat oleh Barli Sasmitawinata dan Seniman Bandung lainnya.

Di balik deretan lukisan-lukisan tersebut menyimpan berbagai peristiwa yang pernah terjadi di Bandung. Namun ada juga lukisan-lukisan keindahan alam, satwa, dan lainnya. Lukisan-lukisan tersebut sengaja di pajang di lorong museum yang membuatnya terlihat mencolok.

Selain lukisan, ada juga berbagai koleksi patung maupun mainan. Biasanya pada hari-hari tertentu ada sebuah event melukis dinding dan juga membuat kerajinan dari tanah liat. Kegiatan ini biasanya diperuntukan bagi anak-anak untuk menambah pengetahuan serta melatih keterampilan.

Menariknya, Museum Barli Bandung ini memiliki ruangan yang menyimpan koleksi-koleksi mainan jadul. Ada action figure Gundala maupun Spiderman, komik, mobil-mobilan, game console, dan masih banyak lagi. Di sana kita bisa melihat koleksi mainan yang sudah langka. Dengan datang ke sana, wisatawan seolah dibawa ke putaran waktu ketika masih kanak-kanak dulu.

Wisata Menarik Lainnya :  Vihara Buddhagaya Watugong, Wisata Religi Semarang dengan Pagoda Mempesona

Bahkan di Museum Barli Bandung juga terdapat sebuah galeri lukisan keluarga Barli yang menyuguhkan kegiatan-kegiatan keluarga yang cukup aktif serta foto-foto keluarga Barli. Tidak jauh dari tempat tersebut juga ada ruangan Sang Maestro yang berisi profil seorang pendiri Museum Barli.

Setelah berkeliling melihat seisi Museum Barli, kita bisa nongkrong sekaligus mengisi perut di cafe yang ada di sana. Cafe ini memiliki nilai seni yang begitu kental bisa kita lihat dengan tempat duduk batang pohon maupun kursi cantiknya yang unik. Di cafe ini kita bisa memesan nasi goreng tuna, pangsit, dan lainnya.

13151373 364184247085571 506849873 n
Foto via Instagram.com/govakansi

Fasilitas dan HTM Museum Barli Bandung

Fasilitas lainnya yang ada di sana yaitu gazebo, spot foto, toilet, lahan parkir, dan lainnya.

Untuk tiket masuk ke Museum Barli ini kita akan dikenakan tarif sebesar Rp 20.000 per orang. Kita juga akan dikenakan tiket parkir sebesar Rp 5.000 sampai dengan Rp 10.000 setiap kendaraan.

Lokasi dan Jam Buka Museum Barli Bandung

Wisatawan yang ingin mengunjungi Museum Barli bisa datang ke Jalan Prof. Dr. Sutami No.91, Sukarasa, Kecamatan Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat 40152. Berada di pusat Kota Bandung menjadikan Museum Barli ini mudah ditemukan. Map klik disini.

Jika dari arah pusat Kota Bandung kita bisa melalui Jalan Jenderal Sudirman belok kanan ke Jalan Gardujati. Dari sana kita hanya perlu mengikuti petunjuk jalan menuju Jalan Prof. Dr. Sutami. Jarak tempuhnya sekitar 15 menit perjalanan dari pusat Kota Bandung.

Museum Barli ini beroperasi setiap gari Senin sampai Sabtu mulai pukul 10:00 sampai dengan pukul 17:00.

Akomodasi Di Sekitar Museum Barli Bandung

Wisatawan yang ingin melakukan penginapan bisa mengunjungi Ahadit Hotel & Bungalow yang berada di Jalan Sindang Sirna Elok No.9, Sukarasa, Kecamatan Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat 40152. Jarak tempuhnya dari Museum Barli sekitar 5 menit perjalanan.

Untuk tarif penginapannya dibanderol mulai dari Rp 246.000 sampai dengan Rp 600.000 per malam sesuai paket penginapan yang kita inginkan.

Wisata Menarik Lainnya :  Serunya Edukasi Anatomi Tubuh Manusia Di The Bagong Adventure Museum

Bandung seolah menjadi rumah bagi para pecinta seni, para pecinta alam, atau wisatawan yang suka kulineran. Dengan liburan di Bandung, wisatawan akan disuguhkan oleh hal-hal luar biasa yang tentunya menyenangkan dan berkesan.

Rate this post
Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.
Avatar for Erisa Vindia
Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.