Situ Gunung Sukabumi, Solusi Liburan Komplit Bareng Keluarga

Situ Gunung Sukabumi

Wisata Alam Tersembunyi di Indonesia memang tidak ada habisnya. Dalam kurun satu tahun saja, muncul berbagai macam wisata baru dan terjadi perubahan besar-besaran pada suatu obyek wisata. Salah satunya di Sukabumi, Jawa Barat. Kota yang dijuluki sebagai kota santri ini memiliki beragam objek wisata, baik yang berbau alam, buatan, maupun tradisional.

Situ Gunung Sukabumi merupakan wisata Jawa Barat tepatnya di Sukabumi yang terletak di Kaki Gunung Pangrango. Wisata ini cukup terkenal dengan adanya suspension bridge yang disebut-sebut sebagai Jembatan Gantung Terpanjang di Asia Tenggara, dengan panjang 243 meter. Selain jembatan gantung, di Situ Gunung juga terdapat objek wisata lainnya seperti Curug Sawer, Danau Situ Gunung, dan Camping Ground.

Daya Tarik Situ Gunung Sukabumi

Daya tarik Situ Gunung Sukabumi terletak pada jembatan gantungnya. Karena jembatan ini merupakan icon dari Situ Gunung yang terasa tidak lengkap jika tidak mengunjunginya. Apalagi jembatan ini juga menjadi akses utama jika ingin berkunjung ke Curug Sawer.

Ketika kita mencoba menaiki Situ Gunung Suspention Bridge, adrenalin kita akan teruji dengan papan jembatan yang akan bergerak ke kanan dan ke kiri ketika dipijaki dari ujung ke ujung. Namun, pemandangan yang disuguhkan ketika menelusur jembatan panjang itu, mampu menjadi obat tersendiri untuk mengobati ketegangan.

photo 2022 10 20 23 21 12
Situ Gunung Suspention Bridge

Setelah menelusur jembatan gantung, kita dapat melanjutkan perjalanan menuju Curug Sawer dengan berjalan kaki melewati tangga-tangga berbatu. Kita tidak perlu takut kelelahan selama perjalanan karena akan kita temukan warung makan yang dapat digunakan sebagai tempat untuk beristirahat dan membeli beberapa makanan/minuman.

Perjalanan dari jembatan ke curug cukup jauh. Namun, perjalanan itu akan berbalas dengan keindahan Curug Sawer. Sayangnya, air pada Curug Sawer cukup dingin dan aliran airnya pun deras. Jadi, jika ingin bermain air, kita harus tahan pada hawa dingin.

Wisata Menarik Lainnya :  Taman Prawatasari, Taman Bunga Edukatif & Instagramable

Fasilitas di Situ Gunung Sukabumi

Ada beberapa fasilitas yang tersedia di Situ Gunung, antara lain:

  1. Tempat parkir.
  2. Toilet.
  3. Panggung terbuka.
  4. Warung makan atau kafe.
  5. Penginapan.
  6. Camping Ground.
  7. Flying fox.
  8. Berbagai spot foto yang estetik.

Berapa Tiket Masuk Situ Gunung?

photo 2022 10 20 23 21 18
Fasilitas Situ Gunung

Harga tiket masuk di Situ Gunung Sukabumi cukup ramah di kantong, yakni dibandrol dengan harga Rp 16.000 ketika weekday dan Rp 18.500 ketika weekend.

Sedangkan jika ingin berkemah, harganya adalah Rp 24.000 untuk weekday dan 29.000 untuk weekend.

Lalu jika ingin ke Situ Gunung Suspension Bridge dan Curug Sawer, ada 3 paket yang bisa dipilih sesuai keinginan, yaitu:

  1. Red (Reguler): Harga Rp 50.000 yang sudah include jugle tracking, suspension bidge, waterfall tour, welcome drink, dan teater. Namun, jarak yang ditempuh dengan jalan kaki sejauh 3,5 kilometer dan tidak ada mobil penjemputan.
  2. Yellow (VIP): Harga Rp 75.000 yang sudah include VIP access, suspension bidge, waterfall tour, welcome drink, all you can eat, dan teater. Jarak yang ditempuh sejauh 2,5 kilometer dan ada mobil penjemputan.
  3. Green (VVIP): Harga Rp 100.000 yang sudah include VVIP access, suspension bidge, waterfall tour, welcome drink, all you can eat, free lunch, dan teater. Jarak yang ditempuh hanya 1,5 kilometer dan ada mobil penjemputan.

Akomodasi untuk Menginap

Jika merasa kurang puas kalau harus berkeliling di Situ Gunung dalam satu hari, ada 3 tempat penginapan yang dapat dipilih untuk menginap di Situ Gunung, yaitu:

  1. Tanakita Camping Ground.
  2. Villa Cemara.
  3. Calliandra Camping Ground.

Situ Gunung di mana?

Situ Gunung beralamat di Gede Pangrango, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Atau bisa dilihat melalui maps.

Untuk pergi ke Situ Gunung Sukabumi, kamu dapat menaiki sepeda motor, mobil, atau angkutan umum. Jika ingin pergi menggunakan angkutan umum, kamu bisa naik angkutan berwarna merah dari Pasar Cisaat dengan jurusan akhir Situ Gunung. Kira-kira waktu yang diperlukan untuk sampai di Situ Gunung dari Pasar Cisaat antara 20 sampai 30 menit.

Wisata Menarik Lainnya :  5 Kawasan Wisata Gunung Bromo Wajib di Kunjungi

Saran

Jika ingin pergi ke Situ Gunung Sukabumi, lebih baik menggunakan kendaraan pribadi karena letaknya cukup jauh. Kalaupun pergi dengan kendaraan umum, sisihkan uang lebih karena kemungkinan ada biaya tambahan yang harus dibayar untuk mengelilingi wisata yang ada.

Hindari menggunakan ojek untuk pergi ke tempat wisata karena harganya relatif mahal dan menjadi tidak leluasa menikmati wisata di Situ Gunung. Apalagi dengan jam buka wisata Situ Gunung Sukabumi pada jam 07.00 – 16.00 pada hari biasa serta jam 07.00 – 17.00 pada hari libur dan akhir pekan.

Demikian ulasan mengenai wisata Situ Gunung Sukabumi yang sebagian besar diambil dari pengalaman pribadi penulis. Semoga ulasan tersebut dapat membantu kalian yang ingin pergi ke Situ Gunung, tetapi tidak tahu bagaimana cara ke sana dan berapa uang yang harus disiapkan untuk berlibur di sana. Salam semangat dan semangat mencoba.

Rate this post
Seorang gadis penuh teka-teki yang sedang berusaha menjadi lebih baik, melalui tulisannya. Memiliki ketertarikan pada skincare, mental health, dan relationship.
Avatar for Fela Khoirul Ihsani
Seorang gadis penuh teka-teki yang sedang berusaha menjadi lebih baik, melalui tulisannya. Memiliki ketertarikan pada skincare, mental health, dan relationship.

Vanaprasta Gedong Songo Park, Wisata Hutan Pinus Alternatif Refreshing…

Lokasi Vanaprasta Gedong Songo Park ini berdekatan dengan lokasi Candi Gedong Songo yang merupakan...

Taman Wisata Matahari, Wisata Rekreasi Legend di Bogor

Liburan di Bogor menjadi kegiatan favorit yang selalu di tunggu-tunggu oleh para wisatawan. Kawasan...

Curug Tirto Wening, Air Terjun Indah Sebening Kristal di…

Semarang memang terkenal dengan potensi objek wisatanya yang begitu indah dan beragam, mulai dari...