Museum Komodo Dan Taman Reptil – Berinteraksi Dengan Komodo Dan Aneka Jenis Reptil di Jakarta

Museum Komodo Dan Taman Reptil

Museum Komodo dan Taman Reptil ini cukup menarik perhatian karena konsepnya yang unik. Sesuai dengan namanya, wisatawan akan menemukan berbagai edukasi yang berhubungan dengan komodo dan juga aneka jenis reptil. Kita seolah akan dibawa masuk ke sebuah dimensi masa lampau yang begitu menarik.

Jakarta merupakan Ibukota Indonesia di mana kita tau bahwa kota ini menyimpan berbagai peristiwa sejarah yang tidak terelakan. Di Jakarta, mungkin wisatawan akan menemukan berbagai gedung menjulang tinggi. Tetapi perlu wisatawan tau, Jakarta juga memiliki berbagai tempat penuh sejarah yang bisa kita kunjungi ketika akhir pekan.

Destinasi wisata sejarah yang ada di Ibukota ini cukup beragam mulai dari Museum Fatahilah yang berisi seputar awal mula Jakarta terbentuk, lalu Museum Perangko Indonesia yang menyuguhkan perkembangan mengenai dunia surat menyurat, hingga Museum Komodo dan Taman Reptil.

Di Museum Komodo dan Taman Reptil ini wisatawan akan melihat perkembangan dunia satwa dari masa ke masa. Ada berbagai jenis edukasi mengenai hewan purba yang akan wisatawan temukan di Museum Komodo dan Taman Reptil ini. Bahkan hal menarik lainnya terletak pada sebuah bangunan berbentuk komodo yang begitu besar.

87643520 831046430695713 8980903625368232204 n
Foto via Instagram.com/pratad_dicky

Daya Tarik Museum Komodo dan Taman Reptil

Jika di museum lainnya wisatawan hanya akan disuguhkan oleh sebuah replika, di Museum Komodo dan Taman Reptil ini wisatawan bisa melihat koleksinya yang benar-benar nyata. Di dalam sana terdapat seekor hewan komodo yang cukup jinak sehingga wisatawan tidak perlu merasa takut untuk melihatnya dari jarak dekat.

Bahkan, beberapa wisatawan justru memanfaatkan waktunya ketika datang ke sana untuk berfoto dengan komodo tersebut. Itulah yang menjadikan Museum Komodo dan Taman Reptil ini seketika viral di media sosial.

Selain menyaksikan komodo, wisatawan juga bisa mampir ke kandang buaya atau biawak. Museum Komodo dan Taman Reptil ini memiliki 75 jenis hewan reptil di mana total hewan tersebut sekitar 325 ekor. Banyaknya koleksi yang ada di Museum Komodo dan Taman Reptil ini membuat wisatawan penasaran untuk mengenalnya lebih dalam.

Wisata Menarik Lainnya :  8 Tempat Wisata Ciwidey Bandung yang Paling Hits

Di setiap kandang hewan tersebut diberikan sebuah keterangan mengenai nama hewan, jenis, ukuran, hingga spesifikasi lainnya sehingga hal ini bisa dijadikan sebagai ajang edukasi. Wisatawan bisa melihat aneka jenis hewan seperti kura-kura, ular, biawak, buaya dan masih banyak lagi.

Tidak sekedar melihatnya saja, wisatawan juga bisa memberi makan hewan-hewan tersebut serta menyentuhnya secara langsung. Namun wisatawan tidak perlu takut karena di sana kita akan didampingi oleh seorang profesional.

Seorang pemandu akan menjelaskan mengenai hal-hal yang bisa mengancam hewan tersebut, pertolongan pertama saat digigit ular berbisa, jenis makanan yang bisa kita berikan, dan masih banyak lagi. Bagi penggemar hewan reptil, edukasi ini sangat berharga karena kita bisa merawat hewan peliharaan dengan sangat baik.

Museum Komodo dan Taman Reptil 2 768x535 1
Foto via Instagram.com/maccubeetle

Wisatawan tidak hanya melihat hewan-hewan tersebut dalam sebuah kandang. Wisatawan juga bisa mampir ke sebuah goa yang bernama goa reptil. Dengan penerangan yang temaram, wisatawan akan menemukan beberapa komodo kecil serta anak ular yang sengaja di taruh di jaring kotak yang berada di dinding. Masuk ke goa ini cukup menguji adrenalin sehingga wisatawan sangat disarankan untuk mencobanya.

Museum Komodo dan Taman Reptil juga memiliki fasilitas auditorium yang dibuka setiap hari dengan waktu mulai pukul 10.00 – 10.15 WIB juga pada pukul 13.30 – 13.45 WIB. Di sana wisatawan bisa melihat penayangan informatif seputar dunia reptil. Beberapa penayangan yang akan kita lihat yakni perubahan warna pada bunglon, cara cicak melindungi diri, dan masih banyak lagi.

Fasilitas lainnya yang akan kita temukan di Museum Komodo dan Taman Reptil ini yaitu Reptil Garden. Area ini merupakan area hijau dengan deretan gazebo yang bisa pengunjung duduki untuk istirahat sambil menikmati aneka hidangan lezat. Ada area food court yang menyedikan berbagai hidangan lezat di sekitar sana mulai dari batagor, pop mie, pempek, bakso, dan masih banyak lagi.

Harga Tiket Museum Komodo dan Taman Reptil

Untuk bertemu aneka jenis reptil ini wisatawan perlu membayar tiket masuk yang dibanderol dengan harga Rp 25.000 per orang. Tiket ini sudah termasuk semua jenis area yang ada di Museum Komodo dan Taman Reptil. Bagi wisatawan yang membawa kendaraan pribadi, perlu membayar tiket tambahan sebesar Rp 5.000 hingga Rp 10.000.

Wisata Menarik Lainnya :  Pura Agung Giri Natha, Tempat Ibadah Umat Hindu Terbesar di Semarang

Lokasi dan Jam Buka Museum Komodo dan Taman Reptil

Wisatawan bisa melihat komodo dengan datang ke lokasi Museum Komodo dan Taman Reptil yang berada di Jalan Taman Mini Indonesia Indah, RW.2, Ceger, Kecamatan Cipayung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13820. Map klik disini.

Lokasi Museum Komodo dan Taman Reptil ini masih berada di kawasan Taman Mini Indonesia Indah sehingga wisatawan tentunya tidak akan salah jalan. Wisatawan Bogor perlu melakukan perjalanan melalui Jalan Tol Jagorawi ke arah Jalan Raya Mabes Hankam hingga bertemu dengan Jalan Taman Mini Indonesia Indah.

Museum Komodo dan Taman Indonesia ini beroperasi setiap hari dengan waktu operasional mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB. Wisatawan bisa datang ke sana lebih pagi untuk menghindari antrian loket masuk.

Akomodasi

Wisatawan yang ingin bermalam di lokasi tersebut bisa mampir ke salah satu hotel yang berada di kawasan tol yaitu The Lodge at Jagorawi Golf & Country Club yang terletak di Jalan Karanggan Muda, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16960. Wisatawan bisa sampai di sana hanya dengan waktu 25 menit perjalanan. Hotel ini memiliki banyak jenis paket penginapan yang ditaksir mulai dari Rp 466.000 sampai dengan Rp 711.000 per malam.

Wisatawan yang ingin melakukan liburan di Jakarta, perlu banget mampir ke Museum Komodo dan Taman Reptil. Selain bersenang-senang, wisatawan juga akan mendapatkan banyak edukasi serta pengalaman yang berharga.

Rate this post
Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.
Avatar for Erisa Vindia
Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.

Vanaprasta Gedong Songo Park, Wisata Hutan Pinus Alternatif Refreshing…

Lokasi Vanaprasta Gedong Songo Park ini berdekatan dengan lokasi Candi Gedong Songo yang merupakan...

Taman Wisata Matahari, Wisata Rekreasi Legend di Bogor

Liburan di Bogor menjadi kegiatan favorit yang selalu di tunggu-tunggu oleh para wisatawan. Kawasan...

Curug Tirto Wening, Air Terjun Indah Sebening Kristal di…

Semarang memang terkenal dengan potensi objek wisatanya yang begitu indah dan beragam, mulai dari...