Taman Ismail Marzuki, Wisata Edukasi Jakarta Yang Ciamik

Taman Ismail Marzuki

Tempat yang wajib menjadi pilihan liburan di Jakarta yaitu Taman Ismail Marzuki. Taman ini sudah ada sejak tahun 1968. Namanya sendiri diambil dari nama seorang tokoh komponis Nasional yang telah menciptakan lagu Halo-Halo Bandung dan juga Rayuan Pohon Kelapa.

Taman ini juga digunakan sebagai wadah bagi setiap seniman untuk berekspresi, berkreatifitas, dan memamerkan karya-karya indah.

Daya Tarik Taman Ismail Marzuki

Berbagai macam seni bisa kita temukan di Taman Ismail Marzuki. Mulai dari seni yang dapat dinikmati melalui indera pendengaran atau pun seni yang bisa dinikmati melalui indera penglihatan.

Banyak karya-karya seniman ternama yang dipamerkan di sana seperti pelukis Oesman Effendi, sutradara Teguh Karya, sastrawan WS. Rendra, dan masih banyak lagi.

20191222 122800 1
Foto via Googlemaps/Muhammad Iqbal

Di dalam sana kita akan melihat sebuah monumen-monumen dengan lukisan para tokoh-tokoh ternama seperti bangunan yang bergambar wajah Chairil Anwar, patung Ismail Marzuki, dan lainnya.

Di bagian sudut sebelah kiri Taman Ismail Marzuki kita akan menemukan dinding mural yang sangat kreatif. Dinding ini seringkali dijadikan sebagai spot foto untuk menciptakan hasil yang keren. Ada juga spot foto lainnya yang sangat unik.

Taman Ismail Marzuki ini memiliki ruang teater besar yang mampu menampung hingga 1.200.000 penonton. Teater ini biasanya digunakan sebagai acara-acara formal seperti wisuda, pagelaran seni, pementasan teater konser music dan lainnya.

Fasilitas lainnya yang ada di Taman Ismail Marzuki yaitu Graha Bhakti Budaya, Galeri Cipta, Gedung Kesenian, Gedung Wayang, Cinema XXI, Musala, Perpustakaan DKI, dan masih banyak lagi.

Bahkan di Museum Ismail Marzuki ini kita bisa menemukan sebuah cafetaria yang cocok untuk nongkrong menikmati penutupan hari. Cafetaria tersebut menyediakan berbagai camilan, hidangan Nusantara hingga minuman kopi dan susu yang dibanderol dengan tarif yang terjangkau yakni sebesar Rp 12.000 hingga Rp 36.000.

285646196 173603281719787 2616953391421212125 n
Foto via Instagram.com/dewiirma_k

Tiket Masuk Taman Ismail Marzuki

Untuk wisatawan yang ingin menjelajah dan menyaksikan langsung keindahan seni di Taman Ismail Marzuki akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang.

Wisata Menarik Lainnya :  Desa Wisata Peniwen: Wisata Alam dan Edukasi Info Terbaru 2022

Bagi wisatawan yang datang ke sana menggunakan kendaraan pribadi, akan dikenakan tarif tambahan berupa tiket parkir sebesar Rp 5.000 hingga Rp 10.000 setiap kendaraan.

Lokasi dan Jam Buka Taman Ismail Marzuki

Bagi wisatawan yang penasaran akan keunikan Taman Ismail Marzuki ini bisa langsung datang ke sana di Jalan Cikini Raya No.73, RT.08/RW.02, Cikini, Kecamatan Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Map klik disini.

Wisatawan yang berangkat dari arah pusat Kota Bogor, kita bisa menaiki KRL dari Stasiun Bogor dan turun di Stasiun Cikini. Dari sana kita hanya perlu berjalan kaki menuju Jalan Cikini Raya No.73. Sementara untuk wisatawan yang menaiki kendaraan umum terdapat dua pilihan rute yaitu melalui Jalan Tol Jagorawi atau melalui Jalan Alternatif Jakarta – Bogor.

Kita bisa mengunjungi Taman Ismail Marzuki ini mulai pukul 08.00 – 00.00 WIB setiap hari Senin sampai Sabtu dan mulai pukul 08.00 – 02.30 WIB dini hari setiap hari Minggu.

Akomodasi

Ada salah satu hotel rekomendasi di sekitar Taman Ismail Marzuki yaitu Hotel Bintang Wisata Mandiri yang berada di Jalan Raden Saleh Raya No. 16, RT.10/RW.1, Kenari, Kecamatan Senen, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Wisatawan akan memerlukan waktu sekitar 10 hingga 15 menit untuk sampai di Hotel Bintang Wisata Mandiri. Hotel ini memiliki tarif mulai dari Rp 150.000 hingga Rp 955.000 per malam dengan jenis kamar yang cukup bervariatif. Wisatawan bisa menghubungi nomor 021 3922566 untuk melakukan reservasi penginapan lebih dulu.

Wisatawan dari Bogor dan sekitarnya wajib banget datang ke sini untuk sekedar mengisi akhir pekan agar lebih berkesan. Selain tempatnya yang menarik dan mampu menyuguhkan pengetahuan mengenai kesenian, tiket masuknya pun sangat terjangkau.

Rate this post
Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.
Avatar for Erisa Vindia
Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.