big rig attorney, truck accident lawyers near me, best lawyers for truck accidents, big truck wreck lawyers, trucking accident injury lawyer, truck driver accident lawyers, construction truck accident lawyer, big rig accident attorney, cyber security, cyber security companies, cyber security online, cyber threat intelligence, online security, acronis cyber protect cloud, computer security companies, internet security companies, doctor billing software, medical practice billing software, medical scheduling and billing software, medical billing and coding practice software, medical billing scheduling software

5 Galeri Seni di Bandung Kekinian dan Kekinian

Galeri Seni di Bandung

Bandung tidak hanya dikenal masyarakat sebagai kota yang menyuguhkan panorama alam menawan saja. Jauh dari itu, wisata di Bandung juga menjadi tempat persinggahan bagi beberapa orang pecinta seni.

Hal itu dibuktikan dengan banyaknya galeri seni di Bandung yang bisa wisatawan temukan. Tidak heran, Bandung juga dijuluki sebagai kota kreatif karena mentalnya nilai artistik serta banyaknya seniman yang bisa ditemukan di sana.

Tempat Galeri Seni di Bandung

Galeri seni di Bandung ini tidak hanya digemari oleh para pecinta seni saja. Bahkan masyarakat luas pun banyak yang datang ke sana karena konsepnya yang menarik dan tidak membosankan. Berikut ini ada 5 galeri seni di Bandung yang bisa wisatawan kunjungi.

1. Museum Barli

2018 07 12
Foto via googlemaps/Richard Saptabharata

Museum Barli merupakan museum seni rupa pertama yang ada di Bandung. Museum ini diresmikan pada tanggal 26 Oktober 1992.

Museum Barli sebagai galeri seni di Bandung sendiri didirikan oleh salah seorang seniman bernama Barli Sasmitawinata. Seperti yang kita tau, Barli merupakan seorang ilustrator, dosen, dan juga pelukis angkatan tahun 1935. Sama seperti Affandi, Hendra Gunawan, Sudarso, Barli juga menjadi bagian seniman ternama di Bandung.

Museum Barli terdiri dari tiga lantai. Di lantai pertama, terdapat sebuah cafe yang artistik. Tidak hanya sekedar menikmati keindahan seni saja, wisatawan juga bisa sambil mencicipi kelezatan secangkir kopi. Cafe ini menyediakan beberapa menu makanan serta minuman yang menggugah selera.

Sementara itu, di lantai kedua dan ketiga, wisatawan akan disuguhkan oleh karya seni yang menarik. Lantai dua merupakan sebuah ruangan yang kaya akan karya seni dua dimensi berupa lukisan. Lukisan di lantai dua ini merupakan lukisan para siswa yang melakukan kunjungan ke sana.

Berbeda dengan lantai dua yang berisi lukisan para pengunjung. Di lantai tiga justru wisatawan akan melihat berbagai macam lukisan karya Barli. Lukisan tersebut dibuat dengan berbagai macam alat dan bahan mulai dari krayon, cat air, charcoal, pisau, hingga kaca.

Untuk lukisan dari kaca merupakan lukisan yang menggambarkan seorang Barli. Uniknya, setiap karyanya memiliki nilai yang tinggi serta visualnya yang enak dipandang.

Masuk ke Museum Barli ini wisatawan akan dikenakan tarif sebesar Rp 20.000 per orang. Bagi wisatawan yang ingin melakukan kegiatan melukis di sana, akan dikenakan biaya tambahan mulai dari Rp 35.000.

Lokasinya berada di Jalan Prof. Dr. Sutami No.91, Sukarasa, Kecamatan Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat 40152. Buka mulai dari pukul 10:00 WIB hingga 17:00 WIB setiap hari Senin hingga Sabtu. Google Maps

2. Nuart Sculpture Park

2019 07 05
Foto via googlemaps/ fify s

Nuart Sculpture Park merupakan galeri seni di Bandung milik I Nyoman Nuarta. Sosoknya dikenal luas oleh orang-orang lantaran membuat desain final bangunan istana negara di IKN Nusantara. Bahkan ia juga membuat Patung Garuda Wisnu Kencana yang ada di Bali, serta Monumen Jalesveva Jayamahe di Surabaya.

Karya seni tiga dimensi berupa patung yang cantik karya I Nyam Nuarta ini bisa wisatawan temukan di Nuart Sculpture Park. Di dalam sana beragam patung disajikan dari ia pertama kali berkarier hingga saat ini.

Tidak hanya sekedar museum dan galeri seni saja, di sana juga terdapat fasilitas ruang audio visual, amphiteather, serta taman patung yang banyak dijadikan sebagai spot foto instagramable. Setelah puas menikmati keindahan seninya, wisatawan juga bisa mampir ke kafe Copper and Brass atau Laxmi Resto.

Masuk ke Nuart Sculpture Park ini wisatawan akan dikenakan tarif sebesar Rp25.000 per orang, berlaku untuk anak usia 2 tahun ke atas. Untuk jam operasionalnya terbagi menjadi empat sesi yakni mulai dari pukul 09:00 WIB hingga 17:00 WIB setiap hari Rabu hingga Minggu.

Sementara itu lokasinya berada di Setra Duta Raya No.L6, Ciwaruga, Kec. Parongpong, Bandung, Jawa Barat 40151. Karena berada di kawasan strategis, wisatawan akan menemukannya dengan sangat mudah. Google Maps

3. Selasar Sunaryo Art Space

2021 04 10
Foto via Googlemaps/FWPN

Pak Sunaryo merupakan seniman legendaris yang dikenal masyarakat luas karena karyanya berupa Wot Batu. Salah satu terobosannya berupa galeri seni juga cukup populer di kalangan para wisatawan. Galeri seni di Bandung ini bernama Selasar Sunaryo Art Space.

Selasar Sunaryo Art Space dibangun pada tahun 1998 yang memiliki konsep gabungan berupa galeri seni, cafe, perpustakaan, hingga galeri shop. Selain itu, tempat ini terbuka untuk berbagai kegiatan seni.

Sesampainya di Selasar Sunaryo Art Space, wisatawan akan disuguhkan oleh galeri instalasi seni. Ada 4 galeri yang bisa kita temukan di sana diantaranya Galeri A yang berisi karya Pak Sunaryo, Galeri B dan Ruang Sayap yang berisi karya para seniman muda, serta Bale Tonggoh yang digunakan sebagai tempat pameran.

Fasilitas lainnya yang ada di Selasar Sunaryo Art Space ini seperti stone garden, bale handap, amphiteater, kopi selasar, dan masih banyak lagi. Harga tiket masuk Selasar Sunaryo Art Space ini ditaksir sebesar Rp25.000 per orang untuk dewasa dan Rp15.000 per orang untuk anak-anak.

Selasar Sunaryo Art Space ini berlokasi di Jalan Bukit Pakar Timur No.100, Ciburial, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40198. Galeri seni ini beroperasi setiap hari Selasa hingga Minggu mulai dari pukul 10:00 WIB hingga pukul 17:00 WIB. Google Maps

4. Lawangwangi Creative Space

Sebagian wisatawan yang pernah liburan ke Bandung tentunya pernah mendengar nama Lawangwangi Creative Space. Galeri seni di Bandung satu ini menggabungkan konsep seni, kreativitas serta kukineran dalam satu tempat.

Lawangwangi Crrative Space ini didirikan pada tahun 2010. Tempat ini mengusung tema “Where curated arts meet delightful culinary”.

Para wisatawan yang datang ke sana akan disuguhkan dengan desain bangunan artistik dengan penataan yang cantik. Selain itu, Lawangwangi Creative Space juga menjadi tempat yang nyaman untuk kulineran.
Masuk ke Lawangwangi Creative Space ini wisatawan tidak akan dikenakan tarif masuk alias gratis. Wisatawan hanya perlu memesan satu cangkir kopi atau hidangan lainnya.

Lawangwangi Creative Space ini berlokasi di Jalan Dago Giri No.99, Mekarwangi, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391. Buka setiap hari mulai dari pukul 10:00 WIB hingga 22:00 WIB. Google Maps

5. Orbital Dago

Orbital Dago
Orbital Dago

Orbital Dago merupakan sebuah galeri seni yang dibangun pada tahun 2016. Galeri seni di Bandung ini didirikan oleh seniman ternama bernama Rifky Effendy and Michael Janssen.

Orbital Dago tidak hanya menyuguhkan karya berupa lukisan saja. Di sana juga kita bisa menemukan pahatan, keramik, foto, hingga instalasi dari aneka material.

Selain menikmati keindahan seni, di Orbital Dago ini juga wisatawan bisa mampir ke cafe dan menikmati secangkir kopi. Bahkan, di sana juga terdapat fasilitas menginap di Uma Gati.

Masuk ke Orbital Dago ini wisatawan tidak akan dikenakan tiket masuk alias gratis. Hanya saja, wisatawan perlu membayar minuman, makanan serta tarif penginapan bagi yang ingin bermalam di sana.

Lokasinya berada di Jalan Rancakendal No.7, Cigadung, Kecamatan Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat 40191. Orbital Dago ini beroperasi mulai dari pukul 09:00 WIB hingga pukul 19:30 WIB. Google Maps

Itulah rekomendasi galeri seni di Bandung yang bisa disambangi baik untuk museum date bersama pasangan atau tour edukasi bersama teman atau komunitas. Para pecinta seni jangan sampai melewatkan keseruan mengunjungi galeri seni tersebut.

Avatar for Erisa Vindia
Erisa Vindia Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.
Avatar for Erisa Vindia
Erisa Vindia Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments