Suka Berpetualang? Yuk, Coba Sensasi Tracking Menantang di Coban Sumber Pitu Pujon – Malang

Coban Sumber Pitu Pujon Malang

Sama-sama Coban Sumber Pitu tapi jangan salah ya guys! Jika kamu ingin mengunjungi wisata air terjun di Desa Wisata Pujon ini, pastikan kamu mengetik ‘Sumber Pitu Pujon’ di mesin pencarianmu.

Tak diragukan lagi jika Kota Malang memang merupakan kota dengan sejuta destinasi wisata yang unik dan ciamik, baik yang berkonsep alami maupun modern.

Berada di wilayah dataran tinggi membuat kota yang satu ini memiliki udara yang sangat sejuk, diikuti dengan kondisi geografis yang memungkinkan setiap tanaman tumbuh subur di atasnya.

Banyak sekali objek wisata yang terbentuk dari kondisi geografis yang menguntungkan itu. Dari pegunungan, persawahan, hutan, hingga air terjun yang eksotis selalu mewarnai kota dengan 33 kecamatan ini.

Alamat : Desa Pujon Kidul, Pujon, Krajan, Pandesari, Kab. Malang, Jawa Timur 65391.
Map : klik disini.
Harga Tiket : Rp 10.000,-.
Jam Buka : 24 jam.

Jika kamu suka berpetualang, maka kamu wajib mengunjungi salah satu destinasi wisata di Malang yang berada di Kecamatan Pujon, Desa Pujon Kidul tepatnya.

Di desa yang bergelar ‘desa wisata’ ini terdapat sebuah wana wisata air terjun yang masih sangat alami dan berada jauh di dalam hutan belantara.

Selain Tumpang, ternyata ada juga lho wana wisata air terjun di daerah Malang ini yang memiliki kesamaan nama yakni Sumber Pitu.

Sama-sama Coban Sumber Pitu tapi jangan salah ya guys! Jika kamu ingin mengunjungi wisata air terjun di Desa Wisata Pujon ini, pastikan kamu mengetik ‘Sumber Pitu Pujon’ di mesin pencarianmu.

Kalau tidak, bisa-bisa kamu akan diarahkan ke Sumber Pitu yang lain dan harus bertolak sekitar 2 jam perjalanan lho! Cukup menguras waktu dan tenaga kan?

Diberi nama Coban Sumber Pitu karena wana wisata ini memiliki air terjun dengan 7 sumber mata air yang berjejer berdampingan.

Untuk memasuki kawasan air terjun ini kamu harus melewati medan-medan yang terjal serta dikelilingi oleh pepohonan rindang dan semak-semak belukar.

Tapi jangan khawatir, semua rasa lelah itu akan terbayar lunas ketika kamu sampai di pemandangan air terjun yang eksotis tersebut.

Wisata Menarik Lainnya :  10 Surga Wisata Alam Tersembunyi di Indonesia yang Keren Banget dan Wajib Kalian Kunjungi !

Daya Tarik Coban Sumber Pitu Pujon

Meski perjuangan cukup berat tetapi nanti akan terbayarkan dengan keindahan air terjun via @memomobona
Tracking Menantang Menuju Air Terjun Utama Sumber Pitu

Berwisata di tempat yang cukup terpencil dari perkotaan terkadang merupakan sensasi tersendiri bagi beberapa wisatawan.

Ditambah lagi medan yang harus dilalui untuk menuju lokasi wisata coban Sumber Pitu cukup menantang dan menguras waktu serta tenaga.

Hal inilah yang kerap menjadi alasan para wisatawan berjiwa petualang untuk mengunjungi wana wisata air terjun yang satu ini.

Sebelum sampai di lokasi air terjun, kamu harus melewati beberapa pos pemberhentian, karena jarak yang harus kamu tempuh dari parkiran menuju lokasi air terjun cukup jauh dengan medan yang terjal dan berliku pula.

Sampai di loket atau area pos 1, yakni berada di lahan yang biasa digunakan untuk camping ground. Kamu harus membayar biaya retribusi sebesar 10 ribu rupiah saja.

Untuk kamu yang menggunakan kendaraan roda 4 ataupun motor matic, sayang sekali karena kamu harus say good bye pada kendaraanmu itu lantaran harus berhenti sampai di pos 1 ini.

Karena kondisi medan yang tidak memungkinkan dilalui oleh kendaraan roda 4 maupun motor jenis matic. Tapi untuk motor manual atau trail, berbahagialah karena kalian masih bisa melanjutkan laju kendaraan hingga pos 2.

wpid grojokan 7 104 jpg
Kondisi Tracking Menuju Air Terjun Sumber Pitu

Setelah parkir, kamu bisa melanjutkan perjalanan sejauh 1 kilometer untuk sampai di area parkir pos 2. Di pos 2 kamu bisa istirahat sejenak karena di area ini telah tersedia fasilitas kedai makanan serta kamar mandi.

Setelah cukup beristirahat kamu bisa melanjutkan perjalanan panjangmu. Tapi ingat, kali ini kamu harus berjalan kaki karena medan yang tidak memungkinkan untuk dilewati kendaraan, tanpa terkecuali motor manual atau trail.

Kamu harus berjalan kaki sejauh kurang lebih 3 kilometer. Tapi tenang, di sepanjang perjalanan kamu akan ditemani oleh pemandangan yang indah serta udara yang sejuk.

Di sepanjang jalan kamu akan disambut oleh pohon-pohon yang rimbun, view pegunungan, serta kicauan-kicauan burung yang akan semakin menambah suasana asri di tempat tersebut.

Setelah 1 – 2 jam berjalan kaki, bergembiralah karena suara gemericik air terjun mulai terdengar di lokasi ini, artinya air terjun yang kamu tuju sudah dekat lho!

Wisata Menarik Lainnya :  GoFun Bojonegoro Theme Park Liburan Seru Bersama Keluarga

Sampai di lokasi air terjun, rasa lelahmu akan terbayarkan oleh indahnya air terjun yang mengalir deras dari ketinggian lebih dari 8 meter, sebut saja Sumber Siji. Artinya air terjun yang hanya ada 1 sumber.

Untuk menuju air terjun utama Coban Sumber Pitu, kamu perlu tracking lagi sejauh 100 meter dengan kemiringan tebing yang cukup fantastis. Tapi tenang, sudah ada tali pengaman serta petugas yang akan membantu.

Sampai di air terjun utama yakni Coban Sumber Pitu, rasa lelahmu akan semakin terkikis oleh indahnya panorama air terjun dengan 7 sumber mata air yang berjejer indah memenuhi tebing setinggi lebih dari 7 meter.

Air yang berjatuhan secara bersamaan dari ketujuh sumber seakan menciptakan irama tersendiri sehingga mampu menghipnotis siapa saja yang melihatnya.

Di kawasan air terjun ini kamu bisa melepas segala lelah penatmu selama perjalanan, karena udara serta pemandangan yang ditawarkan sangat memukau dan mampu mendatangkan ketenangan.

Tips dan Saran Berkunjung ke Coban Sumber Pitu Pujon

Mengingat lokasi air terjun yang berada di kawasan hutan yang cukup rimbun, serta jalur tracking yang cukup menantang, maka ada beberapa tips yang perlu kamu persiapkan sebelum berpetualang di wana wisata Coban Sumber Pitu ini.

Apa saja tips yang bisa membuat liburanmu tetap aman dan nyaman? Yuk, simak ulasannya berikut!

  • Berkunjunglah saat cuaca bersahabat (tidak hujan), karena saat hujan jalur tracking akan licin bahkan berpotensi longsor.
  • Bawa perlengkapan yang cukup seperti bekal makanan, baju hangat, perlengkapan P3K, serta beberapa perlengkapan lain.
  • Jika tidak ingin terlalu lama berjalan kaki, gunakanlah motor manual atau trail untuk menuju kawasan wisata.
  • Pertimbangkan untuk tidak membawa/mengajak anak-anak.
  • Ikuti petunjuk arah yang ada di beberapa titik lokasi agar tidak tersesat.
  • Bersikap sopan dan bijak selama berada di lokasi wisata.

Demikian beberapa tips dan saran yang perlu kamu pertimbangkan sebelum berangkat menuju kawasan wisata air terjun Coban Sumber Pitu.

Karena lokasinya yang memang masih sangat alami lantaran cukup jauh dari jangkauan masyarakat sekitar.

Jika kamu memang suka berpetualang, tunggu apa lagi? Yuk, kunjungi destinasi wisata yang cukup menantang dan menguras energi ini! Selamat mencoba!

Rate this post
Hal paling disukai adalah mengungkapkan perasaan/aspirasi lewat tulisan. Lewat pena serta story yang baik, saya harap kamu menyukai tulisan ini.
Avatar for Risqi Isrotul Maghfiroh
Hal paling disukai adalah mengungkapkan perasaan/aspirasi lewat tulisan. Lewat pena serta story yang baik, saya harap kamu menyukai tulisan ini.