Coban Ringin Gantung Tumpang – Air Terjun Indah Tersembunyi di Malang

Coban Ringin Gantung Tumpang

Penamaan Coban Ringin Gantung diambil dari sebuah fenomena pohon beringin berusia cukup tua, yang berada tepat di samping air terjun. Dengan kondisi alamnya yang masih sangat terjaga serta masih jarang sekali wisatawan yang datang.

Kota Malang selalu berhasil menunjukkan eksistensinya lewat beberapa objek wisata air terjun yang seakan tak pernah lekang oleh waktu bahkan zaman.

Beberapa wisata air terjun fenomenal di ujung Timur Kota Malang seperti Coban Jahe, Coban Cinde, hingga Coban Sumber Pitu Malang nyatanya telah berhasil mengundang anemo masyarakat untuk datang mengunjunginya.

Tak heran jika kota dengan 33 wilayah kecamatan ini kerap dijuluki sebagai ‘kota wisata’ sekaligus ‘surganya air terjun’ di se-antero Jawa Timur.

Alamat : Krajan, Duwet Krajan, Kec. Tumpang, Kab. Malang, Jawa Timur.
Map : klik disini.
Jam Buka : 24 jam.
Harga Tiket Masuk : Rp 5.000,00

Selain beberapa wisata air terjun fenomenal yang telah dibahas sebelumnya, kini Setapak Langkah akan mengajakmu mengintip satu lagi wana wisata air terjun yang ada di wilayah Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang.

Jika kamu menyukai tantangan, kamu wajib mengunjungi wana wisata air terjun yang beralamatkan di Desa Krajan yang cukup tersembunyi ini, sebut saja Coban Ringin Gantung.

Ya, coban yang satu ini bisa dibilang tersembunyi lantaran kondisi alamnya yang masih sangat terjaga serta masih jarang sekali wisatawan yang datang mengunjunginya.

Hal itu terbukti dari minimnya fasilitas sebagaimana yang biasanya tersedia pada wana wisata pada umumnya. Ditambah lagi jalur tracking untuk menuju lokasi air terjun ini juga cukup menantang.

Meskipun begitu, wisata air terjun yang unik ini memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang menyukai tantangan serta menyukai suasana yang tenang jauh dari keramaian.

Penamaan Coban Ringin Gantung pun tentu tidak sembarangan. Nama tersebut rupanya diambil dari sebuah fenomena pohon beringin berusia cukup tua, yang berada tepat di samping air terjun.

Pohon raksasa itu begitu lebat hingga beberapa helai daunnya seakan jatuh menggantung di atas permukaan tebing setinggi lebih dari 40 meter.

Yang lebih menarik lagi, kamu bisa mengunjungi tempat wisata ini kapanpun lantaran tempat ini terbuka 24 jam untuk siapa saja, dengan harga tiket yang sangat terjangkau pula yakni 5 ribu rupiah saja pada weekday maupun weekend.

Wisata Menarik Lainnya :  Keren! Inilah 6 Tempat Wisata Indonesia Yang Mirip Luar Negeri

Daya Tarik Coban Ringin Gantung Tumpang – Malang

Meskipun terbilang cukup tersembunyi dan tak banyak orang yang tau, namun air terjun yang satu ini memiliki pesona yang juga tak kalah dengan deretan air terjun fenomenal yang ada di Malang.

Bagi sebagian orang, wana wisata yang eksotis ini memiliki daya tarik tersendiri sehingga mampu memikat hati wisatawan yang datang.

Lantas, apa saja daya tarik yang dimiliki Coban Ringin Gantung sebagai pilihan berlibur para wisatawan? Berikut ulasan lengkapnya!

1. Tracking yang Menantang

Setelah sampai di pintu masuk atau parkiran, agaknya kamu harus menyiapkan tenaga ekstra untuk berjalan kaki menempuh jarak sekitar 2 kilometer untuk sampai di air terjun Coban Ringin Gantung.

Pasalnya, jalur tracking yang akan kamu lewati cukup terjal dan menantang. Di mana banyak terdapat tanjakan dan turunan dengan jarak dan kemiringan yang cukup fantastis.

Di salah satu sudut persimpangan, kamu akan dihadapkan dengan 2 pilihan jalur tracking yang akan mengantarkanmu sampai di wahana air terjun eksotis tersebut.

Di satu sisi adalah jalur yang dilengkapi dengan anak tangga yang terbuat dari bambu, sedangkan di sisi yang lain hanya jalan setapak berupa tanah seperti jalur tracking pada umumnya.

Saat kondisi cerah, alangkah lebih baik jika kamu memilih jalur tracking yang terdapat tangga bambu, lantaran anak tangga tersebut nantinya akan mempermudah kamu dalam menuruni tebing setinggi 40 meter. Sangat fantastis bukan?

Namun jika cuaca sedang tidak mendukung, kamu bisa ambil jalur yang lain lantaran biasanya ketika air hujan mengguyur, tangga-tangga tersebut akan sangat licin dan membahayakan.

Jalur tracking yang sedemikian itu nampaknya sukses membuat para pecinta petualangan merasa puas dan tertantang dengan jalan-jalan yang mereka lalui tersebut.

Tak heran jika jalur tracking Coban Ringin Gantung ini kerap menjadi alasan para wisatawan untuk menguji adrenalin dalam perjalanan menuju eksotisnya air terjun tersebut.

2. Air Terjun yang Eksotis

Air Terjun Ringin Gantung Tumpang
Air Terjun Ringin Gantung Tumpang

Setelah melewati jalur tracking yang cukup menguras adrenalin, segala rasa lelahmu dijamin akan terbayar lunas saat menyaksikan keindahan air terjun Coban Ringin Gantung.

Air terjun yang jatuh dari ketinggian lebih dari 40 meter itu terlihat semakin mempesona dengan fenomena pohon beringin yang sebagian daunnya menggantung diantara tebing-tebing air terjun.

Air yang jatuh juga membentuk kolam-kolam indah dengan air yang begitu bersih dan jernih bak kaca. Lantaran jarang terdapat campur tangan manusia di dalamnya.

Kamu bisa leluasa bermain air bahkan mandi dengan air yang jernih serta tidak begitu dalam. Sembari menikmati pemandangan indah yang terpancar di setiap sudut kawasan air terjun.

Wisata Menarik Lainnya :  Berpose Di Tengah Kilauan Cahaya Milenial Glow Garden

3. Pemandangan Indah Kawasan Air Terjun

Sejak saat melakukan tracking yang cukup panjang dan melelahkan, rasa lelahmu mungkin akan sedikit berkurang lantaran keindahan panorama alam sekitar yang menemanimu sepanjang perjalanan.

Potensi alam yang dimiliki begitu mempesona disertai udara yang sangat sejuk, lantaran tempat wisata yang satu ini berada tepat di lereng gunung Bromo.

Kenampakan alam mulai dari tebing-tebing hingga perbukitan serba hijau yang menyejukkan mata akan senantiasa menemani di sepanjang jalur tracking yang kamu lalui.

Suasana tersebut akan diperindah dengan fenomena pohon beringin yang berdiri kokoh di atas tebing tepat di samping air terjun saat kamu sampai di air terjun Ringin Gantung tersebut.

Suasana demikian itu seakan menggambarkan betapa alaminya kawasan wisata air terjun yang satu ini, ditambah lagi suara kicauan burung yang kerap terdengar silih berganti yang semakin membuat syahdu suasana di sana.

Jika kamu memang ingin mencari ketenangan atau beristirahat sejenak dari hiruk-pikuk ramainya suasana perkotaan, maka Coban Ringin Gantung inilah solusinya!

Tips dan Saran Berkunjung ke Coban Ringin Gantung Malang

Sebelum memutuskan untuk mengunjungi tempat wisata yang eksotis ini, pastikan dulu kondisi tubuhmu dalam keadaan sehat dan prima.

Mengingat perjalanan yang harus kamu tempuh untuk menuju lokasi air terjun tersebut cukup panjang dan juga menantang.

Untuk itu, jangan lupa untuk membawa serta segala perlengkapan yang diperlukan seperti jaket, baju ganti, serta segala perlengkapan P3K sebagai antisipasi, lantaran jalur tracking yang cukup terjal.

Karena minimnya fasilitas termasuk kedai makanan, maka kamu juga harus membawa bekal makanan dan minuman yang cukup sebagai bekal untuk kamu melakukan tracking yang panjang.

Selain itu, agar kamu bisa mendapatkan pengalaman yang menyenangkan, sebaiknya pelajari dulu cuaca sebelum berangkat menuju kawasan wisata yang penuh tantangan ini.

Lantaran jalur tracking yang dipenuhi tanjakan serta turunan tentunya akan semakin menyulitkanmu ketika air hujan mengguyur. Bahkan akan berpotensi membahayakan!

Demikian informasi tentang eksotisme Coban Ringin Gantung yang bisa kamu jadikan sebagai referensi liburan. Selain mendapatkan ketenangan, kamu juga bisa sekaligus memacu adrenalin di sana.

Yuk, segera ajak keluarga atau kerabat untuk berpetualang di Coban Ringin Gantung yang eksotis ini! Tapi jangan membawa serta anak kecil ya!

Di tempat wisata yang menyenangkan sekaligus menenangkan ini, dijamin kamu akan mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan, selamat berlibur!

Rate this post
Hal paling disukai adalah mengungkapkan perasaan/aspirasi lewat tulisan. Lewat pena serta story yang baik, saya harap kamu menyukai tulisan ini.
Avatar for Risqi Isrotul Maghfiroh
Hal paling disukai adalah mengungkapkan perasaan/aspirasi lewat tulisan. Lewat pena serta story yang baik, saya harap kamu menyukai tulisan ini.