Coban Putri Batu – Surga Outbond Tersembunyi di Kota Apel

Coban Putri Batu

Kota Wisata Batu memiliki banyak sekali destinasi wisata alam yang telah dikembangkan sedemikian rupa, sehingga menghasilkaan nuansa yang indah dan memikat.

Tak terkecuali pada wana wisata air terjun yang dimiliki. Ada beberapa wisata air terjun di Kota Apel ini yang keindahannya sudah tak bisa ditampik lagi.

Alamat : Tlekung, Kec. Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur, 65316.
Map : Klik disini.
Jam Buka : 09.00 – 17.00 WIB.
Harga Tiket : Rp 10.000,00

Ya, Coban Putri adalah salah satu dari 3 wisata air terjun ternama di Kota Batu yang sayang sekali jika kamu tidak mencoba untuk menapakinya.

Air terjun yang berada di Desa Tlekung tersebut memang memiliki pesona yang tak ada habisnya.

Berada di 1000 meter di atas permukaan laut, air terjun ini memiliki berbagai view yang memikat dengan pemandangan hutan pinus di sekitarnya.

Tepatnya berada di perbukitan Panderman, Coban Putri ini memiliki 2 air terjun kembar yang berdampingan, dengan ketinggian masing-masing 15 dan 20 meter.

Keindahaannya akan semakin terpancar ketika air dari ketinggian lebih dari 10 meter itu jatuh berkelok-kelok karena terbentur bebatuan padas yang memang tersusun tidak merata itu.

Genangan-genangan air yang terbentuk dari air yang jatuh juga terlihat tenang tak berarus. Kedalamannya pun juga tak lebih dari betis orang dewasa, jadi tak perlu ragu untuk mengajak si kecil bermain air di sana.

Selain air terjun yang eksotis, kamu juga akan menemukan beberapa pemandangan indah lainnya seperti gardu pandang yang kerap dimanfaatkan para pengunjung untuk berswafoto.

Selain memiliki pemandangan indah yang mempesona, ternyata di area wisata ini juga menyediakan fasilitas outbond lho!

Kenampakan alam yang masih sangat alami, serta berada di antara perbukitan membuat wana wisata yang eksotis ini juga kerap kali dimanfaatkan oleh para pengunjung untuk melakukan aktivitas outbond.

Lokasi wisata ini pun cukup strategis dan tidak terlalu jauh dari pusat kota. Hanya menempuh jarak tak lebih dari 5 kilometer dari Alun-Alun Kota Batu.

Untuk memasuki kawasan wisata ini, kamu hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar 10 ribu rupiah saja. Namun untuk menikmati fasilitas lainnya, kamu hanya perlu mengeluarkan biaya tambahan mulai dari 10 hingga 35 ribu saja.

3 Spot Utama di Wisata Air Terjun Coban Putri

Seiring berjalannya waktu, wisata air terjun ini mencoba melebarkan sayap dengan menghadirkan beberapa spot pendukung yang akan menambah keseruan berliburmu di sana.

Wisata Menarik Lainnya :  Bandung Treetop Adventure Park, Harga Tiket, Lokasi dan Ulasan Wisata Lengkap

Selain wahana utama air terjun, apa saja spot pendukung yang bisa kamu nikmati di sana? Yuk, simak ulasannya!

1. Air Terjun Eksotis

44634201 283326058964747 1601670470765239888 n
Eksotisme Air Terjun Coban Putri

Ketika memasuki kawasan wisata ini, kamu tidak perlu berjalan jauh-jauh untuk mendapatkan pemandangan air terjun yang sangat indah dan mempesona.

Jika di wana wisata Coban Rais kamu harus menempuh jarak kurang lebih satu jam untuk menuju air terjunnya, maka tidak dengan Coban Putri ini.

Kamu hanya perlu menempuh jarak sekitar 400 meter dari pintu masuk. Kabar baiknya lagi, jalan untuk menuju wahana air terjun itu juga masih bisa dilalui kendaraan. Jadi, kamu tidak perlu capek-capek berjalan kaki.

Ketika sudah sampai tujuan, kamu akan melihat dua buah air terjun yang berjajar menghiasi bebatuan padas yang berdiri kokoh di atas ketinggian 15-20 meter.

Kamu bisa bermain di genangan air yang terbentuk dari air terjun yang jatuh secara berirama tersebut.

Selain itu, di sekeliling air terjun juga terdapat jembatan kecil yang tersusun dari bambu-bambu alami, yang bisa kamu gunakan sebagai pijakan untuk melihat keindahan kawasan air terjun yang menakjubkan tersebut.

Terdapat pula bendungan-bendungan buatan yang sengaja dibuat bertingkat yang akan semakin memperindah pemandangan di sekitar air terjun.

2. Spot Foto Instagramable

air terjun coban putri tangan dewa
Spot Foto Gardu Pandang

Selain menikmati panorama air terjun dan keindahaan di sekitarnya, kamu juga bisa memanfaatkan spot-spot yang indah di area tersebut untuk berselfie ria.

Salah satu spot foto yang unik dan Instagramable adalah pada gardu pandang yang berada di kawasan wisata air terjun Coban Putri itu sendiri.

Ya, kamu akan dimanjakan dengan gardu pandang yang berbentuk bintang. Atau kamu lebih memilih untuk berswafoto di gardu pandang yang berbentuk tangan yang menengadah ke atas.

Kedua bentuk gardu pandang yang unik itu nyatanya mampu menjadi magnet tersendiri bagi para pengunjung yang datang untuk berswafoto.

Bukan hanya itu, kamu juga bisa mencoba berfoto ria dengan menaiki ayunan yang menghadap langsung ke arah 2 air terjun kembar tersebut.

Untuk menikmati beberapa spot foto instagramable ini kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar 10 ribu rupiah saja pada tiap spot foto. Sangat terjangkau bukan?

3. Area Outbond

44612337 324580481458089 5453844792388010238 n
Sensasi Off-road Coban Putri Batu

Lokasi wisata yang masih sangat asri, dikelilingi oleh beberapa pegunungan membuat tempat wisata yang satu ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai media outbond.

Ada beberapa fasilitas outbond yang telah disediakan oleh pihak pengelola. Salah satu yang wajib kamu coba yakni flying fox.

Wisata Menarik Lainnya :  Keindahan Tempat Wisata Air Terjun Clebung Bubulan Bojonegoro

Lintasannya cukup panjang yakni melewati sepanjang aliran sungai di coban itu sendiri. Jadi, kamu bisa bergelantungan sambil melihat indahnya kawasan air terjun dari atas.

Tak sampai di situ, pengalaman seru yang juga akan menghiasi aktivitasmu di sana yakni rock climbing.

Kamu akan diajak memanjat tebing dengan ketinggian yang cukup fantastis. Tentunya sudah dilengkapi dengan peralatan keamanan yang lengkap.

Bukan hanya itu, aktivitas outbond yang tak kalah seru dan kerap menjadi favorit para pengunjung yakni merasakan sensasi off-road dengan Jeep.

Dengan mengendarai mobil Jeep ini kamu akan diajak berpetualang menyusuri hutan pinus di kawasan Coban Putri sejauh kurang lebih 2 kilometer.

Medan yang dilalui juga dijamin akan membuat petualangan kamu menjadi semakin seru dan menantang. Banyak lubang-lubang serta gundukan tanah tidak merata yang harus kamu taklukkan.

Untuk mendapatkan pengalaman seru dengan Jeep ini kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar 35 ribu rupiah saja lho! Apa kamu ingin mencoba?

Selain berpetualang bersama Jeep, kamu juga bisa menghabiskan waktumu di tempat ini dengan berkemah.

Pihak pengelola telah menyediakan camping ground khusus bagi pengunjung yang ingin berkemah/camping di kawasan wisata yang eksotis ini.

Dengan fasilitas yang cukup memadai, tentunya akan membuat pengalaman berkemah kamu bersama teman-teman menjadi semakin seru dan menyenangkan.

Dengan berbagai fasilitas outbond seru yang ditawarkan, tak heran jika tempat wisata yang satu ini kerap disebut sebagai ‘surga outbond’. Kamu bisa menikmati keindahan kawasan air terjun sekaligus berpetualang di dalamnya.

Tips dan Saran Berwisata di Coban Putri Batu

Jika kamu memang memutuskan untuk bertamasya di Coban Putri ini, alangkah lebih baik jika kamu berkunjung pada saat musim pancaroba.

Karena pada saat itulah curah hujan tidak terlalu tinggi, jadi kamu masih bisa dengan santai menikmati hijaunya pepohonan serta sejuknya udara di sekitar. Dengan begitu pengalaman berliburmu di Coban Putri akan semakin sempurna.

Selain itu, untuk akses jalan menuju wana wisata tersebut juga cukup baik. Kamu bisa memanfaatkan jasa travel ataupun kendaraan pribadi.

Lokasinya yang strategis, yakni berada tidak jauh dari Coban Rais dan Batu Flower Garden akan membuatmu lebih mudah untuk menemukan lokasi wisata ini.

Terlepas dari semua kemudahan itu, jangan lupa untuk tetap menjaga kondisi tubuh dengan mengenakan baju hangat. Karena udara di kawasan wisata tersebut cukup dingin.

Mengingat lokasinya yang diapit oleh beberapa pegunungan, serta pepohonan pinus yang mengelilingi area wisata eksotis tersebut. Selamat mencoba wisata Coban Putri Batu gais!

Rate this post
Hal paling disukai adalah mengungkapkan perasaan/aspirasi lewat tulisan. Lewat pena serta story yang baik, saya harap kamu menyukai tulisan ini.
Avatar for Risqi Isrotul Maghfiroh
Hal paling disukai adalah mengungkapkan perasaan/aspirasi lewat tulisan. Lewat pena serta story yang baik, saya harap kamu menyukai tulisan ini.