Mampir Ke Istana Anak Anak Indonesia, Seolah Masuk ke Dunia dongeng

Istana Anak Anak Indonesia

Mungkin wisatawan sudah tidak asing lagi dengan beberapa tempat wisata di Ibukota seperti Dunia Fantasi, Taman Margasatwa Ragunan, dan Taman Mini Indonesia Indah.

Bicara mengenai Taman Mini Indonesia Indah, tidak jauh dari kawasan tersebut wisatawan akan menemukan salah satu wisata yang belakang ini ramai diperbincangkan terutama oleh wisatawan Bogor, Karawang, Bekasi dan sekitarnya.

Kepopulerannya ini berhasil menarik perhatian para wisatawan. Hal ini membuat Istana Anak Anak Indonesia selalu dipadati para wisatawan entah ketika weekdays maupun ketika weekend. Wisatawan yang ingin melakukan liburan akhir pekan terutama bersama si kecil, wajib banget mencoba datang ke destinasi yang satu ini.

Daya Tarik Istana Anak Anak Indonesia

84558491 189564552452651 5072746813791444774 n 1
Foto via Instagram.com/skyscraperindonesia

Bangunan Istana Anak Anak Indonesia ini yang dinamai sebagai gedung Graha Widya Tama diresmikan oleh seorang Presiden kedua Indonesia yakni Soeharto pada tahun 1986. Gedung ini cukup bersejarah karena pada saat itu dijadikan sebagai sarana bermain anak-anak. Banyak anak-anak yang pada saat itu merasa bahagia bermain di sana hingga sampai ini kesan baiknya masih bisa kita rasakan.

Seperti namanya yakni Istana Anak Anak Indonesia, konsep wisata ini menyerupai sebuah bangunan kastil layaknya di dalam dongeng. Istana ini terdiri dari empat lantai di mana di lantai paling atasnya terdapat menara yang dijadikan sebagai simbol kebersamaan anak laki-laki dan anak perempuan.

Wisata ini menyuguhkan berbagai wahana permainan yang akan membuat liburan semakin berkesan. Wahana yang akan kita temukan di sini berupa wahana air dan wahana non air yang akan membuat si kecil merasa senang.

Wisatawan bisa menaiki kereta api kelinci untuk mengelilingi Istana. Kereta ini cukup nyaman untuk anak-anak sehingga wisatawan tidak perlu merasa khawatir.

Selain menaiki kereta kelinci, wisatawan juga bisa menaiki wahana komidi putar atau kincir angin. Wahana ini tidak kalah seru dari kereta kelinci. Ketika menaiki komidi putar, wisatawan akan dibawa terbang melihat keindahan Istana Anak-Anak Indonesia dari ketinggian.

Wisata Menarik Lainnya :  7 Destinasi Wisata Tempat Bersejarah di Indonesia yang Sayang Dilewatkan

Ada juga salah satu wahana favorit anak laki-laki yakni bumper car. Wahana ini memberikan pengalaman seru di mana anak-anak bisa mengendarai mobil sendiri. Meskipun menabrak dinding, anak-anak akan tetap aman.

Tidak jauh dari wahana bumper car, wisatawan akan menemukan wahana mandi bola. Berenang di kolam bola ini tidak akan membuat wisatawan kebasahan dan kedinginan. Justru wisatawan akan dipenuhi oleh bola warna-warni. Setiap wahana yang ada di Istana Anak Anak Indonesia ini juga cocok dijadikan sebagai spot foto yang kekinian. Jepretan di kolam bola juga tentunya akan menciptakan kesan yang cukup keren untuk dibagikan di laman instagram.

Selain kolam bola, Istana Anak Anak Indonesia juga memiliki kolam renang sungguhan. Kolam ini bernama Kolam Renang Sendang Sejodo. Kolam renang ini dilengkapi dengan berbagai wahananya yang menyenangkan seperti seluncuran warna-warni, seluncuran tabung, air mancur, ember tumpah, kincir air, dan masih banyak lagi. Berenang di sana tentunya akan menjadi hal menyenangkan dan menjadi pengalaman tidak terlupakan.

InShot 20221010 072654375
Foto via instagram.com/tmiiofficial

Istana Anak Anak Indonesia juga dilengkapi dengan aneka wahana outbound anak seperti trampolin, balance beam, high ropes, burma bridge, kids army, dan masih banyak lagi.

Wahana lainnya yang bisa kita coba yaitu taman kelinci, rumah kurcaci, spot foto tiga dimensi, dan lainnya. Bahkan wisatawan juga bisa mampir ke salah satu resto yang terdapat di Istana Anak Anak Indonesia.

Resto ini menyediakan berbagai menu hidangan lezat seperti bakmi, ketoprak, ayam bakar, nasi goreng, kwetiaw goreng, dan masih banyak lagi. Untuk harga menu makanan yang ada di ditaksir mulai dari Rp 9.000 hingga Rp 52.000.

Harga Tiket Masuk

Wisatawan yang ingin liburan di Istana Anak Anak Indonesia ini akan dikenakan tarif tiket sebesar Rp 25.000 per orang dan juga tiket tambahan berupa aneka wahana yang ada di dalamnya yang ditaksir dengan harga Rp 10.000 tiap wahana.

Selain itu, bagi wisatawan yang membawa kendaraan pribadi, akan dikenakan tarif tambahan berupa karcis parkir yang dibanderol dengan harga Rp 5.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 10.000 untuk kendaraan roda empat.

Wisata Menarik Lainnya :  Pesona Coban Jahe - Air Terjun Indah Berbalut Sejarah di Malang

Lokasi dan Jam Buka

Berada di Ibukota, terlebih berdekatan dengan lokasi Taman Mini Indonesia Indah membuat Istana Anak Anak Indonesia ini lebih mudah ditemukan oleh para wisatawan. Kita bisa mengunjunginya dengan datang ke Jalan Taman Mini Indonesia Indah, Ceger, Kecamatan Cipayung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13820. Map klik disini.

Wisatawan yang datang menaiki kendaraan pribadi bisa melalui Jalan Tol Jagorawi menuju ke Jalan Taman Mini I. Sementara bagi wisatawan yang ingin menaiki kendaran umum, bisa menaiki Bus.

Jika dari arah pusat Kota Bogor, wisatawan bisa menuju ke Terminal Baranang Siang dan menaiki bus jurusan Kampung Rambutan. Wisatawan bisa berhenti di Jalan Gempol Raya Timur. Kedua rute tersebut bisa ditempuh dengan waktu sekitar 1 hingga 2 jam perjalanan.

Destinasi wisata ini beroperasi setiap hari dengan durasi waktu operasional dari pukul 09.00 sampai dengan pukul 16.00 WIB.

Akomodasi

Mencari tempat penginapan di kawasan Ibukota terbilang cukup mudah. Ada banyak hotel berbintang yang bisa kita temukan di sana apalagi dekat dengan lokasi pariwisata. Salah satunya yang bisa kita kunjungi yaitu Hotel Desa Wisata TMII yang berada di Jalan Raya TMII, Ceger, Kecamatan Cipayung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13820.

Wisatawan bisa menempuhnya hanya dengan waktu 10 menit perjalanan. Lalu tarif penginapan yang diberlakukan oleh pihak Hotel Desa Wisata TMII ini ditaksir mulai dari Rp 316.000 hingga Rp 642.000 per malam.

Wisatawan yang ingin liburan menyenangkan bersama si kecil, bisa banget mencoba destinasi wisata ini. Datang ke sana tentu menjadi hal wajib bagi wisatawan Jakarta dan sekitarnya.

5/5 - (1 vote)
Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.
Avatar for Erisa Vindia
Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.

Vanaprasta Gedong Songo Park, Wisata Hutan Pinus Alternatif Refreshing…

Lokasi Vanaprasta Gedong Songo Park ini berdekatan dengan lokasi Candi Gedong Songo yang merupakan...

Taman Wisata Matahari, Wisata Rekreasi Legend di Bogor

Liburan di Bogor menjadi kegiatan favorit yang selalu di tunggu-tunggu oleh para wisatawan. Kawasan...

Curug Tirto Wening, Air Terjun Indah Sebening Kristal di…

Semarang memang terkenal dengan potensi objek wisatanya yang begitu indah dan beragam, mulai dari...