Bingung Mengisi Waktu Liburan? Yuk, Kunjungi 3 Obyek Wisata Sekaligus di Coban Jahe 3 Jabung – Malang!

Coban Jahe 3

Coban Jahe 3, wana wisata air di Malang yang tidak hanya akan menyambut hangat dengan 1 coban saja, tapi kamu juga akan dibuat terpesona oleh Coban Tarzan serta Kopi Keceh yang berada 1 lokasi.

Bukan hal yang baru lagi jika Kota Malang merupakan kota yang memiliki sejuta destinasi wisata yang ciamik, serta dijamin akan membuat siapa saja berdecak kagum dengan keindahannya.

Potensi alam yang dimiliki membuat kota yang satu ini memiliki banyak sekali obyek wisata alam yang begitu memikat dan cukup digandrungi banyak orang.

Masih berbicara tentang obyek wisata air terjun yang ada di Malang, rasanya tidak akan ada habisnya jika membicarakan tentang keindahan deretan air terjun yang dimiliki.

Alamat : Pandansari Lor 2, Dusun Begawan, Taji, Kec. Jabung Kab. Malang, Jawa Timur.
Map : klik disini.
Jam Buka : 08.00 – 17.00 WIB.
Harga Tiket Masuk : Rp 5.000,00

Jika sebelumnya telah dibahas tuntas tentang wana wisata Coban Jahe, kini saatnya kamu juga tau tentang wana wisata lain di kawasan yang sama namun juga tak kalah mempesona.

Ternyata, air terjun Coban Jahe ini tidak cuma satu lho! Tapi memiliki cabang lain lantaran air terjunnya juga bermuara dari sungai Kalijahe, lokasinya pun juga berdekatan hanya berjarak beberapa meter saja.

Masih di Dusun Begawan Kecamatan Jabung. Selain air terjun utama yakni Coban Jahe 1, kamu juga bisa menemukan air terjun eksotis lainnya yang berada dekat dengan Coban Jahe 1 tersebut.

Sebut saja Coban Jahe 3. Namun di lokasi wisata yang satu ini, kamu tidak hanya akan disambut hangat oleh 1 coban tersebut, tapi kamu juga akan dibuat terpesona oleh Coban Tarzan serta Kopi Keceh yang berada 1 lokasi.

Ya, ketika memasuki kawasan wisata ini, kamu akan mendapatkan 3 obyek wisata sekaligus dengan hanya satu tiket. Yakni Coban Tarzan, Coban Jahe 3, serta Kopi Keceh.

Harga tiketnya pun juga sangat terjangkau. Hanya dengan merogoh kocek sejumlah 5 ribu rupiah saja, kamu sudah bisa menikmati 3 obyek wisata sekaligus dalam satu lokasi tersebut.

Biar kamu tidak penasaran, yuk intip satu persatu apa saja objek wisata menarik di Dusun Begawan Kecamatan Jabung yang bisa kamu nikmati!

1. Kopi Keceh

Saat memasuki kawasan wisata yang satu ini, kamu akan disambut pertama kali oleh kafe-kafe unik yang berdiri kokoh di atas aliran air sungai yang dangkal, sebut saja ‘Kopi Keceh’.

Kopi Keceh Malang
Kopi Keceh Malang

Untuk kamu yang belum pernah mengunjungi tempat wisata yang unik ini, mungkin akan penasaran dan bertanya-tanya apa itu ‘kopi keceh’?

Wisata Menarik Lainnya :  Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang, Primadona Wisata Jawa Timur

‘Keceh’ diambil dari bahasa Jawa yang berarti ‘bermain air’. Jadi, ‘kopi keceh’ yang dimaksud ialah tempat untuk nongkrong atau ngopi yang berada tepat di atas aliran sungai di sekitar air terjun.

Dengan dilengkapi beberapa meja serta kursi yang tersusun dari material kayu, kamu akan diajak bersantap sembari menikmati keindahan alam sekitar dengan kaki yang menapak langsung pada permukaan air sungai. Sangat seru bukan?

Ditambah lagi menu makanan yang tersedia sangat beragam dan kekinian. Mulai dari jajanan seperti sempol, cilok, gorengan, hingga makanan berat seperti ayam geprek, seblak, pecel, serta beberapa menu makanan lezat lainnya.

Harga yang ditawarkan juga cukup bersahabat untuk setiap menu makanan. Kamu bisa bersantap sekaligus bersantai dengan sensasi yang berbeda disertai suasana alam yang begitu syahdu.

2. Coban Jahe 3

Selain nongkrong santai di area Kopi Keceh, kamu juga bisa menikmati indahnya air terjun Coban Jahe 3 yang berada tidak jauh dari kafe unik tersebut.

Coban Jahe 3 Malang
Coban Jahe 3 Malang

Untuk menuju air terjun Coban Jahe 3, kamu perlu mengambil arah ke kiri dari persimpangan jalan setapak yang ada, sementara jalur yang lurus akan mengantarkanmu menuju Coban Tarzan.

Untuk menuju lokasi air terjun, kamu juga cukup berjalan santai lantaran lokasinya tidak terlalu jauh dan hanya membutuhkan waktu tidak lebih dari 10 menit untuk tracking.

Jalan setapak yang harus kamu lalui juga cukup kondusif, dengan taman-taman indah serta pepohonan hijau di sisi kanan dan kiri jalan setapak tersebut.

Sampai di air terjunnya, kamu akan semakin dibuat terpukau dengan air terjun yang jatuh indah dari ketinggian sekitar 8 meter.

Meskipun tidak terlalu tinggi, namun pesonanya juga tak kalah indah dengan air terjun – air terjun yang lain. Lantaran airnya yang begitu jernih dan segar.

Kolam-kolam yang terbentuk di bawahnya juga semakin menambah keindahan air terjun tersebut dengan bebatuan padas yang menghiasi setiap sudut kolam.

3. Coban Tarzan

Selain Coban Jahe 3, kamu juga bisa mengunjungi air terjun eksotis lain yang berada satu lokasi, yakni Coban Tarzan. Yang berjarak hanya beberapa meter saja dari Coban Jahe 3.

Coban Tarzan Malang
Coban Tarzan Malang

Dinamakan Coban Tarzan lantaran konon nama Tarzan merupakan nama salah seorang penjaga kawasan air terjun tersebut.

Jika sebelumnya kamu harus mengambil arah jalur kiri, maka untuk menuju Coban Tarzan ini kamu harus mengambil langkah lurus saja dari persimpangan jalan setapak.

Wisata Menarik Lainnya :  Taman Safari Indonesia 2 Prigen, Serunya Liburan Bersama Satwa Liar

Kali ini, nampaknya kamu harus mengeluarkan lebih banyak energi untuk melakukan tracking. Pasalnya, jalan setapak untuk menuju Coban Tarzan tersebut dipenuhi dengan tanjakan.

Namun jangan khawatir, di sepanjang jalan tracking kamu akan disuguhkan dengan pemandangan yang sangat memukau, dari tebing-tebing hingga perbukitan hijau yang membentang sepanjang jalan.

Saat sampai di air terjun Coban Tarzan, rasa lelahmu seketika akan terbayar lunas dengan keindahan air terjunnya yang jatuh dari ketinggian lebih dari 8 meter.

Hampir sama dengan Coban Jahe 3, namun pada air terjun Coban Tarzan ini lebih terlihat bervolume lantaran permukaan tebing yang tidak merata, sehingga membuat air terjun yang jatuh berkelok mengikuti tebing.

Kolam yang terbentuk di bawahnya juga tak begitu dalam, sehingga wisatawan bisa menikmatinya dengan bermain air atau bahkan mandi di sekitar air terjun tersebut.

Fasilitas di Kawasan Coban Jahe 3

Selain memiliki pemandangan yang indah serta menenangkan, kawasan yang memiliki 3 objek wisata sekaligus ini juga menyediakan fasilitas yang cukup memadai.

Mulai dari kedai makanan yang dilengkapi dengan pondok-pondok atau gazebo untuk tempat bersantap, hingga taman-taman indah yang turut menghiasi setiap sudut kawasan tersebut.

Fasilitas umum seperti kamar mandi serta mushola juga tersedia dengan kondisi yang cukup bersih, dilengkapi dengan beberapa perlengkapan kamar mandi juga perlengkapan sholat.

Tempat parkir juga cukup luas di tempat ini. Kamu bisa menitipkan kendaraanmu dengan tarif 5 ribu rupiah untuk kendaraan roda 2, serta 10 ribu rupiah untuk kendaraan roda 4.

Yang lebih menarik lagi, ternyata di area parkir ini juga terdapat penyewaan ATV lho! Kamu bisa menyewa kendaraan off-road tersebut hanya dengan membayar uang sewa sebesar 30 ribu rupiah saja.

Demikian beberapa informasi tentang Coban Jahe 3, Coban Tarzan, serta Kopi Keceh yang bisa kamu nikmati sekaligus dalam 1 lokasi.

Yuk, segera ajak keluarga atau kerabat kamu untuk berkunjung ke tempat wisata yang akan sayang sekali jika kamu lewatkan begitu saja.

Lantaran di sepanjang kawasan wisata kamu akan disambut hangat oleh sungai-sungai kecil dengan bebatuan padas di setiap sudutnya, yang membuat tempat wisata yang satu ini begitu indah bak lukisan.

Dan Hanya dengan merogoh kocek sebesar 5 ribu rupiah saja, kamu sudah bisa menikmati keindahan 3 obyek wisata tersebut sekaligus di Jabung – Malang yang cukup fenomenal.

Rate this post
Hal paling disukai adalah mengungkapkan perasaan/aspirasi lewat tulisan. Lewat pena serta story yang baik, saya harap kamu menyukai tulisan ini.
Avatar for Risqi Isrotul Maghfiroh
Hal paling disukai adalah mengungkapkan perasaan/aspirasi lewat tulisan. Lewat pena serta story yang baik, saya harap kamu menyukai tulisan ini.