Intip 5 Aktivitas Menarik di Bukit Nirwana Pujon – Malang

Area taman bunga d Bukit Nirwana Malang

Kota Malang memang memiliki banyak sekali destinasi wisata yang ciamik. Salah satunya yakni di Desa Pujon, yang masih bertetangga dengan Kota Batu. Letaknya yang berada di dataran tinggi membuat desa yang asri ini kaya akan potensi alam yang memikat.

Ada beberapa destinasi wisata yang terbentuk dari keindahan alam yang dimiliki, salah satunya yakni Bukit Nirwana, yang beralamatkan di Desa Tulungrejo, Pujon Kidul.

Bukit Nirwana merupakan taman wisata yang menyuguhkan pemandangan alam yang sangat memikat. Terdapat banyak sekali tanaman-tanaman indah berwarn-warni yang tersebar di setiap tempat.

Selain taman-taman yang indah, kamu juga bisa menikmati hawa sejuk yang dipancarkan bukit wisata ini, karena lokasinya yang diapit oleh dua pegunungan yakni gunung Kawi dan Arjuna.

Alamat : Tulungrejo, Pujon Kidul, Pujon, Malang – Jawa Timur.
Map : klik disini.
Harga Tiket : Rp 10.000,-.
Jam Buka : 08.00 – 19.00 WIB.

Bukit wisata ini juga berada di antara persawahan warga, sehingga menghadirkan pemandangan serba hijau yang tidak akan membuat bosan setiap mata yang melihatnya.

Tak heran jika taman wisata yang tak jauh dari Coban Rondo ini kerap didatangi oleh wisatawan, baik lokal maupun luar daerah.

Harga tiket yang ditawarkan juga sangat terjangkau lho! Hanya dengan merogoh kocek sebesar 10 ribu rupiah saja, kamu sudah bisa menikmati keindahan Bukit Nirwana ini.

Untuk lebih jelasnya, Langkah Setapak telah merangkum apa saja aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di bukit wisata tersebut.

Bukan cuma menikmati pemandangan, ternyata ada berbagai aktivitas lain yang bisa kamu lakukan juga di sana. Yuk, simak ulasannya!

5 Aktivitas Menarik di Bukit Nirwana Pujon

Ada beberapa aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan di taman wisata Bukit Nirwana ini. Bersama teman atau keluarga, liburanmu akan semakin berkesan dengan beragam aktivitas berikut!

1. Menikmati Pemandangan Alam yang Memikat

bukit nirwana pujon kidul malang tiket masuk dan lokasi
Pesona Taman Bunga Bukit Nirwana

Berada di ketinggian 1200 meter diatas permukaan laut, membuat bukit wisata yang satu ini memiliki pemandangan alam yang begitu memukau.

Wisata Menarik Lainnya :  Kalpa Tree Bandung, Review Resto Ikonik Yang Banyak Dikagumi

Kamu bisa menyaksikan keindahan view pegunungan yang tampak anggun dari atas bukit, serta pemandangan serba hijau persawahan yang tampak indah berpetak-petak.

Sepanjang jalan menuju kawasan wisata, kamu juga akan disambut oleh pemandangan serba hijau dan perbukitan yang terhampar luas sejauh mata memandang.

Melewati pintu masuk, keindahan itu akan semakin terpancar dengan taman-taman bunga berwarna-warni yang sengaja dibentuk berpetak-petak.

Jalan-jalan setapak yang akan membawamu mengelilingi kawasan juga telah didesain sedemikian apik, sehingga membuat setiap pengunjung merasa betah dan nyaman.

Beberapa ornamen seperti gapura dengan beragam bentuk dan motiv juga semakin menambah cantik bukit wisata tersebut. Ada yang tersusun dari ranting-ranting pohon, ada pula yang berupa tembok.

Ditambah lagi beberapa gazebo yang tersusun dari bambu dan kayu-kayuan, akan kian menambah suasana alami dan mendatangkan ketenangan bagi siapa saja yang singgah di sana.

2. Berselfie Ria di Spot Foto Instagramable

@yessi1831 1024x1024 1
Spot Foto Instagramable – Singgasana Kursi Bersusun

Ketika mendatangi bukit wisata ini, sayang sekali jika keindahannya yang mempesona kamu lewatkan begitu saja.

Kamu bisa mengabadikan momen-momen berkesan di sana dengan berfoto ria berlatar belakang view pegunungan, persawahan yang sejuk, taman-taman bunga, serta kenampakaan alam lainnya.

Selain itu, ada juga beberapa spot yang juga tak kalah menarik dan Instagramable untuk kamu berswafoto seperti gardu pandang, kursi kayu bersusun, gapura, dan masih banyak lagi spot foto yang menarik di sana.

3. Wisata Kuliner di Kafe Bukit Nirwana

1610766338047053 0
Cafetaria Bukit Nirwana

Awalnya, Bukit Nirwana hanyalah sebuah perbukitan dengan kafe-kafe di dalamnya. Banyaknya animo masyarakat yang berkunjung ke bukit tersebut, akhirnya membuat otoritas setempat menjadikan bukit indah itu sebagai tempat wisata.

Beberapa menu makanan tersedia di kafe Nirwana tersebut, mulai dari ayam goreng, nasi soto, rawon, hingga cemilan hangat seperti roti bakar ada di sana. Harga yang ditawarkan juga cukup bersahabat.

Kamu bisa menikmati aneka makanan dengan bersantai sambil menikmati pemandangan di atas gazebo-gazebo yang telah disediakan.

Wisata Menarik Lainnya :  Depot Hok Lay Malang, Mencicipi Kuliner Bersejarah Sejak 1946

4. Beragrowisata di Area Persawahan

6a7297fb5f34f765b11545730e5b932f
Area Persawahan Bukit Nirwana

Selain menikmati pemandangtan alam yang sangat memukau, ternyata di tempat ini kamu juga bisa mendapatkan edukasi lho!

Kamu bisa jalan-jalan di area persawahan sambil mengamati serta belajar cara bercocok tanam sayur-mayur dari para petani yang ada di sana.

Lebih seru lagi, kamu bukan hanya belajar, tapi kamu juga bisa membawa pulang sayur-mayur yang kamu inginkan dengan harga yang lebih terjangkau, karena langsung dari tangan para petani.

5. Berkemah di Family Camp

Bukit Nirwana Malang
Suasana Family Camp – Bukit Nirwana

Selain menyimpan keindahan yang memikat, ternyata tempat yang berada di dataran tinggi ini juga menyediakan fasilitas berkemah yang seru bersama keluarga.

Untuk paket Family Camp ini dibanderol dengan harga 400 ribu rupiah saja, sudah termasuk fasilitas tenda untuk 4 orang, sleeping bag, hingga matras.

Selain itu, pengunjung juga mendapatkan free makanan berupa mie instan, jagung bakar, serta minuman hangat. Sangat murah meriah bukan?

Fasilitas di Bukit Nirwana Pujon

Jangan khawatir untuk menghabiskan waktu sepanjang hari di taman wisata yang satu ini. Area parkir yang cukup luas terhampar tepat di depan pintu masuk lokasi wisata.

Kamar mandi yang bersih serta mushola yang nyaman juga turut andil memenuhi lokasi wisata Bukit Nirwana ini.

Untuk mengisi perut, kamu bisa singgah di kafe yang telah disediakan di dalam area wisata, dengan menu yang beragam disertai harga yang cukup bersahabat.

Tips dan Saran Bewisata di Bukit Nirwana Pujon

Jika ingin berwisata di Bukit Nirwana Pujon, pastikan kondisi kesehatanmu dalam keadaan yang baik, terutama bagi kamu yang suka ‘mabuk’ perjalanan.

Karena jalan menuju lokasi wisata memiliki track yang berliku-liku, dan terdapat juga beberapa tanjakan.

Meskipun demikian, semua kondisi itu akan terbayar lunas dengan keindahan yang ditawarkan di sepanjang jalan kawasan Pujon tersebut.

Di sepanjang jalan terhampar luas pegunungan dan perbukitan yang begitu memikat, serta jalan-jalan menuju lokasi wisata kondisinya juga sangat baik.

Namun jangan lupa untuk tetap menjaga kondisi tubuh dengan mengenakan baju hangat, karena kawasan Pujon yang terkenal dengan keasriannya memiliki suhu udara yang cukup ekstrim.

Terlebih lagi di Bukit Nirwana yang diapit oleh beberapa pegunungan serta persawahan, udaranya tentu akan semakin dingin, apalagi ketika menjelang sore hari.

5/5 - (1 vote)
Hal paling disukai adalah mengungkapkan perasaan/aspirasi lewat tulisan. Lewat pena serta story yang baik, saya harap kamu menyukai tulisan ini.
Avatar for Risqi Isrotul Maghfiroh
Hal paling disukai adalah mengungkapkan perasaan/aspirasi lewat tulisan. Lewat pena serta story yang baik, saya harap kamu menyukai tulisan ini.

Vanaprasta Gedong Songo Park, Wisata Hutan Pinus Alternatif Refreshing…

Lokasi Vanaprasta Gedong Songo Park ini berdekatan dengan lokasi Candi Gedong Songo yang merupakan...

Taman Wisata Matahari, Wisata Rekreasi Legend di Bogor

Liburan di Bogor menjadi kegiatan favorit yang selalu di tunggu-tunggu oleh para wisatawan. Kawasan...

Curug Tirto Wening, Air Terjun Indah Sebening Kristal di…

Semarang memang terkenal dengan potensi objek wisatanya yang begitu indah dan beragam, mulai dari...