Intip Keindahan Batu Jati Mas (BJM) – Taman Wisata Berkonsep Pepohonan Jati di Kota Apel

Batu Jati Mas

Selain masyhur dengan julukan ‘Kota Apel’, Kota Batu juga terkenal dengan potensi keindahan alamnya yang tak bisa ditampik lagi. Tak heran jika kota ini memiliki banyak sekali destinasi wisata yang bernuansa alami.

Julukan ‘Kota Wisata’ serasa tepat sekali disematkan pada kota yang mulai memisahkan diri dari Kabupaten Malang sejak 2001 silam ini.

Alamat : Jl. Mardian, Kel. Bumiaji, Kec. Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur, 65331.
Map : Klik disini.
Jam Buka : 08.00 – 16.00 WIB (Weekdays) & 08.00 – 22.00 WIB (Weekend).
Harga Tiket : Rp. 10.000

Ya, kota kecil yang memiliki 3 kecamatan ini memang kerap kali memanfaatkan keindahan potensi alam yang ada untuk disulap menjadi tempat wisata yang eksotis.

Salah satu potensi alam yang dikembangkan yakni berada di Jalan Mardian Kecamatan Bumiaji, sebut saja Batu Jati Mas atau biasa dikenal dengan istilah BJM.

Taman wisata BJM ini tergolong baru, yang terinspirasi dari lokasi setempat yang dikelilingi oleh pepohonan jati.

Mulai resmi dibuka pada Juli 2020 lalu, keindahan serta kelengkapan fasilitas di dalamnya membuat banyak wisatawan berdatangan bahkan dari luar daerah seperti Mojokerto, Surabaya, dan beberapa daerah lain.

Taman wisata yang berjarak 4 kilometer dari Alun-Alun Kota Batu ini menyuguhkan pemandangan yang menarik. Dikelilingi oleh beberapa pegunungan membuat taman wisata ini memiliki suasana yang sejuk dan asri.

Berada di atas lahan yang cukup luas, BJM menawarkan beberapa wahana dan fasilitas yang akan membuat pengunjung semakin betah untuk berlama-lama di tempat ini.

Yang menjadi wahana primadona tentu adalah kolam renang, wahana yang paling dinanti para pengunjung terutama anak-anak.

Selain kolam renang, kamu juga bisa menikmati fasilitas yang lain seperti kafe, tempat karaoke, arena outbond, play ground, serta fasilitas-fasilitas lain yang akan membuat liburanmu menjadi semakin menyenangkan.

Daya Tarik Taman Wisata Batu Jati Mas (BJM)

Sesuai namanya, Batu Jati Mas ini dikelilingi oleh pepohonan jati yang cukup rimbun serta area persawahan di sekitarnya.

BJM menawarkan sensasi berlibur yang menenangkan sekaligus menyenangkan. Pengunjung akan dibuat takjub dengan aneka pemandangan alami yang dipadukan dengan sentuhan kreativitas manusia-manusia di dalamnya.

Yang ditumpahkan dalam beberapa ornamen bebatuan yang sudah diberi warna sedemikian rupa, sehingga menjadikan pemandangan yang eksotis bagi setiap mata yang melihatnya.

Selain pemandangan yang tidak akan membosankan, kamu juga akan disuguhkan dengan dua buah kolam renang yang diperuntukkan bagi anak-anak dan dewasa.

Semua fasilitas yang ada di BJM tersebut bisa kamu nikmati hanya dengan merogoh kocek sebesar 10 ribu rupiah. Sangat terjangkau bukan?

Tak heran jika tempat wisata yang tergolong baru ini selalu dipadati oleh pengunjung dari berbagai daerah, terutama di akhir pekan.

Pemandangan yang menarik, wahana dan fasilitas yang memadai, serta harga tiket yang sangat terjangkau seakan menjadi magnet tersendiri bagi para wisatawan untuk menghabiskan waktu liburan di taman wisata BJM ini.

Kabar baiknya lagi, untuk kamu yang mengajak banyak anak-anak sekaligus tidak perlu risau, karena tempat wisata ini tidak mematok tarif untuk anak-anak alias gratis. Sangat menggiurkan bukan?

Wisata Menarik Lainnya :  Chevilly Resort and Camp, Primadona Baru di Daerah Bogor

Kamu bisa mengajak keluarga ataupun kerabat untuk bertamasya di tempat ini. Karena selain kolam renang, kamu juga akan dimanjakan dengan berbagai fasilitas yang sangat cocok untuk menghabiskan waktu bersama keluarga seperti tempat karaoke, gazebo yang nyaman, serta play ground untuk anak-anak.

Wahana dan Fasilitas di Taman Wisata Batu Jati Mas (BJM)

Ketika memasuki taman wisata ini, kamu akan disambut dengan gapura sederhana yang tersusun dari balok-balok kayu, yang berhiaskan tulisan Batu Jati Mas (BJM) yang berwarna-warni.

Tepat di sebelah kanan gapura juga terdapat susunan balok kayu, yang pada tiap papan bertuliskan beberapa wahana/ fasilitas yang ada di dalam taman wisata tersebut.

Apa saja wahana/fasilitas yang ada di taman wisata BJM? Yuk, simak ulasannya!

1. Arena Playground

IMG 20201021 100910 1024x576 1
Arena Playground Batu Jati Mas

Ketika melewati pintu masuk, pemandangan pertama yang akan menyambutmu adalah arena playground. Ada beberapa wahana permainan anak yang sangat seru dan mengasyikkan.

Kamu bisa mengajak buah hati untuk menikmati ayunan yang berkapasitas 4 orang, mencoba komedi putar mini dengan tempat duduk melingkar mengelilingi poros, serta seluncuran dengan beragam ukuran dan warna.

Atau kamu juga bisa melatih keberanian si kecil untuk berpetualang di atas ban warna-warni yang telah disusun rapi, untuk melompat ataupun melatih keseimbangan di atasnya.

Tak ketinggalan pula wahana permainan jungkat-jungkit dengan beragam warna yang akan siap menarik-ulur adrenalin si kecil.

Aneka wahana permainan anak yang seru, dibalut dengan hiasan warna-warni di setiap sudutnya pasti akan membuat buah hati semakin betah untuk berlama-lama di arena playground tersebut.

2. Gazebo

IMG 20220727 004201 COLLAGE
Gazebo Batu Jati Mas

Beberapa gazebo unik yang tersusun dari kayu-kayu juga akan turut menyambut kedatanganmu, serta siap menjadi sandaran untukmu beristirahat sejenak sambil menikmati pemandangan sekitar.

Sejumlah gezebo tersebar di beberapa tempat yang juga turut mengiringi keberadaan arena playground.

Gazebo-gazebo yang tersusun dari kayu-kayu serta beratapkan jerami tersebut dijamin akan membuatmu merasa tenang dan nyaman.

Kamu juga bisa memesan makanan di kedai yang tersedia dan menikmatinya di dalam gazebo bertema tradisional tersebut.

3. Kedai/Warung Makanan

IMG 20220727 004230 COLLAGE
Kedai Makanan Batu Jati mas

Bersebelahan dengan area gazebo, kamu juga akan dipertemukan dengan kedai makanan yang menyediakan aneka makanan dari tradisional hingga modern.

Beraneka macam menu makanan mulai dari nasi goreng, bakmie, ayam geprek, nila bakar, dan menu makanan lezat lainnya akan siap menggoyang lidah para pengunjung yang datang.

Harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau, mulai dari 15 ribu rupiah kamu sudah bisa menikmati menu makanan yang ada.

Selain makanan berat, beberapa cemilan juga turut menghiasi kaca etalase yang terpampang di sudut paling depan kedai. Kamu juga bisa membawanya pulang sebagai oleh-oleh untuk keluarga.

4. Kolam Renang

IMG 20201215 WA0195
Wahana Kolam Renang Batu Jati Mas

Setelah menikmati pemandangan di arena playground dan juga gazebo, Teman Setapak akan mengajak kamu untuk berjalan menyusuri jalan setapak yang pada sisi-sisinya terdapat ornamen bebatuan yang dihias dengan indahnya.

Jalan setapak yang tersusun berpetak-petak itu akan membawamu menuju wahana kolam renang, di mana letak kolam renang tersebut memang berada di area paling bawah.

Setelah menyusuri jalan setapak yang indah dengan pagar-pagar berupa ranting kayu di tiap sisinya, serta ornamen bebatuan dengan aneka warna, kamu akan menemukan dua buah kolam renang.

Wisata Menarik Lainnya :  Taman Bunga Cihideung, Harga Tiket Masuk dan Ulasan Wisata

Satu kolam renang untuk anak-anak sudah dilengkapi dengan wahana air seluncuran dengan beragam bentuk dan ukuran. Bersebelahan dengan itu, adalah kolam renang untuk orang dewasa dengan kedalaman lebih dari 80 sentimeter.

Di sekeliling kolam juga terdapat gazebo-gazebo sederhana yang bisa kamu manfaatkan untuk beristirahat sejenak sambil menikmati makanan, atau hanya sekadar meletakkan barang-barang.

5. Arena Outbond

IMG 20220727 004143 COLLAGE
Arena Outbond Batu Jati Mas

Lahan yang cukup luas, didukung dengan kondisi sekitar kawasan yang masih sangat asri membuat tempat wisata ini kerap kali dijadikan arena outbond oleh para pengunjung.

Ya, taman wisata yang dikelilingi oleh pepohonan jati ini menyediakan beberapa fasilitas outbond, salah satunya adalah flying fox.

Yang menarik, ketika kamu mencoba sensasi bergelantungan di tali flying fox, kamu akan melintas tepat di atas wahana kolam renang dewasa. Sangat berkesan bukan?

6. Musik Karaoke

Berada di antara gazebo-gazebo yang ada, kamu akan disuguhkan dengan sebuah ruangan terbuka/gazebo yang menyediakan fasilitas karaoke.

Dengan keindahan lagu dan suara para penyanyi lokal, kamu akan diajak bergembira sejenak melupakan semua penat dan keluh kesah. Kamu juga bisa request lagu-lagu kesukaanmu di sini.

7. Spot Foto

IMG 20220727 004121 COLLAGE
Spot Foto Batu Jati Mas

Dikelilingi oleh beberapa pegunungan dan persawahan membuat tempat wisata ini tampak begitu indah dan menawan.

Kamu bisa memanfaatkan setiap pemandangan yang ada untuk bersua foto. Atau kamu lebih memilih untuk ber-selfie dengan background replika kupu-kupu raksasa yang berada di area gazebo BJM.

Bukan hanya itu, jalan setapak yang indah, pagar-pagar yang tersusun dari ranting pohon, serta bebatuan yang dicat berwarna-warni juga bisa kamu jadikan sebagai pilihan spot foto yang unik dan eksotis.

8. Toilet Umum

Screenshot 20220727 003257
Toilet Umum Batu Jati Mas

Sebelum menuruni jalan setapak menuju wahana kolam renang, tepatnya di sisi kiri jalan kamu akan menemukan toilet umum yang bersih, dengan taman bunga mini di depannya yang akan menambah kesan asri di area tersebut.

9. Mushola

IMG 20201021 112425 1024x576 1
Mushola Batu Jati Mas

Jangan khawatir untuk menghabiskan waktumu di taman wisata BJM ini, karena di tempat ini juga disediakan tempat shalat/mushola untuk para pengunjung yang ingin menjalankannya.

Berkonsep tradisional yakni tersusun dari kayu-kayu dan bambu, kamu bisa merasa lebih tenang untuk melakukan ibadah shalat di mushala ini.

Dilengkapi dengan perlengkapan untuk shalat seperti sajadah, mukena, dan lain sebagainya, kamu tidak perlu khawatir walaupun tidak membawa perlengkapan shalat dari rumah.

10. Area Parkir

Screenshot 20220727 003137
Area Parkir Batu Jati Mas

Para pengunjung bisa memarkirkan kendaraannya tepat di depan pintu masuk Batu Jati Mas (BJM).

Area parkir yang cukup luas tersedia baik untuk kendaraan roda dua maupun roda empat. Jadi, kamu bisa dengan tenang menghabiskan waktumu walau berjam-jam di tempat wisata ini.

Tips dan Saran Berwisata di Batu Jati Mas (BJM)

Ketika memasuki kawasan wisata Batu Jati Mas (BJM), pengunjung harus tetap menerapkan protokol kesehatan yang cukup ketat.

Di kawasan tertentu seperti di area gazebo, pengunjung diwajibkan memakai masker dan menjaga kebersihan.

Semua peraturan dibuat tentunya demi kebaikan bersama terutama pengunjung. Jadi, jangan pernah ragu untuk menghabiskan waktu liburanmu di tempat wisata ini.

Selain itu, jangan lupa untuk membawa/memakai baju hangat ya! Mengingat di kawasan ini suhu udaranya cukup dingin karena dikelilingi oleh pegunungan dan hutan jati.

Tetap jaga protokol kesehatan dan selamat mencoba berlibur di taman wisata Batu Jati Mas (BJM)!

Rate this post
Hal paling disukai adalah mengungkapkan perasaan/aspirasi lewat tulisan. Lewat pena serta story yang baik, saya harap kamu menyukai tulisan ini.
Avatar for Risqi Isrotul Maghfiroh
Hal paling disukai adalah mengungkapkan perasaan/aspirasi lewat tulisan. Lewat pena serta story yang baik, saya harap kamu menyukai tulisan ini.