7 Destinasi Wisata Surabaya Ini Tidak Pernah Sepi Pengunjung

Destinasi Wisata Surabaya

Surabaya dijuluki sebagai Kota Pahlawan, tidak heran ketika berada di sana wisatawan akan menemukan beragam destinasi wisata edukasi yang sangat bermanfaat. Mulai dari museum, situs kebudayaan, hingga agrowisata berhasil menarik perhatian para wisatawan.

Selain itu, Wisata Surabaya juga memiliki panorama alam cantik yang banyak dikagumi oleh para wisatawan.

7 Rekomendasi Wisata Surabaya

Di bawah ini ada beberapa tempat wisata hits yang bisa wisatawan temukan di Wisata Surabaya.

1. Surabaya Zoo

2022 06 26 1
Wisata Surabaya Surabaya Zoo

Rekomendasi wisata Surabaya yang pertama merupakan Kebun Binatang Surabaya telah beroperasi sejak tahun 1916. Di atas lahan seluas 85.000 meter persegi, terbagi ke dalam beberapa zona sesuai dengan jenis satwa yang ada. Zona tersebut dibuat sesuai dengan habitatnya.

Wisatawan bisa mampir ke Zona Aves, di dalam sana wisatawan akan menemukan burung pelukan dengan bulu berwarna merah muda dengan mata merah. Tidak hanya itu, ada pula beberapa burung lainnya seperti burung beo, burung hantu, jalak Bali, dan masih banyak lagi.

Lalu setelah mampir ke Zona Aves, wisatawan bisa mengunjungi Zona Mamalia. Seperti namanya, di dalam sana wisatawan akan menemukan berbagai macam mamalia besar dan kecil yang ada di belahan dunia. Beberapa diantaranya seperti harimau, kuda nil, orang utan, jerapah, anoa, dan lainnya.

Sementara di Zona Reptil, wisatawan akan menemukan spesies ular piton, buaya, hingga komodo yang dinilai langka. Ada pula zona lainnya seperti Zona Ikan yang menyuguhkan nuansa dunia bawah laut dengan aneka ragan satwanya yang cantik.

Selain melihat berbagai macam koleksi hewan, di Surabaya Zoo juga wisatawan bisa mencoba berbagai aktivitas menarik seperti kereta onta, tunggang gajah, kid’s zoo, tunggang onta, flying fox, perahu dayung, bungee trampolin, boom-boom car, dan masih banyak lagi.

Untuk masuk ke Surabaya Zoo ini kita akan dikenakan tarif masuk sebesar Rp15.000 per orang. Ada pun tarif tambahan lainnya berupa mencoba beberapa wahana yang ada di Surabaya Zoo yang mana ditaksir mulai dari Rp20.000.

Lokasi Surabaya Zoo ini berada di Jalan Setail No.1, Darmo, Kecamatan Wonokromo, Surabaya, Jawa Timur 60241. Jam operasional Surabaya Zoo mulai dari pukul 08:00 WIB hingga pukul 16:00 WIB. Google Maps

2. Taman Bungkul

Jepretan Layar 2021 05 14 pukul 00.53.44
Wisata Surabaya Taman Bungkul

Taman Bungkul merupakan wisata Surabaya berkonsep Ruang Terbuka Hijau atau RTH yang ada di Surabaya. Taman Bungkul ini dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap serta sejarahnya tersendiri.

Di atas lahan seluas 900 meter ini Taman Bungkul berdiri di atas lahan sebuah desa yang dulunya bernama Desa Bungkul. Desa ini ditinggalin oleh salah seorang tokoh masyarakat yang cukup disegani bernama Ki Ageng Sopo. Ki Ageng Sopo ini memiliki peranan yang cukup kuat dalam menyebarkan agama islam di Jawa Timur khususnya Surabaya.

Lantaran masih dihormati, makam Ki Ageng Sopo ini seringkali banyak dikunjungi untuk berziarah. Lokasi makannya sendiri berada di belakang Taman Bungkul. Selain karena cerita sejarahnya, banyak wisatawan yang mengunjungi Taman Bungkul ini karena pesona dan kenyamanannya.

Salah satu yang cukup menarik perhatian yaitu Amphitheater yang ada di tengah taman. Biasanya Amphitheater ini digunakan untuk festival musik dan kesenian. Di sekitar Amphitheater juga wisatawan akan menemukan pilar batu yang bisa kita duduki untuk menikmati keindahan air terjun dengan ketinggian 33 meter.

Selain itu, Taman Bungkul ini cocok dijadikan sebagai tempat olahraga salah satunya jogging. Ada jogging track dengan suasana teduh di sana. Bahkan tidak sedikit pula orang yang bersepeda, bermain skate hingga bmx di Taman Bungkul.

Setelah melakukan berbagai aktivitas yang menguras tenaga, wisatawan tentunya akan merasa haus bukan? Uniknya, di Taman Bungkul ini terdapat salah satu keran air yang mana airnya bisa langsung kita minum. Ada pula deretan pedagang kaki lima yang menjajakan aneka hidangan lezat dengan harga terjangkau di sana.

Fasilitas lainnya yang bisa kita temukan di Taman Bungkul ini berupa toilet, akses Wi-Fi, CCTV, musala, lahan parkir, Playground, dan masih banyak lagi. Karena bersifat umum, masuk ke Taman Bungkul ini wisatawan tidak akan dikenakan tarif masuk alias gratis.

Lokasi Taman Bungkul ini berada di Taman Bungkul St, Darmo, Wonokromo, Surabaya, Jawa Timur 60241. Wisatawan bisa datang ke sana kapan pun yang wisatawan inginkan karena beroperasi setiap hari selama 24 jam. Google Maps

3. Kebun Bibit Wonorejo

2022 12 19
Wisata Surabaya Kebun Bibit Wonorejo

Selain Taman Bungkul, wisata Surabaya juga memiliki taman kota lainnya yang bisa kita kenal dengan nama Kebun Bibit Wonorejo. Mungkin sebagian orang merasa asing dengan wisata yang satu ini, tetapi bagi wisatawan yang kebetulan berada di Surabaya, wajib banget mampir ke Kebun Bibit Wonorejo ini.

Yang menarik dari tempat ini yaitu wisatawan bisa menemukan ketenangan ketika berada di saba. Kita tidak akan mendengar suara bisingnya kendaraan. Selain itu, suasananya pun sangat nyaman dengan nuansa yang menyegarkan.

Di Kebun Bibit Wonorejo ini wisatawan akan disuguhkan oleh pemandangan hijau yang mempesona. Di sekitar taman, wisatawan akan menemukan 2 buah danau yakni danau yang cukup besar dan danau berukuran kecil.

Kebanyakan pengunjung memanfaatkan danau tersebut untuk kegiatan piknik dan berburu spot foto. Pada beberapa waktu, kita juga bisa menemukan fasilitas perahu dayung. Wisatawan yang ingin menaiki perahu dayung akan dikenakan tarif sebesar Rp20.000 per orang untuk waktu 1 jam.

Kebun Bibit Wonorejo juga memiliki fasilitas berupa kebun bintang mini yang akan membuat si kecil gembira. Beberapa satwa yang bisa kita temukan di sana seperti kelinci, rusa, kuda poni, hingga berbagai macam jenis burung yang cantik.

Sesuai dengan namanya, di Kebun Bibit Wonorejo ini kita bisa mengikuti pelatihan merawat tanaman mulai dari pemilihan bibit. Berbagai macam bibit tanaman bisa kita temukan di Kebun Bibit Wonorejo. Bahkan wisatawan juga bisa membawanya pulang yang mana harga bibit tersebut ditaksir mulai dari Rp10.000.

Dengan areanya yang cukup luas, di Kebun Bibit Wonorejo ini kita bisa melakukan kegiatan camping ground yang asyik. Wisatawan bisa membawa perlengkapan camping secara mandiri maupun melakukan sewa di sana.

Fasilitas lainnya yang bisa kita temukan di Kebun Bibit Wonorejo ini mulai dari lahan parkir, wahana bermain anak, area kuliner, spot foto, toilet, musala, gazebo, dan masih banyak lagi. Masuk ke Kebun Bibit Wonorejo ini wisatawan hanya akan dikenakan tarif parkir yang ditaksir mulai dari Rp3.000 setiap kendaraan.

Lokasi Kebun Bibit Wonorejo ini berada di Jalan Raya Wonorejo, Wonorejo, Rungkut, Surabaya, Jawa Timur 60296. Untuk jam operasionalnya sendiri selama 24 jam, sehingga wisatawan bisa kapan saja mampir ke Kebun Bibit Wonorejo ini. Google Maps

4. Atlantis Land

IMG 2327
Wisata Surabaya Atlantis Land

Rekomendasi wisata hits di Surabaya berikutnya yaitu Atlantis Land. Atlantis Land ini dibuka pada tanggal 23 Desember 2017. Meskipun terbilang baru, Atlantis Land ini banyak digandrungi oleh para wisatawan lantaran memiliki fasilitas yang lengkap dengan berbagai wahana permainan asyik.

Di atas lahan seluas 15 hektar, wisatawan akan disuguhkan konsep wisata Surabaya bawah laut yang mana desainnya dibuat oleh arsitektur dari Australia. Sesampainya di sana, wisatawan akan disuguhkan oleh Dancing Water Fountain yang cantik dengan alunan musik merdu.

Wisatawan akan menemukan beberapa kolam renang yang terdiri dari kolam dewasa dan kolam anak-anak. Kolam tersebut juga dilengkapi dengan berbagai wahana air yang menyenangkan seperti atlantis waterland dan boomerang slide. Pengunjung yang menyukai wahana menantang bisa mencoba tornado slide dengan ketinggian sekitar 25 meter.

Di Atlantis Land ini juga wisatawan bisa menemukan wahana istana es. Wahana yang satu ini akan memberikan sensasi layaknya di Kutub Utara. Wisatawan akan melihat deretan es pada dindingnya dan tentunya bisa berburu spot foto di sekitar sana.

Ada pula zona Dino Land yang cukup menarik perhatian para wisatawan. Di Dino Land ini kita akan merasakan suasana hutan purbakala dan bertemu dengan hewana purba yang tidak lain yaitu Dinosaurus. Zona ini dijamin akan memanjakan si kecil.

Bagi yang ingin berburu spot foto dengan para tokoh ternama dunia, bisa mampir ke zona Istana Patung Lilin. Berbagai karakter dunia bisa kita temukan di sana seperti Obama, Jackie Chan, Michael Jackson, dan masih banyak lagi.

Fasilitas lainnya yang bisa kita temukan di Atlantis Land ini seperti mandi bola, trampolin, boom-boom car, kantin, toilet, musala, lahan parkir, dan masih banyak lagi. Harga tiket masuk ke Atlantis Land ini ditaksir dengan harga Rp100.000 untuk wisatawan dengan ketinggian 85 centimeter ke atas dan free untuk wisatawan dengan tinggi di bawah 85 centimeter.

Lokasi Atlantis Land ini berada di Jalan Sukolilo No.100, Sukolilo Baru, Kecamatan Bulak, Surabaya, Jawa Timur 60122. Untuk jam operasionalnya mulai dari pukul 10:00 WIB hingga pukul 18:00 WIB. Google Maps

5. Ciputra Waterpark

P 20181209 092536
Wisata Surabaya Ciputra Waterpark

Surabaya lagi-lagi menyuguhkan destinasi wisata asyik yang bisa wisatawan kunjungi bersama keluarga. Wisata tersebut kita kenal dengan nama Ciputra Waterpark. Wisata Surabaya yang satu ini berada si Kawasan Citraland yang disebut sebagai “Singapore of Surabaya”.

Di atas lahan seluas 5 hektar ini wisatawan akan disuguhkan oleh berbagai atraksi menarik. Tidak heran Ciputra Waterpark diklaim sebagai water attraction terbesar di Indonesia. Atraksi tersebut tentu saja berkonsep wisata air.

Ada atraksi Roc Thunder Ride yang merupakan wahana peluncuran air dengan ketinggian 15 meter. Mencoba wahana yang satu ini tentu saja akan menguji adrenalin para wisatawan. Lalu ada pula racer slider yakni wahana seluncuran dengan kecepatan 70 km/jam.

Bagi wisatawan yang ingin merasakan nuansa pantai bisa mampir ke area Syracuse Beachnya. Wisatawan bisa merasakan sensasi ombak buatan yang bergelombang secara acak. Selain itu, kita juga bisa menemukan Marina Lagoon yang dikhususkan untuk anak-anak serta Sinbad Playground.

Fasilitas lainnya yang bisa kita temukan di Ciputra Waterpark mulai dari toilet, lahan parkir, musala, gazebo, kantin, pusat oleh-oleh, dan masih banyak lagi.

Untuk masuk ke Ciputra Waterpark ini kita akan dikenakan tarif sebesar Rp75.000 per orang untuk hari Senin hingga Jumat dan Rp95.000 per orang setiap hari Sabtu dan Minggu.

Lokasi Ciputra Waterpark ini berada di Parking lot, Kawasan, Jalan Waterpark Boulevard, Jalan Citraland Surabaya, Made, Kecamatan Sambikerep, Surabaya, Jawa Timur 60219. Wisatawan bisa liburan di sana mulai dari pukul 13:00 WIB hingga pukul 19:00 WIB setiap hari Senin sampai Jumat dan mulai dari pukul 10:00 WIB sampai dengan pukul 19:00 WIB setiap hari Sabtu dan Minggu. Google Maps

6. De Javasche Bank

2023 05 05
Wisata Surabaya De Javasche Bank

Wisatawan yang pernah melakukan liburan ke Surabaya tentu pernah mendengar nama salah satu destinasi wisata edukasi bernama De Javasche Bank. Bangunan dengan luas 1.000 meter persegi dibangun pada tahun 1910. Dan difungsikan pertama kali pada tanggal 14 September 1829.

Kemudian gedung tersebut di nasionalisasi oleh pemerintah pada tahun 1951 dan dijadikan sebagai kantor Bank Indonesia perwakilan Surabaya pada tahun 1953 hingga 1972. Lalu pada tahun 2012, De Javasche Bank ini ditetapkan sebagai cagar budaya.

Wisatawan yang ingin mengenal lebih dalam seputar perbankan dan perekonomian suatu negara, bisa mampir ke De Javasche Bank yang berlokasi di Jalan Garuda No.1, Krembangan Selatan, Kecamatan Krembangan, Surabaya, Jawa Timur 60175. Karena termasuk salah satu cagar budaya, wisatawan tidak akan dikenakan biaya masuk. Google Maps

7. Kenjeran Park

20210305 050349
Wisata Surabaya Kenjeran Park

Kenjeran Park termasuk salah satu wisata hits di Surabaya. Kebanyakan wisatawan mengenalnya dengan nama Green Kenpark. Wisata yang satu ini dulunya merupakan kawasan kumuh berupa pesisir pantai yang tidak terawat. Seiring berjalannya waktu, kawasan ini disulap menjadi tempat wisata Surabaya kekinian yang nyaman dan tentunya banyak diincar oleh para wisatawan.

Bagi wisatawan yang ingin mencari tempat pelarian untuk bersenang-senang, wajib banget datang ke Kenjeran Park dan menikmati momen matahari terbenam yang cantik di sana. Di pesisir pantai tersebut kita bisa menemukan anjungan kayu yang cocok untuk menikmati angin sepoi-sepoi.

Bahkan, kita juga bisa menemukan Pagoda Tian Ti yang begitu gagah. Melihat replika Pagoda Tian Ti ini, seolah wisatawan sedang berada di Beijing. Tidak hanya suasana Beijing saja, wisatawan juga merasakan nuansa negeri Gajah Putih. Di sana, kita akan menemukan sebuah patung Buddha dan tentunya bisa dijadikan sebagai spot foto.

Fasilitas lainnya yang ada di Kenjeran Park ini berupa pusat oleh-oleh, restoran, toilet, musala, lahan parkir, dan masih banyak lagi.

Untuk masuk ke Kenjeran Park ini wisatawan akan dikenakan tarif sebesar Rp15.000 per orang. Lokasi Kenjeran Park ini berada di Sukolilo Baru, Bulak, Surabaya, Jawa Timur 60122. Untuk jam operasionalnya mulai dari pukul 09:00 WIB hingga pukul 17:00 WIB. Google Maps

Itulah rekomendasi beberapa tempat wisata Surabaya yang bisa kita kunjungi. Wisata tersebut memiliki banyak fasilitas asyik yang bisa kita coba sehingga membuat liburan lebih berkesan.

Avatar for Marlina Septiana
Marlina Septiana Ibu Rumah Tangga yang memiliki hobi membaca serta menulis cerpen dan ulasan buku.
Avatar for Marlina Septiana
Marlina Septiana Ibu Rumah Tangga yang memiliki hobi membaca serta menulis cerpen dan ulasan buku.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments