Alun-alun Klaten, Tempat Hangout Terbaru dan Terhits

Alun-alun Klaten

Wisata Alun-alun Klaten mungkin sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Jawa Tengah. Kawasan ini tengah menjadi perbincangan hangat di kalangan anak muda terkait penampilannya sekarang. Dulunya yang terkesan kumuh dan kurang terawat kini terlihat sangat bersih dengan desain taman minimalis dan modern.

Alamat : Jalan MH. Thamrin, Kecamatan Klaten Tengah, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.
Lokasi : Google Maps
Harga tiket : Gratis
Jam buka : 24 Jam

Ragam Aktivitas di Alun-alun Klaten

Beberapa tahun yang lalu Alun-alun Klaten sempat direvitalisasi oleh pemerintah setempat. Dan kini telah tampil dengan wajah baru yang jauh lebih kekinian sebagai wisata Klaten. Serta banyak dihiasi berbagai macam tanaman dan pepohonan hijau yang membuat kawasan sekitarnya kian bertambah sejuk saja. Alhasil, jumlah kunjungan wisatawan semakin meningkat setiap tahunnya.

Wisata ini memiliki luas lahan sekitar 1 hektare dan terbagi menjadi beberapa zona. Diantaranya ada zona wisata kuliner, joging track, taman, dan pedestrian. Setiap zona sering digunakan para pengunjung untuk melakukan berbagai macam aktivitas. Untuk mengenal lebih dekat berikut sudah kami buat rangkuman singkatnya untuk kamu.

Berburu Wisata Kuliner

1688809221361
Sumber : Googlemap/Andika BuncAzca

Buat kamu yang doyan jajan jangan lupa mengunjungi zona wisata kuliner di Alun-alun Klaten. Disana banyak sekali pedagang kaki lima yang menjajakan berbagai macam jenis olahan makanan dan minuman. Mulai dari makanan ringan, makanan berat, hingga kuliner kekinian.

Untuk kuliner kekinian ada banyak macamnya. Contohnya seperti roti bakar, sosis, kentang goreng twister, fishroll bakar, chikuwa bakar, jajanan ala Korea, dan masih banyak lagi. Lalu minumannya ada Kim Boba, aneka jus buah, dan lainnya.

Sementara itu untuk makanan berat dan ringan keseluruhannya adalah makanan Nusantara. Ada nasi trancam, bakso, sop ayam pecok, sego tumpang lethok, bakmi miroso, tahu gejrot, martabak manis, dan lain-lain. Hampir semua jenis makanan bisa kamu temukan di alun-alun.

Soal rasa jangan kamu tanya lagi. Benar-benar enak dan tentu tidak ada duanya. Beruntung harga per porsi masih lumayan terjangkau. Kamu pun bisa mencoba semua jenis makanan tanpa perlu takut isi kantong terkuras habis. Akan tetapi jika memang sedang menderita penyakit tertentu sebaiknya jangan makan sembarangan.

Olahraga dan Berswa Foto

1688808883321
Sumber : Googlemap/Joko Subagyo

Buat kamu yang hobi olahraga lari tidak ada salahnya mencoba fasilitas joging track di Alun-alun Klaten. Apalagi setelah direvitalisasi penampilannya jauh lebih bagus dan nyaman untuk olahraga. Seluruh permukaan tanahnya sudah tertutup keramik motif kotak-kotak berwarna putih dan abu-abu.

Kini pengunjung bisa joging dengan aman tanpa perlu takut terkena sandungan batu atau kerikil. Lintasannya sangat mulus dan membuat kaki bebas melangkah meski tidak mengenakan sepatu sekalipun. Meski begitu kamu tetap harus memperhatikan langkah kakimu agar tidak mengganggu pengunjung lain.

Selain sebagai tempat olahraga. Ada juga pengunjung yang sering menjadikan joging track sebagai tempat berswa foto. Mengingat di sepanjang lintasan tersebut banyak dipenuhi deretan pepohonan rindang yang membuat tempatnya kian estetik.

Tak luput juga ada hiasan ornamen lampu taman khas Eropa. Rasa-rasanya pengunjung seolah tengah di bawa masuk ke jalanan Kota London yang super sibuk. Apalagi kalau sudah malam, suasananya terasa lebih romantis dengan cahaya lampu taman yang bersinar remang-remang.

Bermain di Taman Bermain

1688809034418
Sumber : Googlemap/Joko Subagyo

Alun-alun Klaten tidak hanya menyediakan fasilitas untuk pengunjung dewasa saja. Anak-anak kecil pun juga bisa bersenang-senang dengan mencoba berbagai macam wahana permainan seru. Lokasinya tepat ada di bagian zona taman bermain atau playground.

Nuansa warna cerah begitu mendominasi setiap sudutnya. Seperti hijau di bagian lantai, kuning di wahana perosotan, atau biru di wahana terowongan. Hal ini sudah sesuai dengan pembawaan anak-anak yang selalu ceria dan menyenangkan.

Beruntung pihak pengelola tidak membebankan tiket masuk. Jadi anak-anak bisa bermain sepuasnya dan mencoba semua wahana permainan secara gratis. Tapi ingat, meski terlihat aman-aman saja tetap orang tua harus selalu menemani dan mengawasi si kecil selama bermain.

Bersantai

1688809174291
Sumber : Googlemap/Eko Haryanto

Setiap Alun-alun kota pasti mempunyai ciri khasnya sendiri. Tak terkecuali Alun-alun Klaten yang terkenal akan kesejukan dan keindahan tamannya. Meskipun lokasinya tepat berada di tengah kota, tetapi kawasan ini terkesan eksotis dengan deretan pepohonan rindang dan hamparan rerumputan hijau yang memenuhi setiap sudut alun-alun.

Jumlah pohon yang banyak menjadikan Alun-alun kian teduh saja. Kehadirannya sangat membantu para pengunjung terhindar dari paparan langsung sinar matahari. Kegiatan bersantai pun jadi lebih tenang dan tak perlu khawatir soal masalah kulit yang menghitam.

Pihak pengelola juga sudah menyediakan beberapa tempat duduk di sekitar alun-alun. Ada bangku taman panjang yang muat 2 – 3 orang. Lalu tempat duduk bulat untuk satu orang. Dan terakhir tempat duduk memanjang dari beton.

Semisal semua sudah penuh terisi, alternatifnya kamu bisa duduk santai di bawah pohon beralaskan rerumputan hijau. Berteman pula dengan semilir angin dan kicauan burung bersuara nyaring. Lalu menggelar tikar sambil piknik bersama teman atau keluarga pastilah sangat seru.

Fasilitas Umum

Revitalisasi Alun-alun Klaten yang dilakukan pemerintah setempat memang sebuah langkah yang tepat. Selain menghadirkan tampilan yang baru, penyediaan fasilitas umum untuk para pengunjung juga sudah sangat diperhatikan betul. Terlebih lagi soal masalah parkir kendaraan.

Dulu area parkir yang semerawut kini telah tertata rapi. Bahkan areanya sudah diperluas sehingga muat untuk berbagai macam jenis kendaraan. Seperti sepeda motor, mobil, atau bus pariwisata.

Tempat ibadah pun tak luput dari perhatian pemerintah. Di sekitar alun-alun sudah disediakan masjid yang lokasinya bisa ditempuh hanya dengan berjalan kaki. Tak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah saja. Sering juga dipakai untuk menggelar berbagai acara keagamaan.

Selanjutnya untuk fasilitas toilet sudah sangat memadai. Kondisi bagian dalamnya cukup bersih dan terawat. Hampir setiap hari pihak pengelola selalu membersihkannya agar para pengunjung merasa nyaman saat menggunakannya.

Tips Berkunjung

Sebelum liburan ke Alun-alun Klaten pastikan kondisi badan kamu dalam keadaan fit. Soalnya perjalanan ke tempat wisatanya lumayan memakan waktu dan menguras energi. Belum lagi kalau jalanan macet. Otomatis waktu tempuhnya akan semakin lama.

Agar kamu tidak terjebak macet sebaiknya datang pas pagi hari. Biasanya arus lalu lintas masih terlihat sepi dan tidak terlalu banyak kendaraan bermotor yang melintas. Kamu pun bisa cepat sampai dengan aman dan selamat.

Selama berkendara selalu patuhi aturan lalu lintas. Kenakan helm dan jangan lupa membawa surat-surat penting seperti SIM, KTP, dan STNK untuk jaga-jaga semisal ada razia. Begitu sampai di tempat wisata patuhi juga setiap aturan yang diberlakukan disana.

Kalau suasana Alun-alun Klaten di pagi hari saja sudah ramai, malam hari pun tidak jauh berbeda. Malahan semakin meriah dengan kehadiran para pedagang kaki lima dan wahana permainan ala pasar malam yang melegenda. Jika kamu tak mau ketinggalan merasakan keseruannya segera ajak teman atau keluarga liburan ke sana.

Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments