Wisata Situ Cinangsi Bogor, Wisata Keluarga Murah Meriah

Wisata Situ Cinangsi Bogor

Pada akhir 2021 silam, Situ Cinangsi ini mulai marak diperbincangkan untuk wisata bersama keluarga. Banyak wisatawan berbondong datang untuk berburu spot foto dengan latar yang menawan serta sejenak melepas penat.

Seperti sudah menjadi hal lumrah, ketika akhir pekan Kota Bogor selalu mengalami kemacetan karena banyaknya wisatawan yang menyempatkan waktunya untuk datang ke sana. Terutama bagi wisatawan Ibukota, tempat wisata di Bogor seolah menjadi jembatan di mana wisatawan bisa menemukan berbagai tempat kekinian dan tentunya asyik.

Mungkin bagi wisatawan yang baru mampir ke Bogor, tentu saja akan memusatkan tujuannya ke kawasan Puncak, Bogor karena dikenal sebagai pusatnya pariwisata. Namun selain dari itu, Bogor juga memiliki berbagai tempat menarik di setiap lokasinya.

Seperti halnya di Kecamatan Parung Panjang kita akan menemukan salah satu surga alam yang tersembunyi. Namanya Wisata Situ Cinangsi yang mungkin memang tidak banyak diketahui oleh orang-orang namun karena beredarnya pemandangan alam yang memukau di beberapa laman Instagram, tempat ini akhirnya mulai disoroti oleh para wisatawan.

Daya Tarik Wisata Situ Cinangsi

Naik Perahu di Situ Cinangsi
Naik Perahu di Situ Cinangsi

Wisata Situ Cinangsi ini baru saja dibuka pada Februari 2021 kemarin. Kali ini usianya genap satu tahun, dan banyak wisatawan yang mulai berdatangan untuk menikmati indahnya pemandangan Kabupaten Bogor.

Awalnya tempat ini digunakan dengan tujuan irigasi dan penyanggah bahaya banjir. Namun seiring berjalannya waktu, di sana juga disediakan beberapa fasilitas seperti perahu karet, getek, dan bebek air. Itulah awal mula terbentuknya Wisata Situ Cinangsi yang kita kenal saat ini.

Tidak hanya ingin menghadirkan tempat wisata di tengah-tengah perkampungan warga, Wisata Situ Cinangsi juga bertujuan untuk mengembangkan usaha masyarakat sekitar serta menyuguhkan tempat wisata yang unik sehingga dapat menarik banyak perhatian orang-orang.

Di sana kita akan menemukan sebuah perahu getek yang dibangun dengan atap jerami. Perahu ini bisa menampung 20 sampai 25 orang untuk satu kali putaran danau. Sambil menaiki perahu, wisatawan bisa menikmati keindahan kawasan Parung Panjang ini.

Wisata Menarik Lainnya :  Bingung Mengisi Waktu Liburan? Yuk, Kunjungi 3 Obyek Wisata Sekaligus di Coban Jahe 3 Jabung - Malang!

Lalu ada juga bebek air warna-warni yang bisa kita nikmati bersama teman ataupun pasangan. Bebek air ini hanya bisa di naiki oleh 2 hingga 3 orang saja.

Selain itu, Wisata Situ Cinangsi juga menyediakan beberapa spot foto yang menarik. Kita bisa berfoto di jembatan, lingkaran bambu berwarna-warni, ucapan i love you di tepi danau, atau tugu selamat datang.

Spot Foto Situ Cinangsi
Spot Foto Situ Cinangsi

Tidak ketinggalan, di sana juga terdapat beberapa pedagang makanan yang menjajakan aneka kulineran lezat. Dengan duduk di area lesehan ataupun kursi yang dibuat dengan batang pohon, kita bisa menikmati satu piring siomay, bakso, ketoprak, ayam, dan masih banyak lagi. Makanan tersebut memiliki harga yang sangat murah dimulai dari Rp 2.000.

Karena memiliki area outdoor yang cukup luas, banyak juga wisatawan yang memanfaatkan tempat ini untuk kegiatan organisasi atau sekedar bermain sepeda dan joging.

Wisata Situ Cinangsi pun menyediakan beberapa fasilitas menunjangnya seperti deretan saung yang dipakai untuk istirahat, toilet yang tersebar di setiap penjuru, lahan parkir, tempat ibadah, area bermain anak, dan masih banyak lagi.

Wisata Situ Cinangsi juga menyediakan fasilitas berupa food court yang menyediakan berbagai aneka hidangan. Ada hidangan berat dan ada pula aneka snack yang bisa kita temukan di sana. Beberapa diantaranya yakni siomay, baso, mie ayam, ayam geprek, cimol, dan masih banyak lagi.

Lalu untuk minumannya kita akan menemukan es jeruk, pop ice, jus buah, dan masih banyak lagi. Untuk harga menu makanan dan minuman yang ada di food court tersebut ditaksir mulai dari Rp 5.000.

Harga Tiket Masuk Wisata Situ Cinangsi

Untuk tiket masuk ke Wisata Situ Cinangsi ini terkenal begitu murah. Kita hanya akan dikenakan tarif sebesar Rp 5.000 per orang. Untuk wahana air berupa perahu dan bebek air ditaksir dengan harga mulai dari Rp 15.000 untuk satu kali putaran.

Dan jika wisatawan membawa kendaraan pribadi, wisatawan akan dikenakan tarif sebesar Rp 2.000 untuk kendaraan bermotor dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat.

Wisata Menarik Lainnya :  Kampung Korea Bandung, Liburan Dengan Nuansa Korea

Lokasi dan Jam Buka Wisata Situ Cinangsi

Wisatawan yang ingin liburan dengan nuansa alam yang masih segar ini bisa datang ke Situ Rabak, Cikuda, Kecamatan Parung Panjang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16360. Google Maps disini.

Jika dari arah pusat Kota Bogor kita bisa melalui Jalan Raya Parung lalu masuk ke Jalan Raya Dago di mana lokasinya bisa ditempuh dengan waktu sekitar 1 jam 15 menit perjalanan.

Wisata Situ Cinangsi ini beroperasi mulai hari Sabtu sampai Kamis. Durasi waktu operasional Situ Cinangsi ini mulai pukul 07.00 WIB – 17.00 WIB di hari Senin sampai Kamis dan mulai pukul 06.30 WIB – 17.00 WIB setiap hari Sabtu dan Minggu.

Dengan begitu, wisatawan bisa melakukan liburan akhir pekan secara leluasa dan menyenangkan di Wisata Situ Cinangsi ini.

Penginapan Terdekat

Wisatawan yang ingin melakukan penginapan bisa melakukan camping ground di Wisata Situ Cinangsi atau mengunjungi OYO 387 Alfa Guest House yang beralamat di Jalan Raya Padegangan, Cicalengka.

Jika dari Wisata Situ Cinangsi wisatawan hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit perjalanan. Lalu mengenai tarif penginapannya, kita hanya perlu menyisihkan budget mulai dari Rp 260.000 sampai dengan Rp 511.000 per malam dengan pilihan paket penginapan yang beragam.

Wisatawan dari Bogor dan sekitarnya bisa menikmati keindahan Bogor yang tersembunyi dengan mengunjungi Wisata Situ Cinangsi ini di akhir pekan agar terkesan lebih berkesan.

Rate this post
Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.
Avatar for Erisa Vindia
Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.