10 Wisata Gua di Yogyakarta Cocok Dikunjungi Para Pencinta Alam

Gua di Yogyakarta

Destinasi wisata di Yogyakarta seolah tidak pernah ada habisnya. Kota Gudeg ini menyimpan sederet destinasi wisata yang memesona mulai dari wisata alam, wisata budaya, wisata sejarah, hingga wisata kuliner.

Bagi yang suka berpetualang, Jogja juga menyimpan sederet wisata yang asri dan asyik untuk dikunjungi. Salah satunya yaitu destinasi wisata gua di Yogyakarta yang belakangan ini mulai ramai dibicarakan.

Mayoritas gua yang ada di Jogja ini merupakan gua kapur yang punya pemandangan staktit dan stalakmit cantik. Wisata ini bisa dijadikan sebagai alternatif untuk menghilangkan stres karena sensasi menantang dan pemandangan menawannya.

Rekomendasi Wisata Gua di Yogyakarta

Berikut ini ada 10 gua di Yogyakarta yang bisa dikunjungi baik bersama teman maupun keluarga.

1. Gua Jomblang

2020 08 31
Foto via Googlemaps/Jogja Untukku

Rekomendasi wisata gua di Yogyakarta di Jogja yang bisa dikunjungi yaitu Goa Jomblang. Goa Jomblang ini seringkali disebut sebagai tempat untuk melihat cahaya dari surga. Goa Jomblang termasuk salah satu gua vertikal yang memiliki sungai bawah tanah. Keberadaan sungai inilah yang membuat penggemar caving mengunjungi gua ini.

Saat turun ke dalam gua, pengunjung akan merasakan sensasi hutan rimba di dasar bumi. Gua ini cocok bagi pencinta alam yang suka kegiatan menantang, karena akan disuguhkan oleh sensasi menantang di kedalaman 60 meter.

Sekitar pukul 10:00 WIB hingga pukul 13:00 WIB, cahaya matahari akan masuk melalui selah-selah gua yang menciptakan pemandangan begitu memesona. Untuk tour ke dalam goa ini akan dikenakan tarif sebesar Rp450.000 per orang. Biasanya per hari dibatasi hanya 40 orang saja.

Alamat: Jetis, Pacarejo, Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55893.

2. Goa Pindul

2023 09 14 1
Foto via Googlemaps/edcba jihgf

Nama Goa Pindul sudah begitu populer baik di kalangan masyarakat lokal maupun wisatawan. Gua di Yogyakarta ini begitu populer dan salah satu yang membuatnya keren yaitu keberadaan Sungai Oya yang mengalir di bawah gua.

Selain menjelajahi gua, di sana juga pengunjung bisa mencoba aktivitas menarik berupa cave tubing atau wisata air susur gua menggunakan ban. Tidak perlu khawatir, sebab kegiatan ini didampingi oleh profesional serta dibekali dengan peralatan yang lengkap sehingga terjamin aman.

Alamat: Jalan Ngawis – Munggur, Ngawis II, Ngawis, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55891.

3. Gua Cokro

2019 08 29
Foto via Googlemaps/Adi S

Sama seperti Goa Jomblang, Gua Cokro juga merupakan salah satu goa vertikal yang punya kedalaman hingga 18 meter. Gua di Yogyakarta ini memiliki dua buah mulut gua sebesar 8 meter dengan diameter sekitar 1 meter.

Dinding guanya terbentuk secara alami sehingga memiliki ukiran mineral di batuan karst. Ketika cuaca sedang cerah, pengunjung akan mendapatkan fenomena Ray of Light yakni sinar matahari yang masuk melalui celah lubang sehingga memancarkan cahaya yang begitu cantik. Untuk masuk ke gua ini, pengunjung hanya perlu membayar tiket sebesar Rp10.000 per orang.

Alamat: Unnamed Road No.55892, Wirik, Umbulrejo, Ponjong, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55892.

4. Gua Kalisuci

2018 04 21
Foto via Googlemaps/Amin Rahmadi

Gua Kalisuci ini merupakan kawasan karst dengan sungai yang mengalir di dalamnya tetapi dalam kondisi tenang sehingga sangat aman untuk dijadikan tujuan wisata. Selain Gua Pindul, Gua Kalisuci juga menjadi spot terbaik untuk cave tubing.

Gua di Yogyakarta ini memiliki panjang sekitar 600 hingga 700 meter. Untuk menjelajahinya, pengunjung akan memakan waktu sekitar 2 jam. Pengunjung akan merasakan sensasi menantang dengan menyusuri lorong gelap di atas sebuah perahu karet.

Yang menariknya lagi, ada beberapa gua yang terhubung langsung dengan Gua Kalisuci sehingga bisa dijelajahi dalam satu waktu. Gua tersebut yaitu gua suci, gua glatikan, gua buri omah, gua gelung, dan gua brubug.

Alamat: Jetis, Pacarejo, Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55893.

5. Gua Tanding

Gua Tanding tidak begitu jauh dari Gua Pindul, sehingga gua di Yogyakarta ini juga tidak kalah populer dari Gua Pindul. Meskipun termasuk salah satu wisata baru, Gua Tanding ini sudah berhasil menarik perhatian para wisatawan.

Gua Tanding ini terbilang salah satu gua keren yang ada di Jogja, pengunjung akan dibuat takjub dengan keindahan yang ada di dalamnya. Gua Tanding ini juga memiliki sungai bawah tanah dengan kedalaman sekitar 3 meter. Untuk panjang sungainya sendiri yaitu 450 meter.

Dengan adanya sungai ini tentu saja pengunjung bisa merasakan keseruan river boating di sana. Tidak hanya itu saja, pengunjung juga bisa mengamati ornamen gua yang masih hidup di dalam sana.

Alamat: Gelaran 2, Seropan, Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55891.

6. Gua Rancang Kencono

Gua Rancang Kencono ini merupakan gua purba yang ada di kawasan Gunung Kidul. Di dalam gua di Yogyakarta terdapat pohon klumpit yang cukup besar di mana usianya ini sudah ratusan tahun. Konon, gua ini dulunya digunakan sebagai tempat persembunyian dan pertemuan Laskar Mataram.

Laskar Mataram sendiri merupakan sekelompok organisasi yang memiliki strategi untuk mengusir Belanda dari Kesultanan Yogyakarta. Maka dari itu, gua ini disebut sebagai Gua Tangan Kencono. Di dalam gua, pengunjung akan menemukan berbagai macam keunikan yang tidak ada di gua lainnya, salah satunya yaitu adanya aula bawah tanah.

Alamat: Mungguran II, Bleberan, Playen, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55861.

7. Gua Sriti

Gua Sriti juga bisa dijadikan sebagai destinasi wisata gua di Yogyakarta. Dinamakan Gua Sriti karena tempat tersebut dulunya dijadikan tempat bersarangnya burung-burung Sriti. Keunikan dari gua di Yogyakarta ini terletak dari batunya yang berwarna putih.

Alamat: Dukuh, Purwoharjo, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55673.

8. Gua Cerme

Gua Cerema ini termasuk gua horizontal yang bisa dikatakan cukup panjang yakni dengan kedalaman 1,4 kilometer. Untuk sampai di mulut gua di Yogyakarta ini, pengunjung diharuskan untuk menuruni 759 anak tangga. Maka dari itu, untuk bisa mengunjungi Gua Cerme dibutuhkan stamina yang baik.

Sama seperti Gua Pindul dan Gua Kali suci, Gua Cerme juga memiliki sungai bawah tanah. Menariknya lagi, di sana terdapat air terjun kecil yang begitu eksotis. Gua ini juga punya ornamen yang cukup lengkap seperti staglaktit, stalakmit, pilar, dan masih banyak lagi.

Alamat: Jalan Srunggo, Srunggo, Selopamioro, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55782.

9. Gua Selarong

Gua Selarong ini termasuk salah satu gua bersejarah yang ada di kawasan Bantul. Dulunya, gua ini dijadikan sebagai markas Pangeran Diponegoro untuk bergerilya melakukan perlawan terhadap Belanda.

Saat ini, Gua Selarong dijadikan tempat wisata sejarah sekaligus wisata alam dengan pemandangannya yang asri. Untuk masuk ke sana, pengunjung akan dikenakan tarif sebesar Rp4.000 per orang.

Alamat: Waktu Gedug, Guwosari, Pajangan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55751.

10. Gua Kiskendo

Rekomendasi gua terakhir di Jogja yang bisa dijadikan tujuan wisata yaitu Gua Kiskendo. Gua ini berada di kawasan Kulon Progo dan menjadi salah satu wisata hits di sekitar sana. Bahkan, gua ini juga memiliki nilai sejarah yang berhubungan dengan pewayangan. Konon, dulunya dua raksasa bernama Mahesasura dan Lembusura pernah tinggal di sana.

Di luar dari cerita sejarahnya, Gua Kiskendo juga memiliki keunikan dari stakmit yang berbentuk lidah raksasa. Gua ini berdekatan dengan Gua Sumitro sehingga pengunjung bisa menjelajahi dua gua sekaligus dalam satu waktu.

Alamat: Jalan Goa Kiskendo, Sawah / Hutan, Trayu, Singorojo, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah 51382.

Itulah rekomendasi 10 gua di Yogyakarta yang bisa dikunjungi. Para pencinta alam jangan sampai melewatkan sensasi menantang yang akan menciptakan pengalaman berkesan ini. Datang ke sana secara beramai-ramai tentunya dinilai lebih menyenangkan.

Avatar for Erisa Vindia
Erisa Vindia Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.
Avatar for Erisa Vindia
Erisa Vindia Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments