big rig attorney, truck accident lawyers near me, best lawyers for truck accidents, big truck wreck lawyers, trucking accident injury lawyer, truck driver accident lawyers, construction truck accident lawyer, big rig accident attorney, cyber security, cyber security companies, cyber security online, cyber threat intelligence, online security, acronis cyber protect cloud, computer security companies, internet security companies, doctor billing software, medical practice billing software, medical scheduling and billing software, medical billing and coding practice software, medical billing scheduling software

Alun-alun Karanganyar, Wisata Murah Meriah Paling Terkenal di Tengah Keramaian Kota Karanganyar

Alun-alun Karanganyar

Siapa bilang liburan itu harus keluar budget mahal? Meskipun dengan dana yang terbatas kamu tetap bisa pergi ke destinasi manapun. Sekarang ada banyak wisata murah dengan fasilitas super lengkap.

Salah satu rekomendasi tempatnya ada Alun-alun Karanganyar. Sebuah ruang terbuka hijau yang berada di tengah pusat kota.

Daya Tarik Alun-alun Karanganyar

Berbicara mengenai tempat wisata di Jawa Tengah memang tidak ada habisnya. Hampir semua jenis objek wisata ada di sana. Mulai dari wisata alam, sejarah, religi, kuliner, dan edukasi. Kamu bebas memilih sesuai yang kamu inginkan. Namun paling penting sesuaikan dengan budget. Kalau mau wisata murah meriah datang saja ke Alun-alun Karanganyar.

Hampir setiap hari kondisinya tidak pernah sepi pengunjung. Dari pagi sampai malam hari suasananya selalu ramai. Apalagi kalau tiba hari libur atau tanggal merah. Pasti jumlah wisatawan yang datang jauh lebih banyak ketimbang hari biasa. Siap-siap saja kamu akan kesusahan mencari tempat parkir.

Alun-alun Karanganyar menjadi alternatif wisata bagi sebagian orang yang ingin liburan tapi terkendala budget. Hamparan rerumputan hijau dengan tatanan taman yang memukau memang sudah cukup memanjakan mata. Ditambah lagi kehadiran sejumlah pepohonan rindang membuat kawasannya kian terasa sejuk.

Sebagai objek wisata sekaligus landmark Kabupaten Karanganyar. Alun-alun Karanganyar mempunyai sejumlah daya tarik. Diantaranya ada air mancur menari, Masjid Agung Madaniyah, Monumen Gerakan Sayang Ibu, arena olahraga, wisata malam hari, dan event besar. Keterangan lebih lanjut bisa kamu baca pada sub bab berikut.

Masjid Agung Madaniyah

PANO 20221113 090221
Sumber : Google Maps/Esha Darwinsa

Daya tarik pertama dari Alun-alun Karanganyar ada Masjid Agung Madaniyah. Letaknya memang di luar alun-alun, tetapi kehadirannya selalu menyita perhatian pengunjung. Hal itu tak salah mengingat arsitektur masjid-Nya yang begitu artistik. Terdapat empat menara besar mengelilinginya dan satu kubah berwarna hijau di bagian tengah atapnya.

Pintu-pintu melengkung dengan motif hitam putih di bagian atasnya mengingatkan kita dengan model masjid yang ada di Kota Madinah dan Makkah. Secara tidak langsung hal itu memunculkan kerinduan untuk kembali ke Baitullah. Keindahannya kian terpancar kala matahari tengah bersinar cerah.

Langit kebiruan berpadu bangunan masjid yang serba putih menjadikannya tampak seperti lukisan hidup. Perpaduan warna biru dan putih terlihat instagrammeble sewaktu tertangkap jepretan kamera. Berfoto dengan background Masjid Agung Madaniyah adalah pilihan pas buat foto bertemakan religi.

Event-event Besar

Alun-alun Karanganyar bukan hanya sebagai destinasi wisata semata. Terkadang kawasan tersebut juga sering digunakan untuk acara-acara besar. Salah satunya pada tahun 2019 lalu baru saja diadakan event Open X-Sports Championship (IOXC). Sebuah perlombaan olahraga ekstrem yang mana pesertanya dari berbagai negara.

Beragam jenis olahraga ekstrem dipertandingkan. Diantaranya ada skateboard, B-boy, freestyle soccer, BMX, basket freestyle, dan aggresive inline. Alun-alun yang tadinya tampak kehijauan disulap menjadi arena perlombaan sesuai cabang olahraga masing-masing. Pada saat itu kondisinya ramai dengan sorak surai penonton yang kebanyakan para kaula muda.

Air Mancur Menari

IMG 20200222 191528 HDR 01
Sumber : Google Maps/Marjuki

Dari semua hal yang ada di Alun-alun Karanganyar, air mancur menari paling banyak mendapatkan sorotan pengunjung. Lokasinya ada di Taman Gajah. Salah satu area yang masih satu kawasan dengan Alun-alun. Kalau ingin melihat keindahannya kamu harus datang saat malam hari. Pancaran sinarnya akan terlihat jelas dalam kegelapan malam.

Wisatawan sering menyebut air mancur menari dengan nama Wings of Time. Nama yang sama seperti air mancur yang ada di negara tetangga, Singapura. Konsep yang diusung pun juga sama. Lewat pipa-pipa instalasi akan keluar semburan air lalu bergerak-gerak mengikuti alunan musik.

Sungguh terlihat indah dan menawan kala air mancur menari-nari sambil memancarkan sinar warna-warni. Ada hijau, merah, ungu, kuning, dan masih banyak lagi. Beberapa pengunjung tak mau kehilangan momen langka tersebut dengan mengabadikannya menggunakan kamera ponsel.

Monumen Gerakan Sayang Ibu

2021 01 18
Sumber : Google Maps/Setha Adhy

Ada satu keunikan Alun-alun Karanganyar yang tidak dimiliki alun-alun lain. Di sana terdapat sebuah monumen unik bernama Monumen Gerakan Sayang Ibu. Bentuknya berupa batu besar dengan bagian atasnya dipasang patung seorang ibu yang tengah menggendong anaknya.

Keberadaan monumen GSI memberikan daya tarik tersendiri. Pengunjung seringkali menjadikannya sebagai tempat berswa foto. Lantaran monumennya diletakkan pada sebuah bangunan pendopo terbuka dengan atap berbentuk segitiga. Kesan sejuk kian terasa karena pendopo dikelilingi tumbuhan dan pepohonan hijau.

Wisata Malam Hari

IMG20201222212039
Sumber : Google Maps/Rochmawati Sukemi

Selain melihat fenomena air mancur menari, pada malam hari kamu juga bisa menemukan keseruan lainnya. Misalnya saja mencoba wahana permainan. Ada banyak wahana permainan untuk anak-anak dan orang dewasa. Tetapi itu tidaklah gratis karena wahana tersebut bukan milik pihak pengelola Alun-alun Karanganyar.

Wahana permainan anak-anaknya bervariasi. Ada mobil-mobilan, motor kecil, kereta mini, dan wahana balon. Dijamin si kecil akan merasa senang selama liburan di alun-alun. Sedangkan wahana orang dewasanya ada sepeda kayuh. Bentuknya menyerupai mobil lengkap dengan hiasan lampu warna-warni.

Arena Olahraga

Alun-alun Karanganyar juga cocok dijadikan tempat berolahraga. Hamparan rerumputan hijau yang tumbuh subur dikelilingi pepohonan rindang memang tempat yang paling pas buat jalan-jalan santai. Setiap pagi dan sore hari kamu bisa melihat sekumpulan orang tengah berolahraga di sekitar alun-alun.

Aktivitas olahraga yang dilakukan pengunjung sangat beragam. Ada yang joging di arena jogging track. Bersepeda ria di jalur sepeda. Bermain bola di tanah lapang berumput. Dan ada pula yang hanya sekedar pemanasan ringan dengan melakukan peregangan otot-otot kaki serta tangan.

Harga Tiket Masuk

Wisatawan yang berkunjung ke Alun-alun Karanganyar tidak dikenakan biaya sepeserpun. Kamu bisa masuk dan memanfaatkan segala macam fasilitas di sana secara gratis. Tetapi jika membawa kendaraan pribadi wajib membayar biaya parkir.

Jam Buka

Alun-alun Karanganyar buka setiap hari. Tidak ada batasan jam operasional karena pihak pengelola membukanya selama 24 jam. Jadi kamu bebas mau datang kapanpun. Entah itu hari biasa, hari libur, atau tanggal merah sekalipun. Kalau mau suasana yang lebih privat sebaiknya kamu datang antara hari Senin sampai dengan Jumat.

Fasilitas Umum

Kamu tak perlu khawatir soal fasilitas umum di Alun-alun Karanganyar. Pihak pengelola sudah menyediakan sarana dan prasarana memadai demi kenyamanan kamu selama liburan. Berikut beberapa diantaranya.

  • Area parkir
  • Toilet umum
  • Masjid
  • Taman
  • Tempat duduk
  • Jogging track
  • Pusat kuliner

Tips Berkunjung

Walaupun hanya sebuah Ruang Terbuka hijau di tengah kota tetap saja kamu perlu membuat persiapan matang jika ingin pergi ke Alun-alun Karanganyar. Tidak perlu berlebihan dan cukup lakukan beberapa hal berikut.

  1. Pilih hari saat cuaca sedang cerah. Maka dari itu sebelum berangkat lihatlah informasi perkiraan cuaca terlebih dahulu.
  2. Kenakan pakaian yang sesuai dengan aktivitas kamu. Misal kalau kamu ingin olahraga maka pakailah baju olahraga.
  3. Ajaklah teman atau keluarga supaya liburan kamu lebih menyenangkan.
  4. Sebisa mungkin berangkat lebih pagi agar tidak terjebak macet.
  5. Bawalah barang-barang penting seperti alat shalat, minuman, uang tunai, handphone, dan kamera.
  6. Periksa dulu kondisi kendaraan yang akan kamu bawa. Pastikan bahan bakarnya penuh, ban sudah terisi angin, dan mesinnya tidak ada masalah.

Dari penjelasan tadi tidak ada alasan buat kamu menolak liburan ke Alun-alun Karanganyar. Tiket gratis, fasilitas lengkap, dan banyak aktivitas seru menanti. Cocok banget buat kamu yang suka liburan dengan budget minim. Sewaktu di sana selalu jaga kebersihan dan taati semua aturan yang berlaku.

Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments