Menikmati Keindahan Waduk Selorejo Yang Bikin Tenang

Waduk Selorejo

Mungkin wisatawan datang ke Malang hanya untuk menikmati taman hiburannya yang sangat beragam seperti Jatim Park 1 hingga 4, Batu Night Spectakuler, maupun Malang Night Paradise. Padahal di Malang kita juga bisa menemukan beberapa wisata alam yang akan membuat wisatawan terkagum-kagum.

Salah satunya yang tidak boleh ketinggalan ketika sedang berlibur ke Malang yaitu mengunjungi Waduk Selorejo. Waduk yang merupakan wisata alam buatan yang belakangan ini hits di media sosial terutama Instagram dan Tiktok.

Tempat ini dikeliling oleh ketiga gunung sekaligus yaitu Gunung Kawi, Gunung Anjasmoro, hingga Gunung Kelud. Ketiga gunung tersebut seolah menjadi perisai bagi Waduk Selorejo.

Banyak wisatawan yang datang ke sana demi untuk mengabadikan momen mereka dengan latar pegunungan yang begitu gagah. Terlebih, suasananya yang begitu sejuk dan tenang membuat wisatawan semakin betah.

Daya Tarik Waduk Selorejo

Di atas lahan sekitar 650 hektar ini, kita akan disuguhkan oleh pesona pemandangan hijau yang meneduhkan. Di balut dengan waduk yang begitu eksotis. Waduk tersebut menjadi pusat ikan air tawar terbesar di Malang.

Itulah mengapa banyak wisatawan yang datang ke sana untuk melakukan kegiatan memancing. Ada beberapa jenis ikan yang akan kita temukan di sana mulai dari ikan mujair, nila, tawes, tombro, wader, hingga udang.

Selain memancing, wisatawan juga bisa berkeliling waduk menggunakan perahu. Pengunjung bisa menyewa jenis perahu mulai dari perahu motor hingga perahu dayung yang harga sewanya dibanderol dengan tarif Rp 20.000 untuk satu putaran bendungan.

Di tengah-tengah waduk, kita bisa melihat Pulau Jambu yang memiliki luas sekitar 7,5 hektar. Di sebut Pulau Jambu karena di sana terdapat sebuah perkebunan jambu biji. Kita bisa mencicipi hingga puas bahkan membawanya pulang dengan membayar tarif tertentu. Ketika mengelilingi waduk, kita wajib banget mengabadikan momen dalam sebuah jepretan kamera.

Bicara soal mengabadikan momen, ada beberapa spot instagramable yang bisa kita temukan di Waduk Selorejo ini. Mulai dari jembatan gantung dengan bohlam yang estetik di atasnya hingga spot taman bunga yang tidak kalah cantik. Jepretan tersebut beredar di media sosial hingga daya pikat Waduk Selorejo ini semakin mencolok.

21147276 102877497116959 3958799385403326464 n
Foto via Instagram.com/amazingmalang

Banyak wisatawan juga memanfaatkan tempat ini untuk melakukan piknik di pinggir Waduk. Kegiatan ini tentunya menarik untuk di coba. Kita bisa bertukar pikiran sambil menikmati pemandangan teduhnya genangan air waduk. Wisatawan yang ingin mencobanya, bisa membawa tikar hingga perbekalan yang cukup.

Wisata Menarik Lainnya :  Oleh-oleh Khas Malang yang Hits, Sayang untuk Dilewatkan!

Dan bagi wisatawan yang tidak membawa perbekalan, bisa banget kulineran di Waduk Selorejo ini. Ada berbagai hidangan lezat yang akan kita temukan seperti aneka olahan ikan, ayam bakar, sate-satean, hingga aneka camilan dan minuman wedang. Segala menu yang ada di sana ditaksir mulai dari Rp4.000.
Waduk Selorejo juga dilengkapi dengan fasilitas seperti kolam renang mini, gazebo, pasar ikan, toilet, tempat ibadah, dan masih banyak lagi.

Harga Tiket Masuk Waduk Selorejo

Jika menaiki perahu kita akan dikenakan tarif sebesar Rp 20.000, untuk masuk ke Waduk Selorejo ini juga tentunya kita akan dikenakan tarif yang dibanderol seharga Rp 20.000 per orang. Tiket masuk sudah tergabung dengan tiket parkir kendaraan bermotor maupun mobil.

Lokasi dan Jam Buka Waduk Selorejo

Keindahan dan keseruan Waduk Selorejo ini bisa kita temukan di Sambirejo, Pandansari, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Map klik disini.

Wisatawan bisa memulainya dari Jalan Kedawung hingga mengikuti petunjuk arah hingga bertemu Kecamatan Ngantang yang bisa ditempuh dengan waktu sekitar 1 jam perjalanan dari Alun-Alun Malang.

Waduk Selorejo ini mulai beroperasi pukul 07.00 – 17.00 WIB. Pada hari Jumat, biasanya Waduk Selorejo tutup pada pukul 15.00 WIB tergantung pada ramainya wisata tersebut.

Akomodasi

Meskipun berada di kawasan Malang yang cukup dalam, tidak mustahil untuk menemukan penginapan di sekitar sana. Kita bisa mampir ke Alam Asri Pujon yang terletak di Jalan Brigjend Abd Manan Wijaya No.703, Lebaksari, Ngroto, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Dengan melakukan penginapan di Alam Asri Pujon ini kita akan dikenakan tarif penginapan sebesar Rp 405.000 hingga Rp 810.000 per malam.

Rate this post
Ibu Rumah Tangga yang memiliki hobi membaca serta menulis cerpen dan ulasan buku.
Avatar for Marlina Septiana
Ibu Rumah Tangga yang memiliki hobi membaca serta menulis cerpen dan ulasan buku.