Umbul Sigedang Klaten, Nikmatnya Berenang Di Alam Terbuka Bersama Rimbunan Pepohonan

Umbul Sigedang Klaten

Umbul Sigedang termasuk wisata Klaten yang tengah hits di tahun 2024 ini. Meskipun tidak sepopuler Umbul Ponggok, tetapi masyarakat khususnya warga sekitar begitu antusias mengunjunginya.

Apalagi kalau sudah tiba akhir pekan. Kondisinya pasti ramai dengan jumlah wisatawan yang semakin membludak. Entah itu warga lokal atau luar Klaten.

Alamat : Dk, Umbulsari, Ponggok, Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah.
Lokasi : Google Maps
Harga tiket : Rp10.000
Jam buka : 08.00 – 16.00 WIB

Daya Tarik Umbul Sigedang

Klaten memang salah satu kota pariwisata yang wajib kamu kunjungi saat liburan akhir pekan nanti. Dikarenakan wilayah ini mempunyai banyak sekali tempat wisata menarik. Sayang bukan jika harus dilewatkan begitu saja? Salah satu rekomendasi objek wisatanya ada Umbul Sigedang yang berlokasi di sekitar daerah Polanharjo, Klaten.

Wisata satu ini baru saja menjadi perbincangan hangat di media sosial. Lantaran ada beberapa daya tarik yang dimilikinya hingga membuat pengunjung terpesona. Pasti penasaran kira-kira apa saja hal menarik dari Umbul Sigedang? Kalau mau tahu informasi lebih lengkapnya ada pada penjelasan sub bab berikut ini.

Spot Foto Alam Tak Biasa

Daya tarik pertama dari Umbul Sigedang adalah adanya pohon beringin besar. Kehadirannya mampu membuat kegiatan liburan para pengunjung terasa lebih menyenangkan. Selain sebagai alternatif tempat berteduh di kala siang hari yang panas. Pengunjung juga sering menjadikan pohon beringin sebagai objek foto.

Akar-akar pohon beringin bergelantungan memberikan sensasi tak biasa. Seolah-olah seperti ada aura mistis menyelimuti pohon yang terkenal angker itu. Di sisi lain ada pohon beringin dengan bentuk hampir menyerupai terowongan. Terlihat begitu cantik saat tanaman tersebut berpadu bersama kejernihan air kolam.

Tak hanya spot pohon beringin saja yang menarik perhatian. Spot bawah airnya juga tak kalah indah. Biasanya pengunjung suka sekali mengabadikan momen saat sedang menyelam di dalam kolam. Air kolam yang jernih memungkinkan pengunjung bisa mendapatkan hasil foto yang bagus.

Ikan-ikan Cantik

1689071399308
Sumber : Googlemap/BRAHMas

Saat berenang di kolam Umbul Sigedang kamu tak akan sendirian. Ada sekumpulan ikan-ikan cantik yang siap menemani kamu. Sungguh pengalaman liburan berkesan yang pastinya tak akan kamu temukan di tempat manapun. Berenang bersama segerombolan ikan sambil menikmati kesegaran air tentu sebuah kesempatan yang jarang ada.

Tak usah takut semisal ada ikan-ikan yang datang mengerumuni kamu. Ikan-ikan di sini jinak dan mudah beradaptasi dengan orang-orang baru. Jadi santai saja dan nikmati kebersamaan indah tersebut dengan berenang bersama. Kalau perlu abadikan momen langka ini menggunakan bidikan kamera ponsel.

Perlu kamu ingat, ikan-ikan Umbul Sigedang ini sangatlah istimewa. Pihak pengelola tidak mengizinkan siapapun untuk menangkap atau memancing ikan tersebut. Hanya boleh melihat dan mengambil gambarnya saja. Mengingat keberadaan ikan-ikan tersebut menjadikan wisata ini memiliki daya tarik tersendiri.

Kalau kamu mau pengalaman yang lebih menantang cobalah masuk ke dasar kolam. Jangan lupa memakai kacamata renang dan peralatan snorkeling agar suasananya mirip seperti tengah menyelam di dasar laut. Akan tetapi kegiatan ini khusus bagi pengunjung yang sudah ahli dalam berenang. Semisal belum begitu mahir jangan coba-coba.

Kolam Air Alami

IMG 20230711 174101
Sumber : Googlemap/Bravo Anoa

Daya tarik utama dari Umbul Sigedang sudah pasti kolam renangnya. Terlihat jelas sekali air di kolam ini memancarkan warna sebening kristal. Maka jangan heran jika banyak orang begitu menyukai aktivitas berenang di tempat wisata satu ini. Benar-benar masih alami dan tidak ada campuran bahan kimia apapun.

Sayangnya untuk mencapai area kolam tidak mudah. Kamu harus berjalan jauh hingga masuk ke area pemukiman warga. Lokasi kolam renang tersebut tepat di tengah-tengah desa yang dikelilingi rumah-rumah warga. Selanjutnya kamu harus melewati jalanan yang menurun untuk sampai ke bagian Umbul.

Begitu sampai akan ada air berwarna kebiruan menyambut kedatangan kamu. Ukuran kolamnya memang tidak terlalu luas. Tetapi kualitas airnya tak perlu kamu ragukan lagi. Bersih, jernih, alami, dan segar adalah empat keunggulan utama yang dimilikinya.

Warna air yang jernih menjadi daya pikat untuk menarik perhatian wisatawan datang ke Umbul Sigedang. Bahkan dengan mata telanjang pun bisa terlihat jelas bagian dasar kolamnya. Dimana ada hamparan pasir kecokelatan dipenuhi sekumpulan berbatuan hitam beragam bentuk. Mulai dari yang berukuran kecil hingga besar.

Jam Buka

Umbul Sigedang selalu buka setiap hari dari Senin sampai dengan Minggu. Tentunya dengan jam operasional yang tidak pernah berubah. Info terbaru, pihak pengelola membuka wisata ini dari jam 8 pagi hingga 4 sore. Lebih dari waktu yang ditentukan sudah tidak menerima kunjungan wisatawan.

Harga Tiket Masuk

Tiket masuk Umbul Sigedang termasuk murah untuk ukuran wisata alam dengan fasilitas super lengkap. Satu tiketnya hanya dibanderol Rp10.000 per orang. Menariknya pihak pengelola juga memberikan tambahan air mineral ukuran 220 ml.

Fasilitas Umum

Fasilitas umum Umbul Sigedang tergolong sudah cukup memadai. Untuk area parkir saja memiliki lahan yang sangat luas. Kendaraan seperti sepeda motor atau mobil mampu ditampung dalam jumlah banyak.

Akan tetapi fasilitas parkir ini ada biayanya. Kendaraan sepeda motor dikenakan tarif Rp2.000. Sedangkan mobil sedikit lebih mahal, yaitu Rp5.000. Tenang saja, kendaraan kamu aman karena ada petugas yang selalu sedia menjaganya.

Selanjutnya untuk fasilitas toilet ada dua tempat. Satu khusus laki-laki dan yang lainnya untuk perempuan. Kondisinya sudah cukup layak meski modelnya masih sederhana. Tak lupa pihak pengelola menambah kamar bilas bagi pengunjung yang ingin membersihkan diri sehabis berenang.

Buat kamu yang tidak mau berenang bisa bersantai di tempat duduk pinggir kolam. Ada banyak kursi yang tersedia lengkap dengan meja beratapkan payung agar pengunjung tidak kepanasan. Disediakan juga gazebo bagi yang ingin duduk sambil selonjoran.

Pihak pengelola tak lupa menyediakan area mushola. Dengan begini kamu bisa menjalankan ibadah shalat tepat waktu. Selepas itu istirahatkan badan dengan mengisi perut di warung makan sekitar tempat wisata. Dijamin makanannya enak dan harganya juga sangat terjangkau.

Tips Berkunjung

Datanglah ke Umbul Sigedang pas hari kerja. Kalau weekend takutnya terlalu ramai. Paling parah jalanan menuju ke sana juga sering macet. Sudah pasti waktu tempuh yang dibutuhkan untuk mencapai lokasinya lumayan lama.

Sebisa mungkin datang waktu pagi atau sore hari yang mana jalanan masih agak lenggang. Kendaraan yang melintas tidak terlalu banyak sehingga kamu bisa cepat sampai. Kalau perlu liburan saat musim panas. Berenang di dalam kolam berair dingin pasti terasa menyegarkan di saat cuaca sedang panas-panasnya.

Jangan lupa sebelum berangkat menyiapkan segala kebutuhan barang bawaan. Contohnya seperti perlengkapan mandi, baju ganti, tas untuk menaruh barang, dompet, obat-obatan pribadi, minuman, dan camilan. Pastikan juga kendaraan kamu dalam kondisi baik-baik saja.

Sebelum memulai kegiatan berenang lakukan pemanasan ringan terlebih dahulu. Tujuannya agar otot-otot kamu tidak tegang saat memasuki kolam renang nanti. Utamakan keselamatan dan keamanan diri kamu selama berenang. Hindari melakukan kegiatan yang berbahaya.

Harga tiket masuk Umbul Sigedang bisa berubah sewaktu-waktu. Untuk mendapatkan informasi terbaru yang lebih valid hubungi ke nomor 0812 – 2654 – 661. Sekian informasi tentang pariwisata Klaten kali ini. Semoga bermanfaat dan kalau perlu share ke teman atau keluarga kamu.

Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments