Air Terjun Grojogan Limo, Wisata Alam Terbaru Dengan Kesegaran Air Sungai Sebening Kristal

Air Terjun Grojogan Limo Pasuruan

Panas-panas enaknya liburan ke mana ya? Sudah pasti paling nikmat berendam di dalam kolam yang menyegarkan. Pasti ada nih tempat wisata Pasuruan yang pas untuk menyegarkan diri.

Salah satu tempat wisata yang bisa kamu kunjungi adalah Grojogan Limo. Sebuah sungai krikilan dengan air terjun bercabang yang masih alami. Suasana di sana sangat sejuk karena banyak dikelilingi pepohonan hijau.

Aktivitas Seru Air Terjun Grojogan Limo

Jika pada umumnya wisata air terjun berada di kawasan dataran tinggi, namun berbeda dengan Grojogan Limo. Dimana lokasinya ada di dataran rendah dekat area persawahan. Keunikan ini sempat membuat sebagian orang merasa heran. Bagaimana bisa di dataran rendah bisa ada air terjun?

Beberapa orang yang penasaran pun mencoba memberanikan diri mengunjungi wisata tersebut. Meskipun harus melewati jalanan sawah yang berlumpur tak menjadi masalah. Begitu sampai wisatawan akan disambut pemandangan hijau berupa area persawahan dan tentunya air terjun itu sendiri.

Pada awalnya wisata ini belum begitu dikenal oleh masyarakat karena masih tergolong baru. Akan tetapi semenjak kehadiran media sosial semakin lama kunjungan wisatawan kian membludak saja. Di sana banyak hal menarik yang mungkin tidak akan kamu temui di wisata manapun. Informasi lebih lengkap bisa kamu simak pada penjelasan berikut ini.

Bersantai di Dekat Air Terjun

Udara sejuk dengan suasana sunyi nan sepi dari wisata Grojogan Limo memang paling pas sebagai tempat bersantai. Datanglah ke sana apabila kamu ingin menenangkan diri sejenak dari rutinitas pekerjaan. Dijamin rasa suntuk dan stres akan hilang seketika bersama terpaan angin.

Selama bersantai di sana akan ada pemandangan alam nan eksotis menemani kamu. Ada suguhan area persawahan lengkap dengan tanaman padinya yang mulai menghijau. Ditambah pula suara gemericik air dari aliran air terjun Grojogan Limo yang mengalir cukup deras.

Di bagian bawah air terjun terdapat kolam alami yang memiliki warna air sebening kristal. Biasanya kolam tersebut sering dijadikan tempat pemandian oleh wisatawan. Kalau kamu tidak bisa berenang bisa juga hanya duduk santai di tepi kolam sambil menikmati keindahan alam sekitar.

Hunting Foto

2018 02 19
Sumber : Google Maps/Dev Lord Mobile

Berkunjung ke tempat wisata seperti Grojogan Limo jangan lupa membawa kamera. Di sana banyak tersedia spot foto keren dengan konsep yang tak biasa. Bagi pencinta fotografi, tempat ini sangat recommended buat hunting foto.

Spot pertama ada ayunan kayu yang biasa disebut dengan bandulan cinta. Mengambil foto di spot ini pasti terlihat bagus karena langsung menghadap ke arah pepohonan hijau yang rindang. Kamu bisa berpose cantik dengan duduk di atas ayunan sambil berayun.

Selanjutnya ada spot hati yang lokasinya masih berdekatan dengan ayunan. Spot ini berupa papan berbentuk hati yang menempel pada sebuah batang pohon. Sangat cocok untuk latar belakang foto bagi sepasang kekasih.

Dan spot terakhir tentu saja pemandangan air terjun Grojogan Limo. Pesona air terjunnya yang bersanding dengan area persawahan dan keindahan langit biru membuatnya tampak seperti lukisan hidup. Hal inilah yang menjadi alasan utama mengapa wisatawan lebih suka berswa foto di spot ini.

Berenang dan Bermain Air

unnamed
Sumber : Google Maps/Air Terjun Grojogan Limo

Pasti kamu bertanya-tanya kenapa namanya Grojogan Limo? Hal tersebut dikarenakan air terjun ini memiliki 5 buah pancuran air. Alirannya cukup deras jika sudah masuk pada musim penghujan. Namun akan surut saat tiba musim kemarau. Jadi kalau kamu mau menikmati kesegaran airnya lebih baik datang pas musim penghujan.

Tepat di bagian bawah air terjun ada sebuah kolam alami. Airnya sangat jernih dan bening sehingga memungkinkan pengunjung bisa bermain air atau berenang di sana. Ketinggian airnya juga tidak terlalu dalam. Tetapi tetap saja harus berhati-hati karena di sekitar kolam banyak sekali berbatuan besar.

Wisata Kuliner

IMG 20230829 174112
Sumber : Google Maps/Marhamah

Dekat Air Terjun Grojogan Limo berdiri warung makan yang menjual beragam jenis makanan dan minuman. Untuk makanannya mulai dari camilan kekinian, makanan berat, hingga jajanan pasar. Sementara minumannya ada air putih, minuman instan, kopi, dan masih banyak lagi.

Soal harga kamu tak perlu khawatir. Makanan dan minuman di warung makan ini relatif terjangkau. Kamu pun bisa menikmati segala menu yang ada tanpa perlu takut isi kantong berkurang banyak.

Bentuk bangunannya tampak sederhana. Hanya sebuah pondok kecil yang hampir keseluruhan komponennya terbuat dari kayu. Akan tetapi tempatnya cukup nyaman karena berada di alam terbuka. Pengunjung bisa menyantap makanan sambil merasakan kesejukan semilir angin.

Saat menuju lokasinya harap berhati-hati karena medan yang kamu lewati lumayan sulit. Perhatikan langkah kakimu dan jangan sampai terpeleset. Pasalnya kamu nanti akan menyeberangi sungai yang areanya agak licin.

Harga Tiket Masuk

Pihak pengelola wisata Grojogan Limo tidak membebankan tiket masuk kepada para pengunjung, alias gratis. Tetapi kamu wajib membayar retribusi parkir jika membawa kendaraan pribadi. Tenang saja, biaya parkirnya sangat murah tapi agak sedikit berbeda antara roda dua dan empat.

Jam Buka

Grojogan Limo beroperasi setiap hari mulai dari Senin sampai dengan Minggu. Jam bukanya pada Pukul 07.00 dan tutup Pukul 04.00 WIB. Memasuki hari libur dan tanggal merah tetap menerima kunjungan wisatawan seperti biasa.

Fasilitas Umum

Wisata Air Terjun Grojogan Limo tergolong baru di Pasuruan. Maka kamu jangan heran jika fasilitas umum di sana masih serba terbatas. Misalnya saja toilet umum yang jumlahnya sedikit hingga membuat pengunjung harus antre lama.

Lalu fasilitas tempat makan juga tidak begitu banyak. Hanya ada beberapa dan itu pun jarang buka. Untuk jaga-jaga saja sebaiknya kamu bawa bekal dari rumah semisal warung makannya tutup. Jangan lupa juga membawa botol berisi air putih untuk minumannya.

Tidak hanya ada toilet dan warung makan saja. Satu fasilitas penting lainnya yang wajib ada di semua tempat wisata adalah area parkir. Untungnya lahan parkir di sana sangat luas hingga mampu menampung kendaraan roda dua maupun empat.

Tips Berkunjung

Ada beberapa hal penting yang harus kamu persiapkan sebelum berkunjung ke Grojogan Limo. Diantaranya sebagai berikut.

  • Kondisi badan yang fit dan bugar. Perjalanan menuju tempat wisatanya lumayan menguras energi. Jadi kamu mesti datang dengan kondisi badan yang sehat.
  • Pilihlah hari yang tepat. Jangan datang pas musim kemarau. Biasanya pada saat itu aliran air terjun sedikit surut.
  • Sebelum pergi pastikan mengecek cuaca terlebih dahulu. Kalau langit tengah mendung lebih baik tunda dulu liburannya.
  • Semisal di sana kamu ingin berenang jangan lupa membawa baju renang dan peralatan mandi.
  • Apabila kamu mengidap penyakit tertentu bawalah obat-obatan pribadi.
  • Taati semua peraturan yang berlaku dan jangan coba-coba untuk melanggarnya.
  • Manfaatkan setiap fasilitas yang ada sebaik mungkin. Dilarang mencoret-coret ataupun merusaknya.

Air Terjun Grojogan Limo Pasuruan memang tidak salah kamu kunjungi di akhir pekan. Sudan gratis, pemandangan alamnya pun sangat indah dan tak kalah dengan wisata lainnya. Apabila kamu tertarik liburan ke sana segera ajak teman atau keluarga untuk mengunjungi wisata tersebut.

Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments