Curug Ngumpet, Destinasi Seru di Bogor Wajib Kunjungi!

Curug Ngumpet Bogor

Curug Ngumpet, sebuah air terjun yang menakjubkan, terletak di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak di Jawa Barat. Air terjun ini terbagi menjadi dua lokasi yang berbeda, sehingga beberapa orang menyebutnya sebagai Curug 1 dan Curug 2.

Keindahan kedua lokasi air terjun ini sungguh luar biasa karena keberadaan flora dan fauna yang melimpah di sekitarnya. Tidak heran jika tempat wisata alam ini menjadi salah satu destinasi yang sangat direkomendasikan untuk liburan keluarga atau sebagai tempat untuk melepaskan stres.

Alamat : Gn. Picung, Kec. Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.
Lokasi : Google Maps
Jam Buka : 08.00 – 17.00 WIB
Harga Tiket Masuk : Rp 10.000

Asal-usul nama “Ngumpet” digunakan untuk air terjun ini karena lokasinya yang tersembunyi di antara tebing-tebing pegunungan. Namun, itulah yang membuat keindahan Curug ini begitu istimewa di mata para wisatawan.

Berikut ini adalah tinjauan singkat mengenai Curug Ngumpet sebagai salat satu destinasi wisata Bogor yang wajib untuk kita kunjungi.

Daya Tarik yang Ditawarkan oleh Curug Ngumpet

Sebagai salah satu tempat wisata, Curug Ngumpet juga menawarkan daya tarik tersendiri seperti tempat wisata pada umumnya. Namun daya tarik tersebut tentunya unik dan tak sama dengan ditempat lain seperti:

Flora dan Fauna

Daya tarik pertama dari Curug Ngumpet adalah flora dan fauna yang menghiasi lingkungannya. Karena air terjun yang indah ini berada di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak yang dilindungi oleh pemerintah, kamu akan menemukan banyak tumbuhan besar dan pohon di sekitarnya.

Pohon-pohon tersebut menciptakan hutan yang rimbun dengan udara yang sejuk dan segar. Inilah yang membuat destinasi wisata alam ini menjadi tempat yang cocok untuk menghilangkan stres. Selain itu, keberadaan hutan yang lebat di sekitar air terjun ini juga menjadi rumah bagi banyak hewan.

Tak heran jika saat kamu melewati gerbang utama menuju lokasi wisata ini maka akan menemui berbagai jenis hewan seperti burung, monyet, dan hewan lainnya. Kamu juga dapat bersantai sambil mendengarkan suara angin yang menyusuri celah-celah dedaunan dan kicauan burung pada saat yang bersamaan.

Keindahan Air Terjun

323022094 2423277844515791 7423581017940635284 n
Instagram.com/agusparhanyazid

Ketika berbicara tentang daya tariknya, yang paling mencolok dari keindahan alam ini adalah air terjunnya. Curug Ngumpet memiliki dua lokasi air terjun yang berbeda. Di lokasi pertama, terdapat air terjun dengan ketinggian sekitar 45 meter, sementara di lokasi kedua memiliki ketinggian sekitar 6 meter.

Air yang mengalir dari curug ini sangat jernih, sehingga kamu dapat merasakan kesegarannya. Curug Ngumpet di Bogor dikelilingi oleh tebing tinggi yang dilumuti oleh paku-pakuan yang tumbuh subur. Hal ini membuat air yang mengalir turun tebing terlihat halus dan tidak terlalu menghambur jauh. Di bawah curug, terdapat banyak batu berwarna coklat kehitaman yang menambah keeksotisan pemandangan.

Tak jauh berbeda dengan tebing yang dilumuti lumut, batu-batu tersebut juga ditumbuhi lumut hijau. Meskipun indah dengan perpaduan warnanya, kamu tetap harus berhati-hati karena licin. Jika kamu beruntung, kamu juga dapat menikmati pemandangan tambahan, yaitu mekarnya bunga terompet. Kamu dapat melihat bunga terompet berwarna putih dan oranye.

Aliran air di air terjun ini cukup deras, sehingga wisatawan tidak diizinkan bermain air di area jatuhnya air terjun. Untuk menjaga keamanan, pihak pengelola telah menarik tali pembatas sebagai batasannya. Sehingga, wisatawan hanya diizinkan bermain air di area di luar tali pembatas tersebut.

Keindahan Alam Sekitar yang Menawan

Curug Ngumpet merupakan salah satu curug indah yang terletak di kawasan Taman Wisata Gunung Salak Endah. Kamu dapat menikmati pemandangan alam yang memukau dari curug ini. Baik dengan berenang atau hanya menikmati keindahan sekitarnya. Airnya sangat jernih, sehingga saat berenang kamu akan merasakan kesegaran yang luar biasa.

Jika kamu beruntung, kamu juga dapat menikmati pemandangan bunga terompet yang mekar. Bunga-bunga ini memiliki warna putih dan oranye. Pengunjung yang datang tidak hanya berasal dari Kota Bogor, tetapi juga dari luar kota Bogor. Rata-rata, pengunjung datang pada hari libur dan menghabiskan waktu selama sekitar 2 jam.

Rekreasi di Kolam Alami

Tempat wisata yang indah di Kabupaten Bogor ini juga menawarkan sebuah kolam alami yang dapat digunakan oleh wisatawan untuk bermain air. Kolam ini terbentuk oleh genangan air dari aliran air terjun, dan menjadi area bermain air yang paling disukai, berlokasi di luar batas tali pembatas.

Spot Foto Menarik yang Beragam

Salah satu daya tarik yang tidak boleh dilewatkan di Curug Ngumpet adalah keberadaan spot foto yang menarik. Pengunjung sering mengabadikan momen di spot-spot seperti depan air terjun, pinggiran kolam, berendam di tengah kolam, dan masih banyak lagi.

Jajanan Gerobak di Sekitar

Daya tarik lainnya adalah adanya penjual makanan gerobak yang bisa ditemukan di area dekat air terjun. Penjual gerobak biasanya membawa berbagai jenis makanan seperti bakso kuah, sate ayam, dan lain-lain. Mereka menjajakan dagangan mereka dengan gerobak pikul.

Keberadaan Curug 1 dan Curug 2

Kedua air terjun indah ini memiliki lokasi yang dekat dan dapat dicapai langsung oleh pengunjung. Perbedaan utamanya terletak pada kedalaman kolam penampungan air di bawahnya. Curug dua atau Curug Kondang memiliki kedalaman sekitar 4 hingga 6 meter, sedangkan Curug 1 memiliki kedalaman sekitar 5 meter.

Misteri di Balik Curug Ngumpet

317004688 1471879649965437 6112818670646352580 n
Instagram.com/dea.kariza

Kawasan curug ini juga dikelilingi oleh berbagai misteri dan mitos. Terletak di kaki Gunung Salak, tempat ini selalu dikaitkan dengan cerita misterius dan hal-hal yang berhubungan dengan keangkeran.

Beberapa cerita menyebutkan bahwa kawasan ini dihuni oleh makhluk halus, bahkan ada yang mengatakan bahwa mereka memiliki kerajaan tersendiri. Oleh karena itu, ketika mengunjungi tempat ini, perlu berhati-hati dan menjaga perkataan.

Curug ini juga diketahui menyimpan misteri dan kadang-kadang membutuhkan tumbal. Terdapat cerita tentang orang-orang yang meninggal di sini karena melakukan hal-hal yang dilarang. Selain itu, terdapat misteri lain yang terkenal di tempat ini, khususnya di Curug Kondang atau Curug Ngumpet 2.

Menurut cerita dari sesepuh setempat dan pihak pengelola, ada seorang wanita dari Bandung yang datang ke Curug Ngumpet 2. Namun, setibanya di lokasi, yang terlihat oleh wanita tersebut bukanlah sebuah curug, melainkan sebuah keraton dan kujang.

Hal ini bukanlah kejadian yang wajar, karena beberapa pengunjung lainnya juga melaporkan melihat seorang wanita berpakaian pengantin di area curug. Beberapa sumber menyebutkan bahwa curug ini dijaga oleh sosok wanita cantik, namun memiliki bentuk tubuh yang menyerupai ular.

Kendati demikian untuk kebenaran misteri maupun mitos ini sendiri belum ada yang bisa memastikan. Oleh karenanya kamu tak perlu terlalu takut atau memikirkannya. Adapun yang paling penting tetap hormati aturan dan budaya yang ada di sekitar curug ini maka semuanya aka naman.

Jam Operasional Curug Ngumpet

Tempat wisata ini buka setiap hari, mulai dari Senin hingga Minggu, tanpa ada hari libur. Pada akhir pekan, tempat ini biasanya dikunjungi oleh ratusan orang dari berbagai tempat, baik dari Bogor maupun dari luar kota.

Jam buka Curug Ngumpet dimulai dari pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB. Walaupun jam operasionalnya tidak terlalu lama karena kawasan ini merupakan cagar alam, ketika waktu sore tiba, suasana sudah mulai gelap.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Lokasi Curug Ngumpet

Tempat wisata Curug Ngumpet terletak di Kecamatan Pamijahan, Desa Gunungsari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Rute perjalanan dapat dimulai dari Kota Bogor dengan menggunakan patokan Kebun Raya Bogor di Jalan Otto Iskandardinata.

Perjalanan dari Kota Bogor ke lokasi wisata air terjun di Taman Nasional Gunung Halimun Salak diperkirakan berjarak sekitar 27,2 kilometer, dengan waktu perjalanan sekitar 1 jam 26 menit menggunakan kendaraan bermotor. Akses jalan menuju lokasi wisata sudah baik dan dapat dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat.

Jika berangkat dari Kota Bogor, kamu dapat mengikuti rute perjalanan dari Kebun Raya Bogor di Jalan Otto Iskandardinata menuju Jalan R. Saleh S. Bustaman. Kemudian, di perempatan Jalan Empang, belok kanan dan terus lurus hingga mencapai Jalan Pulo Empang. Setelah itu, belok kanan dan terus ikuti jalan tersebut hingga mencapai pertigaan Jalan Kapten Maulana Yusuf.

Di pertigaan Jalan Kapten Maulana Yusuf, belok kiri dan terus mengikuti jalan tersebut hingga memasuki Jalan Raya Ciapus. Ikuti Jalan Raya Ciapus sampai kamu menemui perempatan dekat Cassandra Resto, kemudian terus lurus untuk masuk ke Jalan Gn. Malang dan mencapai perempatan Warung Lina.

Dari perempatan Warung Lina, belok kanan dan melewati SMP AL-HIDAYAH BOARDING SCHOOL, kemudian belok kiri ke Jalan Cikaret dan belok kanan lagi ke Jalan Salak Highland. Ikuti jalan tersebut hingga masuk ke Jalan Curug Luhur Indah dan terus lurus sampai menemui pertigaan Alfamart Cibening. Selanjutnya, belok kanan ke Jalan Gn. Bunder.

Ikuti Jalan Gn. Bunder sampai dengan memasuki area wisata Curug Ngumpet. Di area wisata ini, terdapat tempat parkir yang telah disediakan untuk kendaraan pribadi. Disarankan untuk membawa semua barang berharga. Tujuannya adalah untuk menghindari kemungkinan pencurian.

Harga Tiket Masuk Curug Ngumpet

Untuk memasuki wisata indah di Kabupaten Bogor ini, kamu akan dikenakan biaya tiket masuk di gerbang utama Taman Nasional Gunung Halimun Salak sebesar Rp 15.000 per orang. Selanjutnya, untuk tiket masuk Curug Ngumpet di lokasi 1, biayanya adalah Rp 10.000 per orang, dan untuk lokasi 2, juga memiliki harga tiket masuk yang sama, yaitu Rp 10.000 per orang.

Harap diketahui bahwa tempat wisata alam ini buka setiap hari, mulai dari Senin hingga Minggu, dari pukul 07.00 hingga 16.00 WIB. Jadi, luangkanlah waktu luang kamu untuk menikmati momen liburan bersama orang terdekat di air terjun yang indah ini.

Aktivitas Seru dan Menarik yang Dapat Dilakukan di Curug Ngumpet

Mengunjungi sebuah tempat wisata tentu tak akan lengkap jika tak mencoba aktivitas seru yang ditawarkannya. Oleh karena itu saat kamu liburan ke tempat wisata Curug Ngumpet cobalah beberapa aktivitas berikut:

1. Bermain Air di Curug Ngumpet

275160729 1201010113638918 3569962680884971190 n
Instagram.com/_konservatif

Ketika mengunjungi air terjun, mayoritas orang pasti ingin bermain air. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika di Curug Ngumpet kamu akan menemui banyak wisatawan yang bermain air. Meskipun titik jatuhnya air terjun dibatasi karena potensi bahaya terkena air dari ketinggian 45 meter, tetapi masih ada area lain yang aman untuk bermain air.

Terdapat sebuah kolam yang berdekatan dengan titik jatuhnya air terjun, dengan air yang sangat jernih dan segar. Kolam ini diberi batas menggunakan tali sebagai penanda agar pengunjung tidak melewati batas tersebut, karena dapat terkena air terjun yang deras dari ketinggian.

Saat bermain air di kolam tersebut, kamu akan merasakan kesegaran karena airnya yang bening dan segar, serta lokasi wisata alam ini berada di tengah hutan, sehingga udaranya juga sangat segar.

2. Menikmati Pesona Sawah dan Hutan

281850815 728052651675249 8588225328521566903 n
Instagram.com/ekarihandy

Ketika kamu melewati gerbang utama Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Di situ kamu akan langsung disuguhi pemandangan indah sawah yang melintang di tepi jalan. Beberapa petani sibuk mengurus sawah tersebut dan menyambut kamu dengan melambaikan tangan sebagai tanda selamat datang.

Selain sawah, kamu juga dapat menikmati keindahan pepohonan hijau yang membentang sepanjang jalan hingga memasuki area Curug Ngumpet. Begitu memasuki area wisata air terjun, kamu akan disuguhkan dengan hutan yang lebat, menciptakan udara yang sejuk dan segar di sekitarnya.

3. Bersantai dan Melepaskan Stres

Sebelumnya telah disebutkan bahwa tempat wisata indah ini memiliki hutan yang dihiasi dengan berbagai pohon. Udara di sekitar tempat ini menjadi sangat segar dan sejuk. Kondisi udara yang segar dan sejuk ini dapat dimanfaatkan oleh wisatawan yang merasa stres atau memiliki banyak masalah untuk bersantai dan merasa rileks.

Terlebih lagi, ketika bersantai maka kamu akan didampingi oleh suara nyanyian burung yang berkicau di ranting pohon. Suara nyanyian tersebut semakin menenangkan ketika diiringi oleh hembusan angin yang bergerak melalui daun-daun pohon dan sampai kepadamu.

4. Mengabadikan Momen dengan Foto-foto

159981373 190300179181971 1504251235900563470 n
Instagram.com/nda.footprints

Saat kamu mengunjungi destinasi wisata ini di Kabupaten Bogor, jiwa narsismu pasti akan langsung muncul. Bagaimana tidak? Keindahan alam mulai dari hutan yang lebat dengan pepohonan yang melimpah hingga air terjun cantik yang berada di depan mata akan membuat kamu secara otomatis berpose di depan kamera.

Kamu juga dapat mengabadikan momen bermain air bersama keluarga atau orang terdekat. Oleh karena itu, persiapkan kamera dan kapasitas memori yang lebih untuk mengambil gambar dari semua aktivitas yang dilakukan di tempat wisata alam yang memukau ini.

5. Camping

282319533 699004281175639 340908897331255400 n
Instagram.com/sitibadriah30

Berlokasi di area Taman Nasional Gunung Halimun Salak, tempat wisata ini sangat cocok untuk melakukan camping atau bermalam di alam terbuka. Pastikan kamu telah meminta izin kepada pihak pengelola Curug Ngumpet dan menyediakan peralatan dengan baik, karena ketika malam tiba, tempat wisata alam ini akan sangat sepi pengunjung.

6. Aktivitas Outbound yang Menarik

Salah satu kegiatan yang bisa kamu lakukan di tempat wisata indah ini adalah outbound atau aktivitas yang berhubungan dengan alam. Pihak pengelola telah menyediakan lahan khusus untuk kegiatan outbound. Oleh karena itu jika kamu akan menemukan orang-orang sedang aktif di sekitar area tersebut.

7. Menjelajahi Sungai

Kamu juga dapat menjelajahi sungai untuk mencari variasi aktivitas selain berenang atau berendam. Penjelajahan dapat dilakukan dari bagian atas hingga ke bagian bawah sungai, tetapi disarankan untuk tidak pergi terlalu jauh.

Sungai di lokasi ini masih sangat alami, sehingga kemungkinan masih ada hewan buas seperti ular atau jenis lainnya. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu berhati-hati agar terhindar dari gigitan. Selain itu, saat berjalan di sungai, perlu berhati-hati untuk menghindari batu-batu yang licin. Jika tidak berhati-hati, ada kemungkinan terjatuh.

8. Menginap di Sekitar Curug Ngumpet

Bagi wisatawan yang berasal dari luar daerah, dapat mencoba menginap di sekitar area air terjun. Salah satu daya tarik utama penginapan di sini adalah pemandangan indah yang disuguhkan. Harga penginapan juga terjangkau dan dapat disesuaikan dengan budget yang dimiliki.

Sejumlah fasilitas yang lengkap telah disediakan di area penginapan, seperti kasur yang nyaman, kamar mandi dalam, kursi, pendingin ruangan, dan lainnya. Setiap penginapan memiliki fasilitas yang berbeda sesuai dengan standar yang ada.

Banyaknya aktivitas seru dan menarik yang bisa kamu lakukan di Curug ini tentu membuatmu makin bersemangat untuk liburan kesini bukan? Nah jika memang memiliki rencana liburan ke Curug Ngumpet pastikan kamu datang di waktu yang terbaik ya.

Waktu Terbaik Berkunjung ke Curug Ngumpet

253944125 670318287270569 140625892460419047 n
Instagram.com/wibu_journeys

Berbicara tentang waktu yang ideal, musim hujan menjadi waktu yang paling tepat untuk mengunjungi air terjun sebagai destinasi wisata. Curah hujan yang tinggi meningkatkan debit air, sehingga air terjun Ngumpet menampilkan panorama yang memukau. Sebaliknya, saat musim kemarau, debit air rendah dan sungai-sungai mengering.

Musim hujan memang waktu yang bagus untuk mengunjungi air terjun. Tanaman di sekitar juga tampak segar. Selain musim hujan, waktu terbaik untuk mengunjungi Curug Ngumpet adalah pagi. Pagi hari merupakan saat yang ideal untuk mengunjungi air terjun ini.

Pada pagi hari, matahari belum terlalu panas, sehingga perjalanan ke air terjun melalui jalan setapak tidak terlalu melelahkan. Semakin siang, panasnya matahari akan terasa sangat kuat. Perjalanan juga akan terasa lebih melelahkan, terutama saat kembali dari air terjun ke area parkir yang melalui jalan yang sulit.

Oleh karena itu, mengunjungi air terjun di pagi hari adalah pilihan yang tepat. Selain itu, mengunjungi air terjun pada sore hari juga bisa menjadi pilihan, karena tidak terlalu panas. Namun, sekitar pukul 17.00 WIB, pengunjung harus meninggalkan area air terjun, sehingga mungkin akan merasa kurang leluasa.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Curug

Layaknya tempat liburan lainnya, di kawasan Curug Ngumpet ini juga sudah tersedia beberapa fasilitas yang bisa kamu manfaatkan. Beberapa diantaranya yaitu:

Area Parkir Kendaraan

Curug Ngumpet menyediakan fasilitas parkir yang luas untuk kendaraan pribadi wisatawan. Area parkir ini dijaga oleh petugas parkir hingga semua pengunjung pulang. Terdapat lahan parkir terpisah untuk Curug 1 dan Curug 2 dengan ukuran yang hampir sama.

Area Outbound

Pihak pengelola telah menyediakan lahan khusus untuk kegiatan outbound di sekitar lokasi air terjun. Pada hari libur, biasanya terdapat kelompok-kelompok yang melakukan kegiatan berhubungan dengan alam di area outbound tersebut.

Akses Jalan Menuju Air Terjun

Fasilitas lain yang tersedia di salah satu destinasi wisata alam di Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Jawa Barat, adalah jalan yang dapat dilalui oleh kendaraan roda 2 maupun 4. Jalan ini membentang mulai dari pintu masuk utama hingga ke lokasi air terjun, dengan kondisi jalan yang baik dan mudah dilalui oleh siapa saja.

Toilet Umum dan Kamar Ganti

Toilet umum tersedia terutama di area dekat tempat parkir. Toilet yang lebih dekat dengan curug mungkin agak jauh, jadi disarankan untuk menggunakan toilet terlebih dahulu sebelum mencapai lokasi. Selain itu, tersedia pula kamar ganti yang nyaman bagi mereka yang ingin mandi atau berenang. Setelah bermain air, pengunjung dapat langsung mengganti pakaian dan menikmati suasana sekitar yang tenang.

Rumah Ibadah

Di kawasan ini, terdapat juga rumah ibadah yang dapat digunakan oleh siapa saja yang ingin melaksanakan ibadah. Dengan adanya rumah ibadah, tidak ada masalah bagi pengunjung yang ingin menjelajahi tempat ini sepanjang hari, karena fasilitas untuk beribadah sudah disediakan.

Tempat ibadah di sini juga dikelola dengan baik dan selalu dalam keadaan bersih. Pengunjung akan merasa nyaman dan tenang ketika melaksanakan ibadah tanpa khawatir tentang kebersihan tempat tersebut.

Restoran

Terdapat juga restoran meskipun pilihan menu mungkin tidak terlalu banyak. Restoran di sini menawarkan variasi makanan, seperti mie instan atau beberapa camilan seperti gorengan. Jika kamu membutuhkan makanan berat, disarankan untuk membawa makanan dari rumah. Dengan demikian, kamu masih dapat menikmati hidangan lezat dalam suasana yang sangat menenangkan.

Tips Liburan ke Curug Ngumpet

Berikut beberapa tips untuk menjaga keselamatan saat berkunjung ke Curug Ngumpet:

Pilih Waktu Pagi untuk Berangkat

Di daerah dataran tinggi yang banyak memiliki curug, hujan biasanya turun setelah waktu makan siang atau menjelang matahari terbenam. Oleh karena itu, sebaiknya datang di pagi hari setelah matahari terbit. Hal ini akan membuat jalur menuju curug tidak terlalu licin akibat embun pagi. Selain itu, datang lebih pagi juga memungkinkan untuk menghindari kerumunan turis

Kenali Medan

Sebelum pergi, penting untuk memahami medan menuju curug ini. Jika medannya terlalu sulit atau berbahaya, disarankan untuk tidak membawa anak kecil, ibu hamil, lansia, atau orang yang membutuhkan bantuan dalam berjalan.

Jika air curug terlalu deras, hal tersebut juga bisa berbahaya bagi pemula. Jika medannya memang ekstrem, lebih baik siapkan dana ekstra untuk menyewa pemandu lokal.

Lindungi Barang Elektronik

Seperti saat berwisata di pantai, sebaiknya simpan barang elektronik dalam wadah anti-air agar terlindungi dari cipratan air atau lumpur di sekitar curug. Saat ini banyak tersedia kantong ponsel yang terbuat dari plastik, gunakanlah jika ingin mengambil foto selfie di curug.

Bawa Payung dan Jas Hujan

Sebelum berangkat, rencanakan liburan dengan baik dan sertakan perlengkapan yang dapat menjaga keselamatan diri sendiri. Bawa peralatan yang lengkap untuk melindungi diri dari hujan, seperti payung atau jas hujan.

Meskipun saat menikmati keindahan curug, barang-barang tersebut mungkin tidak digunakan, namun saat hujan tiba, payung atau jas hujan akan sangat membantu. Jadi, selalu siapkan kedua barang tersebut di dalam tas.

Kenakan Jaket Anti-Air dan Bawa Pakaian Ganti

Selain jas hujan, kenakan juga jaket anti-air (waterproof) agar terlindung dari rintik hujan dan tetap kering. Hal ini penting untuk menjaga kenyamanan dan kebahagiaan selama liburan, mengingat hujan dapat turun kapan saja. Jaket waterproof juga dapat memberikan kehangatan tubuh saat cuaca dingin karena hujan. Jangan lupa juga untuk membawa pakaian ganti sebagai cadangan jika diperlukan.

Gunakan Sandal Anti Selip

Jalan menuju curug seperti Curug Ngumpet mungkin tidak mudah dilalui. Oleh karena itu, lebih baik menggunakan alas kaki yang nyaman seperti sandal anti selip. Ini akan memudahkan perjalanan dan membuatnya lebih lancar.

Demikianlah ulasan singkat tentang Curug Ngumpet di Kabupaten Bogor, Jawa Barat ini. Ketika mengunjungi tempat wisata indah ini, disarankan untuk membuang sampah plastik pada tempatnya agar generasi berikutnya juga dapat menikmati keindahan alam seperti yang kita nikmati saat ini. Selamat Liburan!

Avatar for Yeni Susanti
Yeni Susanti Freelance Writer yang memiliki hobi menulis, nonton drama korea serta menulis artikel dengan berbagai tema mulai dari wisata, teknologi, kecantikan, kesehatan dan lain sebagainya.
Avatar for Yeni Susanti
Yeni Susanti Freelance Writer yang memiliki hobi menulis, nonton drama korea serta menulis artikel dengan berbagai tema mulai dari wisata, teknologi, kecantikan, kesehatan dan lain sebagainya.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments