Umbul Ponggok Klaten, Tempat Selfie Bergaya Underwater Pertama di Jawa Tengah

Umbul Ponggok Klaten

Kamu mau selfie di bawah laut tapi sayangnya tidak bisa berenang? Jangan risau, karena sekarang ini ada tempat wisata bernama Umbul Ponggok Klaten yang menyuguhkan spot foto ala bawah laut. Objek wisata ini berbentuk kolam renang alami yang mana keberadaannya sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda.

Alamat : Jalan Delanggu – Polanharjo No. Ds, Jeblogan, Ponggok, Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah 57474.
Lokasi : Google Maps.
Harga Tiket : Rp10.000 – Rp15.000.
Jam Buka : 08.00 – 16.00 WIB.

Bagi kalian semua yang berada maupun berwisata di Solo, Umbul Ponggok Klaten bisa menjadi pilihan wisata terdekat kamu yang sangat epic dong….

Aktivitas Menarik Di Umbul Ponggok Klaten

GOPR7394
Sumber : Googlemaps/Aldo Gwyn Malvin

Daripada akhir pekan kamu jadi sia-sia, mendingan ajak keluarga atau teman mengunjungi wisata Umbul Ponggok Klaten. Salah satu tempat wisata hits di Jawa Tengah yang mengusung konsep underwater selfie ala dunia bawah laut.

Dulunya kawasan ini hanyalah sumber mata air kolam alami. Namun karena keindahan alamnya, pemerintah setempat berinisiatif menjadikan Umbul Ponggok sebagai tempat wisata kekinian.

Nama wisata ini perlahan mulai dikenal oleh masyarakat saat Presiden Jokowi mengunggah foto underwater umbul di media sosial. Beliau sangat memuji ide cemerlang bentuk pariwisata ini karena bisa mendatangkan dampak positif bagi ekonomi warga sekitar. Sehingga secara perlahan Ponggok menjadi desa wisata yang mempunyai nilai ekonomi tinggi.

Hanya melalui wisata ini saja Desa Ponggok mampu meraup keuntungan hingga Rp14 miliar per tahun. Sebuah angka yang cukup fantastis untuk ukuran tempat wisata baru. Jumlah tersebut bisa saja naik mengingat kunjungan wisatawan terus meningkat dari tahun ke tahun.

Banyak orang sangat suka mengunjungi Umbul Ponggok Klaten karena kealamian kolam renangnya. Dasar kolamnya tidak menggunakan batu keramik sama sekali. Melainkan hamparan pasir berwarna keabu-abuan yang dipenuhi berbatuan besar.

Apalagi di sana juga ada sekumpulan ikan warna-warni hidup di dalamnya. Tentunya membuat wisata ini semakin mirip dengan nuansa bawah laut. Jika kamu tertarik mengunjungi Umbul Ponggok Klaten jangan lupa melakukan beberapa aktivitas seru berikut.

Berenang

Aktivitas pertama yang mungkin bisa kamu lakukan di Umbul Ponggok Klaten adalah berenang. Salah satu kegiatan termurah yang tidak perlu menyewa peralatan khusus. Akan tetapi pastikan kamu benar-benar bisa berenang. Dikarenakan ketinggian airnya lumayan dalam.

Kurang lebih tingkat kedalaman kolam Umbul Ponggok antara 1,5 meter sampai dengan 2 meter. Sementara itu luas kolamnya sendiri seukuran 50 x 25 meter. Begitu masuk ke dalam kolam kamu akan takjub dengan pemandangan bawah airnya.

Di sana kamu akan menemui sekumpulan ikan berenang hilir mudik secara bergerombol. Perkiraan jumlahnya ada sekitar ratusan hingga ribuan ekor. Semuanya hidup menyatu dengan nuansa kolam mirip bawah laut.

Airnya yang jernih dan alami membuat kamu bisa melihat ikan-ikan berenang dengan sangat jelas. Bahkan tanpa menggunakan kacamata renang sekalipun. Sungguh keindahan wisata ini belum ada satupun yang mampu menandinginya.

Snorkeling dan Diving

2022 06 28
Sumber ; Googlemaps/ayundahaha

Selain berenang kamu juga bisa melakukan aktivitas snorkeling dan diving di Umbul Ponggok Klaten. Hal inilah yang membuatnya unik karena menjadi satu-satunya kolam air tawar pertama di Indonesia yang digunakan untuk kedua aktivitas tersebut. Maka tak heran jika wisatawan lokal dan mancanegara begitu menyukai tempat wisata satu ini.

Bagi kamu yang ingin snorkeling bisa menyewa perlengkapan khususnya dengan membayar sewa Rp 30.000. Nikmati pesona bawah airnya sambil bercengkerama ria bersama sekumpulan ikan air tawar. Tidak usah takut, ikan-ikan di Umbul Ponggok semuanya jinak dan mudah beradaptasi dengan orang-orang baru.

Kalau snorkeling terasa membosankan bisa mencoba aktivitas diving. Kawasan ini termasuk tempat paling bagus untuk mengasah kemampuan diving para pemula. Dasar kolam yang tidak terlalu dalam memudahkan para diver lebih bebas mengeksplorasi keindahannya.

Semisal belum bisa diving pun tak jadi masalah. Dikarenakan pihak pengelola sudah menyediakan sarana pelatihan khusus bagi pengunjung yang ingin belajar diving dari nol. Untuk biayanya kamu cukup mengeluarkan uang Rp 250.000.

Hunting Foto

2022 03 15
Sumber : Googlemaps/Darma Saputra

Hunting foto adalah aktivitas paling menarik di Umbul Ponggok Klaten. Pasalnya wisata ini banyak sekali tersedia spot-spot keren untuk berfoto. Apalagi lokasi spot tersebut berada tepat di dasar kolam. Wisatawan biasa menyebutnya dengan konsep underwater selfie.

Pihak pengelola telah menyediakan berbagai macam properti lucu untuk membuat fotomu tampak lebih hidup. Diantaranya ada sepeda, meja, kursi, televisi, laptop, dan masih banyak lagi. Bisa dibilang hal ini yang menjadi daya tarik utama kenapa wisatawan mau datang ke tempat wisata ini.

Kamu bisa mencoba banyak pose unik saat berfoto di bawah air. Misalnya mengendarai sepeda, duduk santai sambil menonton televisi, atau pura-pura bekerja dengan menatap layar laptop. Saat hasil fotonya keluar akan tampak seolah-olah kamu bisa bernafas di dalam air.

Jika ingin berfoto dengan hasil lebih sempurna bisa minta bantuan jasa fotografer yang selalu standby di sana melayani permintaan pengunjung. Atau kalau mau foto-foto sendiri juga bisa dengan menyewa kamera underwater seharga Rp 60.000 per 30 menit dan Rp 100.000 per jam.

Bermain Di Kolam Anak

Umbul Pongok Klaten bukan hanya tempat wisata untuk orang dewasa saja. Anak-anak juga bisa menikmati keseruan di wisata ini dengan bermain di kolam khusus anak. Di sana ada banyak wahana permainan seru yang bisa dimainkan oleh anak-anak.

Tingkat kedalaman airnya pun cukup dangkal sehingga sangat aman digunakan anak-anak berenang. Meski begitu orang tua harus tetap mengawasi dan menemani si kecil selama bermain. Sebab untuk anak balita kolam ini masih belum bisa dikatakan aman sepenuhnya.

Fasilitas Umbul Pongok Klaten

Meskipun termasuk objek wisata baru, tetapi fasilitas umum yang tersedia sudah tergolong memadai. Sayangnya sebagian besar berbayar. Jadi sebelum berangkat kamu harus selalu sedia uang tunai di dalam dompet.

Beberapa fasilitas yang dikenakan tarif adalah parkir kendaraan, loker barang, kamar bilas, ban pelampung, toilet, dan penginapan. Hanya bagian mushola saja yang bisa kamu manfaatkan secara gratis.

Kalau kamu merasa lapar bisa mengunjungi cafe atau warung makan yang ada di sana. Menu makanannya sangat enak dan harganya juga cukup terjangkau untuk kalangan menengah.

Tips Berkunjung Ke Umbul Pongok Klaten

Perlu kamu ketahui bahwa angkutan umum yang menuju ke Umbul Pongok Klaten masih sangat sulit ditemukan. Jadi jika mau ke sana lebih baik gunakan kendaraan pribadi. Misalnya membawa sepeda motor atau mobil.

Jika kamu datang secara berkelompok sebaiknya sewa bus. Setidaknya kamu bisa menghemat ongkos pulang pergi karena pasti biayanya akan jauh lebih murah ketimbang liburan seorang diri.

Selama liburan pastikan kamu menjaga sikap dan jangan berbuat yang aneh-aneh. Selalu jaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya. Dan selalu patuhi aturan yang dibuat oleh petugas demi keamanan dan ketertiban bersama.

Dibandingkan tempat wisata lain, Umbul Pongok Klaten termasuk yang paling unik dan berbeda dari wisata lainnya. Dikarenakan kawasan ini yang pertama kali menawarkan sensasi snorkeling dan diving di kolam air tawar. Sekaligus lokasi foto underwater selfie pertama dengan tema bawah laut.

Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments