Truck Collision Attorney, Construction Accident Lawyer Near Me, Accident Attorney Fresno CA, Pedestrian Accident Attorney Near Me, Truck Accident Attorney Near Me, Oil Rig Injury Lawyer, Motorcycle Accident Lawyer Near Me, Offshore Accident Lawyer, El Paso Accident Lawyers, Birth Injury Lawyer Near Me, Car Accident Lawyer Near Me, Personal Injury Attorney Nearby, Mesothelioma Attorney Assistance, 18 Wheeler Accident Lawyer San Antonio, Mesothelioma Law Firm, Wrongful Death Attorney Near Me, Houston Trucking Accident Attorney, Truck Accident Attorney Dallas, Aviation Accident Lawyer, Car Accident Lawyer Jacksonville, DUI Defense Lawyer, Maritime Lawyer New Orleans, California Auto Accident Lawyer, Auto Accident Attorney California.

Air Terjun Coban Baung, Wisata Pasuruan yang Penuh dengan Cerita Misteri

Air Terjun Coban Baung

Keindahan alam di Kecamatan Purwodadi, Pasuruan menyimpan sejuta misteri. Namun dibalik itu wisatawan begitu terpukau dengan pesona wisata alamnya.

Bernama Air Terjun Coban Baung, wisata Pasuruan yang menghadirkan destinasi alam ini mampu menarik wisatawan dari kota sekitar. Suasana sejuk dan hamparan pepohonan hijaunya mampu menarik siapapun untuk datang.

Alamat : Purwodadi, Kecamatan Purwodadi, Pasuruan, Jawa Timur
Lokasi : Google Maps
Harga tiket : Rp5.000
Jam buka : 24 Jam

Legenda Air Terjun Coban Baung

Keberadaan Air Terjun Coban Baung penuh dengan tanda tanya. Siapa yang tidak menyangka ternyata tempat ini menyimpan sebuah cerita legenda. Hal ini pun sontak membuat orang penasaran dan ingin mencari tahu tentang asal muasal air terjun tersebut.

Menurut cerita yang beredar di masyarakat sana, konon Coban Baung menjadi tempat semedi seorang wanita cantik. Dia tidak lain dan bukan adalah putri dari Raja Madura. Sang putri sering menghabiskan waktu bersemedi di dalam goa yang letaknya di balik Air Terjun Coban Baung.

Suatu hari cahaya bulan purnama yang indah menembus pintu masuk goa dan menarik perhatian sang putri. Ia berjalan menghampiri cahaya tersebut secara perlahan-lahan. Hingga pada akhirnya terlihatlah sebuah desa kecil yang letaknya tidak jauh dari lokasi air terjun.

Kesaktian yang dimiliki sang putri membuatnya bisa melihat wajah-wajah dari penduduk desa itu. Tatapan matanya menatap setiap orang dan tiba-tiba berhenti pada satu sosok pemuda berwajah tampan. Sang putri menghampiri pemuda tersebut dan memintanya datang ke air terjun.

Keesokan harinya, di tengah perjalanan menuju air terjun sang pemuda bertemu dengan seorang kakek tua. Sang kakek bertanya kepada sang pemuda hendak ke mana kakinya melangkah. Pemuda itu pun menjawab ingin pergi ke Coban Baung.

Mendengar hal itu sang kakek lantas memberi peringatan kepada sang pemuda agar tidak berenang di air terjun saat bulan purnama. Ia menuruti perkataan kakek tersebut lalu melanjutkan perjalanannya kembali. Begitu sampai di air terjun pemuda itu langsung menemui sang putri.

Sang putri pun menyambut pemuda tersebut dan mengajaknya masuk ke dalam goa. Semenjak saat itu sang pemuda tak pernah kembali lagi ke desa tempat tinggalnya. Legenda ini sering kali disangkut pautkan dengan hilangnya wisatawan laki-laki yang tengah berenang di sekitar air terjun.

Sayangnya spekulasi itu tidaklah benar. Faktanya memang kolam di Air Terjun Coban Baung mempunyai tingkat kedalaman air yang sangat dalam. Apalagi aliran airnya yang cukup deras bisa menyeret siapapun masuk ke dasar kolam.

Daya Tarik

Nama Air Terjun Coba Baung sendiri sudah cukup populer di kalangan wisatawan lokal hingga mancanegara. Setiap hari wisata ini selalu ramai kunjungan wisatawan dari berbagai daerah di Jawa Timur. Namun untuk menuju air terjunnya kamu harus sedikit bersabar karena lokasinya sedikit terpencil dan memerlukan waktu perjalanan lumayan lama.

Meski begitu tak mengurangi antusias wisatawan untuk mengunjunginya. Alasan banyak orang menyukai wisata ini karena kondisi alamnya yang masih asri dan alami. Selain itu juga memiliki beberapa daya tarik sebagai berikut.

Rafting

Salah satu aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di Air Terjun Coban Baung adalah rafting. Jika ingin mencobanya pengunjung wajib melakukan konfirmasi terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan kegiatan rafting tidak bisa kamu lakukan setiap saat.

Olahraga satu ini lumayan menantang dan bisa menguji adrenalin kamu. Persiapkan fisik kamu mampu melewati setiap rintangan yang ada. Di sini kamu akan menaiki sebuah perahu karet untuk menelusuri aliran sungai Coban Baung yang terkenal mematikan.

Perahu karet yang kamu tumpangi akan terombang-ambing tak tentu arah di atas sungai yang cukup deras. Tenang saja, selama melakukan rafting kamu dibekali alat pengaman seperti pelampung dan helm untuk melindungi kepala kamu dari benturan. Mengingat area sungai Coban Baung dipenuhi berbatuan besar.

Camping

Air Terjun Coban Baung juga menyediakan tempat camping yang nyaman. Kamu bisa ajak teman atau keluarga untuk berkemah di sana selama beberapa malam. Tempatnya cukup luas sehingga mampu menampung banyak wisatawan.

Pemandangan alam yang ditawarkan benar-benar memanjakan mata. Saat pagi hari akan ada pesona sunrise dengan pancaran sinar kuning keemasan memenuhi area langit kebiruan. Sementara waktu sore ada sajian sunset dari ufuk barat.

Pada malam harinya kamu akan ditemani kegelapan langit bersama taburan bintang kelap-kelip. Terdengar pula suara gemericik air terjun yang membuat hati merasa tenang. Dijamin camping di sana bisa memberikan pengalaman liburan tak terlupakan.

Pemandangan Alam yang Masih Alami

2019 01 02
Sumber : Google Maps/Joshua F Levante

Perlu kamu ketahui bahwa Air Terjun Coban Baung berada di sekitar Kawasan Taman Wisata Gunung Baung. Jadi jangan heran jika suasana yang akan kamu temui nantinya terlihat masih alami. Hampir di sekitar area tersebut banyak tumbuh pepohonan rindang beserta berbagai macam jenis tanaman hijau.

Udara yang kami hirup pun terasa sejuk dan tidak ada polusi sama sekali. Bisa dibilang wisata ini bagaikan surga tersembunyi yang ada di dunia. Hal tersebut tentu saja menjadi daya tarik tersendiri untuk memikat perhatian wisatawan agar mau datang.

Kalau mau mencari tempat menenangkan diri maka Coban Baung adalah pilihan yang tepat. Duduk santai sambil menikmati keindahan alam dan melihat derasnya aliran terjun serasa membuat pikiran jadi lebih fresh. Semua rasa lelah, suntuk, dan stres hilang seketika tergantikan suasana hati yang tenang.

Meskipun air di kolam bagian bawahnya tampak jernih dan menggiurkan, sayang pihak pengelola tidak mengizinkan pengunjung berenang. Lantaran kolam tersebut mempunyai ketinggian air yang sangat dalam. Jadi tergolong berbahaya untuk dijadikan tempat berenang.

Fasilitas Umum

IMG 20230827 172117
Sumber : Google Maps/Nyta Narda Wijaya

Dulunya penyediaan fasilitas umum di Coban Baung belum memadai. Namun beberapa tahun belakangan pihak pengelola mulai melakukan beberapa pembenahan. Misalnya saja untuk area parkirnya. Sekarang lahannya sudah cukup luas dan bisa menampung kendaraan roda dua dan empat.

Lalu ada juga fasilitas warung makan yang menyajikan menu makanan dan minuman dengan harga relatif terjangkau. Tempatnya sangat nyaman dan bisa melihat pemandangan Air Terjun Coban Baung dari kejauhan. Mengusung konsep kedai tradisional membuat tempat makan ini serasa menyatu dengan alam.

Tips Berkunjung

Lakukan beberapa tips berikut jika kamu ingin liburan ke Air Terjun Coban Baung berjalan lancar dan tanpa ada hambatan apapun.

  • Datanglah pas musim kemarau yang mana pemandangan alamnya bisa terlihat dengan jelas. Kamu pun bebas mengambil gambar sepuasnya.
  • Bawalah barang-barang penting seperti obat-obatan pribadi, bekal, minuman, uang tunai, dan surat-surat kendaraan.
  • Kenakan pakaian dan sepatu yang nyaman agar kamu lebih leluasa bergerak.
  • Selalu patuhi aturan diberlakukan oleh petugas. Salah satunya dengan tidak berenang di kolam air terjun atau membuang sampah sembarangan.

Air Terjun Coban Baung memang tempat paling pas untuk menghabiskan liburan akhir pekan bersama keluarga. Akan tetapi perjalanan ke sana lumayan agak susah. Kamu harus melewati jalan raya yang tidak begitu lebar dengan medan sedikit terjal. Maka dari itu berhati-hatilah dalam berkendara dan gunakan kecepatan yang sewajarnya.

Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments