10 Rekomendasi Wisata Majalengka Populer Cocok Untuk Liburan Keluarga

wisata Majalengka populer

Daerah wisata di Jawa Barat yang bisa dikunjungi para wisatawan tidak hanya sekedar wisata Bandung dan wisata Bogor saja. Terlepas dari itu, Majalengka juga menjadi salah satu kota wisata yang banyak diincar oleh para wisatawan.

Wisata Majalengka Populer untuk kalangan muda mudi beserta keluarga yang sedang penat dengan kesibukan kesehariannya.

Pada zaman dulu, di Majalengka berdiri beberapa kerajaan yang terdiri dari Kerajaan Islam Talaga, Kerajaan Talaga Manggung, Kerajaan Rajagaluh, Kerajaan Sindangkasih, dan lainnya. Tidak heran di Majalengka ini kita akan menemukan berbagai destinasi wisata sejarah.

Selain itu, Majalengka juga punya pemandangan alam yang begitu menawan. Mulai dari air terjun, perbukitan, telaga, dan masih banyak lagi. Wisata alam di Majalengka tidak hanya m3nawarkan keindahan alamnya saja, bahkan ada pula yang menawarkan beragam kegiatan asyik dan menantang.

Rekomendasi Wisata Majalengka Populer

Berikut ini terdapat beberapa destinasi wisata Majalengka Populer yang bisa wisatawan kunjungi baik bersama teman maupun keluarga tercinta.

1. Kebun Teh Cipasung

2023 04 23 1
Foto via Googlemaps.com/Nano Purwanto

Rekomendasi wisata Majalengka Populer berupa alam yang bisa kita kunjungi yaitu Kebun Teh Cipasung. Kebun Teh Cipasung ini berada di kawasan Lemahsugih yang dinilai memiliki suasana sejuk, udara segar, serta pemandangan alam yang menawan.

Daya pikat utama Kebun Teh Cipasung ini yakni memiliki keindahan alam hijau bagaikan permadani disertai dengan gagahnya permadani dan juga deretan perbukitan kecil. Kebun Teh Cipasung ini memiliki luas sekitar 59 hektar sehingga wisatawan bisa tea walk secara leluasa di sana.

Bahkan, wisatawan juga bisa melakukan beberapa aktivitas menarik lainnya seperti hunting foto, bermain ATV, piknik, kulineran, dan masih banyak lagi. Masuk ke Kebun Teh Cipasung ini wisatawan akan dikenakan tarif sebesar Rp10.000 per orang.

Lokasinya berada di Cipasung, Lemahsugih, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat 45465. Tempat wisata ini buka setiap hari selama 24 jam. Akses menuju ke Kebun Teh Cipasung terbilang cukup baik serta bisa dilalui kendaraan roda dua maupun empat.

Jaraknya dari pusat Kota Majalengka sekitar 1 jam 50 menit perjalanan. Wisatawan bisa melalui Jalan Kehutanan ke arah Jalan Raya Desa Cikidang. Dari sana kita masuk ke Jalan Raya Siliwangi dan akan bertemu Jalan Cihandalem.

2. Puncak Sawiyah

IMG 4416
Foto via Googlemaps.com/Adi Aghoy

Puncak Sawiyah menjadi salah satu wisata hits di Majalengka. Tidak heran menjelang akhir pekan dan libur nasional tempat wisata Majalengka Populer ini selalu saja dipadati oleh para wisatawan.

Puncak Sawiyah ini berada di atas ketinggian sekitar 1.600 mdpl. Dari atas sana wisatawan bisa melihat landscape Majalengka yang begitu cantik mulai dari gagahnya Gunung Papandayan, hamparan persawahan yang mirip Panyaweuyan, serta Airport International Jawa Barat (BIJB).

Selain menyuguhkan pemandangan yang mempesona, wisatawan juga bisa berburu spot foto instagramble di sana. Beberapa spotnya kecenya seperti rumah balon, jembatan cinta, elang raksasa, gardu pandang, dan sebagainya.

Wisatawan penggiat alam juga bisa melakukan camping ground di area Puncak Sawiyah. Harga tiket masuk Puncak Sawiyah ditaksir sebesar Rp10.000 per orang. Wisatawan bisa mengunjunginya di Sangiang, Banjaran, Majalengka, Jawa Barat 45468.

Bagi wisatawan yang ingin berlibur ke sana bisa melalui Jalan Majatala menuju Desa Tejamulya. Dari sana kita masuk ke Desa Cibunut lalu belok kiri ke arah Puncak Sawiyah. Lokasinya bisa ditempuh dengan waktu sekitar 50 menit perjalanan.

3. Ciboer Pass

2021 02 15
Foto via Googlemaps.com/Dartono Pang

Bagi wisatawan yang penat akan rutinitas harian atau hiruk pikuknya perkotaan, bisa meluangkan waktunya untuk datang ke Ciboer Pass. Wisata Majalengka Populer ini menjadi tujuan favorit para wisatawan untuk menghabiskan waktunya bersama keluarga.

Sesampainya di sana, wisatawan akan disambut deretan terasering sawah yang mirip seperti di Ubud. Wisatawan bisa berkeliling area persawahan dengan jalan setapak berupa bebatuan yang unik. Sepanjang jalan di tengah hamparan sawah juga wisatawan bisa berinteraksi langsung dengan para petani.

Wisata Menarik Lainnya :  Highland Wonomulyo, Surga Tersembunyi di Kota Magetan

Bahkan, wisatawan bisa mengikuti wisata edukasi yang disediakan oleh pihak pengelola. Wisatawan luar Bogor yang ingin bermalam di sana bisa menikmati villa dengan fasilitas lengkapnya. Masuk ke Ciboer Pass ini wisatawan akan dikenakan tarif sebesar Rp10.000 per orang.

Ciboer Pass ini berlokasi di Jalan Ciboer, Bantaragung, Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat 45474. Wisatawan bisa mengunjunginya mulai dari pukul 07:00 WIB hingga 17:00 WIB.

Ada dua rute yang bisa wisatawan pilih untuk sampai di Ciboer Pass. Rute pertama melalui Desa Payung dan rute kedua melalui Sindangpano menuju Bantaragung. Wisatawan bisa menempuhnya dengan waktu sekitar 1 jam perjalanan.

4. Paralayang Adventure Land

2022 06 19 1
Foto via Googlemaps.com/Ughi SNSP 2

Wisatawan yang menyukai kegiatan ekstrem bisa mampir ke Paralayang Adventure Land. Mencoba wahana paralayang akan memberikan pengalaman pada wisatawan untuk terbang bagaikan burung.

Wisatawan bisa menikmati keindahan hamparan hijau dan pemukiman warga secara langsung dari atas ketinggian. Selain wahana paralayang, di sana juga wisatawan bisa mencoba wahana gantole yang tidak kalah menantang.

Jika paralayang merupakan wahana berupa perasut, gantole merupakan rangkaian besi yang dibentuk menyerupai layang-layang. Tarif paralayang ditaksir sebesar Rp350.000 per orang dan gantole sebesar Rp450.000.

Wisata Majalengka Populer ini juga menyediakan area Paraland yang terdiri dari ayunan tebing, flying fox, paintball, outbound, ATV, perosotan, kolam renang, dan masih banyak lagi. Tarif wahananya ditaksir mulai dari Rp20.000 hingga Rp50.000.

Paralayang Adventure Land ini berlokasi di Desa Sidamukti, Kecamatan Majalengka, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Jam bukanya mulai dari pukul 08:00 WIB hingga pukul 10:30 WIB dan buka kembali pukul 14:30 WIB hingga pukul 17:30 WIB.

Untuk sampai di Paralayang Adventure Land ini wisatawan bisa menuju ke Bunderan Munjul Indah yang ada di Jalan KH. Abdul Halim. Setelah itu masuk ke Desa Sidamukti.

5. Cikadongdong River Tubing

2023 01 25 1
Foto via Googlemaps/Cikadongdong River Tubing

Nama Cikadongdong River Tubing mungkin sudah tidak asing lagi. Beberapa waktu lalu, wisata Majalengka Populer ini menjadi buah bibir di kalangan wisatawan Majalengka dan sekitarnya.

Cikadong River Tubing ini merupakan aktivitas menyusuri sungai Cikadong menggunakan ban karet. Air sungainya berasal dari Gunung Ciremai sehingga terkesan begitu jernih. Selain itu, arusnya pun tidak terlalu deras sehingga sangat aman untuk dinikmati bersama keluarga.

River tubing ini akan menempuh jarak 250 meter dengan banyak lintasan yang menantang. Pada setiap jalur terdapat petugas yang akan menjamin keselamatan para wisatawan. Selain itu, wisatawan juga akan dibekali dengan beberapa perlengkapan seperti pelampung, pelindung tangan dan kaki, helm, dan sebagainya.

Sambil menyelusuri sungai, wisatawan bisa menikmati keindahan alam sekitar yang asri. Wisatawan yang ingin berlibur ke sana akan dikenakan tiket masuk mulai dari Rp60.000 per orang.

Lokasinya berada di Jalan Desa Payung, Teja, Kecamatan Rajagaluh, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat 45472. Cikadongdong River Tubing buka setiap hari Selasa hingga Kamis dan setiap hari Sabtu dan Minggu mulai dari Rp10:00 WIB hingga pukul 16:30 WIB.

Wisatawan bisa menempuhnya sekitar 36 menit perjalanan dari pusat Kota Majalengka. Kita bisa melalui Jalan Desa Cibentar menuju Jalan Majalengka Rajagaluh. Dari sana kita masuk ke Jalan Raya Desa Teja hingga sampai di Cikadongdong River Tubing.

6. Curug Ibun Pelangi

2023 06 18
Foto via Googlemaps.com/Muhammad Rizal alafasy

Curug Ibun Pelangi dikenal memiliki dua buah dinding batu lava menjulang tinggi yang berhasil menarik perhatian para wisatawan. Keistimewaan wisata Majalengka Populer ini membuat Curug Ibun Pelangi dijuluki sebagai Green Canyon nya Majalengka.

Untuk menikmati keindahan air terjun ini, wisatawan perlu menuruni anak tangga yang sedikit curam. Namun, setelah sampai di lokasi, wisatawan akan dibuat takjub oleh keindahannya. Pada beberapa waktu, wisatawan juga akan melihat penampakan pelangi yang begitu cantik.

Wisata Menarik Lainnya :  Wisata Banyu Biru, Pemandian Eksotis Dengan Suguhan Pemandangan Alam Bak Surgawi

Keindahan tersebut tentunya bisa wisatawan abadikan lewat jepretan kamera. Banyak sudut instaagrambke yang bisa wisatawan temukan di sana. Wisatawan juga bisa berburu aneka kuliner yang ada di sekitar sana.

Masuk ke Curug Ibun Pelangi ini wisatawan akan dikenakan tarif sebesar Rp10.000 per orang. Lokasinya berada di Sukasari Kaler, Argapura, Majalengka, Jawa Barat. Jam bukanya mulai dari pukul 08:00 WIB hingga pukul 16:00 WIB.

Lokasi Curug Ibun Pelangi sendiri cukup mudah untuk diakses. Wisatawan hanya perlu menuju ke Terminal Maja dan akan menemukan petunjuk arah dari sana. Jarak tempuhnya hanya sekitar 20 menit perjalanan saja dari pusat Kota Majalengka.

7. Bukit Mercury Sayang Kaak

IMG 1027 1
Foto via Googlemaps.com/Muhammad Ridwan

Mungkin sebagian wisatawan merasa asing pada salah satu wisata yang bernama Bukit Mercury Sayang Kaak. Namun perlu wisatawan tau, tempat wisata Majalengka Populer ini punya pemandangan alam yang mempesona.

Bukit Mercury Sayang Kaak merupakan destinasi wisata yang memanfaatkan latar belakang terasering tanaman bawang yang berada di ketinggian 1.600 mdpl. Tempat ini dikelola oleh masyarakat sekitar.

Ada dua paket wisata yang ditawarkan di Bukit Mercury Sayang Kaak yaitu wisata umum dan wisata edukasi. Untuk wisata umumnya berupa keliling bukit sambil berburu spot instagramable.

Banyak wisatawan yang membagikan hasil jepretan cantiknya di media sosial. Beberapa spot menariknya seperti rumah khas Indian, rumah pohon, background hutan pinus, background hutan pakis dan sebagainya.

Untuk wisata edukasinya, wisatawan bisa mencoba aktivitas agrowisata maupun memanah. Harga tiket masuk Bukit Mercury Sayang Kaak ini ditaksir sebesar Rp15.000 per orang.

Bukit Mercury Sayang Kaak ini berlokasi di Cibuluh Blok, Tejamulya, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat 45462. Wisatawan bisa mengunjunginya mulai dari pukul 07:00 WIB hingga pukul 17:00 WIB.

8. Curug Cilutung

2018 02 25
Foto via Googlemaps/Nina Nazhwa

Curug Cilutung merupakan air terjun di Majelengka yang menyuguhkan pesona eksotisme batuan cadas. Keindahan alam di Curug Cilutung juga sudah tidak diragukan lagi. Hal tersebut lantaran curug ini belum terjemah oleh masyarakat luas.

Banyak spot foto cantik yang bisa kita temukan di Curug Cilutung ini. Selain itu, Curug Cilutung punya jalur trekking yang mudah.

Masuk ke Curug Cilutung ini wisatawan tidak akan dikenakan tarif masuk alias gratis. Wisatawan hanya perlu membayar karcis parkir yang ditaksir mulai dari Rp2.000 tiap kendaraan.

Curug Cilutung ini berlokasi di Talagakulon, Talaga, Majalengka, Jawa Barat 45463. Wisatawan bisa datang ke sana mulai dari pukul 08:00 WIB hingga pukul 15:00 WIB.

9. Curug Sempong

Selain Curug Cilutung, Curug Sempong juga menjadi salah satu wisata Majalengka Populer andalan yang banyak diincar oleh para wisatawan. Hal itu lantaran Curug Sempong ini memiliki pesona yang menawan.

Wisatawan akan dibuat terpesona oleh lekukan tebing yang cantik dengan ketinggian air terjun mencapai 10 meter. Kedalaman kolamnya sendiri mencapai 6 meter sehingga wisatawan bisa berenang sekaligus body jumping dari tebingnya.

Curug Sempong ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap mulai dari toilet, kamar ganti, warung, gazebo, dan masih banyak lagi. Masuk ke sana, wisatawan akan dikenakan tarif sebesar Rp5.000 per orang.

Lokasinya berada di Cisempong, Sidamukti, Kecamatan Majalengka, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat 45411. Wisatawan bisa mengunjunginya mulai dari pukul 08:00 WIB hingga pukul 17:00 WIB.

10. Telaga Herang

Telaga Herang menjadi rekomendasi wisata Majalengka Populer lainnya. Sesuatu dengan namanya, Telaga Heang memiliki air yang begitu jernih. Kejernihan airnya ini berasal dari Gunung Ceremai.

Telaga Herang menjadi salah satu wisata favorit yang sering dipadati para wisatawan. Di sana wisatawan dapat melakukan kegiatan piknik yang tentunya sangat asyik. Telaga Herang juga dilengkapi dengan beberapa wahana menyenangkan seperti kursi air, bola air, ayunan dan sebagainya.

Wisatawan juga bisa berenang untuk menikmati kesegaran air telaga. Masuk ke Telaga Herang ini wisatawan akan dikenakan tarif sebesar Rp5.000 per orang. Ada pun tarif tambahan untuk mencoba bola air dan kursi air yang ditaksir sebesar Rp20.000.

Wisatawan bisa mengunjungi Telaga Berang ini yang berlokasi di kaki Gunung Ciremai, tepatnya berada di Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Itulah rekomendasi tempat wisata Majalengka Populer yang bisa dikunjungi bareng keluarga. Selain punya pemandangan yang cantik, wisata tersebut juga memiliki tarif masuk yang terbilang murah.

Rate this post
Avatar for Erisa Vindia
Erisa Vindia Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.
Avatar for Erisa Vindia
Erisa Vindia Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments