Truck Collision Attorney, Construction Accident Lawyer Near Me, Accident Attorney Fresno CA, Pedestrian Accident Attorney Near Me, Truck Accident Attorney Near Me, Oil Rig Injury Lawyer, Motorcycle Accident Lawyer Near Me, Offshore Accident Lawyer, El Paso Accident Lawyers, Birth Injury Lawyer Near Me, Car Accident Lawyer Near Me, Personal Injury Attorney Nearby, Mesothelioma Attorney Assistance, 18 Wheeler Accident Lawyer San Antonio, Mesothelioma Law Firm, Wrongful Death Attorney Near Me, Houston Trucking Accident Attorney, Truck Accident Attorney Dallas, Aviation Accident Lawyer, Car Accident Lawyer Jacksonville, DUI Defense Lawyer, Maritime Lawyer New Orleans, California Auto Accident Lawyer, Auto Accident Attorney California.

Umbul Manten, Kolam Pemandian Terbaru dengan Suguhan Pemandangan Alam Khas Klaten

Umbul Manten

Keindahan alam Klaten memang sudah tidak diragukan lagi. Setelah sukses dengan Umbul Ponggok. Kini muncul lagi wisata unik dengan kondisi alam masih sejuk dan memiliki kolam pemandian alami.

Nama tempatnya tidak lain dan bukan adalah Umbul Manten. Sebenarnya wisata ini sudah lama ada tetapi baru populer beberapa bulan belakangan.

Alamat : Jalan Janti Boto, Wunut, Tulung, Klaten, Jawa Tengah.
Lokasi : Google Maps
Harga tiket : Rp10.000
Jam buka : 06.00 – 18.00 WIB

Aktivitas Seru di Umbul Manten

Berbicara wisata di Klaten pasti yang terbesit dalam pikiran kamu tentang Umbul Ponggok. Hal itu memang benar, tetapi masih banyak wisata lain yang tak kalah indah. Salah satunya Umbul Manten yang terletak di wilayah Bunut, Tulung, Klaten. Dulu memang belum begitu dikenal, tetapi semenjak kehadiran media sosial mulai banyak orang yang tahu.

Kata “Umbul” dalam bahasa Jawa artinya mata air. Jadi Umbul Manten sendiri bermakna mata air manten. Keunggulan dari wisata ini ialah air dalam kolam pemandiannya tergolong jernih dan masih alami. Ditambah lagi dengan desain kolamnya yang menawan. Tentunya hal ini akan membuat wisatawan semakin tertarik untuk mengunjungi wisata ini.

Suasana sekitar juga kian bertambah sejuk dengan adanya pohon-pohon rindang mengelilinginya. Ada Pohon Ipik dengan akar yang menancap kuat di dasar kolam renang. Meski area Umbul Manten tidak seluas Umbul Ponggok. Akan tetapi pengunjung masih bisa melakukan berbagai macam aktivitas seru sebagai berikut.

Berenang

1688725160299
Sumber : Googlemap/Tata Ta

Berenang adalah salah satu aktivitas yang sering dilakukan pengunjung saat liburan di Umbul Manten. Di sana ada beragam jenis kolam renang dengan ketinggian air berbeda-beda. Ada yang berukuran setinggi kaki orang dewasa hingga paling dalam sekitar 160 cm.

Kalau tidak salah ada dua kolam yang bisa digunakan oleh para pengunjung. Satu kolam khusus anak-anak dan yang lainnya untuk orang dewasa. Untuk kolam anak sudah dilengkapi wahana perosotan mini. Tak lupa juga ada segerombolan ikan yang tinggal di dalam kolam tersebut yang tentu saja akan menemani kegiatan berenang anak-anak.

Selain kolam renang ada pula kolam terapi ikan. Buat kamu yang punya masalah kesehatan bisa nih coba relaksasi dengan cara mencelupkan kaki kamu ke dalam kolam. Nantinya sekumpulan ikan kecil akan melakukan pijatan ringan untuk membuat rileks kaki kamu. Beruntungnya tidak ada biaya tambahan jika ingin mencoba kolam satu ini.

Perlu kamu ketahui bahwa air kolam Umbul Manten berasal dari sumber mata air alami. Maka jangan heran jika warnanya terlihat bening. Bahkan sangking jernihnya, kamu bisa melihat dasar kolam hanya dengan mata telanjang. Dimana bagian bawahnya tertutup berbatuan alam sebagai lantai dasar.

Hunting Foto

1688726010563
Sumber : Instagram/umbulmanten

Hampir mirip seperti wisata Umbul Ponggok. Ternyata Umbul Manten juga memiliki spot foto selfie underwater yang tak kalah unik. Airnya yang jernih memungkinkan pengunjung mengambil foto di bawah air. Akan tetapi pastikan dulu kamu memang ahli dalam berenang. Mengingat ketinggian air kolamnya lumayan dalam.

Bisa dibilang aktivitas foto underwater ini menjadi daya tarik utama yang menarik minat pengunjung untuk datang. Bahkan aktivitas ini menjadi favorit semua kalangan. Baik itu anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Disini pengunjung akan ditantang membuat pose semenarik mungkin dengan bantuan beberapa properti yang ada di dalam kolam.

Salah satu barang yang bisa kamu gunakan adalah tenda. Pengunjung dapat berpose seolah-olah tengah camping di bawah laut. Kemudian spot lainnya ada tikar lengkap dengan keranjang buah dan beragam jenis makanan di atasnya. Sewaktu mengambil foto di spot ini coba bayangkan kamu tengah piknik bersama keluarga di bawah laut.

Tak jarang pula sebagian pengunjung memanfaatkan wisata ini sebagai lokasi foto prewedding. Beberapa orang bahkan rela basah-basahan sambil mengenakan gaun pernikahan hanya agar bisa mendapatkan hasil foto pranikah tak biasa. Momen semacam ini mungkin akan menjadi pengalaman tak terlupakan bagi sepasang pengantin.

Bersantai

1688726045430
Sumber : Instagram/umbulmanten

Setelah asyik berenang dan hunting foto lanjutkan aktivitas dengan mengistirahatkan badan sejenak. Di sekitar kolam ada deretan pepohonan besar mirip pohon beringin yang bisa kamu gunakan sebagai tempat bersantai. Biasanya para pengunjung akan mengaitkan hammock atau laybag diantara kedua pohon besar itu.

Carilah pohon yang sekiranya batangnya kuat dan mampu menahan berat badan kamu. Jika sudah, rebahkan diri kamu di atas hammock dan nikmati kegiatan bersantai sambil berayun-ayun ria. Kamu pasti akan merasa betah karena di sekitar kolam terasa begitu sejuk layaknya udara di daerah pegunungan.

Kegiatan bersantai semakin nikmat dengan adanya embusan semilir angin sepoi-sepoi yang membuat pepohonan menari-nari gemulai. Terdengar pula suara tetesan embun yang jatuh ke dasar kolam seperti sebuah alunan musik yang menenangkan. Apalagi suasana sunyi nan senyap kian membuat pikiran terasa lebih rileks.

Kulineran Hangat

1688725396503
Sumber : Googlemap/Andrianto Pujo Sakti

Liburan di Umbul Manten jangan lupa mencoba wisata kulinernya. Pihak pengelola telah menyediakan kantin yang mengusung konsep restoran tradisional ala Jawa. Bangunannya hanya berbentuk pondok lengkap dengan meja kayu dan lantai sebagai tempat duduk lesehannya.

Ada pula kursi panjang di luar pondok bagi pengunjung yang ingin menikmati makanan di alam terbuka. Menu makanan yang ditawarkan kebanyakan adalah olahan ikan. Semisal kamu tidak suka bisa memesan menu lain seperti penyetan, gorengan, mie, atau popmie. Sementara untuk minumannya ada kopi, es teh, air putih, dan masih banyak lagi.

Disini pengunjung harus menulis pesanannya sendiri lalu menuju kasir untuk membayarnya. Tunggu beberapa menit hingga makanan diantar petugas ke mejamu. Soal harga kamu tak perlu khawatir. Pihak pengelola masih memberikan harga yang cukup bersahabat kepada para pengunjung Umbul Manten.

Fasilitas Umum

Meskipun menyuguhkan pemandangan alam yang luar biasa indah. Sayangnya fasilitas umum di Umbul Manten kurang begitu lengkap. Tetapi untuk urusan area parkir sudah cukup memadai. Areanya tergolong luas sehingga mampu menampung kendaraan pribadi para pengunjung.

Dan untuk toiletnya juga masih sederhana. Tetapi setidaknya sudah cukup nyaman digunakan oleh pengunjung. Disediakan pula kamar bilas buat kamu yang selesai dari kegiatan berenang.

Pihak pengelola juga tak lupa menyediakan mushola yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat ibadah pengunjung muslim. Dengan begini kamu tak perlu repot keluar area wisata hanya untuk mencari masjid.

Tips Berkunjung

Berikut beberapa hal yang harus kamu persiapkan saat hendak liburan ke wisata Umbul Manten.

  1. Usahakan datang dengan kondisi badan yang fit. Jangan memaksakan diri semisal sedang dalam kondisi tidak sehat.
  2. Bawalah baju ganti, perlengkapan mandi, dan obat-obatan pribadi.
  3. Periksa kendaraan yang akan kamu bawa nanti. Cari tahu apakah ada masalah atau tidak.
  4. Kalau bisa jangan bepergian seorang diri. Ajaklah serta teman, sahabat, atau keluarga untuk meramaikan suasana liburan agar jauh lebih ramai.
  5. Usahakan kamu sudah mencari tahu rute mana saja yang harus dilewati.

Umbul Manten memang tidak sepopuler Umbul Ponggok. Tetapi keindahan alam di wisata tersebut masih sama indahnya. Air jernih, udara yang sejuk, pepohonan rindang adalah tiga hal yang menjadi keunggulan utamanya. Supaya wisata ini makin ramai, yuk ajak keluarga atau teman liburan kesana waktu akhir pekan nanti.

Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments