Truck Collision Attorney, Construction Accident Lawyer Near Me, Accident Attorney Fresno CA, Pedestrian Accident Attorney Near Me, Truck Accident Attorney Near Me, Oil Rig Injury Lawyer, Motorcycle Accident Lawyer Near Me, Offshore Accident Lawyer, El Paso Accident Lawyers, Birth Injury Lawyer Near Me, Car Accident Lawyer Near Me, Personal Injury Attorney Nearby, Mesothelioma Attorney Assistance, 18 Wheeler Accident Lawyer San Antonio, Mesothelioma Law Firm, Wrongful Death Attorney Near Me, Houston Trucking Accident Attorney, Truck Accident Attorney Dallas, Aviation Accident Lawyer, Car Accident Lawyer Jacksonville, DUI Defense Lawyer, Maritime Lawyer New Orleans, California Auto Accident Lawyer, Auto Accident Attorney California.

7 Rekomendasi Wisata Indramayu Mulai Wisata Darat Hingga Pantai 2024

Wisata Indramayu Pulau Biawak

Di Jawa Barat, terdapat sebuah kabupaten yang memiliki potensi wisata yang selalu dimanfaatkan dengan baik. Pemerintah daerah dengan bantuan dari masyarakat telah membangun berbagai tempat wisata yang bisa dinikmati oleh para wisatawan entah lokal maupun asing.

Mengulas destinasi wisata Indramayu yang tidak hanya terkenal akan buah mangganya saja, Indramayu juga dikenal para wisatawan lantaran memiliki panorama alam yang menawan. Di Indramayu ini wisatawan bisa menemukan beberapa destinasi wisata kekinian yang tidak boleh dilewatkan.

Rekomendasi Wisata Indramayu 2024

Berikut ini beberapa tempat wisata populer di Indramayu yang bisa wisatawan kunjungi entah bersama teman maupun keluarga.

1. Mutiara Bangsa Science Center

2019 06 24 2
Wisata Indramayu Mutiara Bangsa Science Center

Science Center Mutiara Bangsa merupakan tempat wisata kebanggan masyarakat Indramayu. Tidak hanya akan dibuat happy karena konsep wisatanya, wisatawan juga bisa menambah berbagai edukasi menarik di wisata Indramayu ini.

Science Center Mutiara Bangsa ini resmi dibuka pada tahun 9 Oktober 2017. Dari awal pembukaannya, Science Center Mutiara Bangsa ini telah mendapatkan antusias tinggi dari para wisatawan. Hingga saat ini, Science Center Mutiara Bangsa masih saja eksis di kalangan para wisatawan.

Science Center Mutiara Bangsa dijadikan sebagai tempat pendidikan dan rumah IPTEK terbesar yang ada di Indonesia. Ada 48 wahana IPTEK seru yang bisa wisatawan temukan di Science Center Mutiara Bangsa. Salah satu wahana yang cukup mencolok yaitu wahana pasir magnet. Wisatawan bisa melihat keunikan gaya magnetisme yang saling tarik menarik.

Lalu ada juga wahana jungkir balik di mana wisatawan akan disuruh duduk dengan pengaman lalu di jungkir balikan oleh petugas. Tidak lupa pula ada rumah gempa yang bisa kita temukan di sana. Di dalam rumah gempa ini wisatawan bisa merasakan getaran bumi selama kurang lebih 10 menit. Rumah gempa ini mengedukasi wisatawan mengenai sebab terjadinya gempa, dampak terjadinya gempa, serta hal utama yang perlu dilakukan ketika terjadi gempa.

Bahkan di Science Center Mutiara Bangsa juga kita bisa menemukan aneka peralatan fisika. Bagi para pecinta fisika tentunya wajib banget mampir ke tempat ini dan menggali informasi yang ada di dalamnya. Science Center Mutiara Bangsa ini memiliki fasilitas bioskop 4 dimensi yang wajib wisatawan coba.

Untuk masuk ke Science Center Mutiara, kita akan dikenakan tarif sebesar Rp35.000 per orang. Karcis parkir kendaraannya dibanderol mulai dari Rp2.000 hingga Rp10.000.

Fasilitas lainnya yang ada di Science Center Mutiara Bangsa ini seperti toilet, gazebo, aula, spot foto, pusat oleh-oleh, musala, lahan parkir, dan masih banyak lagi.

Wisatawan bisa mampir ke Science Center Mutiara Bangsa yang berada di Komplek Waduk Bojongsari Sindang, Bojongsari, Kecamatanl Indramayu, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat 45214. Wisata ini memiliki durasi waktu operasional mulai dari pukul 09:00 WIB hingga pukul 16:00 WIB. Google Maps

2. Taman Cimanuk

2022 01 12
Wisata Indramayu Taman Cimanuk

Rekomendasi wisata Indramayu hits berikutnya yaitu Taman Cimanuk. Taman Cimanuk ini berhasil menarik perhatian para wisatawan dengan pesona cantiknya. Tidak hanya itu, Taman Cimanuk memiliki nilai sejarah tersendiri bagi masyarakat Indramayu.

Dulunya, sungai yang bermuara di Taman Cimanuk ini dijadikan pelabuhan besar yang ada di tanah Jawa. Salah satu benda peninggalannya berupa tiang bendera yang saat ini bisa kita temukan di Taman Cimanuk.

Di Taman Cimanuk ini wisatawan bisa berburu spot foto instagramable dengan berbagai latar cantiknya seperti jembatan Cimanuk, pemandangan hijau, tepian sungai, dan masih banyak lagi. Selain itu, di Taman Cimanuk ini juga wisatawan bisa menemukan berbagai macam acara mulai dari pagelaran seni, pameran seni, budaya hingga sejarah. Bahkan wisatawan juga bisa menemukan Rumah Seni dan Budaya yang merupakan tempat membuat kerajinan batik.

Lalu ada pula fasilitas playground berupa jungkat-jungkit, seluncuran, putaran besi, dan masih banyak lagi. Selain cocok dikunjungi oleh orang dewasa, anak-anak juga akan dibuat happy berlibur di sana.

Setelah puas menikmati keseruan di Taman Cimanuk dan berburu beragam spot foto di dalamnya, wisatawan juga bisa mampir ke Pusat Kuliner Cimanuk yang menyediakan berbagai jajanan khas Indramayu yang lezat. Harga makanan tersebut cukup terjangkau yakni ditaksir mulai dari Rp10.000.

Taman Cimanuk ini berada di Taman Cimanuk, Penganjang, Kecamatan Sindang, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat 45221. Taman Cimanuk ini beroperasi mulai dari pukul 07:00 WIB hingga pukul 17:00 WIB. Google Maps.

3. Alun-Alun Indramayu

2021 02 21
Wisata Indramayu Alun-Alun Indramayu

Setiap kota memiliki destinasi wisata berupa Alun-Alun. Begitu juga di wisata Indramayu, kita akan menemukan wisata low budget dengan mampir ke Alun-Alun Indramayu. Alun-Alun Indramayu ini bisa wisatawan temukan di Jalan Mayjen Sutoyo, Desa Margadadi, Kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu. Di mana kita bisa mengaksesnya selama 24 jam. Google Maps.

Karena berupa tempat umum yang bisa dikunjungi siapa pun, wisatawan tidak akan dikenakan tarif masuk alias gratis. Kita hanya perlu menyisihkan uang sebesar Rp2.000 untuk parkir kendaraan saja.

Monumen Bambu Runcing yang cukup mencolok ini menjadi landmark Kota Mangga ini. Monumen tersebut menjadi sebuah simbol pertempuran tahun 1945 tepatnya saat kemerdekaan Indonesia. Di mana bambu runcing dijadikan sebagai senjata para pahlawan yang gugur.

Banyak wisatawan yang mengabadikan momennya dengan latar Monumen Bambu Runcing. Selain itu, Alun-Alun Indramayu ini di kelilingi oleh pepohonan yang rindang. Suasananya yang segar dan teduh ini membuat wisatawan bisa melakukan berbagai aktivitas menarik seperti jogging, bersepeda, jalan sore, piknik, dan lainnya.

Bahkan di pinggiran Alun-Alun Indramayu juga wisatawan bisa menemukan berbagai macam jajanan khas Indramayu seperti kue jalabia, keripik tike, nasi lengko dan masih banyak lagi. Harganya ditaksir mulai dari Rp10.000.

4. Hutan Mangrove Karangsong

Wisata Indramayu Hutan Mangrove Pantai Lestari Karangsong
Wisata Indramayu Hutan Mangrove Pantai Lestari Karangsong

Awalnya, Hutan Mangrove Karangsong merupakan upaya masyarakat dalam melindungi terjadinya abrasi. Namun tidak hanya sekedar itu saja, tempat tersebut kini menjadi wisata edukatif yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan.

Hutan Mangrove Karangsong ini mulai dijadikan destinasi wisata Indramayu sejak tahun 2015. Sejak saat itu, Hutan Mangrove Karangsong ini selalu saja eksis di kalangan para wisatawan. Tidak heran ketika akhir pekan, tempat ini selalu saja dipadati oleh para wisatawan.

Dengan luas sekitar 20 hektar, membuatnya menjadi hutan mangrove terbesar yang ada di Indramayu. Tidak hanya menyuguhkan keindahan Indramayu saja, di Hutan Mangrove Karangsong ini wisatawan akan disuguhkan aneka spot kece. Spot tersebut antara lain jembatan cinta, rumah pohon, gapura dan masih banyak lagi.

Wisatawan juga bisa menaiki perahu dan menjelajahi danau eksotis yang ada di sana. Fasilitas lainnya yang ada di Hutan Mangrove Karangsong ini mulai dari warung, toilet, wahana outbound, musala, lahan parkir, dan lainnya.

Masuk ke Hutan Mangrove Karangsong ini wisatawan akan dikenakan tarif sebesar Rp5.000 untuk satu motor dan Rp10.000 untuk mobil. Ada pun tarif tambahan untuk menaiki perahu yang ditaksir dengan harga Rp15.000.

Hutan Mangrove Karangsong ini bisa wisatawan temukan di Karangsong, Indramayu, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Wisatawan bisa mengunjunginya mulai dari pukul 08:00 WIB sampai dengan pukul 17:00 WIB. Google Maps.

5. Taman Rusa Bumi Patra Indramayu

Wisata Indramayu Taman Rusa Bumi Patra Indramayu
Wisata Indramayu Taman Rusa Bumi Patra Indramayu

Taman Rusa Bumi Patra Indramayu menjadi salah satu penangkaran rusa populer yang ada di Jawa Barat. Tempat wisata Indramayu ini dibuka pada bulan Oktober 2017 lalu. Sejak pembukaannya, Taman Rusa Bumi Patra Indramayu ini selalu saja dipadati oleh para wisatawan. Entah wisatawan lokal maupun asing.

Bagi para pecinta hewan khususnya rusa, wajib banget mampir ke Taman Rusa Bumi Patra Indramayu ini. Di sana, wisatawan akan dimanjakan oleh suasananya yang nyaman dan menyegarkan sekaligus berinteraksi langsung dengan rusa cantik.

Banyak juga pengunjung yang mengabadikan momennya di Taman Rusa Bumi Patra Indramayu ini. Untuk satu ikat sayuran, wisatawan bisa membelinya dengan harga Rp5.000. Sementara untuk masuk ke kawasan. Taman Rusa Bumi Patra Indramayu ini kita tidak akan dikenakan tiket masuk alias gratis.

Taman Rusa Bumi Patra Indramayu berlokasi di Jalan Bumi Patra Raya, Pekandangan, Kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat 45216. Jam bukanya mulai dari pukul 08:00 WIB hingga pukul 16:00 WIB. Google Maps.

6. Pulau Biawak Indramayu

Wisata Indramayu Pulau Biawak
Wisata Indramayu Pulau Biawak

Pulau Biawak Indramayu atau juga dikenal dengan Pulau Rakit, menjadi destinasi wisata Indramayu yang cukup populer. Diberi nama Pulau Biawak lantaran di pulau tersebut banyak ditemukan habitat biawak.

Pulau Biawak ini memiliki luas sekitar 120 hektar di mana 80 hektarnya menjadi area hutan bakau. Di Pulau Biawak ini wisatawan akan menemukan sebuah mercusuar yang memiliki ketinggian lebih dari 65 meter. Mercusuar ini didirikan pada tahun 1872 sehingga dinilai memiliki sejarahnya tersendiri.

Ketika berada di Pulau Biawak, wisatawan tidak hanya akan menemukan satwa biawak saja. Melainkan juga ada berbagai jenis burung mulai dari Trinil pantai dan cagak bulus. Selain itu, wisatawan juga bisa melakukan aktivitas trekking dengan menjelajahi hutan mangrove.

Bahkan wisatawan juga bisa melakukan island hopping ke pulau kecil yakni Pulau Candikian dan juga Pulau Gosong. Di pesisir pantai Pulau Biawak juga wisatawan bisa bermain pasir hingga menikmati keindahan eksotisnya pantai. Ketika waktu malam, wisatawan wajib banget menaiki mercusuar yang ada di sana untuk menikmati keindahan Pulau Biawak kala malam.

Untuk melakukan perjalanan ke Pantai Biawak ini wisatawan perlu menyiapkan budget mulai dari Rp400.000. Tarif tersebut digunakan untuk sewa kapal.

Pulau Biawak Indramayu ini berlokasi di Desa Pabean Ilir, Kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu. Wisatawan bisa mengunjungi Pulau Biawak ini saat cuacanya sedang bagus.

7. Pantai Glayem

Wisata pantai di Indramayu juga tidak boleh wisatawan lewatkan. Ada salah satu pantai yang tidak pernah sepi pengunjung dan selalu menjadi incaran para wisatawan. Pantai tersebut kita kenal dengan Pantai Glayem.

Pantai Glayem ini memiliki mitos sebagai pembawa berkah. Tidak heran pantai ini dijadikan sebagai tempat berlabuh para nelayan. Masyarakat percaya bahwa para nelayan akan mendapatkan ikan yang banyak serta dengan rasanya yang lezat.

Di samping mitos tersebut, daya tarik tempat wisata Indramayu ini terletak pada pesona pantai yang menawan. Tidak hanya airnya saja yang terkesan menyegarkan dengan warnanya yang kebiruan, deretan pepohonan rindang di sekitar pantai juga membuatnya terkesan teduh dan menenangkan. Apalagi ketika matahari tenggelam, wisatawan wajib banget mengabadikan momennya di sana.

Pantai Glayem ini memiliki ombak yang tidak terlalu besar sehingga aman untuk aktivitas berenang. Bahkan, di sana juga wisatawan bisa mencicipi aneka kuliner khas pesisir pantai seperti ikan bakar hingga kerang. Ada pula es kelapa yang tidak boleh kita lewatkan. Harganya sendiri ditaksir mulai dari Rp10.000.

Wisatawan yang memiliki hobi memancing, bisa mampir ke kolam pancingnya yang tidak jauh dari lokasi pesisir Pantai Glayem. Biasanya, di sana juga seringkali diadakan turnamen ikan.

Untuk masuk ke Pantai Glayem sendiri wisatawan akan dikenakan tarif sebesar Rp5.000 per orang. Lalu untuk tiket parkirnya ditaksir mulai dari Rp2.000 tiap kendaraan.

Pantai Glayem ini berlokasi di Desa Juntinyuat, Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Wisatawan bisa mengunjunginya kapan pun karena beroperasi selama 24 jam. Google Maps

Tidak hanya Pantai Glayem saja, Indramayu juga memiliki banyak pantai lainnya yang tidak kalah cantik seperti Pantai Tebing Patrol, Pantai Eretan, Pantai Tanah Merah, Pantai Balongan Indah, Pantai Rembat, dan masih banyak lagi.

Itulah rekomendasi 7 wisata Indramayu yang wajib banget kita kunjungi. Datang ke sana secara rombongan terkesan lebih asyik dan menyenangkan.

Avatar for Marlina Septiana
Marlina Septiana Ibu Rumah Tangga yang memiliki hobi membaca serta menulis cerpen dan ulasan buku.
Avatar for Marlina Septiana
Marlina Septiana Ibu Rumah Tangga yang memiliki hobi membaca serta menulis cerpen dan ulasan buku.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments