Umbul Brintik, Kolam Pemandian Tersembunyi Klaten yang Menyuguhkan Sumber Mata Air Alami Dari Pegunungan

Umbul Brintik

Umbul Brintik adalah salah satu objek wisata kolam pemandian yang tengah populer sekarang di deretan wisata Klaten. Kejernihan dan kesegaran air kolam wisata ini menjadi daya tarik tersendiri. Bahkan beberapa orang rela datang jauh-jauh hanya untuk merasakan kenikmatan berenang di kolam renang alaminya.

Alamat : Brintik, Malangjiwan, Kecamatan Kebonarum, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.
Lokasi : Google Maps
Harga tiket : Rp10.000
Jam buka : 05.00 – 17.00 WIB

Sekilas Tentang Umbul Brintik

Umbul Brintik termasuk kolam pemandian alami yang ada di Kabupaten Klaten. Kolam renang di wisata ini langsung menggunakan air dari sumber mata air pegunungan. Maka kamu jangan heran jika melihat warnanya sebening kaca dan tidak ada bau amis sama sekali. Sangking jernihnya, bagian dasar kolam bisa kamu lihat secara langsung.

Wisata tersebut memang dinamakan Umbul Brintik karena sumber mata airnya sering memunculkan gelembung-gelembung busa yang sangat banyak. Hal inilah yang menjadi alasan utama mengapa warga sekitar menyematkan kata “Brintik” pada kolam pemandian Klaten ini.

Penampakan dasar kolam Umbul Brintik sedikit berbeda dengan umbul lainnya. Jika Umbul Ponggok dan Kemanten identik dengan tanah berpasir dan berbatuan. Lain halnya Umbul Brintik yang banyak dipenuhi batu-batu andesit berukuran kecil bersama lapisan pasir berwarna hitam.

Kedalaman kolam renang Umbul ini tidak terlalu dangkal. Kurang lebih ketinggian airnya hanya mencapai 1,5 meter. Tergolong cukup aman digunakan berenang oleh semua kalangan. Akan tetapi khusus anak-anak masih harus mendapatkan pendampingan dari orang dewasa.

Pesona Umbul Brintik

Banyak wisatawan merekomendasikan Umbul Brintik sebagai destinasi yang wajib dikunjungi saat liburan ke Klaten. Hal tersebut bukan tanpa alasan mengingat wisata ini mempunyai keindahan alam yang bisa membuat orang takjub begitu melihatnya. Udara sejuk, pepohonan hijau, dan kejernihan airnya menjadi ciri khas dari wisata ini.

Terlebih lagi lokasinya berada di sekitar area persawahan. Sambil menikmati kesegaran airnya kamu bisa mengamati kegiatan para petani dari kejauhan. Tak berhenti sampai di situ saja, masih banyak pesona Umbul Brintik lainnya yang tak kalah menarik. Penjelasan lebih detail akan diuraikan pada sub bab berikut.

Spot Foto Unik

Meskipun Umbul Brintik terkenal akan kolam renang alaminya. Tak lupa pihak pengelola juga menyediakan spot unik untuk para pengunjung yang hobi berswa foto. Hampir di setiap sudutnya kamu bisa menemukan satu spot foto. Akan tetapi yang menjadi favorit pengunjung hanya ada 2.

Wisata Menarik Lainnya :  Coban Talun Batu - Wisata Asyik Berbalut Rumah Camping Ciamik

Pertama, ada spot Patung Merlion yang merupakan ikon utama Negara Singapura. Patung tersebut memiliki bentuk yang tak biasa. Tubuhnya bersisik layaknya ikan dan berkepala singa. Posisinya tepat berdiri gagah di pinggir kolam dengan pose mulut terbuka menyemburkan air.

Dan yang kedua ada spot jalan pedestrian mengusung tema warna pelangi. Sangat cocok dijadikan background foto dengan mengenakan pakaian kekinian ala anak muda milenial. Gambar yang dihasilkan pun akan terkesan ceria dan lebih berwarna.

Pijat Gratis dari Terapis Profesional

Keunikan lain dari Umbul Brintik satu ini tidak akan bisa kamu temukan di pemandian manapun. Agar pengunjung semakin betah pihak pengelola telah menyediakan fasilitas pijat gratis dari terapis profesional. Untuk lokasinya sendiri ada di dalam kolam terapi.

Sengaja terapis melakukannya di dalam kolam agar pengunjung bisa merasa rileks saat pemijatan nanti. Dan juga membantu proses penyembuhan lebih cepat jika dilakukan sambil berendam di dalam kolam. Terapis tidak hanya memijat saja, tapi juga menuntun pengunjung melakukan beberapa gerakan-gerakan terapi.

Jika ingin mendapatkan layanan pemijatan kamu bisa langsung memberitahu petugas. Untungnya fasilitas ini disediakan secara gratis oleh pemerintah setempat. Jadi para pengunjung tidak perlu khawatir harus membayar biaya tambahan lagi.

Pancuran Air yang Menyegarkan

1689505136621
Sumber : Googlemap/ Haly Eva Muttako

Apabila kolam terapi sudah penuh terisi kamu bisa mencoba pijatan dari pancuran air. Sensasinya tak kalah nikmat dengan pijatan terapis profesional. Punggung yang pegal jauh terasa lebih rileks begitu terkena guyuran air dari pancuran tersebut.

Pancuran air ini menjadi tempat favorit pengunjung untuk mengistirahatkan badan sehabis berenang. Tenang saja, jumlah pancurannya terbilang banyak. Kurang lebih ada sekitar 7 buah dan bisa dipakai secara bergantian dengan pengunjung lain.

Saat musim liburan tiba kamu harus ekstra sabar. Dikarenakan pengunjung yang memakai pancuran ini pasti sangat banyak. Bahkan untuk antre saja butuh waktu lumayan lama. Sebagai saran saja sebaiknya kamu datang ke Umbul Brintik pas hari kerja yang mana suasananya terlihat cukup sepi.

Kolam Terapi

IMG 20230716 180546
Sumber : Googlemap/ Agus Surajiman

Terakhir ada kolam terapi yang menjadi daya tarik utama Umbul Brintik. Katanya air kolam ini mempunyai sejumlah khasiat yang bisa menyembuhkan beberapa penyakit. Contohnya seperti vertigo, asam urat, vertigo, migrain, pengapuran, stroke, dan sulit tidur.

Sebenarnya pihak pengelola telah menyediakan fasilitas 5 kolam renang. Namun yang berfungsi sebagai kolam terapi hanya berjumlah satu saja. Air di kolam terapi Umbul Brintik mengandung kadar oksigen dan PH seimbang yang sangat melimpah.

Wisata Menarik Lainnya :  Taman Batu Purwakarta, Tempat Wisata yang Siap Memanjakan Liburanmu

Bagi lansia yang ingin berendam di kolam terapi ini tidak perlu takut jatuh. Sudah ada fasilitas pagar besi yang dibuat pihak pengelola untuk dijadikan pegangan tangan. Jadi para orang tua bisa berendam dengan aman dan nyaman. Akan tetapi tetap harus berhati-hati mengingat permukaan dasar kolam sedikit licin.

Ukuran kolam terapi tergolong luas sehingga mampu menampung banyak wisatawan. Kurang lebih kolam ini memiliki luas sekitar 15 x 7 meter dengan ketinggian air sedalam 1,5 meter. Bagian dasar kolam ini banyak dipenuhi batuan andesit dan pasir hitam.

Fasilitas Umum

Umbul Brintik memiliki sejumlah fasilitas umum yang lumayan lengkap. Dimulai dari area parkir luas untuk memarkirkan kendaraan roda dua dan empat. Tidak usah khawatir soal keamanannya karena ada petugas yang siap menjaga kendaraan kamu.

Untuk barang bawaan pengunjung pihak pengelola juga sudah menyediakan loker penyimpanan. Sayangnya itu tidak gratis, ada biaya sewa yang harus kamu bayar. Buat kamu yang belum mahir dalam berenang bisa menyewa ban pelampung di sekitar area wisata Umbul Brintik.

Pihak pengelola juga menyediakan toilet dan kamar bilas yang berguna untuk membersihkan badan setelah selesai dari kegiatan berenang. Tak ketinggalan pula ada mushola sederhana yang bisa dimanfaatkan pengunjung muslim sebagai tempat ibadah.

Semisal perut kamu sudah keroncongan cobalah menyantap makanan di warung makan sekitar area wisata. Kebanyakan menu yang ditawarkan adalah makanan khas Klaten, mie instan, gorengan, minuman instan, dan lain-lain. Harganya juga masih cukup terjangkau dan tidak terlalu memberatkan pengunjung.

Tips Berkunjung

Sebelum memulai rencana liburan ke Umbul Brintik buatlah persiapan sebaik mungkin. Agar saat di sana nanti kamu merasa nyaman dan bisa menikmati setiap momen yang ada. Untuk itu terapkan beberapa tips berikut supaya semuanya berjalan lancar.

  1. Pastikan kamu memilih hari yang mana cuacanya memang tengah mendukung. Berangkatlah pas matahari sedang bersinar begitu cerahnya.
  2. Sebelum berangkat pastikan kondisi badan kamu. Apakah dalam keadaan baik-baik saja atau tidak?. Jika merasa tidak sehat sebaiknya tunda dulu.
  3. Pergilah beramai-ramai dengan mengajak keluarga atau teman agar suasana liburan terasa lebih menyenangkan.
  4. Usahakan membawa barang bawaan yang memang kamu butuhkan. Seperti baju ganti, perlengkapan mandi, obat-obatan pribadi, uang tunai, dan surat-surat kendaraan.
  5. Selama mengemudi selalu patuhi rambu-rambu lalu lintas agar kamu bisa sampai dengan selamat di tempat tujuan.
  6. Selalu patuhi aturan di tempat wisata dan jangan coba-coba melanggar jika tidak ingin terkena masalah.

Mencari lokasi Umbul Brintik bukan sesuatu yang sulit. Dikarenakan kawasan tersebut sudah sangat terkenal dengan kolam terapinya. Apabila kamu berangkat dari pusat Kota Klaten hanya perlu menempuh jarak sekitar 5 kilometer. Agar tidak tersesat sebaiknya kamu ikuti saja rute dari aplikasi google map.

Rate this post
Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments