Wisata Alam Posong: Lokasi, Jam Operasional, HTM dan Info Terbaru 2024

Wisata Alam Posong

Wisata Alam Posong Temanggung, pasti akan menjadi pilihan yang sempurna untuk liburan. Tempat yang satu ini akan cocok untuk kamu yang ingin merasakan ketenangan dan pemandangan alam yang hijau dan indah.

Alamat : Area Sawah, Tlahap, Kec. Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah
Lokasi : Google Maps
Harga Tiket : Rp 20.000,-

Perlu kamu tahu jika objek wisata alam ini memiliki banyak keistimewaan, terutama dalam hal keindahan alamnya yang memikat. Dijamin kamu tak akan rugi jika berkunjung ke tempat wisata yang satu ini.

Nah untuk kamu yang mungkin penasaran dengan daya tarik apa saja yang ditawarkan oleh tempat ini dan fasilitas apa yang disediakan di sana tenang saja. Pada kesempatan kali ini akan dibahas secara lengkap mengenai wisata alam Ponong ini. Beirkut infonya!

Sekilas Tentang Wisata Alam Posong

2 3
Instagram.com/wisatalam_posong

Destinasi alam yang menarik ini dikenal dengan nama Wisata Alam Posong. Letaknya sendiri ada di wilayah lembah di lereng Gunung Sindoro dan berdekatan dengan Gunung Beser Temanggung. Area ini dipenuhi dengan barisan pohon pinus dan vegetasi yang beragam.

Terdapat juga petak-petak lahan yang dimiliki oleh penduduk dan perkebunan tembakau yang tersebar di lekukan-lekukan bukit. Pemandangan ini sungguh memanjakan mata para pengunjung yang datang ke sini.

Udara segar dan sejuk langsung terasa, hal ini wajar mengingat ketinggian tempat wisata ini berada pada ketinggian 1.823 meter di atas permukaan laut. Luas area ini mencapai 1,2 hektar dan terdiri dari Posong Camp dan Posong sunrise spot.

Tempat ini semakin populer belakangan ini, tetapi sebenarnya sudah ada sejak tahun 2010. Sekarang, pengunjung dapat menikmati berbagai fasilitas penunjang seperti penginapan yang tersedia di sekitar lokasi wisata.

Lokasi Destinasi Alam Posong

Destinasi Alam Posong terletak di Area Sawah, Desa Tlahap, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Jika berangkat dari Jogja, waktu tempuh yang harus kamu habiskan adalah sekitar 3 jam perjalanan. Rekomendasi rute terbaik adalah melalui Jalan Magelang menuju arah Semarang.

Alternatif lainnya yang bisa kamu pilih adalah melalui Jalan Magelang ke arah Secang, kemudian ke Temanggung. Silakan memilih rute terbaik dengan membandingkan kedua opsi tersebut menggunakan aplikasi Google Maps.

Jam Operasional Destinasi Alam Posong

298858686 786830662495629 1015737490134578695 n 1
Instagram.com/wisatalam_posong

Wisata Alam Posong ini buka setiap hari, termasuk saat hari libur nasional. Namun, pada hari libur mungkin ada sedikit perubahan dalam jam operasionalnya.

Pada hari biasa dan akhir pekan, Destinasi Alam Posong buka mulai pukul 04.00 hingga pukul 16.00 WIB. Jam buka yang lebih awal dari objek wisata umumnya disesuaikan agar pengunjung dapat menikmati matahari terbit.

Harga Tiket Masuk Destinasi Alam Posong

290686190 338292258509734 3027456932632961527 n
Instagram.com/wisataalam_posong

Tiket masuk ke Destinasi Alam ini tergolong terjangkau. Oleh karena itu Wisata Alam Posong cocok untuk semua kalangan masyarakat. Harga tiket masuk ini tidak termasuk biaya parkir kendaraan dan biaya lainnya.

Oleh karena itu disarankan untuk menyediakan anggaran tambahan jika ingin mencoba wahana atau kegiatan berbayar lainnya. Terutama jika kamu berencana menginap di penginapan terdekat.

Meskipun tarif menginap di sini lebih murah daripada villa murah di Puncak untuk rombongan atau perorangan, tetap disarankan untuk menyediakan anggaran tambahan sebagai antisipasi jika terjadi kenaikan tarif. Berikut ini informasi tentang harga tiket masuk Destinasi Alam Posong dan beberapa biaya lainnya:

Tiket Masuk Taman Destinasi Alam Posong Rp20.000,00 per orang
Parkir MobilRp4.000,00 per mobil
Parkir Sepeda Motor Rp2.000,00 per motor

Harga ini dapat berubah sesuai dengan musim liburan dan kebijakan pengelola. Biaya-biaya di atas tidak termasuk biaya insidental, seperti belanja oleh-oleh khas Jawa Tengah atau belanja souvenir serta biaya staycation di penginapan terdekat.

Daya Tarik Destinasi Alam Posong

Sebagai salah satu tempat wisata terbaik di Jawa Tengah, Wisata Alam Posong menawarkan berbagai daya tarik, mulai dari keindahan alamnya hingga wahana dan kegiatan outdoor yang menarik. Tidak perlu menunggu lama, berikut ini adalah daftar daya tarik lebih lengkapnya:

Selama berlibur di sini, kamu juga dapat mencoba hal-hal seru selain menikmati matahari terbit, misalnya menikmati kuliner di restoran yang tersedia. Tentu saja akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan saat disertai dengan berbagai hidangan khas Jawa Tengah yang menjadi favorit kamu.

1. Pemandangan Luar Biasa Menyusuri Jalan dari Tempat Pembelian Tiket

Manajemen objek wisata ini dilakukan oleh masyarakat dan pemerintah desa setempat. Setelah melewati gardu pembelian tiket yang berdekatan dengan jalan utama. Dari situ kamu masih harus harus menempuh perjalanan sejauh 3,5 kilometer.

Perjalanan dari gerbang masuk hingga mencapai area utama di kawasan wisata Lembah Sindoro memakan waktu sekitar satu jam. Selama perjalanan, kamu akan melintasi kebun kopi dan tembakau dengan jalan yang lebar dan berlapis batu makadam dengan pemandangan luar biasa

2. Keindahan Matahari Terbenam dan Terbit di Lembah Sindoro Posong

341003153 3294197114134123 4031362069801424629 n
Instagram.com/camp_posong.o

Wisatawan umumnya datang ke sini untuk menikmati matahari terbit. Setiap hari, sekitar 100 pengunjung datang, namun jumlah tersebut meningkat sepuluh kali lipat pada akhir pekan dan hari libur nasional. Oleh karena itu, objek wisata ini buka mulai pukul 04.00 WIB.

Sekitar pukul lima pagi, sinar matahari perlahan-lahan akan menyinari dari balik Gunung Sumbing. Secara perlahan, bayangan Gunung Merbabu, Merapi, Telomoyo, Muria, hingga Ungaran mulai terlihat. Pada pukul 06.00 WIB, wisatawan dapat merasakan dan menikmati kehangatan Matahari Terbit yang indah.

Tidak hanya matahari terbit, momen matahari terbenam juga menjadi daya tarik bagi wisatawan. Pada sore hari, cahaya matahari yang memancar terlihat seolah membelah Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.

3. Keajaiban Keindahan Alam

329890461 1397090774409468 237910820396514382 n
Instagram.com/magungs02

Pada siang hari dan cuaca cerah, para wisatawan dapat menyaksikan “samudera awan” dengan tujuh puncak gunung. Bahkan jika cuaca sedikit mendung, Posong tetap memukau dengan kabut yang membentang, menciptakan suasana yang syahdu. Ditambah lagi dengan udara sejuk dan pemandangan tumbuhan hijau yang luas.

4. Cakruk

Untuk menikmati panorama Posong, terdapat tiga gardu besar dan satu gardu kecil yang berfungsi sebagai tempat duduk dan bersantai. Di area ini, pengunjung biasanya duduk santai sambil menikmati minuman hangat dan sesekali menikmati pemandangan yang indah.

5. Beragam Pilihan Wahana Permainan

Wisata Alam Posong menawarkan berbagai aktivitas seru yang dapat kamu nikmati. Saat cuaca cerah, penting untuk mengabadikan keindahan alam di tempat ini. Berburu foto menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan di sini. Bahkan saat mendung dan berkabut, kamu bisa melihat pemandangan “lautan awan” yang menakjubkan di Wisata Alam Posong.

Untuk relaksasi dan kenyamanan lebih, kamu dapat duduk di gardu besar atau gardu kecil. Di area ini, kamu juga bisa lho menikmati minuman hangat sambil menenangkan pikiran dengan menikmati pemandangan alam.

Nah khusus untuk kamu yang gemar dengan aktivitas luar ruangan, sangat disarankan untuk mencoba outbound. Kamu dapat mencoba flying fox, trekking, dan hiking. Bahkan, tersedia area bermain di luar ruangan untuk anak-anak.

Kamu juga memiliki opsi untuk berkemah dengan tenda biasa atau mencoba glamping. Menginap di tempat wisata ini akan memberikan pengalaman tak terlupakan, terutama dengan udara pegunungan yang sejuk. Jangan lupa menikmati sunrise yang indah di pagi hari.

6. Spot Foto yang Beragam

358761323 1203711620322870 1051652158862356210 n
Instagram.com/novaaderiyanaa

Titik pertama untuk foto dengan latar belakang tulisan ‘Posong’ dan Gunung Sindoro. Tempat ini sangat cocok bagi para wisatawan yang gemar berfoto. Waktu terbaik untuk mengambil gambar di tempat ini adalah pagi dan sore hari. Kemudian, ada titik foto sayap kupu-kupu yang sangat disukai terutama oleh anak-anak.

Titik foto ketiga adalah gardu pandang yang unik dengan latar belakang Gunung Sumbing dan pemandangan Temanggung. Tempat ini juga merupakan salah satu titik foto terbaik di Wisata Alam Posong.

7. Keindahan Langit Malam di Wisata Posong

342235367 710827507399027 4361171839109110932 n
Instagram.com/camp_posong.o

Bagi wisatawan yang datang pada malam hari, jangan khawatir. Wisata Alam Posong menawarkan keindahan yang tak kalah menakjubkan. Langit malam di dataran tinggi Posong sering kali dihiasi oleh gemerlap bintang. Jadi, keindahan Posong tidak hanya terbatas pada pagi dan Golden Sunrise.

Malam hari adalah saat di mana miliaran bintang berada di atas kepala. Langit malam Posong yang indah dengan “Milky Way” mengundang decak kagum para wisatawan. Galaksi Bimasakti dapat terlihat dengan jelas karena minimnya polusi cahaya.

8. Area Berkemah

343478851 256851870092819 2866100469917177067 n
Instagram.com/dhihan.arinal

Posong juga menyediakan area berkemah. Jika kamu berminat, silakan menghubungi pihak pengelola setempat. Menginap di Wisata Alam Lembah Sindoro Posong akan memberikan pengalaman udara pegunungan yang sejuk.

Selain itu, pengunjung dapat menikmati keindahan “Milky Way” saat langit malam cerah. Kamu juga dapat menikmati momen “Golden Sunrise” dan panorama “samudra awan”.

Banyaknya daya tarik yang dimiliki oleh Wisata Alam Posong tentunya membuatmu tertarik juga untuk berkunjung ke tempat ini bukan? Apalagi fasilitas yang disediakna tempat ini juga cukup memadai.

Fasilitas yang Tersedia di Wisata Alam Posong

Wisata alam ini telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang lengkap dan memadai, termasuk sebuah restoran yang terkenal dengan menu makanan khas Jawa Tengah yang lezat dan autentik.

Fasilitas-fasilitas ini hadir untuk memberikan kenyamanan bagi para wisatawan yang mengunjungi tempat ini. Dengan adanya fasilitas ini, liburan akan menjadi lebih menyenangkan. Kamu dan pengunjung lainnya pasti akan merasa betah di sini.

Berikut ini adalah daftar fasilitas yang tersedia:

– Area perkemahan
– Tempat parkir kendaraan
– Toilet umum
– Taman
– Spot foto
– Gardu pandang
– Mushola
– Restoran
– Warung wisata
– Gazebo
– Sarana permainan luar ruangan
– Pusat sewa perlengkapan berkemah

Penginapan di Sekitar Wisata Alam Posong

Selain fasilitas yang lengkap, Wisata Alam Posong juga telah dilengkapi dengan penginapan. Jadi bila kamu berencana menginap tak perlu kesulitan lagi. Berikut ini adalah informasi mengenai penginapan di dekat Posong, Temanggung yang bisa kamu pilih:

Isabella Homestay Posong

Alamat: Jl. Raya Parakan – Wonosobo, Tlahab, Tlahap, Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, 56264

Nomor telepon: 082221356814

Salah satu pilihan penginapan terdekat dari Wisata Alam Posong adalah Isabella Homestay Posong. Lokasi homestay ini sangat strategis, berada di depan gerbang pembelian tiket Wisata Alam Posong. Di Isabella Homestay Posong, Anda dapat menikmati akomodasi dengan tarif yang terjangkau.

Penginpan ini menyediakan berbagai tipe kamar, mulai dari kamar dengan kamar mandi luar dengan harga sekitar Rp150 ribu per malam, hingga kamar dengan kamar mandi dalam dengan harga berkisar antara Rp200 ribu hingga Rp250 ribu per malam.

Fasilitas standar yang disediakan meliputi sarapan gratis, teh, kopi, tempat parkir yang memadai hingga untuk 3 mobil, televisi, dan lain-lain. Hingga saat ini, harga kamar di Isabella Homestay Posong belum banyak mengalami perubahan dari tahun sebelumnya. Jadi akan lebih baik jika kamu memastikan lebih dulu terkait harga agar lebih pasti.

TriDwi Homestay

Lokasi: Jl. Karang Wetan, RT 04/RW 03, Desa Mandisari, Parakan, Temanggung, Jawa Tengah

Nomor telepon: 081226088678

Selanjutnya ada juga penginapan TriDwi Homestay. Penginapan yang satu ini dikenal memiliki suasana yang sangat nyaman dan terasa seperti di rumah sendiri. Apabila dari WIsata Alam Posong jaraknya hanya sekitar 49 menit saja .

Selain dekat dengan Posong, TriDwi Homestay juga memiliki akses yang mudah ke beberapa objek wisata menarik seperti Gunung Sundoro, Gunung Sumbing, dan lain-lain. TriDwi Homestay menyediakan 3 unit kamar dengan harga yang terjangkau.

Setiap kamar di TriDwi Homestay dilengkapi dengan lemari pakaian, meja, cermin, kursi, lampu tidur, dan meja samping tempat tidur. Terdapat juga fasilitas kamar mandi bersama dengan shower air panas, area duduk, ruang makan, taman anggrek, dan lain-lain.

Aliyana Hotel & Resorts

Lokasi: Jl. KH Agus Salim No.7, Gendongan, Temanggung I, Kec. Temanggung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah 56212

Nomor telepon: (0293) 491543

Jika kamu mencari penginapan di pusat kota maka Aliyana Hotel & Resorts bisa menjadi pilihan yang tepat. Aliyana Hotel & Resorts hanya berjarak sekitar 419 meter dari Alun-Alun Kota Temanggung dan sekitar 59 menit perjalanan dari Wisata Alam Posong.

Tak hanya itu saja, hotel ini juga dekat dengan objek wisata Pikatan Water Park (7 menit perjalanan). Aliyana Hotel & Resorts menyediakan beberapa tipe kamar yang dapat disesuaikan dengan anggaran dan kebutuhan selama liburan.

Salah satu tipe kamar termurah adalah Deluxe Twin dengan tarif sewa Rp457 ribu per malam. Hingga tahun 2022, harga kamar di Aliyana Hotel & Resort belum mengalami banyak perubahan.

Dengan harga tersebut, kamu dapat menikmati fasilitas di Aliyana Hotel & Resort, termasuk kamar seluas 16 meter persegi dengan AC, air panas, sarapan dan Wi-Fi gratis, 1 ranjang twin untuk 2 tamu, kamar mandi dalam dengan shower, air minum kemasan gratis, meja, kursi, TV kabel, dan perlengkapan mandi.

Sedangkan untuk tipe kamar Superior Twin, harganya Rp559 ribu per malam. Kamar ini memiliki luas 25 meter persegi dan menyediakan fasilitas yang serupa dengan Deluxe Twin, seperti sarapan dan Wi-Fi gratis, AC, air panas, 1 ranjang twin untuk 2 tamu, meja, kursi, TV kabel, dan kamar mandi dalam dengan perlengkapan mandi.

Selama menginap di Aliyana Hotel & Resorts, kamu juga dapat menikmati fasilitas lain yang disediakan, termasuk ruang keluarga, pemanas, area parkir yang luas, restoran, layanan kamar, pusat kebugaran, layanan pijat dan spa.

Menariknya lagi di hotel ini juga ada kolam renang outdoor, teras atap, area merokok dan bebas asap rokok. Adapun untuk resepsionis dan keamanan 24 jam. Kamu juga bisa memanfaatkan layanan laundry, serta jasa antar jemput bandara dengan biaya tambahan.

Hotel Ardita

Alamat: Jl. Raya Bulu Km 6, Sawah, Ngimbrang, Bulu, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, 56253

Nomor telepon: (0293) 4902392

Jika kamu mencari penginapan di Temanggung yang dekat dengan Wisata Alam Posong, Hotel Ardita dapat menjadi alternatif yang baik. Jarak Hotel Ardita dari Posong hanya sekitar 49 menit saja. Selain itu, Hotel Ardita juga dekat dengan Alun-Alun Kota Temanggung, Pasar Ngimbrang, dan tempat-tempat lainnya.

Hotel Ardita memiliki sekitar 17 unit kamar yang disewakan dengan tarif berkisar antara Rp150 ribu hingga Rp400 ribu per malam. Hingga saat ini, tarif kamar tetap stabil. Hotel kelas melati ini menawarkan fasilitas standar seperti sarapan untuk tamu, kamar dengan televisi, AC, parabola, kamar mandi pribadi dengan air panas dan area parkir yang luas.

Tips Berlibur ke Wisata Posong Temanggung

337170043 950722242749452 8903493759772747460 n
Instagram.com/thisismeamirah

Ketika liburan ke Wisata Alam Posong, ada beberapa tips yang dapat kamu pertimbangkan agar liburanmu lebih menyenangkan seperti berikut:

Datang di Jam yang Tepat untuk Menikmati Matahari Terbit

Mengingat highlight dari tempat ini adalah matahari terbit, pastikan kamu tidak melewatkan momen tersebut dengan datang di jam yang tepat. Akan lebih baik jika kamu datang lebih awal. Tujuannya agar bisa menemukan spot yang bagus. Disarankan untuk memulai perjalanan dari loket masuk pukul 04.00 WIB.

Perjalanan dari loket menuju spot utama Posong untuk melihat matahari terbit memakan waktu sekitar satu jam dengan berjalan kaki. Jika kamu tepat waktu, kamu akan dapat menyaksikan keindahan matahari terbit pada pukul 05.00 WIB.

Jaga Kebersihan dan Keindahan

Menikmati pemandangan adalah salah satu hal terbaik dalam liburan. Tentunya kamu ingin keindahan tersebut tetap terjaga agar dapat dinikmati oleh generasi mendatang. Oleh karena itu, selain menikmati keindahan alam, penting juga untuk menjaga kebersihannya.

Hindarilah membuang sampah sembarangan agar keindahan tetap terjaga. Jika memungkinkan, kamu juga dapat membantu dengan mengambil sampah di sekitar dan membuangnya pada tempat sampah yang disediakan.

Disamping itu usahakan untuk menghindari vandalisme seperti merusak properti umum, mencoret-coret batu atau pohon. Mari ikut lestarikan tempat wisata ini agar tetap dapat dinikmati oleh generasi selanjutnya.

Musim Kemarau sebagai Waktu Terbaik untuk Mengunjungi Posong

Sebelum mengunjungi suatu tempat, penting untuk mengetahui waktu yang paling tepat. Hal ini agar kamu tidak merasa kecewa dengan apa yang ada di sana. Begitu juga ketika mengunjungi Posong. Jika ingin berkunjung ke Posong, waktu yang paling tepat adalah musim kemarau.

Pada musim ini, langit akan terlihat lebih jelas dan bimasakti dapat terlihat dengan lebih baik. Selain itu, matahari terbenam dan matahari terbit dapat dinikmati tanpa gangguan awan mendung dan hujan. Berkunjung ke Posong saat musim kemarau juga akan memudahkan perjalanan karena jalan tidak licin.

Menggunakan Kendaraan Pribadi Disarankan

Semua jenis kendaraan diperbolehkan masuk ke area Posong. Jalan akses yang baik hingga ke puncak memudahkan kamu untuk memilih kendaraan yang sesuai. Namun, perlu diingat bahwa medannya cukup terjal.

Oleh karena itu disarankan agar mobil atau motor dikendarai oleh orang yang sudah terampil dan lihai dalam mengemudi. Oh iya sebaiknya kamu pilih saja kendaraan pribadi, terutama motor, agar lebih mudah dan cepat sampai di lokasi.

Wisata Lain yang Terletak Dekat dengan Wisata Alam Posong

Setelah menjelajahi Wisata Alam Posong yang mempersona, tak ada salahnya untuk mampir ke destinasi lain yang berdekatan. Kamu tak akan kecewa karena keindahannya juga tidak kalah menakjubkan!

Gunung Sindoro

Selain mengunjungi wisata Alam Posong, kamu dapat mengunjungi Gunung Sindoro. Dengan ketinggian 3135 meter di atas permukaan laut, udaranya sangat dingin dan segar. Gunung Sindoro terletak di antara Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Temanggung.

Gunung ini bersebelahan dengan Gunung Sumbing dan dapat didaki melalui jalur dari Kledung atau jalur Sikatok yang merupakan jalur tercepat menuju Puncak Sindoro. Puncak gunung ini masih aktif dan mengeluarkan asap belerang. Pendakian bisa diselesaikan dalam satu hari jika dimulai dari pagi hari.

Di puncak gunung, kamu akan menemukan sebuah danau kecil yang cantik. Air danau ini berasal dari curah hujan, sehingga sangat jernih dan mampu memantulkan keindahan langit. Selain itu, kamu juga dapat menyaksikan Dataran Tinggi Dieng yang dikelilingi oleh awan yang menakjubkan.

Gunung Sumbing

Berdekatan dengan Gunung Sindoro, gunung ini memiliki ketinggian 3371 meter di atas permukaan laut (mdpl). Terletak di Kabupaten Wonosobo, puncak Gunung Sumbing terdiri dari tebing batu cadas dan kawah yang mengeluarkan asap belerang. Terdapat dua puncak di gunung ini, yaitu Puncak Buntu yang berada pada ketinggian 3362 mdpl dan Puncak Kawah yang berada pada ketinggian 3372 mdpl.

Gunung Sumbing terletak di Desa Pager Gunung dan berbatasan dengan Parakan dan Magelang. Di puncak gunung, angin cukup kencang dan cuacanya cerah serta panas. Suhu di sini bisa turun di bawah 12 derajat Celsius, sehingga sebaiknya menyiapkan jaket, syal, dan earmuff untuk menghangatkan tubuh saat diperlukan.

Embung Kledung

Wisata alam yang satu ini terletak di antara Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing ini berjarak sekitar 5,7 kilometer (km) dari Wisata Alam Posong. Embung Kledung terletak di Jalan Raya Parakan-Wonosobo No. Km 12, Area Sawah, Kledung, Temanggung. Lokasinya cukup dekat dengan area parkir, sehingga perjalanan menuju tujuan tidak memakan waktu lama.

Pemandangan alam yang menakjubkan menjadi daya tarik utama tempat wisata ini, terutama pemandangan Gunung Sindoro dan danau buatan yang luas. Danau ini menjadi tempat bagi berbagai ikan hias air tawar, sehingga pengunjung dapat memberi makan ikan sambil menikmati keindahan alam di lokasi tersebut.

Salah satu aktivitas yang dapat dilakukan di Embung Kledung adalah berkemah. Di area ini tersedia area camping yang luas dan juga penyewaan peralatan camping. Menurut informasi dari Media Center Temanggung, dengan biaya pendaftaran sebesar Rp 15.000 per orang, pengunjung dapat berkemah di tempat ini.

Di tempat ini ada juga penyewaan tenda dengan harga Rp 40.000-Rp. 60.000 tergantung kapasitas tenda. Tempat wisata alam ini memiliki beberapa spot foto menarik, termasuk Tangga Warna-Warni sebelum mencapai lokasi utama.

Selain itu, terdapat ayunan dan hiasan bunga dengan latar pemandangan Gunung Sindoro dan danau. Beberapa fasilitas yang disediakan di tempat wisata ini antara lain toilet, musala, warung makan, dan warung minuman. Embung Kledung buka setiap hari selama 24 jam. Dengan membayar tiket masuk mulai dari Rp 5.000 per orang, kamu sudah bisa menikmati keindahan alam di kawasan ini.

Embung Bansari

Embung Bansari dikenal sebagai tempat penampungan air, terutama selama musim hujan untuk digunakan pada musim kemarau. Menurut informasi Embung Bansari dibangun sebagai upaya konservasi, irigasi tetes perkebunan, dan penanggulangan kekurangan air selama musim kemarau.

Selain itu, daerah sekitar embung juga dikembangkan menjadi objek wisata. Perjalanan menuju lokasi membutuhkan waktu yang cukup lama, sekitar tiga km. Jalur yang dilalui berupa jalan berbatu yang juga masih berupa tanah dan memiliki kemiringan.

Pada hari cerah, pengunjung dapat melihat panorama sembilan gunung. Sembilan gunung tersebut meliputi Gunung Sindoro, Sumbing, Merbabu, Prau, Andong, Merapi, Telomoyo, Muria, dan Ungaran. Di malam hari, pengunjung juga dapat melihat cahaya kota dari ketinggian.

Kawasan ini masih dalam tahap pembangunan, sehingga fasilitas yang tersedia belum lengkap. Pengunjung disarankan membawa bekal sendiri karena tidak ada warung makan atau minuman di sekitar area ini. Embung Bansari buka setiap hari selama 24 jam. Pengunjung yang datang tidak dikenakan biaya alias gratis.

Demikianlah pembahasan seputar Wisata Alam Posong kali ini. Yuk segera agendakan untuk liburan ke sini. Nah untuk kamu yang pernah liburan ke tempat itu bisa juga lhi berbagai pengalaman lewat kolom komentar di bawah!

Avatar for Yeni Susanti
Yeni Susanti Freelance Writer yang memiliki hobi menulis, nonton drama korea serta menulis artikel dengan berbagai tema mulai dari wisata, teknologi, kecantikan, kesehatan dan lain sebagainya.
Avatar for Yeni Susanti
Yeni Susanti Freelance Writer yang memiliki hobi menulis, nonton drama korea serta menulis artikel dengan berbagai tema mulai dari wisata, teknologi, kecantikan, kesehatan dan lain sebagainya.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments