big rig attorney, truck accident lawyers near me, best lawyers for truck accidents, big truck wreck lawyers, trucking accident injury lawyer, truck driver accident lawyers, construction truck accident lawyer, big rig accident attorney, cyber security, cyber security companies, cyber security online, cyber threat intelligence, online security, acronis cyber protect cloud, computer security companies, internet security companies, doctor billing software, medical practice billing software, medical scheduling and billing software, medical billing and coding practice software, medical billing scheduling software

Pulau Tabuhan, Surga Tersembunyi di Banyuwangi

Pulau Tabuhan Banyuwangi

Banyuwangi Selalu mampu mempesona para wisatawan dengan beragam pilihan tempat wisatanya yang keren. Salah satunya adalah Pulau Tabuhan yang terletak di ujung utara Banyuwangi, tepatnya di wilayah Selat Bali. Pulau Tabuhan adalah sebuah pulau kecil yang dikelilingi oleh lautan, dan satu-satunya cara untuk mencapai pulau ini adalah dengan menyewa kapal yang akan mengantarkan pengunjung ke sana.

Pulau ini merupakan pulau yang tidak berpenghuni. Meski begitu pemandangan yang dimilikinya sangat menakjubkan. Pasir pantainya berwarna putih dan lembut, sedangkan di tengah pulau terdapat pepohonan yang rindang dan hijau.

Ketika melihat Pulau Tabuhan kamu akan disuguhkan dengan pemandangan yang luar biasa. Tak heran jika pulau ini sering menjadi tujuan favorit para wisatawan. Siapa coba yang tidak tergoda untuk berlibur di pantai yang terasa seperti tempat wisata pribadi ini?

Asal Mula Keberadaan Pulau Tabuhan

349324738 1440702353427707 6962095368029028159 n
Instagram.com/pulautabuhan.id

Pulau Tabuhan, sebuah pulau kecil di Kabupaten Banyuwangi. Pulau ini berasal dari kata ‘tabuh’ yang berarti berisik. Hal ini dikarenakan angin laut yang kencang di sekitar pulau tersebut menghasilkan suara berisik mirip dengan bunyi alat musik.

Letaknya ada di perairan Selat Bali. Jaraknya sekitar 20 KM dari Kabupaten Banyuwangi. Secara administratif, pulau eksotis ini termasuk dalam wilayah Desa Bangsring. Di sekitarnya, terdapat juga pulau kecil lain yang bernama Pulau Menjangan.

Ukuran pulau Tabuhan ini sendiri temasuk kecil. Luasnya saja hanya 53.350 meter persegi atau sekitar 5 Hektar. Namun layaknya eperti pulau-pulau kecil lainnya, Pulau Tabuhan ini ternyata juga memiliki kekayaan biota laut yang melimpah.

Tempat wisata populer di Banyuwangi ini dulunya merupakan tempat yang digunakan oleh mata-mata Jepang dulunya. Bukti sejarahnya terdapat pada bangunan mercusuar peninggalan masa penjajahan Jepang yang masih berdiri kokoh di pulau ini.

Hingga saat ini, bangunan mercusuar tersebut tetap dipertahankan dan bahkan dijadikan sebagai situs wisata sejarah yang menarik untuk dikunjungi.

Mitos di Balik Pulau Tabuhan

311913629 1303238527108306 8764854590553753660 n
Instagram.com/pesona_trip1

Di tengah keindahannya ternyata Pulau Tabuhan ini juga memiliki berbagai mitos yang berkembang mengenai fenomena aneh disekitarnya. Salah satunya adalah mitos tentang Balebahan (bicara sembarangan) yang sering kali menjadi kenyataan.

Ada juga mitos mengenai sosok wanita cantik yang dikenal sebagai Mandalayang oleh penduduk setempat, terutama di wilayah Sawang Balak. Di Pulau Tabuhan, mitos-mitos aneh tersebut telah berkembang sejak lama.

Warga setempat sering kali memperingatkan agar tidak melakukan Balebahan, karena telah terjadi kejadian-kejadian aneh terkait dengan itu. Misalnya, jika seseorang berkata bahwa ia tidak takut dengan keangkeran pulau ini yang konon katanya ada ikan berkepala besar, maka benar-benar muncul ikan berkepala besar di pulau tersebut.

Entah mitos itu benar atau tidak namun kamu tetap harus menghormatinya. Hal ini karena penting bagi kita untuk saling menghargai baik sesama manusia maupun alam sekitar. Apalagi di dunia ini sebenarnya memang ada hal-hal yang ghaib dan ada pula hal-hal yang nyata.

Daya Tarik Pulau Tabuhan

Pulau ini memiliki banyak daya tarik, mulai dari pesona alamnya hingga berbagai aktivitas menarik seperti snorkeling, selfie, camping, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, tak heran jika banyak agen perjalanan menawarkan paket open trip yang terjangkau untuk mengunjungi pulau ini bersama dengan Pulau Menjangan dan destinasi lainnya.

Paket wisata ke pulau cantik ini akan memfasilitasi para wisatawan untuk menikmati segala daya tarik yang ada. Oleh karenanya akses untuk liburan ke pulau ini akan semakin mudah. Jadi kamu bisa lebih bebas menikmati daya tarik yang dimilikinya dan mencoba berbagai aktivitas yang ditawarkan oleh pulau ini seperti:

Pohon-pohon Teduh yang Tumbuh Di sekitar Pulau

Meskipun Pulau Tabuhan memiliki luas yang terbatas, hanya sebesar 5 hektar, namun ada satu hal yang perlu diperhatikan, yaitu tanahnya yang sangat subur. Hal ini karena tanahnya menghasilkan keberadaan pepohonan yang melimpah dan memberikan teduh di pulau ini.

Selain membuat pulau makin indah, keberadaan pohon tersebut bisa bermanfaat untuk kamu. Jadi kamu bisa menggunakan pepohonan ini sebagai tempat berteduh. Bahkan kamu juga bisa lho memanfaatkannya sebagai latar belakang foto liburan yang ciamik.

Keindahan Laut Bawah yang Memukau

Keindahan alam tidak hanya terdapat di daratan, pulau ini juga menyimpan pesona dalam kehidupan terumbu karang dan beragam biota laut. Ekosistem di objek wisata alam ini terjaga dengan baik, jarang ditemukan sampah di sepanjang pantainya.

Air di pantai ini memiliki warna biru yang indah dan sangat jernih. Tak heran jika banyak orang yang tertarik untuk melihat langsung keindahan ini.

Pantai Dengan Pasir Putih

341688127 1156603562405366 4638890072454560718 n
Instagram.com/trip.banyuwangi

Pantai di pulau ini memiliki pasir putih bersih yang memikat. Keindahan pasir putih ini terlihat di sepanjang pantai, dan pasirnya sendiri sangat bersih dan terjaga. Keberadaan pasir putih ini semakin menambah pesona alam di pulau ini, terutama dengan air laut yang berwarna biru toska yang membuat tempat ini semakin indah dan mempesona.

Saat liburan kesini kamu bisa menikmati keindahan pasir putih ini. Kamu juga bisa bermain atau sekedar berjalan-jalan menyusuri pantai dan pasir putih dari Pulau Tabuhan, pastinya akan sangat seru!

Tempat Terbaik untuk Beristirahat dan Bersantai

355393423 785994599600378 1458516467304677929 n
Instagram.com/galuhdwi9495

Harap diketahui bahwa pulau Tabuhan ini masih relatif sepi dari pengunjung. Bahkan ada yang bilang jika pupau ini tidak berpenghuni. Kondisi sepi ini memberikan kesan pantai dan pulau yang tenang. Pantainya juga sangat bersih, sangat cocok untuk berjemur dan bersantai.

Duduk atau berbaring di atas pasir, nikmati kehangatan matahari sambil mendengarkan suara ombak dan gemericik air laut yang berasal dari Selat Bali. Rasakan juga semilir angin yang menyapa wajahmu. Pasti memberikan ketenangan.

Nikmati momen santai bersama orang yang kamu cintai. Duduk berdua di bawah pohon sambil berbincang-bincang tentang hal-hal yang menyenangkan. Sungguh romantis.

Snorkeling

1 2
Instagram.com/pulautabuhan.id

Seperti Pantai Pulau Merah, ombak di pulau kecil ini cenderung tenang. Keanekaragaman biota lautnya juga menarik untuk diamati. Oleh karenanya saat liburan kesini sayang rasanya jika tak mencoba snorkeling. Hal ini karena kamu dapat melihatnya secara langsung dengan melakukan snorkeling.

Untuk kamu yang tak punya peralatan untuk snorkeling juga tak perlu khawatir. Di Pulau tabuhan sudah tersedia fasilitas sewa peralatan snorkeling bagi kamu yang ingin mencoba snorkeling. Biaya sewanya terjangkau sehingga tak akan menyiksa dompet kamu.

Eksplorasi Spot Foto Instagramable

2 2
Instagram.com/pulautabuhan.id

Kunjungan ke pulau ini tidak akan lengkap tanpa mengabadikan setiap momen seru dengan kamera. Pulau ini dengan panorama alamnya yang indah menjadi incaran dan target para wisatawan yang gemar fotografi. Di tempat ini, tersedia berbagai spot foto menarik dan instagramable.

Wisatawan dapat berfoto selfie atau berswafoto dengan latar belakang pantai atau pemandangan alam yang mempesona. Juga terdapat spot foto di bawah air yang menjadi favorit para wisatawan.

Selain pemandangan pantai yang indah, Ada juga lho spot foto menarik lainnya. Misalnya, spot foto dengan ayunan yang memiliki latar belakang lautan biru. Ada juga spot foto yang menampilkan pohon tumbang yang terlihat alami dan estetis.

Berkemah

23
Instagram.com/landofosing.banyuwangi

Meskipun jarang ada wisatawan yang berkemah di sini, gagasan untuk mendirikan tenda dan menikmati malam di pulau ini memang terdengar menarik. Bagaimana tidak, dengan berkemah kamu akan mendapat pengalaman sekaligus suasana baru.

Sayangnya untuk kemah ini belum ada tempat yang menyewakan peralatannya. Oleh karena itu pastikan kamu membawa peralatan berkemah pribadi jika memiliki rencana kemah. Selain itu, pastikan kamu juga mendapatkan izin terlebih dahulu dari pihak pengelola. Jangan sampai kamu langsung mendirikan tenda tanpa izin ya!

Malam dengan Api Unggun dan Pesta Ikan Bakar

Berkemah tentu tak lengkap bila tidak ada api unggun. Malam adalah waktu yang tepat untuk mengadakan api unggun dan pesta ikan bakar. Menikmati makan malam, berbincang-bincang, dan bernyanyi bersama akan membuat pengalaman berkemah di Pulau Tabuhan menjadi tak terlupakan.

Diiringi oleh desiran ombak, kamu tentu bisa melupakan sejenak keramaian perkotaan. Pada malam yang cerah, mengabadikan momen Milky Way juga akan memberikan kesan yang tak terlupakan karena minimnya polusi cahaya di Pulau Tabuhan, menghasilkan foto yang luar biasa.

Berenang di Pantai

Dengan keberadaan pantai yang airnya sangat bersih dan tenang, pengunjung dapat berenang dan bermain air di tempat ini. Namun, perlu diperhatikan saat berkunjung ke objek wisata ini pada waktu tertentu untuk menghindari bermain di pantai karena tingginya air dan gelombang di pantai tersebut.

Kitesurfing dan Windsurfing

Pulau Tabuhan sangat cocok dan terkenal untuk Kitesurfing. Pada tahun 2014-2015, pantai ini menjadi tuan rumah kejuaraan Kiteboarding yang dikenal dengan sebutan Banyuwangi Summer Kitesurf.

Kecepatan angin di Pulau Tabuhan relatif konstan, dengan kecepatan sekitar 20-25 knot yang diukur menggunakan anemometer. Angin yang stabil menjadikan tempat ini sangat ideal untuk olahraga Kitesurfing dan Windsurfing. Tertarik untuk mencobanya juga?

Pesona Matahari Terbenam dan Terbit di Pulau Tabuhan

Pulau Tabuhan adalah sebuah pulau kecil yang terletak di Selat Bali dan merupakan bagian dari Kabupaten Banyuwangi. Pulau ini menawarkan pemandangan matahari terbenam dan terbit yang memukau.

Untuk menyaksikan matahari terbenam, kamu perlu melihat ke arah Pulau Jawa. Sementara untuk melihat matahari terbit, kamu perlu melihat ke arah Pulau Bali. Namun untuk menikmatinya pastikan kamu mendapat waktu yang tepat. Hal ini karena jika salah memperkirakan waktu bisa jadi kamu akan melewatkannya.

Selain menikmati keindahan matahari terbenam dan terbit, para wisatawan juga akan disuguhi dengan pemandangan alam lainnya, seperti Gunung Ijen, Gunung Raung, dan Taman Nasional Baluran yang terletak di bagian barat pulau.

Selain memiliki daya tarik yang mempesona dan sulit untuk ditolak, pulau Tabuhan juga sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung. Jadi saat berkunjung ke pulau tersebut kamu bisa lebih nyaman.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Tabuhan

Untuk mendukung keindahan pulau ini, tersedia berbagai fasilitas yang akan membuat pengunjung merasa nyaman. Fasilitas pertama adalah toilet umum dan tempat ibadah. Selain itu, terdapat juga fasilitas kedua berupa warung makan sederhana.

Meskipun jumlah warung makan di pulau ini tidak terlalu banyak, namun cukup untuk memenuhi kebutuhan wisatawan. Menu yang ditawarkan biasanya berupa makanan dan minuman ringan. Selanjutnya, tersedia fasilitas ketiga berupa area camping dan area snorkeling. Area-area ini terletak di beberapa titik di pulau.

Di sekitar area tersebut juga terdapat beberapa spot foto dengan ornamen kreatif yang lengkap. Fasilitas terakhir adalah perahu wisata yang siap mengantar dan menjemput para wisatawan. Namun, saat ini belum tersedia fasilitas toko oleh-oleh di pulau ini.

Jika kamu ingin berbelanja oleh-oleh khas Banyuwangi yang terjangkau, disarankan untuk mengunjungi kota Banyuwangi. Di sana, kamu akan menemukan banyak pilihan produk yang dapat dibeli.

Harga Tiket Wisata Pulau Tabuhan

Wisata Pulau Tabuhan terbuka untuk umum dan tidak memerlukan biaya tiket masuk alias gratis. Namun, pengunjung perlu mempersiapkan biaya sewa kapal atau perahu untuk perjalanan menuju dan meninggalkan pulau. Untuk lebih detailnya simak rincian berikut ini:

  • Biaya sewa kapal atau perahu berkisar antara Rp.500.000,- hingga Rp.800.000,-, atau sekitar Rp.60.000,- per orang. Kapal tersebut memiliki kapasitas minimal 10 orang dan setiap orang akan dilengkapi dengan life jacket atau rompi pelampung selama perjalanan.
  • Biaya untuk menyewa alat snorkeling: Rp.30.000,-
  • Biaya sewa sepatu katak: Rp.15.000,-
  • Biaya sewa kamera underwater: Rp.150.000,-
  • Biaya sewa pemandu wisata: Rp.75.000,-

Jadi meskipun wisata ke pulau ini gratis tetap saja kamu memerlukan uang. Oleh karena itu saat ada rencana liburan ke Pulau tabuhan pastikan untuk membawa uang yang cukup ya.

Rute Menuju Pulau Tabuhan

Bagi warga Banyuwangi dan sekitarnya tempat wisata ini tentu sudah cukup familiar. Bahkan untuk liburan atau sekedar main bisa dengan mudah dilakukan. Namun beda lagi dengan kamu yang berasal dari luar kota.

Perjalanan ke Pulau Tabuhan bisa jadi bukanlah hal yang mudah. Bisa saja malah menjadi hal yang membingungkan. Kendati demikian ini tentu wajar mengingat kamu berasal dari luar kota. Oleh karena itu untuk memudahkan tak ada salahnya untuk menyimak petunjuk rute yang bisa kamu lalui berikut ini:

Dari Banyuwangi

• Mulai perjalanan dari kota Banyuwangi dan arahkan ke Pelabuhan Ketapang.

• Setelah sampai di pom bensin, ambil tikungan ke kanan menuju Mesjid Perumahan Griya, kemudian arahkan ke Rumah Apung.

• Ikuti petunjuk arah yang ada hingga mencapai Pantai Bangsring.

• Dari Pantai Bangsring, naik perahu atau kapal untuk menuju Pulau Tabuhan.

Dari Luar Kota Banyuwangi

• Jika menggunakan kereta, turunlah di Stasiun Banyuwangi dan naik angkot atau transportasi online menuju Terminal Sritanjung.

• Setibanya di Terminal Sritanjung, naiklah bus jurusan Situbondo dan turun di Desa Bangsring atau Rumah Apung.

• Melakukan penyeberangan menggunakan kapal atau perahu.

Berangkat dari Surabaya

• Naiklah bus jurusan Banyuwangi atau Bali dan turun di wilayah Desa Bangsring.

• Dari Pantai Bangsring, menyewa kapal untuk menyeberang ke Pulau Tabuhan.

Untuk mencapai pulau ini, pengunjung perlu menggunakan transportasi darat terlebih dahulu, kemudian melanjutkan dengan kapal atau perahu dari pulau Bangsing. Waktu yang diperlukan untuk menyeberang dengan kapal sekitar 15 menit.

Namun jika ingin lebih praktis kamu juga bisa memanfaatkan jasa travel. Meskipun dari segi biaya tentu akan lebih mahal tapi dari segi kenyamanan juga lebih terjamin.

Beda lagi jika kamu memang suka tantangan. Mungkin berangkat sendiri dengan memanfaatkan transportasi umum dan mengikuti rute diatas bisa menjadi sebuha keputusan yang tepat. Intinya apapun cara yang kamu pilih untuk mencapai Pulau Tabuhan harus sesuai dengan budget dan style kamu sendiri.

Jam Operasional dan Waktu Terbaik untuk Liburan ke Pulau Tabuhan

351218249 910582436903747 8020424079976863416 n
Instagram.com/t______aland

Pulau Tabuhan tidak memiliki jam operasional tetap, namun kunjungan wisatawan paling ramai umumnya antara pukul 08.00 hingga 17.00 WIB. Namun, sebaiknya menghindari musim angin barat saat berkunjung ke pulau ini untuk memaksimalkan pengalaman liburanmu.

Musim angin barat terjadi antara bulan Desember hingga Maret. Pada musim ini, arus laut membawa sampah dari berbagai arah ke bibir pantai, yang dapat mengganggu kenyamanan liburanmu. Selain itu ada baiknya jika kamu berkunjung dihari biasa.

Sebisa mungkin hindari tanggal merah atau hari libur nasinal maupun weekend. Tujuannya agar tidak terlalu ramai dan bisa lebih menikmati pesona yang ditawarkan pulau ini dengan lebih maksimal.

Penginapan Terjangkau Terdekat dari Pulau Tabuhan

Liburan tentu tak akan cukup jika hanya satu hari saja. Untuk itulah kamu akan memerlukan penginapan selama liburan. Nah jika kamu ke Pulau Tabuhan tak perlu terlalu khawatir atau bingung masalah penginapan.

Sudah ada banyak penginapan yang menawarkan jasanya disekitar tempat wisata ini. Selain banyak dari segi harga juga tak terlalu mahal. Adapun jika kamu ingin yang pasti terjangkau maka bisa juga memilih ebberapa rekomendasi penginapan yang ada di bawah ini:

1. Panorama Homestay

Salah satu pilihan penginapan terdekat dengan objek wisata Pulau Tabuhan di Banyuwangi adalah Panorama Homestay. Jarak antara penginapan ini dengan tempat wisata tersebut sekitar 10,5 km. Panorama Homestay memiliki gaya homestay yang nyaman.

Faulitas yang disediakan juga sangat memadai sehingga nyaman untuk melepas lelah habis menjelajahi dan bermain di Pulau Tabuhan. Biaya sewanya sangat terjangkau, dengan kisaran sekitar Rp 150.000 per malam saja.

2. Manyar Garden Hotel

Pilihan penginapan berikutnya adalah Manyar Garden Hotel. Untuk jaraknya terbilang agak jauh yaitu sekitar 16 km dari pulau yang indah ini. Tarif sewa per malamnya sekitar Rp 300.000 untuk satu kamar. Manyar Garden Hotel menawarkan akomodasi dengan harga yang terjangkau.

3. Hotel Mahkota Plengkung Banyuwangi

Rekomendasi terakhir adalah Hotel Mahkota Plengkung Banyuwangi yang berjarak sekitar 17 km dari objek wisata tersebut. Tarif sewanya mulai dari Rp 300.000 per malam. Hotel ini juga menawarkan harga yang terjangkau untuk kenyamanan menginapmu. Fasilitas yang disediakan juga sudah mumpuni.

Tempat Wisata di Sekitar Pulau Tabuhan

Liburan tentunya kurang asik jika hanya mengunjungi satu tempat saja. Untuk itulah saat kamu liburan ke Pulau Tabuhan taka da salahnya jika sekalian mengunjungi tempat wisata yang ada disekitarnya. Berikut ini adalah beberapa tempat wisata di sekitar Pulau Tabuhan yang layak dikunjungi:

Wisata Pantai Bangsring Underwater

Pantai Bangsring Underwater, juga dikenal sebagai Bunder, adalah destinasi wisata konservasi ikan dan terumbu karang. Tempat ini menawarkan keindahan biota bawah laut, termasuk terumbu karang alami dan buatan yang merupakan habitat bagi berbagai jenis ikan.

Pantai Bangsring Underwater diinisiasi dan dikelola oleh kelompok nelayan setempat sejak tahun 2008. Mereka telah melakukan perbaikan, rehabilitasi, dan konservasi untuk menjaga keindahan terumbu karang dan pantai. Tempat wisata ini dikonsep sebagai pariwisata edukasi dan konservasi.

Pantai Bangsring Underwater resmi dibuka untuk umum pada tahun 2014. Lokasinya berada di perairan Selat Bali dan cukup dekat dengan Pulau Tabuhan.

Pantai Boom

Pantai Boom adalah salah satu tempat wisata yang terletak dekat dengan Pulau Tabuhan. Dulunya merupakan pelabuhan, kini pantai ini menjadi tujuan favorit wisatawan. Pengunjung dapat menikmati pemandangan matahari tenggelam yang indah dan menikmati berbagai jajanan yang dijual di sekitar pantai Boom.

Jembatan lintas yang berbentuk spiral dan dihiasi lampu-lampu menjadi landmark ikonik yang populer di pantai ini. Marina Boom juga menawarkan fasilitas lengkap seperti resor pribadi, lounge dan restoran marina, klub yacht, fasilitas dryberth, dan amphitheater Boom Eco Adventure Park yang terletak di tepi pantai.

Pantai Watudodol

Pantai Watudodol merupakan salah satu tempat wisata yang dekat dengan Pulau Tabuhan. Teluk Hijau juga dikenal sebagai Teluk Ijo atau Green Bay Banyuwangi. Tempat ini merupakan salah satu tempat wisata yang masih alami di Banyuwangi.

Terletak di dalam area Taman Nasional Meru Betiri, pantai ini mempesona dengan keindahan alamnya, pasir yang indah, dan pemandangan laut yang menakjubkan. Untuk mencapai Teluk Hijau, dapat mengikuti petunjuk arah ke Pesanggrahan-Sarongan-Sukamade.

Taman Sritanjung

Taman Sritanjung terletak di Kota Banyuwangi dan bukan hanya menjadi hiasan kota tetapi juga tujuan wisata dan tempat melepas penat. Nama Sritanjung berasal dari legenda Banyuwangi yang menceritakan tentang kesetiaan seorang istri terhadap suaminya pada zaman Majapahit.

Taman ini memiliki konsep minimalis namun rindang. Tempatnya nyaman dan ramah wisatawan, sehingga pengunjung betah berlama-lama. Taman ini dikelola dengan baik dan kebersihannya terjaga. Dikelilingi oleh pepohonan hijau dan rerumputan yang subur, pengunjung dapat berjalan-jalan atau jogging dengan nyaman di taman ini.

Meskipun cuaca panas, keberadaan pohon-pohon yang rindang dan hembusan angin sepoi-sepoi menciptakan kenyamanan. Terlebih lagi, Taman Sritanjung juga merupakan tempat yang dekat dengan Pulau Tabuhan.

Selain itu, tempat-tempat wisata seperti Pantai Cacalan dan Taman Blambangan juga terletak dekat dengan Pulau Tabuhan. Jadi sekalian jalan kamu bisa nih mengunjungi beberapa tempat sekaligus agar liburanmu makin berkesan dan menyenangkan.

Tips Untuk Liburan ke Pulau Tabuhan

Moment liburan adalah hal yang selalu ditunggu oleh setiap orang. Bagaimana tidak, pada moment ini kamu akan bersenang-senang dan bisa mendapatkan pengalaman yang berkesan. Nah agar aktivitas liburan di kota Banyuwangi semakin menyenangkan dan berkesan, berikut beberapa tips yang dapat kamu ikuti saat berkunjung ke Pulau Tabuhan:

  • Pilih waktu kunjungan yang tepat. Disarankan untuk mengunjungi Pulau Tabuhan pada pagi hari agar dapat merasakan kesegaran dan menikmati liburan dengan lebih baik. Selain itu akan lebih baik jika kamu mengunjunginya saat hari biasa agar lebih maksimal menikmati keindahan pulau ini.
  • Persiapkan kebutuhan pribadi. Selama liburan kamu juga harus mempersiapkan kebutuhan pribadi sebaik mungkin. Adapun kebutuhan pribadi ini mencakup uang, logistik, serta peralatan dan perlengkapan yang diperlukan selama liburan.
  • Pastikan kondisi fisikmu fit. Kondisi tubuh tentunya berpengaruh besar pada liburan. saat berkunjung agar dapat menikmati liburan dengan lebih seru pastikan kondisi kamu memang sehat.
  • Jangan lupa membawa kamera atau alat dokumentasi lainnya. Alat ini perlu kamu bawa untuk mengabadikan momen indah selama liburan di Pulau Tabuhan.
  • Selalu jaga kebersihan lingkungan dan alam sekitar, serta tetap berhati-hati saat berlibur untuk menjaga keselamatan diri sendiri dan menjaga keindahan alam Pulau Tabuhan.
  • Menabung untuk Liburan. Meskipun tempat wisata ini gratis namun untuk bisa sampai kelokasi tentu kamu tetap memerlukan biaya yang tak sedikit. Untuk itulah ada baiknya kamu menabung jauh-jauh hari.

Dengan mengikuti tips diatas maka perjalanan liburanmu akan makin lancar. Kamu juga bisa mendapatkan pengalaman yang menyenangkan di Pulau Tabuhan Banyuwangi.

Pulau Tabuhan sendiri memang salah satu destinasi wisata yang mempesona dan indah. Oleh karena itu sayang rasanya jika kamu tak liburan ke tempat ini.

Avatar for Yeni Susanti
Yeni Susanti Freelance Writer yang memiliki hobi menulis, nonton drama korea serta menulis artikel dengan berbagai tema mulai dari wisata, teknologi, kecantikan, kesehatan dan lain sebagainya.
Avatar for Yeni Susanti
Yeni Susanti Freelance Writer yang memiliki hobi menulis, nonton drama korea serta menulis artikel dengan berbagai tema mulai dari wisata, teknologi, kecantikan, kesehatan dan lain sebagainya.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments