Pesona Sumber Torong Park – Wahana Tersembunyi Dibalik Mata Air Sejati

Sumber Torong Park

Sebagai kota yang terkenal dengan kekayaan potensi alamnya, Batu seakan tidak pernah kehabisan cerita mengenai wisata alam yang dimilikinya. Di salah satu desa yang berada di Kecamatan Batu, sebut saja Sisir, ternyata memiliki destinasi wisata yang masih sangat asri dan belum banyak masyarakat luar daerah yang tau.

Ya, berawal dari sebuah sumber mata air yang kerap kali dimanfaatkan warga sekitar untuk beraktivitas sehari-hari seperti mandi, mencuci, atau sekedar bermain-main dengan air.

Sumber mata air yang biasa disebut dengan Sumber Torong, kini disulap menjadi sebuah tempat wisata yang biasa disebut dengan Sumber Torong Park.

Alamat : Jl. Welirang, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur, 65313.
Map : Klik disini.
Jam Buka : 24 jam.
Harga Tiket : Rp 10.000,-.

Berbicara tentang sumber mata air, kota wisata ini memang memiliki banyak sekali sumber mata air yang berasal dari pegunungan di sekitarnya.

Seiring berjalannya waktu, sumber-sumber mata air yang ada perlahan terkikis oleh gencarnya pembangunan fasilitas-fasilitas kota yang memang terkadang harus mengorbankan beberapa kondisi alami daerah setempat.

Berdasarkan fakta itulah, warga Sisir yang bekerjasama dengan pemerintah setempat berinisiatif untuk menjaga dan mengabadikan satu-satunya sumber mata air yang tersisa di wilayah tersebut.

Tepatnya pada tahun 2018 silam, jadilah yang awalnya sumber mata air biasa menjadi sebuah tempat wisata yang diberi nama Sumber Torong Park.

Di taman wisata yang satu ini kamu akan menemukan berbagai wahana dan fasilitas yang dibalut dengan suasana khas kerajaan.

Harga tiketnya pun dijamin tidak akan membuat kantong jebol. Hanya dengan uang sebesar 10 ribu rupiah, kamu sudah bisa menikmati semua wahana dan fasilitas yang ada.

Daya Tarik Taman Wisata Sumber Torong Park

Ketika memasuki kawasan wisata ini, kamu akan disambut dengan gapura selamat datang yang berdiri kokoh dengan patung arca yang bertengger di sisi kanan dan kirinya.

Pada gapura juga tertera tulisan ‘Sumber Torong Park’ disertai aksara Jawa di atasnya, yang akan memberikan kesan khas zaman kerajaan pada saat pertama memasukinya.

Wisata Menarik Lainnya :  Telaga Biru Cicerem – Paling Eksotis, Wajib Anda Kunjungi!

Di sepanjang jalan menuju beberapa wahana, kamu juga akan disambut dengan dinding-dinding yang dipahat indah menyerupai arca yang menggambarkan tingkatan kasta dalam agama Budha.

Bukan hanya itu, di tengah-tengah kawasan juga berdiri kokoh sebuah patung wanita cantik berpakaian kerajaan yang seakan turut menyambut para pengunjung yang datang.

Selain suasana yang begitu khas akan kerajaan, kamu juga akan disuguhkan dengan aneka wahana yang akan siap mewarnai harimu di sana.

Beberapa wahana yang akan turut menemani aktivitas serumu di sana seperti kolam renang, kolam ikan, spot foto, dan beberapa fasilitas lain yang mendukungnya.

Bukan hanya itu, salah satu wahana yang cukup menarik minat para pengunjung yakni perahu karet. Di salah satu kolam terdapat perahu karet yang bisa kamu naiki untuk menyusuri area sepanjang kolam.

Hanya dengan merogoh kocek sedalam 10 ribu, kamu sudah bisa menikmati semua sensasi yang ditawarkan Sumber Torong Park tersebut.

Wahana dan Fasilitas di Taman Wisata Sumber Torong Park

Sejak diresmikan sebagai tempat wisata pada 2018 silam, Sumber Torong Park terus berbenah hingga dapat menciptakan berbagai wahana serta fasilitas menarik yang bisa dinikmati pengunjung.

Beberapa wahana dan fasilitas yang bisa kamu dapatkan di taman wisata ini sebagai berikut:

1. Kolam Renang

edaa45f1323a9e361cefb0e3a8a87db8
Kolam Renang Sumber Torong Park

Kolam renang adalah salah satu wahana yang kerap menjadi sasaran utama para pengunjung, terutama anak-anak.

Di tempat wisata ini kamu akan disuguhkan dengan sebuah kolam renang yang cukup luas serta dilengkapi dengan kamar ganti dan gazebo-gazebo di sekitar kolam.

Dikelilingi oleh area persawahan dan pepohonan rindang, membuat setiap pengunjung yang berenang di kolam tersebut merasakan sensasi yang tak biasa.

2. Kolam Ikan

sumber wuluh wisata kolam ikan hias nan asri peninggalan majapahit kpGVDHmeL6
Kolam Ikan Sumber Torong Park

Selain kolam untuk berenang, kamu juga akan dimanjakan dengan kolam yang dipenuhi ikan-ikan hias di dalamnya.

Berbagai jenis ikan hias yang ada seperti ikan mas, nila, koi, dan beberapa jenis ikan hias lainnya akan turut memanjakan setiap mata yang melihatnya.

3. Perahu Karet

907c73fe43dc1f329f0eb30e8dfd6e6d
Perahu Karet di Kolam Ikan

Ketika berada di area kolam ikan, kamu bisa memanfaatkan perahu karet yang telah disediakan untuk menyusuri kolam yang cukup luas itu.

Tak perlu khawatir, dengan didampingi petugas yang sudah ahli, serta dilengkapi dengan baju pelampung, kamu pasti akan merasa lebih aman dan nyaman berlayar di sana.

Wisata Menarik Lainnya :  Pasar Ah Poong yang Memanjakan Petualang Kuliner Bogor

4. Spot Foto

IMG 20220731 062837 COLLAGE
Area Spot Foto Sumber Torong Park

Di taman wisata yang masih sangat asri ini, kamu juga akan disuguhkan dengan beberapa tempat yang sangat cocok untuk kamu jadikan spot foto.

Tersusun dari bambu-bambu dan kayu yang dihias sedemikian rupa, membuat tempat-tempat ini sangat eksotis untukmu bersua foto.

Selain itu, kamu juga bisa bersua foto dengan patung wanita cantik berpakaian khas kerajaan yang berdiri anggun di tengah-tengah kawasan.

5. Toilet Umum

Fasilitas umum seperti toilet juga tersedia di tempat wisata ini. Kamu tidak perlu khawatir untuk beraktivitas seharian pun di taman wisata ini.

6. Mushola

Di sekitar kawasan wisata juga terdapat mushola untuk kamu melakukan ibadah shalat. Mushola ini juga kerap kali dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk melaksanakan ibadah ketika selesai bekerja di sawah.

7. Kedai Makanan

Di sekitar kawasan Sumber Torong Park juga terdapat kedai-kedai yang menjual beraneka macam menu makanan, dari makanan ringan hingga berat ada di sana.

Untuk harga yang ditawarkan juga dijamin tidak akan membuat kantong kering, karena para penjual yang ada di sana mayoritas adalah warga sekitar desa itu sendiri.

Warga Desa Sisir sengaja mendirikan beberapa kedai makanan untuk menunjukkan keseriusan mereka dalam upaya memajukan taman wisata yang sudah mereka rintis sejak tahun 2018 ini.

8. Area Parkir

Di depan pintu masuk Sumber Torong Park telah disediakan area parkir yang cukup luas, baik untuk kendaraan roda dua maupun roda empat.

Tips dan Saran Berlibur di Sumber Torong Park

Ketika berkunjung ke tempat wisata yang satu ini, jangan lupa untuk tetap menjaga kondisi kesehatan dengan membawa atau mengenakan pakaian yang hangat.

Dengan lokasi yang cukup terbuka yakni dikelilingi oleh area persawahan serta pepohonan rindang, membuat suasana di kawasan wisata ini menjadi semakin terasa dingin.

Mengenai akses jalan untuk menuju Sumber Torong Park, kamu tidak perlu risau. Seiring berjalannya waktu, warga sekitar bersama pemerintah setempat telah bergotong-royong membenahinya.

Hingga saat ini, akses jalan tersebut sudah bisa dan layak dilalui untuk umum, baik untuk kendaraan roda dua maupun roda empat.

Satu hal yang perlu kamu tau, kamu bisa datang ke tempat wisata ini kapan saja lho! Karena Sumber Torong Park ini buka 24 jam.

Jangan lupa juga untuk tetap menerapkan protokol kesehatan, guna membuat liburanmu lebih menyenangkan dan tentunya bermanfaat.

Rate this post
Hal paling disukai adalah mengungkapkan perasaan/aspirasi lewat tulisan. Lewat pena serta story yang baik, saya harap kamu menyukai tulisan ini.
Avatar for Risqi Isrotul Maghfiroh
Hal paling disukai adalah mengungkapkan perasaan/aspirasi lewat tulisan. Lewat pena serta story yang baik, saya harap kamu menyukai tulisan ini.