Tirto Gumarang, Wisata Alam yang Sangat Mempesona di Magetan

Tirto Gumarang Magetan

Magetan adalah kota yang dianugrahi dengan bentang alamnya yang mempesona. Inilah yang membuat kota ini memiliki banyak sekali wisata alam yang luar biasa indahnya.

Salah satu contohnya adalah Tirto Gumarang di Magetan yang memiliki keindahan alam serta panorama yang luar biasa. Baragam aktifitas wisata dapat kita lakukan di wisata Magetan ini dengan biaya yang relatif murah.

Destinasi wisata ini berlokasi di Seberang jalur pendakian Cemoro Sewu. Saat kesini kamu akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang mempesona dan udara yang sangat sejuk. Untuk itulah Tirto Gumarang menjadi destinasi yang wajib kamu kunjungi.

Mengenal Wisata Tirto Gumarang

Tirto Gumarang, terletak di Kabupaten Magetan. Tempat ini tidak hanya menyajikan pengalaman wisata alam yang memukau di kaki Gunung Lawu, tetapi juga menjadi destinasi rekreasi idaman. Suasana sejuk dan dingin di tempat ini memberikan pengalaman yang unik dengan pemadangan luar biasa dari dua puncak gunung yakni Puncak Mongkrang dan Lawu.

Destinasi ini sangat cocok untuk liburan bersama keluarga atau teman, menawarkan berbagai kegiatan menyenangkan di alam terbuka. Selain menikmati keelokan alam, pengunjung juga dapat merasakan kesegaran tubuh dan pikiran dengan singgah di Air Terjun Tirto Gumarang.

Keunikan tempat ini terletak pada aneka kegiatan seru yang ditawarkannya demi memberikan pengalaman liburan yang tak terlupakan. Dengan akses yang selalu terbuka setiap hari, Tirto Gumarang siap menyambut para pengunjung yang ingin mengisi waktu liburan dengan petualangan alam yang seru.

Kegiatan Asik dan Seru di Wisata Tirto Gumarang

Destinasi wisata Tirto Gumarang memang cocok untuk dijadikan tempat liburan bersama keluarga. Hal ini karena ada banyak kegiatan asik dan seru yang bisa kamu coba. Kegiatan tersebut diantaranya:

Menikmati Indahnya Pemandangan Alam

Tirto Gumarang, sebagai destinasi wisata mengundang kamu untuk menikmati panorama alam yang menakjubkan. Suasana sejuk khas pegunungan dan udara dingin di sana menciptakan kenyamanan luar biasa bagi para pengunjung menjadikannya tempat yang sangat menggoda untuk dikunjungi. Di sini kamu dapat merasakan keindahan dua puncak gunung secara bersamaan.

Menikmati Indah dan Serunya Bermain di Air Terjun

Tirto Gumarang tidak hanya menghadirkan pesona alamnya, tetapi juga menggoda dengan keberadaan air terjun yang dikenal sebagai Air Terjun Tirto Gumarang atau dikenal juga sebagai Air Terjun Kembar. Untuk mencapai keindahan Air Terjun Tirto Gumarang kamu bisa memilih petualangan Offroad melalui layanan eksklusif yang ditawarkan oleh destinasi ini.

Keunikan Air Terjun Tirto Gumarang terletak pada dua alirannya karena memiliki ketinggian yang berbeda. Aliran yang pertama memiliki ketinggian sekitar 30 meter sementara yang kedua mencapai ketinggian sekitar 17 meter. Di sini kamu bisa menikmati keindahan sekaligus bermain di air terjun. Sebuah pengalaman berbeda yang menunggu untuk dijelajahi dan dinikmati.

Berkunjung ke Kebun Strawberry

Sweet summertime
Instagram.com/tirtogumarang

Jangan lewatkan kunjunganmu ke kebun strawberry yang telah disediakan di tempat ini. Destinasi wisata ini telah menjadi favorit bagi keluarga yang berlibur ke Tirto Gumarang. Keberadaan patung buah strawberry besar yang menjadi ikon semakin menambah daya tarik bagi pengunjung, khususnya bagi mereka yang membawa anak-anak.

Di sini kamu dapat memperkenalkan buah strawberry kepada si kecil dan memberi mereka pengalaman belajar memetik langsung dari kebunnya. Buah strawberry yang berukuran cukup besar ini juga menawarkan rasa yang tidak terlalu masam. Setelah memetic kamu dapat menimbangnya dan membelinya sesuai dengan berat buah yang dipilih. Sebuah pengalaman unik yang pasti akan disukai oleh keluargamu.

Menikmati Indahnya Bunga Dahlia

Destinasi ini juga mempesona dengan kecantikan Bunga Dahlia Gunung Lawu. Bunga yang dikenal dengan nama ilmiah Dahlia Imperialis ini menampilkan delapan kelopak berwarna merah muda dengan sentuhan serbuk sari kuning yang mencolok di bagian tengahnya. Keindahan bunga ini terpancar di ketinggian pegunungan Gunung Lawu, khususnya di daerah Magetan, Jawa Timur.

Saat Bunga Dahlia mekar, nuansanya mirip dengan bunga sakura, terutama ketika mekarnya secara serentak. Tak heran bahwa Bunga Dahlia dianggap sebagai salah satu kekayaan flora yang memperindah kabupaten Magetan. Menurut pengelola, bulan Juni hingga November adalah waktu yang tepat untuk menikmati kecantikan Bunga Dahlia dimana waktu tersebut adalah saat bunga mulai bermekaran.

Bermain ATV dan Offroad

Together is the best place
Instagram.com/tirtogumarang

Kamu juga dapat merasakan keseruan dengan menguji adrenalin melalui bermain ATV atau mencoba wahana petualangan seperti offroad. Dengan pengalaman ini para pengunjung akan diajak untuk menjelajahi keindahan hutan purbakala untuk menciptakan momen petualangan yang tak terlupakan.

Wahana-wahana ini disediakan secara langsung oleh pengelola, menambah daya tarik dan kenyamanan bagi para pengunjung. Untuk menikmati wahana offroad, biayanya dibanderol sekitar Rp 250.000, dan dengan itu kamu dapat mengeksplorasi hutan hujan tropis yang memikat di lereng Gunung Lawu.

Destinasi wisata ini menawarkan pengalaman yang sangat menghibur. Selain itu wisata ini juga memastikan para pengunjung memperoleh berbagai pengalaman seru yang tak terlupakan. Oleh karena itu, jangan lewatkan kesempatan untuk merasakan sendiri keunikan tempat ini.

Camping

1 4
Instagram.com/wisatamagetan

Manfaatkan waktumu selama liburan di destinasi ini dengan mencoba kegiatan camping. Untuk camping sendiri telah tersedia area khusus. Aktivitas ini bisa menjadi pilihan favorit yang penuh keceriaan.

Nikmati sensasi berkemah di tengah-tengah keindahan lereng Gunung Lawu dengan udara sekitarnya yang sejuk dan dingin menciptakan suasana perkemahan yang masih alami dan otentik. Sebuah pengalaman unik yang menawarkan kedekatan dengan alam.

Harga Tiket Masuk ke Tirto Gumarang

Nikmati kunjunganmu ke Tirto Gumarang dengan tiket masuk yang sangat terjangkau. Kamu cukup merogoh kocek sekitar Rp 15.000 pada hari biasa. Namun, perlu diperhatikan bahwa saat akhir pekan, ada penyesuaian harga tiket masuk sekitar Rp 20.000.

Dengan harga tersebut kamu sudah bisa memuaskan diri dengan keelokan alam sekitar yang tak tertandingi. Tempat wisata ini bukan hanya menawarkan pemandangan yang luar biasa, tapi juga cocok sebagai tempat rekreasi bersama keluarga di mana pengunjung akan disuguhkan dengan udara sejuk khas pegunungan.

Berwisata ke sini akan memberikan pengalaman menyenangkan. Apalagi dengan tersedianya area camping yang memungkinkan kamu untuk merasakan langsung sensasi bermalam di alam. Kebersihan dan kerapihan lokasi serta keramahan petugas juga semakin menambah kenyamanan para pengunjung selama berada di tempat ini.

Jam Operasional dan Transportasi ke Tirto Gumarang

Wisata Tirto Gumarang buka mulai dari pukul 7 pagi sampai dengan 5 sore. Waktu bukanyapun setiap hari termasuk weekend maupun tanggal merah. Untuk kewisata ini aksesnya termasuk sangat mudah. Namun sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi karena keterbatasan kendaraan umum.

Lokasi dan Rute ke Tirto Gumarang

Tirto Gumarang terletak di Desa Ngancar, Kecamatan Plaosan, Magetan. Jika kamu menggunakan kendaraan pribadi maka bisa mengambil arah menuju telaga Sarangan. Setelah kamu sampai di pertigaan Sarangan atau Taman Sarangan terus saja dan ikutilah jalan keatas.

Selama perjalanan kamu akan menemukan beberpa aobjek wisata seperti Mbah Djoe Resort, Mojosemi, Lawu Forest dan lain sebagainya itu masih terus saja sampai menemukan Cemoro Sewo. Letak dari wisata Tirto Gumarang ini ada di depannya pos pendakian Gunung Lawu atau Cemoro Sewu.

Dari alun-alun magetan wisata ini memiliki jarak kurang lebih 20 Km. Untuk waktu perjalanan yang kamu butuhkan sekitar 45 menitan hingga sampai di lokasi.

Fasilitas yang Ada di Tirto Gumarang

Berikut ini adalah beberapa fasilitas umum yang dapat ditemui di Tirto Gumarang:

  • Tempat parkir kendaraan
  • Masjid
  • Fasilitas toilet dan kamar mandi
  • Wahana petualangan
  • Area camping atau berkemah
  • Taman bunga, dan berbagai fasilitas lainnya.

Tips Liburan ke Tirto Gumarang

Agar liburanmu lebih lengkap maka kamu juga perlu mengikuti tips yang ada di bawah ini:

  • Kenakanlah pakaian yang tebal dan hangat karena lokasi wisata ini ada diketinggian sehingga udaranya cenderung dingin
  • Gunakanlah alas kaki yang tepat dan aman seperti Sepatu gunung
  • Ajaklah sahabat atau orang terdekat agar makin seru
  • Untuk berjaga-jaga kamu juga perlu membawa obat-obatan, terutama obat pribadi

Dengan mengikuti tips dan mengetahui informasi diatas maka liburanmu ke Tirto Gumarang akan berjalan lancar dan pastinya asik.

Avatar for Yeni Susanti
Yeni Susanti Freelance Writer yang memiliki hobi menulis, nonton drama korea serta menulis artikel dengan berbagai tema mulai dari wisata, teknologi, kecantikan, kesehatan dan lain sebagainya.
Avatar for Yeni Susanti
Yeni Susanti Freelance Writer yang memiliki hobi menulis, nonton drama korea serta menulis artikel dengan berbagai tema mulai dari wisata, teknologi, kecantikan, kesehatan dan lain sebagainya.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments