Asia Farm Pekanbaru, Taman Bermain Terbaru Dengan Konsep Peternakan Ala Eropa

Asia Farm Pekanbaru

Pada tanggal 21 April 2019 telah berdiri tempat wisata baru bernama Asia Farm. Lokasinya ada di Pekanbaru. Konsepnya mengusung tema agrowisata yang akan mengajak pengunjung belajar sambil bermain. Wisata di Riau ini sangat cocok dijadikan tempat rekreasi bersama si kecil. Di sana tersedia wahana permainan dan beragam aktivitas seru yang menghibur.

Daya Tarik di Asia Farm

Asia Farm memang tergolong wisata baru di Pekanbaru. Namun kehadirannya mampu menyedot perhatian wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia. Pada awal pembukaan saja kondisinya sudah ramai dan penuh sesak oleh pengunjung. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa begitu antusias mengunjungi tempat wisata ini.

Satu hal yang membuat Asia Farm tampak menarik adalah konsep tempatnya yang mengusung tema peternakan ala Eropa. Bisa dibilang wisata ini terinspirasi dari game Hayday yang sempat populer beberapa tahun lalu. Sebuah game yang mengajak para pemainnya menjajal profesi sebagai seorang petani sekaligus peternak.

Menempati lahan seluas 4 hektare, wisata ini terbagi ke dalam 4 zona. Diantaranya ada Zona Jepang, Zona Eropa, Zona Pertanian, dan Zona Peternakan. Setiap zona memiliki daya tariknya tersendiri. Untuk mengenal lebih dekat silakan simak ulasan berikut.

Zona Peternakan

2021 03 15
Sumber : Google Map/Sitta Suanda Pohan

Zona pertama yang bisa kamu kunjungi adalah Zona Peternakan. Salah satu zona di kawasan Asia Farm yang selalu ramai oleh kunjungan wisatawan. Khususnya dari kalangan anak-anak usia balita hingga sekolah dasar. Di sini pengunjung bisa berinteraksi langsung dengan berbagai macam jenis hewan ternak. Seperti ayam, sapi, kelinci, bebek, dan kambing.

Tidak hanya hewan ternak saja. Ada juga hewan lainnya seperti kera, kalkun, kucing, marmut, merak, dan burung onta. Semua hewan tersebut berada di dalam sebuah kandang khusus dengan desain cukup unik. Namun yang paling mencuri perhatian adalah kandang burung.

Ukuran kandang burung yang terbilang besar memungkinkan pengunjung bisa masuk ke dalamnya. Dengan begini kamu bisa melihat lebih dekat bagaimana bentuk dan rupa burung-burung yang berada di sana. Sungguh sebuah pengalaman berharga yang mungkin tak akan terlupakan seumur hidup.

Kalau kamu ingin memberikan makan juga bisa. Di sekitar zona peternakan sudah disediakan tempat penjualan pakan. Rasakan sensasi memberi makan hewan secara langsung dari jarak dekat. Tenang saja, hewan-hewan disini jinak dan tidak berbahaya.

Keseruan lainnya yang tak boleh kamu lewatkan adalah menunggangi kuda. Semisal kamu lelah berjalan kaki bisa menyewa kuda untuk diajak berkeliling area taman. Kamu tinggal duduk santai di atas kuda sambil melihat-lihat keindahan alam sekitar.

Zona Jepang

20191230 103910
Sumber : Google Map/Reddy Lufyan

Ingin ke Jepang tapi belum kesampaian? Tak usah risau, dengan datang ke Asia Farm kamu sudah bisa merasakan liburan ke negeri sakura. Di wisata ini terdapat Zona Jepang yang memiliki nuansa taman menenangkan dengan berbagai ornamen khas Negara Jepang.

Masuk ke zona Jepang mampu membuat pikiran terasa lebih rileks. Bagaimana tidak, sejauh mata memandang kamu akan dimanjakan pemandangan alam yang begitu mempesona. Ada pepohonan hijau, bunga-bunga cantik, dan kolam ikan koi berukuran luas dengan jumlah koleksi ikannya yang banyak.

Terlebih lagi ada spot rumah tradisional Jepang di pinggir kolam yang kian memperjelas nuansa budaya negeri sakura. Bentuk bangunannya tidak terlalu besar. Hanya ada sebuah teras depan dengan ruangan tertutup dinding kayu dan beratapkan jerami. Jendela dan pintu masuknya ditutupi oleh sebuah kertas berwarna putih.

2019 08 02
Sumber : Google Map/Ruzan Fikrio

Rumah tradisional tersebut merupakan area berswa foto favorit para pengunjung. Jika belum mengambil foto di sana rasanya seperti ada yang kurang. Jangan lupa juga berfoto di spot torii gate atau gerbang kuil khas Jepang dan di jalan setapak yang mana pinggirannya banyak dihiasi deretan ornamen gerbang kuil.

Zona Eropa

IMG20191018172234
Sumber : Google Map/Eka Andalas Channel

Dan inilah zona yang paling terkenal di Asia Farm. Zona Eropa dengan beragam bangunan khas Eropa yang nuansanya mirip game Hayday. Sewaktu masuk ke sana pengunjung seolah-olah tengah berada di kawasan pedesaan Inggris atau Skotlandia. Hampir setiap sudutnya banyak dihiasi spot foto.

Salah satunya ada spot bangunan kincir angin raksasa. Berada persis di tengah-tengah taman bunga menjadikan spot ini tampak indah. Apalagi didukung hamparan langit biru bersama sekumpulan awan putih di bagian atasnya. Nuansa benua Eropanya kian terlihat jelas.

Ada lagi spot rumah Hobbit yang tak kalah unik. Sebuah rumah mini dengan pintu bulat dan dua jendela melengkung di bagian kanan dan kirinya. Pada bagian depan terdapat deretan pot putih berhiaskan bunga warna-warni dan pintu gerbang dari kayu yang kian mempercantik tampilan rumah tersebut.

Di zona ini juga disediakan food court bernuansa outdoor. Kamu bisa beristirahat sejenak sambil menyantap berbagai macam hidangan dengan harga yang cukup terjangkau. Kebanyakan menu yang dijual adalah makanan dan minuman kekinian sesuai selera generasi milenial dan gen z.

Zona Pertanian

Untuk zona pertanian sendiri berada tidak jauh dari museum susu. Lokasinya berada persis di samping bangunan tersebut. Hamparan tanaman padi yang terbentang luas begitu memanjakan mata para pengunjung. Ditambah lagi dengan udara sekitarnya yang masih terasa sejuk dan alami.

Tentunya hal tersebut membuat para pengunjung merasa betah berlama-lama di sana. Duduk berdiam diri di pinggir sawah sambil menyaksikan pemandangan alam hijau memberikan ketenangan yang luar biasa nikmatnya. Dimana kondisi semacam itu jarang sekali kamu temukan di daerah perkotaan.

Permainan Uncle Greg Challenge

Hal menarik lainnya yang ada di Asia Farm adalah Uncle Greg Challenge. Anak-anak akan diajak memecahkan sebuah misi melalui sebuah permainan. Kurang lebih ada sekitar 20 misi yang bisa dipilih. Hampir semua misi tersebut bertemakan outdoor. Contohnya seperti menggiring ayam ke kandang dan mencari kelinci yang hilang.

Menggiring ayam ke kandang adalah misi paling seru dan menantang. Pasalnya anak-anak dituntut berlarian ke sana kemari mengejar ayam sungguhan agar mau masuk ke dalam kandang. Memang kalau diperhatikan tampak melelahkan, tetapi disitulah letak keseruannya.

Sementara misi mencari kelinci yang hilang termasuk game yang cukup mudah. Petugas akan memberikan kartu bergambar kelinci kepada setiap pemain. Kemudian para pemain akan digiring masuk ke dalam kandang kelinci untuk mencari kelinci mana yang sesuai dengan gambar di kartu.

Ketika berhasil menyelesaikan misi kamu akan mendapatkan sebuah kupon khusus. Dimana nantinya bisa kamu tukarkan dengan berbagai macam hadiah menarik. Setiap pemain tidak mesti memperoleh hadiah yang sama, karena isi dari masing-masing kupon berbeda.

Harga Tiket Masuk

Tiket masuk ke Asia Farm masih cukup terjangkau. Setiap wisatawan yang datang hanya perlu merogoh kocek Rp25.000 per orang. Sayangnya tiket tersebut belum termasuk tiket wahana dan parkir kendaraan.

Jam Buka

Asia Farm buka setiap hari dari Senin sampai dengan Minggu. Mulai dari Pukul 09.00 hingga Pukul 18.00 WIB. Pada hari libur Nasional dan tanggal merah tetap menerima kunjungan wisatawan seperti biasa pada jam yang sama.

Fasilitas Umum

Asia Farm mempunyai sejumlah fasilitas umum lengkap dan memadai. Pertama ada area parkir luas yang bisa menampung kendaraan roda dua dan empat. Lalu toilet umum bersih dengan segala macam fasilitas di dalamnya. Tak ketinggalan bangunan mushola untuk tempat ibadah pengunjung muslim.

Disediakan pula area food court. Kini pengunjung tidak perlu repot membawa bekal dari rumah. Makanan yang dijual juga beragam dan pastinya ramah dikantong. Kalau mau mencari oleh-oleh bisa mengunjungi toko suvenir yang ada di sekitar tempat wisata tersebut.

Pihak pengelola tidak lupa menyediakan tempat duduk dan tempat berteduh. Biasanya pengunjung menggunakan fasilitas tersebut sebagai tempat peristirahatan setelah seharian berkeliling tempat wisata. Khusus untuk anak-anak sudah disediakan arena playground yang berisi berbagai macam wahana permainan seru.

Tips Berkunjung

Sebelum merencanakan liburan ke Asia Farm, kamu mesti membuat beberapa persiapan sebagai berikut.

  • Pertama, pastikan kondisi badan kamu dalam keadaan fit.
  • Kedua, buat rencana mau mengajak siapa saja liburan ke sana.
  • Ketiga, persiapkan barang bawaan yang kamu butuhkan selama liburan.
  • Keempat, cari tempat penginapan di sekitar Asia Farm semisal kamu datang dari luar Pekanbaru.
  • Kelima, cek kondisi kendaraan yang akan kamu bawa bepergian.
  • Keenam, pilih hari keberangkatan yang mana cuacanya sedang cerah.
  • Ketujuh, jangan lupa sarapan terlebih dahulu sebelum berangkat.

Itu dia beberapa informasi penting mengenai wisata Asia Farm. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu kamu mengenal lebih dekat tentang pariwisata di Kota Pekanbaru.

Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments