Serunya Edukasi Anatomi Tubuh Manusia Di The Bagong Adventure Museum

The Bagong Adventure Museum

Beragam destinasi wisata sejarah bisa kita temukan di Jawa Timur dengan cukup mudah.
Namun museum di Jawa Timur tidak hanya berhubungan dengan sejarah perjuangan bangsa Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan saja.

Namanya The Bagong Adventure atau dikenal dengan nama Museum Tubuh. Museum Tubuh ini merupakan museum yang mempelajari berbagai organ tubuh dan merupakan satu-satunya museum dengan pembahasan tubuh yang ada di Indonesia. Keunikan tersebut membuat banyak wisatawan tertarik untuk mengunjunginya.

Wisatawan dari berbagai kota hingga turis asing rela menyempatkan waktunya untuk singgah di museum ini. Bagi wisatawan yang pernah datang ke Jatim Park 1 tentunya tidak asing dengan The Bagong Adventure.

Lokasinya berdampingan dengan Jatim Park 1. Museum ini juga cukup mencolok dengan sebuah patung wayang Bagong yang merupakan salah satu karakter dari 4 wayangan yang terkenal yaitu Semar, Petruk, Gareng dan juga Bagong.

2018 08 05
Foto via Googlemaps/Hendra Arohman

Daya Tarik The Bagong Adventure

Di atas lahan seluas 1 hektar ini, kita akan belajar mengenai anatomi tubuh manusia yang disajikan dalam bentuk multimedia modern. Sehingga edukasi yang akan kita dapatkan di sana tidak akan terkesan membosankan.

Museum ini terbagi ke dalam 13 zona di mana ada zona gigi, zona otak, zona telinga, zona mata, zona hidung, zona mulut, zona tulang, zona paru-paru, zona jantung, zona lambung, zona pembuluh darah, zona usus halus dan masih banyak lagi.

Di setiap zona tersebut kita akan disuguhkan oleh alat peraga yang cukup lengkap. Bahkan ada miniatur organ manusia di setiap zona yang berbeda. Biasanya di setiap zona terdapat seorang ahli yang akan memandu para wisatawan.

Kita akan diberikan edukasi seputar manfaat, fungsi, dan juga bentuk dari organ dalam yang ada di tubuh manusia. Bahkan kita juga akan membandingkan antara tubuh yang normal hingga tubuh yang cacar karena sebuah penyakit tertentu.

Menariknya, di The Bagong Adventure juga kita bisa menerima fasilitas berupa cek mata, cek gula darah, cek lemak tubuh, cek kolesterol, dan masih banyak lagi. Hal ini tentu membuat wisatawan semakin penasaran untuk mengunjungi The Bagong Adventure. Beberapa wisatawan memotret setiap sudut The Bagong Adventure yang terlihat unik.

Wisata Menarik Lainnya :  Rumah Belanda Lembang - Informasi & Harga Tiket Nuansa Liburan di Negeri Kincir Angin

Kita akan melihat sebuah lambung yang menempel pada dinding, usus berukuran raksasa, miniatur bentuk organ manusia, dan masih banyak lagi. Selain berkeliling The Bagong Adventure, kita juga bisa mampir ke salah satu food court nya yang berada di ujung gedung.

Food court ini menyediakan aneka makanan sehat dengan tarif terjangkau. Beberapa makanan yang ada di sana yaitu jus sayur dan buah, pie strawberry, roti bakar madu, dan masih banyak lagi. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau yaitu mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 30.000.

2022 04 16
Foto via Googlemaps/Hendri Wijaya

Sementara itu, untuk masuk ke The Bagong Adventure ini kita akan dikenakan tarif sebesar Rp 49.000 setiap hari Senin sampai dengan hari Jumat dan Rp 70.000 setiap hari Sabtu, Minggu dan hari libur nasional. Adapula tiket parkir yang dibanderol mulai dari Rp 2.000 setiap kendaraan.

Fasilitas lainnya yang ada di The Bagong Adventure yaitu gazebo, playground, pusat oleh-oleh, aula, toilet, musala, kaya parkir, dan masih banyak lagi.

Lokasi dan Jam Buka

Untuk wisatawan yang bertanya-tanya seputar lokasi The Bagong Adventure, kita bisa datang ke Jalan Kartika No.2, Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65314. Map klik disini.

Berada di lokasi yang sama dengan Jatim Park 1 membuat The Bagong Adventure ini mudah ditemukan. Wisatawan bisa melalui Jalan Besar Ijen menuju ke Jalan Oro-Oro Ombo. Dari sana kita masuk ke Jalan Kartika. The Bagong Adventure ini bisa ditempuh dengan waktu sekitar 1 jam perjalanan.

Sementara untuk jam buka The Bagong Adventure ini, dibuka mulai pukul 08:30 sampai dengan pukul 16:30 WIB. Durasi waktu The Bagong Adventure ini cukup panjang sehingga wisatawan lebih leluasa untuk edukasi sambil rekreasi di sana.

Akomodasi

Wisatawan yang ingin bermalam di sekitar The Bagong Adventure bisa datang ke salah satu penginapan yang ada di sekitar sana. Penginapan tersebut yaitu The Onsen Hot Spring Resort Songgoriti yang terletak di Jalan Arumdalu No.98, Songgokerto, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65312.

Wisata Menarik Lainnya :  Kulineran Terapung di Floating Market Lembang

Jarak tempuhnya dari lokasi The Bagong Adventure sekitar 5 menit perjalanan. Sementara tarif penginapannya mulai pm dari Rp490.000 sampai dengan Rp 895.000 per malam sesuai paket penginapan yang kita inginkan. Wisatawan bisa reservasi terlebih dahulu melalui nomor (0341) 5101888.

Wisatawan dari Malang dan sekitarnya bisa menjadikan The Bagong Adventure sebagai destinasi tujuan wisata di saat akhir pekan. Datang ke sana, kita akan mendapatkan banyak wawasan serta pengalaman yang berkesan.

Rate this post
Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.
Avatar for Erisa Vindia
Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.