Taman Pemuda Pratama, Konsep Taman Ceria Anak-anak Terbaru Di Kota Depok

Taman Pemuda Pratama

Buat kamu warga Depok tidak usah jauh-jauh cari tempat healing. Dikarenakan baru-baru ini ada tempat rekreasi terbaru bernama Taman Pemuda Pratama.

Wisata Depok ini menyediakan banyak sekali wahana permainan seru dan menyenangkan. Tempatnya juga ramah anak sehingga cocok untuk tempat rekreasi keluarga.

Wahana Permainan Di Taman Pemuda Pratama

Menjelang akhir pekan paling enak mengajak keluarga pergi liburan. Untung di Kota Depok tersedia banyak pilihan tempat wisata. Jadi kamu yang berdomisili di sana enggak perlu merogoh kocek mahal buat liburan ke luar kota. Salah satu rekomendasi tempat wisata yang wajib kamu kunjungi ada Taman Pemuda Pratama.

Bagi sebagian orang mungkin Taman Pemuda Pratama masih terdengar asing? Benar sekali, wisata ini memang baru diresmikan tahun 2018 lalu. Meski belum lama berdiri, destinasi ini sudah menjadi wisata populer di kalangan anak muda. Hampir setiap hari kondisinya selalu ramai pengunjung.

Taman bermain ini hadir dengan satu tujuan yang mulia, yaitu menjadikan Kota Depok sebagai Kota Layak Anak (KLA). Maka kamu jangan heran ketika berada di sana terlihat lebih banyak wahana permainan untuk anak-anak. Kira-kira apa saja ya daftar wahananya? Supaya kamu tidak penasaran silakan simak ulasan berikut.

Permainan Tradisional

Selain kaya akan suku bangsa, Indonesia juga memiliki beragam permainan tradisional. Namun sayang keberadaannya kian tergerus oleh zaman. Kini jarang sekali ditemukan anak-anak yang suka bermain permainan tradisional. Hal ini dikarenakan perkembangan teknologi yang kian berkembang membuat mereka kecanduan game online.

Untuk menumbuhkan kecintaan anak-anak terhadap permainan tradisional. Wisata Taman Pemuda Pratama mencoba menghadirkan banyak fasilitas permainan seru yang bisa dimainkan anak-anak. Diantaranya ada egrang, gasing, congklak, holahoop, bakiak, dan yoyo.

Para orang tua wajib banget mengajak si kecil liburan ke sana. Selain untuk jalan-jalan santai, ayah bunda bisa sekaligus memperkenalkannya dengan permainan tradisional. Jangan biarkan mereka hanya mengenal game online saja. Di masa golden age anak-anak harus lebih sering diajak bersosialisasi dengan lingkungan sekitar.

Rumah Kelinci

2019 12 14
Sumber : Google Maps/Rina Sukawati

Siapa di sini yang suka kelinci? Pastinya semua orang sangat menyukai binatang tersebut. Siapa coba yang tidak akan tergoda dengan tingkah lakunya yang lucu dan muka imutnya? Wisata Taman Pemuda Pratama memiliki satu wahana seru bernama rumah Kelinci.

Buat kamu yang suka kelinci pasti suka dengan adanya rumah kelinci ini? Di sana pengunjung bisa mengajak para kelinci berinteraksi dan memberinya makan secara langsung. Tenang saja, kamu tidak akan dikenakan biaya tambahan. Kamu bebas keluar masuk secara gratis.

Wahana Memancing

Bagi yang hobi mancing bisa nih mencoba wahana mancing di Taman Pemuda Pratama. Tidak perlu membawa peralatan dari rumah. Di sana sudah disediakan alat-alatnya dan kamu tinggal memancing saja. Beberapa peralatannya ada ember, pakan ikan, dan pancingan.

Sayangnya wahana ini tidak gratis. Pengunjung akan dikenakan biaya tambahan. Melalui wahana ini para orang tua bisa mengajarkan si kecil tentang tata cara memancing. Menariknya lagi, ikan yang kamu pancing bisa langsung dimasak di cafe terdekat.

Archery atau Panahan

2021 12 14
Sumber : Google Maps/novita yuwafie

Pencinta olahraga panahan tak perlu susah-susah mencari tempat latihan. Datang saja ke Taman Pemuda Pratama Depok yang mana sudah disediakan area panahan luas beserta peralatannya. Mulai dari busur hingga anak panah telah tersedia lengkap.

Olahraga satu ini wajib kamu coba karena memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan fisik. Seperti melatih mata untuk fokus dan menjaga fleksibilitas otot pundak, jari tangan hingga lengan. Dan yang paling penting bisa untuk melatih kesabaran dan konsentrasi dalam berpikir.

Radio Binaswara

2018 03 17
Sumber : Google Maps/hery unggul

Taman Pemuda Pratama mempunyai satu keunikan yang tidak ada di wisata manapun. Di sini terdapat sebuah fasilitas ruang penyiaran radio yang diberi nama Radio Binaswara. Setiap pengunjung yang datang boleh melihat proses siaran yang sedang berlangsung. Kamu juga bisa berkenalan langsung dengan penyiarnya juga loh.

Kalau kamu mau mencoba menjadi penyiar juga boleh. Pihak pengelola Radio Binaswara sering membuka peluang bagi siapapun yang ingin menjadi volunteer. Lewat radio ini kamu bisa mempromosikan berbagai macam hal. Seperti komunitas, event, atau usaha. Selain itu informasi yang diberikan juga beragam. Ada seni hingga informasi seputar Kota Depok.

Paintball

2021 10 02
Sumber : Google Maps/arif nyoman rohman

Berikutnya ada wahana yang tergolong cukup ekstrem. Siapa yang tak kenal paintball? Sebuah permainan saling tembak yang mana kamu berperan sebagai seorang prajurit yang tengah berperang di medan pertempuran. Kamu tak perlu khawatir karena ini hanya pura-pura. Senjata yang digunakan pun juga berupa mainan.

Sebelum bermain pengunjung harus berganti pakaian mengenakan seragam loreng-loreng layaknya tentara. Selanjutnya petugas akan membekali para pemain dengan beberapa perlengkapan. Diantaranya ada paintball marker, peluru, masker atau goggle, dan rompi pengaman.

Setelah di rasa lengkap, petugas akan membagi menjadi beberapa tim. Kemudian kamu diberikan arahan tentang cara bermain dan aturan mainnya. Semisal tidak ada pertanyaan maka permainan pun siap dimulai. Paintball ini termasuk wahana favorit. Sangat cocok dimainkan oleh tua maupun muda.

Rumah Lego

IMG 20181028 WA00142
Sumber : Google Maps/Ayu Pangestu

Buat anak-anak yang suka bermain Lego bisa mampir ke wahana rumah Lego di Taman Pemuda Pratama. Wahana ini digadang-gadang sebagai Lego House terbesar di Indonesia. Kurang lebih koleksi legonya mencapai setengah ton. Jumlah yang cukup fantastis hanya untuk sebuah wahana permainan.

Rumah Lego termasuk wahana yang belum lama ada. Wahana ini baru saja diluncurkan pada bulan September 2018 lalu. Pada awal pembukaan saja jumlah peminatnya sangat banyak. Khususnya dari kalangan anak-anak. Di sini kamu bebas membuat bentuk lego sesuai dengan kreativitas kamu.

Wall Climbing

2023 03 10
Sumber : Google Maps/maradona putra

Tak ketinggalan Taman Pemuda Pratama juga menyediakan wahana wall climbing. Sangat cocok buat kamu para pencinta adrenalin. Bukan hanya untuk orang dewasa saja, ada pula wall climbing khusus anak-anak. Ayah bunda tak usah risau karena wall climbing-nya tidak terlalu tinggi sehingga masih aman digunakan anak-anak bermain.

Olahraga wall climbing cocok sekali buat kamu yang berniat ingin menguruskan badan. Secara tidak langsung kalori dalam tubuh akan berkurang sedikit demi sedikit saat kamu memanjat sampai ke atas. Selain itu kamu juga akan mendapatkan manfaat lainnya seperti melatih percaya diri, konsentrasi, dan keseimbangan tubuh.

Taman Baca Pancasila

Pihak pengelola Taman Pemuda Pratama juga menyediakan wahana edukasi. Bentuknya berupa bangunan perpustakaan yang diberi nama Taman Baca Pancasila. Koleksi buku di sana tergolong lengkap. Pengunjung tinggal memilih buku mana yang dia suka.

Mengajak si kecil ke Taman Baca Pancasila dapat merangsang kecintaannya terhadap buku. Jika sedari kecil mereka sudah dibiasakan membaca maka kebiasaan itu akan terbawa hingga dewasa. Apalagi kegiatan membaca di perpustakaan ini terasa nyaman dengan udara sekitar yang masih terasa sejuk.

Kolam Renang

2018 02 15
Sumber : Google Maps/Vita Handayani

Liburan di Taman Pemuda Pratama kian seru ketika menghabiskan waktu di kolam renangnya. Air yang jernih dan ada wahana permainan menjadi ciri khasnya. Ketinggian airnya juga tidak terlalu dalam. Bagi yang tidak bisa berenang tak usah cemas. Pihak pengelola sudah menyediakan tempat penyewaan pelampung.

Dari semua wahana bisa dibilang kolam renang termasuk wahana favorit anak-anak. Kondisinya pasti selalu ramai dan tak pernah sepi pengunjung. Sayangnya jam operasional wahana ini terbatas. Hanya dibuka mulai jam 9 sampai dengan jam 5 sore.

Motor ATV

2021 12 03
Sumber : Google Maps/Janardi Sutono

Mau wahana yang lebih menantang? Kamu bisa coba naik motor ATV. Kendaraan roda empat yang biasa digunakan untuk lintasan yang tidak rata seperti area berlumpur. Wahana ini juga bisa menjadi alternatif bagi pengunjung yang ingin menjelajahi area Taman Pemuda Pratama. Daripada capek-capek jalan kaki akan membuat kamu cepat lelah.

Sebelum menjajal ATV kamu harus membayar biaya tambahan terlebih dahulu. Satu orang cukup merogoh kocek Rp20.000. Biaya tersebut sudah cukup terjangkau untuk menyewa motor ATV selama beberapa menit.

Spot Foto

Taman Pemuda Pratama termasuk kawasan spot foto instagenic. Berbagai macam gambar mural dan grafiti menghiasi setiap lantai dan dindingnya. Ketika menyusuri dari ujung ke ujung akan tampak lukisan tiga dimensi terpampang jelas di area konblok taman. Kehadirannya kian mempercantik area wisatanya.

Maka dari itu saat liburan jangan lupa membawa kamera. Aktivitas berfoto sangat penting guna mengabadikan setiap momen yang terjadi. Setidaknya saat sudah pulang nanti kamu membawa kenang-kenangan yang bisa kamu jadikan pengingat bahwa kamu pernah ke sana.

Harga Tiket Masuk

Siapapun yang ingin liburan ke Taman Pemuda Pratama tidak perlu membayar tiket masuk. Pihak pengelola mengizinkan pengunjung masuk secara gratis. Akan tetapi jika ingin mencoba wahana permainannya akan dikenakan biaya tambahan.

Jam Buka

Taman Pemuda Pratama tidak beroperasi setiap hari. Pada hari Senin taman ini tutup sementara waktu untuk proses perawatan dan pembersihan. Kamu bisa berkunjung ke sana antara hari Selasa sampai dengan Minggu. Jam operasionalnya dari jam 8 pagi hingga jam 5 sore.

Fasilitas Umum

Berikut ini beberapa fasilitas umum yang ada di Taman Pemuda Pratama:

  • Area parkir luas
  • Toilet umum
  • Area terbuka hijau
  • Playground
  • Mushola
  • Gazebo
  • Kantin

Tips Berkunjung

Ingin perjalanan kamu berjalan lancar tanpa hambatan? Lakukan persiapan berikut

  1. Pastikan kondisi fisik kamu sehat dan bugar.
  2. Datanglah beramai-ramai agar suasana liburan jauh lebih seru.
  3. Bawalah barang-barang yang memang kamu perlukan saja.
  4. Jika ingin suasana tidak terlalu ramai sebaiknya kamu datang pas hari kerja.
  5. Ketika berada di sana selalu patuhi peraturan yang berlaku.

Dikarenakan Taman Pemuda Pratama berkonsep outdoor, sebelum pergi cek dulu kondisi cuaca. Apakah hari itu akan turun hujan atau tidak? Lihat informasi perkiraan cuacanya lewat internet. Semoga penjelasan tadi bermanfaat dan jangan lupa membagikannya ke keluarga atau teman.

Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments