big rig attorney, truck accident lawyers near me, best lawyers for truck accidents, big truck wreck lawyers, trucking accident injury lawyer, truck driver accident lawyers, construction truck accident lawyer, big rig accident attorney, cyber security, cyber security companies, cyber security online, cyber threat intelligence, online security, acronis cyber protect cloud, computer security companies, internet security companies, doctor billing software, medical practice billing software, medical scheduling and billing software, medical billing and coding practice software, medical billing scheduling software

Taman Kelinci Semarang, Wisata Edukasi Terbaru Dengan Sajian 5 Aktivitas Seru

Taman Kelinci Semarang

Sebagai ibu kota provinsi Jawa Tengah, Semarang menjadi pusat perhatian wisatawan. Di sini kamu bisa menemukan banyak destinasi menarik seperti wisata alam, edukasi, hingga religi.

Beberapa bulan belakangan ada satu tempat wisata baru bernama Taman Kelinci Semarang. Sebuah tempat wisata di Semarang yang menyuguhkan wisata rekreasi sekaligus edukasi untuk anak-anak.

Ragam Aktivitas Seru di Taman Kelinci Semarang

Mencari wisata edukasi yang ramah anak? Kamu bisa bawa si kecil berkunjung ke Taman Kelinci Semarang. Lokasinya agak jauh dari pusat kota karena terletak di sebuah pedesaan terpencil. Meski begitu hal tersebut tidak mengurangi antusias wisatawan untuk pergi ke sana. Poin plusnya kawasan wisatanya masih terasa sejuk dan asri.

Tidak ada polusi udara atau suara bising kendaraan yang mengganggu. Alhasil, kamu bisa bersantai atau jalan-jalan di sekitar tempat wisata dengan nyaman. Apalagi pemandangan alam di sana tergolong cukup indah juga. Sejauh mata memandang akan tampak pepohonan besar, rumah warga, hamparan danau luas, dan tanaman hijau.

Meskipun namanya taman kelinci, bukan berarti fokusnya ke hewan kelinci saja. Ada banyak ragam aktivitas seru lainnya yang bisa wisatawan lakukan. Penjelasan lebih detailnya ada pada sub bab berikut ini.

Camping

2022 12 11
Sumber : Google Maps/CAH NGLOROK

Aktivitas pertama ada camping yang biasa dilakukan oleh rombongan anak-anak sekolah. Tak jarang Taman Kelinci Semarang menjadi area perkemahan untuk kegiatan Pramuka atau yang lainnya. Banyak yang tertarik berkemah di sana karena fasilitas camping ground-nya benar-benar bagus.

Camping ground wisata ini sangat luas sehingga mampu menampung banyak pengunjung. Kamu bebas mendirikan tenda di mana pun itu. Namun agar tampak rapi sebaiknya kamu dan rombongan membuat pengaturan tata letaknya. Pastikan antara tenda satu dan lainnya diberi sedikit jarak.

Selama camping kamu akan disuguhkan berbagai macam kegiatan. Seperti berkebun, memasak, bermain, dan beternak. Semua kegiatan itu dilakukan dari pagi hingga sore hari. Jadi siapkan fisik dan stamina yang kuat supaya kamu tidak mudah lelah.

Malam hari adalah waktu yang ditunggu-tunggu. Di mana para peserta camping bisa menikmati kehangatan api unggun sambil menyantap camilan atau makanan lainnya. Suasananya kian bertambah seru kala panitia mengadakan game ceria yang bisa mengundang gelak tawa para peserta.

Berenang

2022 01 09
Sumber : Google Maps/curlys family

Meskipun nama tempat wisatanya Taman Kelinci Semarang, tapi disini juga ada area Waterpark mini loh. Jangan sampai kamu melewatkan keseruan berenang di air kolamnya yang menyejukkan. Menariknya, pihak pengelola juga menambahkan sejumlah wahana permainan.

Wahana pertama ada ember tumpah. Anak-anak paling suka dengan wahana satu ini. Lantaran bisa merasakan sensasi guyuran air yang langsung mengguyur seluruh permukaan tubuh. Mulai dari kepala hingga ujung kaki.

Selanjutnya ada wahana perosotan. Anak-anak bisa meluncur bebas dan mendarat langsung ke area kolam. Ayah bunda tak perlu takut. Seluncuran di sini sudah sangat aman. Pihak pengelola telah menyesuaikan ukuran tingginya dengan tinggi badan anak-anak.

Memerah Susu Sapi

Dan kegiatan satu inilah yang paling ditunggu-tunggu wisatawan. Apalagi kalau bukan belajar memerah susu sapi. Tidak usah takut, selama mengikuti tata caranya dengan benar kamu akan aman dari tendangan kaki sapi.

Setiap petugas menjelaskan perhatikan baik-baik. Memang memerah susu sapi itu terlihat mudah. Namun belum tentu dengan praktiknya? Biasanya kalau sudah terjun ke lapangan pengunjung mengalami beberapa kendala. Seperti susunya tidak keluar atau sapinya yang banyak tingkah.

Susu yang telah diperah tadi akan diolah menjadi produk siap konsumsi. Tak perlu khawatir mengenai kehigienisannya. Susu di sini terjaga kebersihan dan kesegarannya. Setelah diolah nantinya petugas akan memberikan susu tersebut kepada para pengunjung.

Kegiatan memerah susu sapi ini tidak sekedar memberi kesenangan semata. Pengunjung juga bisa mendapatkan banyak ilmu baru. Seperti cara memerah susu sapi, cara mengolahnya, dan cara menjaga susu tersebut agar tetap steril dan terhindar dari kuman atau bakteri.

Bercocok Tanam

IMG 20190626 114420
Sumber : Google Maps/ Anggraeni putri Ashari

Selain memerah susu sapi, Taman Kelinci Semarang juga menyuguhkan aktivitas bercocok tanam. Kamu akan turun langsung ke sawah atau kebun. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan anak-anak bisa menjadi pribadi yang mudah bersosialisasi dan berempati terhadap lingkungan sekitar.

Pertama-tama petugas akan mengajak kamu pergi ke sawah untuk menanam padi. Jika sudah selesai akan dilanjutkan dengan menanam sayuran di kebun. Kamu bisa belajar bagaimana merawat bayam hingga siap panen.

Bayam yang sudah dipanen akan diolah kembali. Salah satunya menjadi keripik bayam yang gurih dan renyah. Kamu akan melihat secara langsung bagaimana proses pengolahannya. Setelah selesai keripik bayam tadi akan diberikan kepada para pengunjung.

Membuat Gula Kelapa

Pengunjung Taman Kelinci Semarang juga akan diajarkan cara membuat gula kelapa. Aktivitas satu ini favorit para pengunjung. Khususnya anak-anak yang ingin tahu bagaimana proses pengolahan gula kelapa dari awal sampai akhir.

Hal pertama yang akan dijelaskan petugas tentang cara memilih kelapanya. Jika sudah menemukan bahan baku terbaik, selanjutnya kamu harus belajar mengupas lalu memotong kelapanya. Terakhir, tinggal memasaknya menjadi gula kelapa.

Pada saat memasak harap si kecil selalu didampingi orang dewasa. Jangan biarkan mereka melakukannya seorang diri karena ada beberapa alat masaknya yang berbahaya. Begitu jadi anak-anak pun boleh mencicipinya sepuas hati.

Harga Tiket Masuk

Taman Kelinci Semarang termasuk wisata yang murah meriah. Harga tiketnya hanya dibanderol Rp10.000 per orang. Dengan harga semurah itu kamu sudah mendapatkan fasilitas memadai dan beragam aktivitas seru, edukatif, serta menghibur.

Jam Buka

Jam operasional Taman Kelinci Semarang terbatas. Wisata ini hanya buka dari jam 8 hingga jam 5 sore. Untuk harinya bebas. Karena pihak pengelola membukanya hampir setiap hari. Memasuki tanggal merah pun tetap buka seperti biasa.

Fasilitas Umum

Ada beberapa fasilitas umum yang disediakan pihak pengelola Taman Kelinci Semarang. Diantaranya sebagai berikut:

  • Tempat parkir
  • Toilet umum
  • Cafetaria
  • Mushola
  • Penginapan
  • Mini area outbound
  • Taman Kelinci

Tips Berkunjung

Kalau kamu datang dari luar kota Semarang sebaiknya carilah tempat menginap dahulu jika ingin liburan ke Taman Kelinci Semarang. Usahakan pesan jauh-jauh hari agar kamu tidak kehabisan kamar. Dan paling penting carilah penginapan yang lokasinya dekat dengan area wisata.

Ketika tiba hari keberangkatan pastikan semua barang bawaan sudah siap. Mulai dari pakaian, perbekalan, minuman, camilan, obat-obatan pribadi, dan kamera. Sebelum berangkat periksa terlebih dahulu supaya tidak ada yang tertinggal.

Semisal kamu ingin camping jangan lupa membawa peralatan camping. Seperti tenda, lampu, sleeping bag, kursi, dan lainnya. Cek juga kondisi kendaraan kamu. Apakah mesinnya ada masalah atau tidak? Pastikan juga bahan bakarnya penuh.

Penutup

Apabila semua persiapan sudah selesai tinggal berangkat menuju lokasinya. Supaya lebih mudah manfaatkan aplikasi google maps untuk mencari rute tercepat. Masukkan alamat lengkap Taman Kelinci Semarang dan nanti akan muncul deretan jalan mana saja yang harus kamu lewati.

Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments