Taman Kamboja Klaten, Wisata Alam Terbaru yang Mengusung Konsep Tak Biasa

Taman Kamboja Klaten

Mendengar tanaman Kamboja kira-kira apa yang terlintas di benakmu? Pasti nuansa mistis dan angker, bukan? Seperti yang kita ketahui bahwa tanaman satu ini selalu identik dengan tanah pemakaman.

Akan tetapi berbeda dengan Taman Kamboja Klaten yang menjadikannya sebagai sarana objek foto. Taman wisata Klaten ini menjadi tempat yang nyaman untuk melepas penat lho..

Alamat : Gayamprit, Kecamatan Klaten Selatan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57423.
Lokasi : Google Maps.
Harga tiket : Rp 3000.
Jam buka : 24 Jam

Informasi Umum

Baru-baru ini Kabupaten Klaten menghadirkan objek wisata yang anti mainstream. Namanya tidak lain dan bukan adalah Taman Kamboja Klaten. Kamu pasti terkejut bukan mendengarnya? Bunga Kamboja yang biasanya ada di pemakaman, kini telah beralih fungsi menjadi spot foto yang instagrammeble.

Kamu tidak perlu takut saat berkunjung ke sana. Lantaran yang akan kamu rasakan bukan suasana angker dan mencekam. Melainkan sebuah pemandangan nan eksotis yang mana ada sekumpulan Pohon Kamboja berbaris sangat rapi. Begitu melihatnya pasti kamu akan langsung terpesona pada pandangan pertama.

Dulunya kawasan ini bukanlah tempat wisata yang digandrungi masyarakat. Akan tetapi hanya sebuah tanah perkebunan yang digunakan untuk membudidayakan Pohon Kamboja. Namun setelah pohon tersebut tumbuh semakin besar, banyak fotografer tertarik memotretnya.

Tidak hanya para fotografer saja, masyarakat sekitar juga sering menjadikannya sebagai objek foto. Bahkan tak jarang wisatawan dari luar Klaten pun rela datang jauh-jauh hanya untuk melihat keindahan Pohon Kamboja. Dan dari situlah lambat laun kawasan ini berubah menjadi tempat wisata.

Sampai sekarang jumlah kunjungan wisatawan terus meningkat setiap harinya. Bisa dibilang kondisi tempat itu selalu ramai dan tak pernah sepi pengunjung. Banyak orang tertarik mengunjungi Taman Kamboja Klaten karena keunikan yang dimilikinya. Informasi selengkapnya akan dijelaskan pada sub bab berikut.

Keunikan Taman Kamboja Klaten

Namanya memang belum sepopuler wisata Umbul Ponggok. Tetapi tetap saja wisatawan begitu menyukai taman ini karena banyak hal unik yang bisa ditemukan. Wah, pasti kamu penasaran tentang itu kan? Tanpa berlama-lama lagi berikut keunikan yang dimiliki oleh Taman Kamboja Klaten yang mungkin jarang diketahui khalayak umum.

Spot Foto Tak Biasa

2017 11 11
Sumber : Googlemap/azalea melita

Jika biasanya spot foto berupa ornamen atau pemandangan alam seperti perbukitan, pegunungan, atau laut. Lain halnya dengan wisata Taman Kamboja Klaten yang menyuguhkan Pohon Kamboja sebagai spot utamanya. Memang terlihat aneh, tetapi inilah yang justru membuat wisata ini tampak unik dan berbeda.

Kamu akan melihat penampakan Pohon Kamboja berjejer rapi membentuk sebuah lorong. Saat menapaki jalan tersebut di sore hari, kebanyakan orang akan merasa seolah-olah tengah memasuki hutan angker. Bentuk ranting yang tak beraturan kian menambah nuansa mistisnya.

Kalau kamu termasuk tipe yang penakut, sebaiknya jangan datang sore hari pas cuaca mendung. Berkunjunglah pagi atau siang hari yang mana matahari sedang bersinar cerah. Pada saat-saat itu kamu bisa dengan mudah menemukan angle foto paling bagus.

Kawasan Hangout Paling Seru

2017 06 21
Sumber : Googlemap/Visit Klaten

Bingung mau cari tempat hangout buat menghabiskan libur akhir pekan? Tak usah bingung, kamu ajak saja semua teman atau keluargamu pergi ke Taman Kamboja Klaten. Wisata ini banyak direkomendasikan sebagai tempat hangout paling seru khusus anak-anak muda seperti kamu.

Rerumputan hijau dan keelokan Pohon Kamboja siap menemani aktivitas santai para pengunjung. Semakin nikmat lagi dengan hadirnya embusan angin sepoi-sepoi yang membuat kawasan ini kian sejuk saja. Siapapun yang bersantai disana pasti merasa betah dan enggan beranjak pergi.

Kalau liburan ke taman ini akan lebih baik kamu datang beramai-ramai. Dibandingkan seorang diri pasti suasana angkernya kian mencekam. Berbeda kalau ada teman atau keluarga yang menemani. Liburan kamu akan jauh lebih seru dan menyenangkan.

Wisata Tidak Sengaja Ada

Seperti yang sudah dijelaskan pada paragraf awal, bahwa Taman Kamboja Klaten adalah wisata yang tidak sengaja ada. Awalnya sang pemilik hanya menanam Pohon Kamboja karena hobi semata. Dan juga tidak ada rencana untuk menjadikan lahannya sebagai tempat wisata.

Setelah Pohon Kamboja itu kian besar, perlahan-lahan banyak orang penasaran dan ingin melihatnya secara langsung. Dengan senang hati si pemilik mempersilahkan siapapun memasuki lahannya. Dari situ perlahan-lahan fotografer luar mulai tertarik memotret pemandangan Pohon Kamboja.

Semeni saat itu namanya kian harum dan akhirnya menjadi tempat wisata yang kamu kenal seperti sekarang ini. Berkat kemajuan teknologi, tanpa waktu lama Taman Kamboja Klaten mulai mendapatkan tempat di hati masyarakat. Khususnya warga Klaten yang bertempat tinggal di sekitar area wisata.

Jam Buka

Pemilik Taman Kamboja Klaten selalu membuka lahannya setiap saat. Wisatawan bisa datang kapanpun dan di hari apapun. Entah itu di hari kerja, akhir pekan, atau tanggal merah. Karena jam operasionalnya sendiri buka selama 24 nonstop.

Harga Tiket Masuk

Pemilik lahan Taman Kamboja Klaten tidak membebankan biaya tiket masuk yang terlalu mahal. Cukup dengan membayar tiket seharga Rp3000 sudah bisa menikmati keindahan Pohon Kamboja dari jarak dekat. Wisata ini sangat cocok buat kamu yang ingin liburan dengan budget minim.

Meskipun termasuk wisata murah meriah, pemandangan alam sekitarnya juga tak kalah indah dengan wisata lainnya di Klaten. Perpaduan kemegahan Pohon Kamboja dan langit biru berhiaskan awan putih terlihat menawan dipandang mata.

Fasilitas Umum

Meski mempunyai keindahan yang begitu mempesona. Sayangnya Taman Kamboja Klaten belum memiliki fasilitas umum yang memadai. Fasilitas disana hanya sebatas toilet dan area parkir saja.

Khusus area parkir setidaknya tergolong cukup luas. Sehingga bisa menampung sepeda motor atau mobil pribadi milik pengunjung. Walaupun kondisinya masih sederhana dan belum tertata sempurna.

Sementara untuk toiletnya dalam keadaan bersih dan terawat. Pengunjung bisa menggunakannya dengan nyaman tanpa perlu membayar biaya sepeserpun. Tetapi satu hal yang pasti manfaatkan fasilitas tersebut sebaik mungkin.

Tips Berkunjung

Liburan ke Taman Kamboja Klaten harus dengan persiapan yang matang. Usahakan jangan berangkat dadakan atau pergi seorang diri. Perjalanan yang akan kamu tempuh lumayan jauh dan membutuhkan tenaga ekstra. Agar semua berjalan lancar coba perhatikan beberapa tips berikut.

  • Pakailah baju dan sepatu yang membuat kamu nyaman. Kalau nantinya ingin mengambil foto usahakan tampil fashionable.
  • Bawa bekal seperti camilan, makanan, dan minuman dari rumah. Sebab, jumlah warung makan di sana masih sangat sedikit.
  • Sebaiknya kamu datang naik kendaraan pribadi. Angkutan umum yang menuju Taman Kamboja Klaten lumayan sulit ditemukan.
  • Selama di tempat wisata selalu jaga kebersihan dan jangan membiarkan sampah berserakan.
  • Paling penting tetap jaga kelestarian Pohon Kamboja dengan tidak mencoret atau merusak salah satu bagiannya.

Itulah informasi singkat mengenai Taman Kamboja Klaten. Bagaimana, apakah kamu tertarik liburan ke sana waktu akhir pekan nanti? Jika iya jangan lupa mengikutsertakan teman atau keluarga di rumah. Perlu kamu tahu, liburan beregu itu lebih seru ketimbang pergi sendirian.

Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments