big rig attorney, truck accident lawyers near me, best lawyers for truck accidents, big truck wreck lawyers, trucking accident injury lawyer, truck driver accident lawyers, construction truck accident lawyer, big rig accident attorney, cyber security, cyber security companies, cyber security online, cyber threat intelligence, online security, acronis cyber protect cloud, computer security companies, internet security companies, doctor billing software, medical practice billing software, medical scheduling and billing software, medical billing and coding practice software, medical billing scheduling software

Taman Batu Purwakarta, Tempat Wisata yang Siap Memanjakan Liburanmu

Taman Batu Purwakarta

Taman Batu Purwakarta menggabungkan elemen kolam renang yang terletak di puncak bukit dengan daya tarik alam berupa panorama gunung yang memukau. Tak heran jika keelokan yang dimiliki oleh salah satu tujuan wisata terbaru di Purwakarta ini berhasil mengundang minat banyak wisatawan dari berbagai daerah.

Alamat : Jl. Taman Batu, Cipeundeuy, Kec. Bojong, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat
Lokasi : Google Maps
Harga Tiket : Rp 20.000,00

Wisata Purwakarta yang satu ini dikelilingi oleh kehijauan, kesejukan, dan keindahan alami sehingga mampu memberikan sensasi kenyamanan yang tak tertandingi. Di lokasi ini, kamu dapat merasakan serunya berenang sambil menikmati pemandangan alam yang membuatmu jadi santai dan nyaman.

Oleh karena itu tempat wisata ini bisa menjadi opsi liburan yang tepat. Di sini kamu dan keluarga akan mendapat pengalaman liburan yang tak terlupakan. Jika kamu penasaran dan ingin mendapatkan informasi lebih lanjut tentang lokasi ini, mari simak ulasan di bawah ini.

Pengenalan Singkat Tentang Wisata Taman Batu Purwakarta

296685785 145012254872177 9091186040519774032 n
Instagram.com/ddslht_

Di samping keberadaan Gunung Burangrang, Purwakarta menawarkan aneka tempat wisata menarik yang siap memanjakan liburanmu. Salah satu yang tidak boleh dilewatkan adalah dengan mengunjungi Taman Batu Purwakarta. Sebelum menjadi destinasi rekreasi sekarang, area ini dulunya merupakan sumber kolam air dingin yang dipasok oleh mata air Cijanun.

Inilah mengapa tempat ini dikenal sebagai Wisata Mata Air Cijanun yang menarik. Dulu, mata air ini dikelola oleh PDAM untuk memenuhi kebutuhan komunitas lokal. Namun, proyek tersebut dihentikan dan airnya berubah menjadi kolam renang yang kini dikenal sebagai Taman Batu.

Objek wisata yang satu ini didirikan sejak tahun 2016 dengan sebuah kolam renang seluas 500 meter persegi. Sesuai dengan namanya, lokasi ini didekorasi oleh batuan alam yang tersebar di sekitar kolam. Bebatuan ini diambil dari formasi geologis pegunungan Burangrang, dan memiliki ukuran yang beragam, menambah pesona visualnya.

Daya Tarik Taman Batu Purwakarta

Batu Purwakarta menghadirkan rangkaian daya tarik yang tak terlupakan. Di samping panorama alam yang memukau, beragam wahana hiburan juga siap menghibur kamu. Bagi pecinta fotografi, lokasi ini juga mampu menjadi sebuah surga tersendiri dengan banyaknya spot foto yang cocok untuk diunggah di platform Instagram.

Tak hanya itu, berbagai warung makan juga menghiasi tempat ini, menawarkan hidangan lezat khas Purwakarta dan hidangan Sunda yang menggugah selera. Bahkan tempat wisata ini juga memiliki daya tarik lain yang patut untuk kamu coba seperti:

Bermain di Kolam Renang Bertingkat

366462317 1019657222375427 8458926038679111432 n
Instagram.com/anttosongs

Salah daya tarik sekaligus kegiata seru yang pasti menarik minat kamu dan keluarga adalah berenang. Iya, di tempat ini tersedia kolam renang yang cocok untuk segala usia. Seperti kebanyakan fasilitas lainnya di sini tersedia berbagai jenis kolam untuk berbagai rentang usia, mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Dengan demikian, anak-anak dapat merasa lebih aman bermain air di kolam yang khusus disediakan untuk mereka. Setiap kolam di lokasi ini memiliki ukuran 10×6 meter. Kedalamannya bervariasi, dimulai dari yang dangkal hingga mencapai 4 meter, disesuaikan dengan usia pengunjung. Hal ini diatur dengan baik karena banyak pengunjung datang bersama keluarga dan anak-anak.

Taman rekreasi ini menghadirkan beberapa kolam renang yang berbeda dan tersusun dalam tingkatan bertingkat. Kehadiran berbagai jenis batu dengan ukuran yang beragam di sekitar area kolam menambahkan kesan unik pada tempat wisata ini.

Air yang mengisi kolam-kolam ini tetap alami dan murni dengan karakteristik khas pegunungan dari mata air Cijanun. Kejernihan airnya tetap terjaga, dingin, dan setransparan air mineral. Tentunya, tidak ada bahan kimia seperti kaporit yang ditambahkan, sehingga mata tidak akan terasa perih jika terkena air kolam.

Menikmati Pesona Alam yang Memukau

q
Instagram.com/putrimutiara_15

Berdekatan dengan wilayah hutan, tempat pariwisata ini menyuguhkan panorama alam berupa hutan dan pegunungan yang memukau. Akses menuju lokasi ini mengajak kamu melintasi permukiman penduduk serta kebun teh di kecamatan Bojong Purwakarta.

Kamu dapat bersantai sembari menikmati keindahan bukit, hutan, dan area persawahan. Taman rekreasi ini terletak di lereng perbukitan dengan hutan alami yang menyelimuti, menciptakan suasana yang memperlihatkan keelokan panorama alam serta udara segar dari pegunungan.

Dalam kesempatan ini, sambil menikmati pemandangan kamu juga bisa merasakan kenikmatan kuliner khas Purwakarta yang telah terkenal akan cita rasanya. Dengan begitu liburanmu akan makin berkesan dan terasa lebih lengkap.

Tempat Foto yang Mempesona dan Unik

Spot foto yang mempesona dan unik memang selalu menjadi daya tarik tersendiri untuk kebanyakan orang. Oleh karena itu Purwakarta juga menawarkan destinasi wisata yang melimpahkan tempat-tempat menarik untuk berfoto.

Pemandangan sekitar kolam renang di Taman Batu tak luput dari jadi latar belakang foto. Latar belakangnya berupa kehijauan perbukitan serta pemandangan sawah yang menakjubkan, memberikan nuansa cantik dan luar biasa.

Keberadaan batu-batu yang tersebar di sekitar kolam renang tidak hanya menambahkan sentuhan unik, tetapi juga menjadi tempat yang cocok untuk mengambil foto menarik di Instagram, baik bagi kamu sendiri maupun anggota keluarga.

Itu belum semuanya, saung-saung dan pendopo kecil yang tersebar di tepi kolam renang juga menjadi pilihan menarik untuk mengabadikan momen liburan dalam foto-foto yang istimewa.

Air Terjun Buatan

Sambil merasakan riak air kamu dapat menantikan guyuran air yang jatuh dalam kolam renang. Efeknya, kesejukan alamiah air tersebut akan memberikan kesan yang menyegarkan.

Lokasi air terjun tiruan ini menjadi magnet bagi para pengunjung yang ingin merasakan kegembiraan bermain air, merendam diri dalam gemercik air terjun, dan tentu saja menjadi tempat favorit untuk mengambil foto indah.

Fasilitas yang Ada di Taman Batu Purwakarta

Taman Batu Purwakarta menyajikan berbagai fasilitas yang komprehensif. Kamu dapat memanfaatkan fasilitas di sekitar kolam renang, termasuk toilet, area berkumur, serta ruang ganti yang memadai. Di sebelah kolam renang, tersedia saung-saung yang ideal untuk bersantai dan beristirahat.

Sambil menikmati relaksasi, kamu juga diberi kesempatan untuk menikmati hidangan yang dihidangkan di sekitar kompleks wisata ini. Tempat makan di kompleks ini menghidangkan beragam hidangan lezat, termasuk Sate Maranggi yang menjadi favorit para wisatawan di sana.

Jika kamu tertarik membeli oleh-oleh khas Purwakarta yang tahan lama, pilihan dapat kamu temukan di berbagai toko di lokasi ini. Namun, bila kamu ingin memilih dari beragam pilihan cenderamata disarankan untuk membeli di toko-toko suvenir yang berjejer di sepanjang jalan menuju destinasi wisata tersebut.

Biaya Masuk ke Taman Batu Purwakarta

Bagi kamu yang ingin mengunjungi tempat ini, tidak akan perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk merasakan pengalaman berenang di kolam renang yang disajikan di lokasi ini. Tiket masuk ke tempat wisata ini dikenakan dengan tarif yang sangat terjangkau, dan ini berlaku tiap hari.

Semua kelompok umur mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, diwajibkan untuk membeli tiket masuk guna menikmati semua fasilitas di tempat rekreasi ini. Di bawah ini adalah rincian harganya:

  • Tiket masuk: Rp20.000,00
  • Biaya parkir mobil: Rp5.000,00
  • Biaya parkir motor: Rp2.000,00

Rute dan Lokasi Taman Batu Purwakarta

Destinasi air alami yang menghibur ini berlokasi di Jalan Cijanun, Cipeundeuy, Bojong, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Terletak sekitar 35 kilometer dari Pusat Kota Purwakarta atau memerlukan waktu sekitar 1.5 jam bila datang dari Alun-alun Bandung.

Apabila perjalanan kamu berasal dari Jakarta, terdapat dua alternatif rute yang dapat dipilih. Rute pertama mengarah dari Jakarta menuju Sadang, lalu melanjutkan ke Purwakarta. Kamu bisa mencari jalan menuju Situ Wanayasa dan meneruskan perjalanan ke Bojong, Cipeundeuy hingga mencapai titik akhir di Cijanun.

Bila kamu telah menempuh semua rute tersebut maka artinya sudah mendekati area tujuan wisata ini. Rute kedua tidak berbeda jauh, di mana kamu akan mengarah ke Pondok Salam setelah tiba di Purwakarta.

Kemudian, perjalanan akan diteruskan ke Cipeundeuy dan Cijanun. Rute ini lebih singkat dalam jarak tempuhnya. Namun, perlu diingat bahwa jalan yang dilewati hanya selebar satu mobil. Oleh karena itu, diperlukan kewaspadaan saat melalui rute ini. Jika kamu menggunakan sepeda motor, perjalanan akan lebih nyaman dan lancar.

Waktu Operasional Taman Batu Purwakarta

Taman Batu Purwakarta menyambut pengunjung setiap hari dari pukul 08.00 pagi hingga 17.00 sore WIB. Oleh karena itu, untuk kamu yang padat aktivitasnya di hari kerja, kunjungan ke sini bisa diatur pada akhir pekan atau saat hari libur tiba.

Kendati demikian jika kamu berkunjung saat akhir pekan atau hari libur biasanya akan lebih ramai dari biasanya. Jadi memang akan lebih baik berkunjung saat hari biasa agar liburan lebih nyaman karena suasanya tak terlalu ramai dan cukup kondusif.

Tips Liburan ke Taman Batu Purwakarta

Liburan adalah momen yang dinantikan oleh banyak orang untuk beristirahat, bersenang-senang, dan menjelajahi tempat-tempat baru. Salah satu destinasi menarik yang bisa kamu pertimbangkan untuk liburan adalah Taman Batu di Purwakarta.

Taman Batu Purwakarta merupakan sebuah kompleks wisata yang menawarkan keindahan alam yang menakjubkan dan berbagai aktivitas seru untuk dinikmati. Berikut ini adalah beberapa tips untuk memastikan liburanmu di Taman Batu Purwakarta berjalan dengan lancar dan tak terlupakan.

1. Buatlah Perencanaan Liburan

Tips pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuat perencanaan liburan. Jadi sebelum memulai perjalanan, pastikan kamu merencanakan segala sesuatunya dengan baik. Pilih tanggal liburan yang sesuai dengan jadwal.

Cek rute menuju tempat wisata dan lama perjalanannya. Kamu juga perlu merencanakan berapa lama akan berkunjung. Apabila memiliki rencana menginap cek ketersediaan penginapan di sekitar area Taman Batu. Jika memungkinkan, lakukan reservasi terlebih dahulu agar tidak kehabisan dan kesulitan sendiri nantinya.

2. Jagalah Kebersihan

Ketika mengunjungi Taman Batu Purwakarta, penting untuk menjaga kebersihan. Ingat kemanapun kamu pergi jangan membuang sampah sembarangan atau mencemari lingkungan tempat tersebut. Bawa kantong sampah sendiri jika memang perlu dan pastikan untuk membuang sampah pada tempatnya.

3. Nikmati Kuliner Lokal Khas Purwakarta

Jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi kuliner lokal Purwakarta yang lezat. Beberapa warung makan dan restoran di sekitar Taman Batu menawarkan hidangan khas yang akan memanjakan lidahmu setelah seharian beraktivitas di tempat ini.

Liburan ke Taman Batu Purwakarta akan menjadi pengalaman yang mengesankan bagi siapa saja yang mengunjungi tempat ini. Dengan perencanaan yang matang liburanmu akan menjadi kenangan indah yang akan dikenang selamanya.

Avatar for Yeni Susanti
Yeni Susanti Freelance Writer yang memiliki hobi menulis, nonton drama korea serta menulis artikel dengan berbagai tema mulai dari wisata, teknologi, kecantikan, kesehatan dan lain sebagainya.
Avatar for Yeni Susanti
Yeni Susanti Freelance Writer yang memiliki hobi menulis, nonton drama korea serta menulis artikel dengan berbagai tema mulai dari wisata, teknologi, kecantikan, kesehatan dan lain sebagainya.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments