Danau Ranu Grati, Wisata Alam di Pasuruan Paling Populer di Tahun 2024

Danau Ranu Grati

Keindahan alam di Jawa Timur memang tak perlu kamu ragukan lagi layaknya saat berwisata di Pasuruan. Berbagai macam objek wisata seperti danau, pantai, gunung, laut, dan pantai bisa dengan mudah kamu temukan.

Salah satu destinasi yang tengah populer ada Danau Ranu Grati. Wisata satu ini merupakan danau alami yang terletak di sekitar lereng Gunung Bromo.

Alamat : Jalan Nuri Raya, Brandong, Ranu Klindungan, Kecamatan Grati, Pasuruan, Jawa Timur
Lokasi : Google Maps
Harga tiket : Rp2.500
Jam buka : 07.00 – 17.00

Sejarah Danau Ranu Grati

Danau Ranu Grati termasuk danau bersejarah yang memiliki cerita tersendiri. Melansir dari situs pasuruankab.go.id, semuanya bermula dari kedatangan seorang wanita cantik bernama Endang Sukarni. Ia adalah seorang putri dari Kerajaan Mataram Kuno yang begitu tersohor pada masanya.

Awalnya Endang Sukarni berniat menemui Begawan Nyampo. Salah satu sesepuh desa paling dihormati. Tujuannya bertamu ke Sang Begawan tersebut tidak lain karena ingin menimba ilmu. Setelah mendapatkan ijin, Endang harus membantu sang begawan di dapur.

Pada suatu hari Endang merasa terkejut. Tiba-tiba Sang Begawan memberi sebuah pisau suci kepada dirinya. Setelah kejadian itu dan beberapa tahun berlalu, Endang melahirkan seorang bayi laki-laki yang merupakan anak dari Sang Begawan.

Akan tetapi bayi itu tidak seperti manusia pada umumnya. Tubuhnya memiliki sisik seperti ular dan juga ekor. Endang Sukarni menamai bayinya dengan nama Jaka Baru. Anak itu pun tumbuh menjadi seorang pria tampan dan mempunyai kesaktian luar biasa.

Pada masa paceklik, kawasan tempat tinggal Endang Sukarni banyak mengalami kesulitan. Warga pun berusaha mencari solusi agar kondisi tersebut tidak berlarut-larut. Setelah mengetahui bahwa Jaka Baru mampu menyembuhkan seorang pria buta menggunakan sisiknya. Warga pun beranggapan bahwa anak Endang Sukarni itu bisa dijadikan tumbal.

Mendengar hal itu Endang Sukarni marah dan menantang semua warga desa. Lalu ia menancapkan batang lidi ke tanah dan meminta warga untuk mencabutnya. Siapapun yang berhasil melakukan tantangan itu maka Endang Sukarni akan bersiap pergi dari desa.

Satu per satu orang mencoba mencabut batang lidi itu. Sayangnya tidak ada yang berhasil. Akhirnya Endang Sukarni mencabutnya sendiri dan mengucapkan sumpah serapah kepada warga desa. Bekas tancapkan batang lidi itu pun mengeluarkan air yang cukup deras hingga membentuk sebuah Danau Ranu Grati yang kamu kenal sekarang ini.

Terlepas dari cerita legenda tersebut. Menurut para ilmuwan, Danau Ranu Grati muncul secara alami karena adanya aktivitas vulkanis dari Gunung Berapi. Luas danau tersebut sekitar 1.085 hektare dengan tingkat kedalaman 74.07 meter.

Aktivitas Seru

Banyak aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di Danau Ranu Grati . Misalnya saja jalan-jalan santai sambil menikmati pemandangan alamnya. Sejauh mata memandang kamu bisa melihat langit biru bersanding dengan hamparan perairan luas.

Apalagi udara sekitarnya terasa begitu sejuk sehingga membuat kawasan Danau Ranu Grati semakin nyaman. Belum lagi dengan hadirnya embusan angin sepoi-sepoi dan suara kicauan burung yang terdengar merdu. Sungguh suasananya bak surga dunia dalam negeri dongeng.

Tidak sekedar jalan-jalan santai saja. Masih banyak aktivitas lainnya yang tak kalah seru. Penjelasan lebih lengkap bisa kamu simak pada ulasan berikut ini.

Berswa Foto

Danau Ranu Grati memiliki sejumlah spot foto unik dan menarik. Dijamin hasil fotonya bakalan bagus sewaktu kamu memasangnya di media sosial. Pihak pengelola telah membuat sebuah spot foto berupa bangunan dermaga dengan hiasan lampu-lampu cantik.

Saat malam hari lampu-lampu itu akan menyinari seluruh isi dermaga. Cahayanya yang terang benderang begitu indah berpadu dengan kegelapan langit malam. Kamu pasti akan langsung terpesona ketika melihatnya pertama kali.

Tepat di ujung dermaga masih ada satu spot foto lainnya. Ada ornamen hati besar dengan warna putih menghadap ke arah Danau Ranu Grati. Pengunjung biasa menyebutnya “Love Spot”. Spot ini sangat cocok untuk background foto sepasang muda-mudi yang sedang mabuk cinta.

Memancing

1692685997347
Sumber : Google Maps/Bintang Nirtara

Danau Ranu Grati yang perairannya begitu luas adalah tempat memancing paling hits di Pasuruan. Warna air yang jernih memungkinkan beragam jenis ikan hidup di sana. Seperti Ikan Nila, Ikan Patin, dan Ikan Mujair. Tak terkecuali Ikan Lempuk yang hanya ada di Danau Ranu Grati.

Waktu terbaik untuk memancing tentu saja pagi hari. Dimana udara sedang segar-segarnya dan cuaca juga tidak terlalu panas. Kamu bisa sembari bersantai menunggu tangkapan tanpa perlu takut terkena paparan sinar matahari.

Kalau hari biasa kunjungan wisatawan yang ingin memancing terbilang sedikit. Namun, jika sudah masuk hari libur suasananya ramai. Tidak hanya pria saja yang memancing. Terkadang ada juga beberapa pengunjung perempuan meski jumlahnya sedikit.

Bersantai di Tepi Danau

1692686050862
Sumber : Google Maps/Bintang Nirtara

Semisal pikiran kamu sedang stres atau sedang banyak tekanan karena pekerjaan, cobalah beristirahat sejenak dengan liburan ke Danau Ranu Grati. Pesona alam wisata ini telah menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan yang ingin mencari ketenangan. Suasana sepi dan sunyi dari tempat ini setidaknya dapat menghilangkan rasa suntuk dalam pikiran.

Latar Belakang Pegunungan Tengger tersaji epik dengan keindahan langit kebiruan. Pemandangan danaunya yang berwarna kehijauan serasa mampu memanjakan mata para pengunjung. Ditambah lagi dengan keramahan penduduk sekitar hingga membuat wisatawan merasa nyaman untuk tinggal lama.

Di pinggir danau sudah ada fasilitas dermaga cinta sebagai tempat bersantai. Bangunan tersebut cukup luas dengan papan kayu menjadi pijakan lantainya. Di sini pengunjung juga bisa mengambil foto menggunakan latar belakang Danau Ranu Grati.

Mencoba Wahana Air

Liburan di Danau Ranu Grati semakin menyenangkan dengan hadirnya beberapa wahana air. Pertama ada perahu bebek yang akan membawa kamu menjelajahi area perairannya. Satu perahu hanya muat untuk dua orang saja. Pengoperasiannya sangat mudah karena tinggal mengayuh pedal yang terletak di bagian bawah.

Kedua ada wahana perahu kayu yang bisa diisi banyak orang. Untuk menjalankan perahu tersebut harus menggunakan dayung. Tidak ada mesin atau alat bantu apapun. Semuanya dikendalikan secara manual menggunakan kedua tangan.

Tenang saja kamu tidak perlu mendayung sendiri. Sudah ada petugas khusus yang diberi tanggung jawab itu. Kamu tinggal duduk santai dan nikmati saja pemandangan alam Danau Ranu Grati yang mempesona.

Fasilitas Umum

Fasilitas Umum di wisata Danau Ranu Grati sudah cukup lengkap. Pengunjung hanya perlu memanfaatkannya sebaik mungkin agar tidak cepat rusak. Berikut beberapa fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola.

  • Toilet umum
  • Mushola
  • Area camping ground
  • Area outbound
  • Tempat parkir luas
  • Warung makan

Tips Berkunjung

Jangan sampai liburan kamu ke Danau Ranu Grati jadi kacau karena kurangnya persiapan. Maka dari itu sebelum berangkat pastikan sudah buat persiapkan jauh-jauh hari. Agar semuanya berjalan lancar coba perhatikan beberapa tips berikut.

  • Pilihlah waktu keberangkatan dengan kondisi cuaca tidak mendung.
  • Datanglah pada pagi atau sore hari jika tidak ingin merasa kepanasan.
  • Ajak teman, keluarga, sahabat, atau pasangan supaya suasananya jadi lebih seru.
  • Jagalah kebersihan, keamanan, dan ketertiban selama berada di tempat wisata.
  • Abadikan setiap momen menggunakan kamera ponsel untuk kenang-kenangan.

Perjalanan menuju Danau Ranu Grati memang tergolong lumayan jauh bagi kamu yang berada di luar Pasuruan. Tetapi rasa lelah itu akan hilang dengan sajian alamnya yang hijau nan asri. Sekian pembahasan kali ini, semoga liburanmu menyenangkan dan tidak ada hambatan sama sekali.

Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments