Truck Collision Attorney, Construction Accident Lawyer Near Me, Accident Attorney Fresno CA, Pedestrian Accident Attorney Near Me, Truck Accident Attorney Near Me, Oil Rig Injury Lawyer, Motorcycle Accident Lawyer Near Me, Offshore Accident Lawyer, El Paso Accident Lawyers, Birth Injury Lawyer Near Me, Car Accident Lawyer Near Me, Personal Injury Attorney Nearby, Mesothelioma Attorney Assistance, 18 Wheeler Accident Lawyer San Antonio, Mesothelioma Law Firm, Wrongful Death Attorney Near Me, Houston Trucking Accident Attorney, Truck Accident Attorney Dallas, Aviation Accident Lawyer, Car Accident Lawyer Jacksonville, DUI Defense Lawyer, Maritime Lawyer New Orleans, California Auto Accident Lawyer, Auto Accident Attorney California.

Suguhan 5 Wisata Kuliner Pecel Legendaris Blitar yang Sayang Untuk Dilewatkan!

Pecel Legendaris Blitar

Seperti kita ketahui bersama bahwasanya Blitar merupakan kota kecil yang berada di Provinsi Jawa Timur. Kota yang dikenal sebagai tempat kelahiran Bung Karno ini menyimpan sejuta pesona. Salah satunya beragam wisata kuliner yang begitu memanjakan lidah.

Misalnya saja yang baru-baru ini tengah viral adalah pecel legendaris Blitar. Selain terkenal akan kenikmatan soto Blitar, kota ini juga mempunyai sajian nasi pecel legendaris.

Di wisata Blitar, kamu bisa menemukan banyak warung makan yang menjual makanan tradisional satu ini. Bahkan sebagian ada yang sudah berusia puluhan tahun dan masih tetap eksis hingga sekarang.

Kalau kamu sedang berkunjung ke Blitar jangan lupa mencicipi nasi pecelnya. Tidak perlu khawatir soal harga, karena seporsinya dijual dengan tarif yang masih relatif terjangkau. Untuk daftar tempatnya akan dijelaskan lebih detail pada sub berikut. Jadi kamu harus membaca artikel Pecel Legendaris Blitar ini sampai selesai.

Tempat Makan yang Menjual Pecel Legendaris Blitar

Wisata kuliner yang wajib kamu coba saat berkunjung ke Blitar adalah nasi pecelnya. Perpaduan bumbu kacang dan sayuran segar terasa begitu nikmat kala disantap siang hari. Bisa juga dijadikan santapan pagi hari sebagai menu sarapan utama sebelum memulai aktivitas.

Kandungan vitamin dalam sayuran akan membuat tubuh kamu terasa lebih sehat dan bugar. Bagi yang tidak suka menyantap nasi, pecel legendaris Blitar ini bisa jadi alternatif menu sarapan bergizi. Semisal kamu tidak tahu cara membuatnya bisa langsung beli saja di beberapa warung makan Pecel Legendaris Blitar berikut ini.

1. Nasi Pecel Mbok Sani

1691576793067
Sumber : Google Maps/Bimbim Razor

Alamat : Kembangan, Sumberjo, Kecamatan Sanankulon, Kabupaten Blitar, Jawa Timur
Lokasi : Google Maps
Jam buka : 05.45 – 10.00 WIB

Warung makan pertama yang menyajikan menu pecel legendaris Blitar adalah Nasi Pecel Mbok Sani. Lokasinya ada di sekitar Dusun Kembangan, Desa Sumberjo, Kecamatan Sanankulon. Tepatnya terletak di sebuah gang kecil yang cukup sempit. Kebanyakan pelanggan Mbok Sani adalah warga sekitar.

Nasi Pecel Mbok Sani ini sudah beroperasi mulai dari tahun 1970. Awalnya beliau menjual nasi pecelnya dengan berkeliling di sekitar pasar-pasar terdekat. Namun, karena faktor usia akhirnya beliau memutuskan berjualan di rumah saja.

Pada tahun 2017 lalu, Mbok Sani telah berpulang ke Rahmatullah dan usaha pecelnya diteruskan oleh anak-anaknya. Meskipun sang pemilik telah berganti, tetapi cita rasa nasi pecelnya tetap enak seperti dulu. Memang tidak ada perubahan apapun karena masih menggunakan resep dari Mbok Sani.

Cara memasak nasi pecel di warung makan ini masih tradisional. Mulai dari menanak nasi, mengolah sayur, dan menggoreng lauk tetap menggunakan tungku kayu. Maka jangan heran jika rasa nasi pecelnya mempunyai cita rasa yang khas. Satu porsi pecelnya bisa kamu nikmati dengan hanya membayar Rp9.000.

2. Pecel Lambe Ndower

1691576950642
Sumber : Google Maps/Wienii Syarifah

Alamat : Jalan Irian No. 05 Banjarjo, Jajar, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar, Jawa Timur
Lokasi : Google Maps
Jam buka : 04.30 – 12.00 WIB

Buat kamu yang suka menyantap makanan pedas cobalah datang ke warung makan Pecel Lambe Ndower. Di sana kamu bisa mencicipi hidangan seporsi pecel legendaris Blitar yang memiliki rasa ekstra pedas. Bahkan menurut penuturan beberapa orang, tingkat kepedasannya mencapai level 9.

Begitu suapan pertama pasti lidah langsung merasa kepedasan hingga berurai air mata. Dijamin bibir kamu berubah jadi warna kemerahan dan sedikit membengkak. Meskipun terasa sangat pedas, tetapi tidak sampai menyebabkan perut terasa sakit.

Berdiri sejak tahun 2008 dan kini sudah memiliki beberapa pelanggan setia. Kebanyakan berasal dari kaula muda yang memang hobi makan makanan pedas. Menariknya pembeli boleh menambah sendiri sambal kacangnya semisal kurang pedas.

Buat yang tidak bisa makan pedas jangan risau. Pemilik juga menyediakan sambal dengan tingkat kepedasan berukuran sedang. Apabila masih terasa pedas cobalah memesan minuman es dawet sagu. Rasanya yang gurih sekaligus menyegarkan dapat menghilangkan rasa pedas seketika.

3. Nasi Pecel Pandean

1691577107899
Sumber : Google Maps/andi nugroho

Alamat : Jalan Nasional III No. 42 Tenggok, Pandean, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar, Jawa Timur
Lokasi : Google Maps
Jam buka : 07.00 – 14.00 WIB

Warung makan Nasi Pecel Pandean memang tidak jauh berbeda dari warung lainnya. Bentuk bangunannya kecil dan sedikit sempit. Jadi untuk menemukan lokasinya agak kesusahan. Semisal kamu sudah sampai di wilayah Pandean bisa bertanya kepada warga sekitar agar tidak tersesat.

Hanya dengan membayar Rp10.000 kamu sudah bisa menikmati seporsi nasi pecel paket lengkap. Di dalamnya ada tambahan lauk seperti rempeyek, tahu, tempe, telur, dan perkedel. Kalau tidak pakai telur harganya jadi lebih murah, yakni Rp7.000.

Selesai menyantap nasi pecelnya, cobalah memesan es dawet untuk menghilangkan rasa dahaga kamu. Seporsinya hanya dibanderol dengan harga Rp3.000. Isiannya ada bubur sumsum, es cendol, dan agar-agar. Supaya lebih nikmat ditambahkan pula siraman kuah santan bersama campuran gula merah cair.

4. Nasi Pecel Mbok Bari

1691577261119
Sumber : Google Maps/Muhammad Nurkhidzir

Alamat : Jalan Ir. Soekarno No. 189 Sentul, Kecamatan Kepanjenkidul, Kota Blitar, Jawa Timur
Lokasi : Google Maps
Jam buka : 05.30 – 15.00 WIB

Dibandingkan nasi pecel di warung lainnya, Nasi Pecel Mbok Bari sudah sangat melegenda di Kota Blitar. Rasa bumbu pecelnya yang khas membuat warung ini tetap bertahan selama 60 tahun lebih. Warung pecel ini sebenarnya memiliki beberapa cabang. Akan tetapi warung aslinya ada di Jalan Ir. Soekarno No. 189 Sentul, Kecamatan Kepanjenkidul.

Dulunya sang pemilik pertama bernama Subari hanya berjualan menggunakan lincak atau meja pendek. Ia dan istrinya menggelar angkringan di sisi timur trotoar sekitar Jalan Ir. Soekarno pada tahun 1963. Dimana pada saat itu sedang terjadi letusan Gunung Agung di Bali.

Dari sebuah angkringan sederhana, kini warungnya sudah mempunyai 6 cabang. Dan juga menjadi salah satu wisata kuliner paling populer di Blitar. Satu hal yang membuat pecel di sini terasa begitu lezat ialah menggunakan bumbu racikan yang diwariskan secara turun temurun.

5. Warung Asmara

1691577430334
Sumber : Google Maps/warung asmara

Alamat : Kali Pucung II, Kalipucung, Kecamatan Sanankulon, Kabupaten Blitar, Jawa Timur
Lokasi : Google Maps
Jam buka : 06.00 – 12.00 WIB

Warung Asmara menjadi salah satu warung makan yang menyediakan pecel Blitar legendaris dengan cita rasa berbeda. Seporsi nasi pecel disajikan bersama lauk pauk yang menggugah selera. Diantaranya ada rempeyek, tempe, dan perkedel kelapa.

Mencari lokasinya pun tidak terlalu sulit. Kamu bisa menjangkaunya menggunakan kendaraan umum atau pribadi menuju wilayah Kalipucung. Tempatnya cukup luas sehingga mampu menampung banyak pengunjung sekaligus.

Pemilik warung makan ini tidak hanya menyuguhkan nasi pecel saja. Ada juga menu lain yang tak kalah nikmat seperti jenang sumsum. Biasanya para pengunjung akan memesannya setelah menyelesaikan santapan nasi pecelnya. Kalau mau di bawa pulang juga bisa. Nanti akan dibungkus menggunakan kemasan khusus bersama daun pisang.

Itulah beberapa warung makan yang menyediakan menu nasi pecel legendaris Blitar. Diantara kelima tempat tadi kira-kira mana yang akan kamu pilih? Apapun itu semoga kamu menikmatinya dan jangan sungkan-sungkan untuk mencobanya lagi.

Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments