Surya Kencana, 5 Kulineran Melegenda di Bogor

Surya Kencana Bogor

Surya Kencana, Bogor merupakan salah satu pusat kulineran dengan konsep budaya China. Jalan, dinding, dan ornamen yang ada di sana didominasi dengan warna merah.

Bagi sebagian wisatawan jalan-jalan ke Surya Kencanatidak hanya untuk menikmati kulineran yang legendaris saja, di sana juga kita bisa mencoba beberapa spot foto yang unik.

Alamat : Jalan Surya Kencana Bogor, Jawa Barat.
Map : Klik disini.
Jam Buka : 24 jam.

Toko-toko kelontong yang ada di Surya Kencana ini sudah berdiri sejak tahun 1960an. Tidak heran jika setiap toko kelontong tersebut telah memiliki banyak pelanggan setia. Bahkan tidak hanya warga Bogor saja, beberapa pengunjung datang dari luar kota seperti Jakarta, Depok, Bekasi, dan sebagainya.

Makanan Legendaris Surya Kencana

Di Surya Kencana kita bisa menemukan beberapa makanan legendaris yang sampai saat ini cita rasanya tidak berubah sedikit pun. Makanan tersebut yaitu :

1. Lumpia Basah Gg Aut

Lumpia basah yang satu ini sudah ada sejak tahun 1972. Berbeda dengan lumpia basah pada umumnya, Lumpia Basah Gg Aut ini dimasak menggunakan arang.

Biasanya kita akan menemukan rebung di dalam olahan lumpia basah, tetapi untuk lumpia basah yang satu ini berisi bengkoang, tahu goreng, tauge, dan telur. Rasanya daru Lumpia Basah Gg Aut ini tidak diragukan lagi.

Lumpia Basah Gg Aut ini dibanderol dengan harga Rp 15.000 per porsi.

2021 11 11
Googlemaps/intancennie

2. Bir Kotjok Abah

Mendengar kata bir mungkin sekilas kita akan berfikir mengenai salah satu minuman yang memabukan. Namun, Bir Kotjok Abah ini merupakan minuman tradisional yang memiliki khasiat baik untuk kesehatan.

Bir Kotjok Abah ini mengandung jahe merah, kayu manis, cengkeh, gula pasir, dan aren. Meskipun terkesan sederhana, banyak wisatawan datang ke Surya Kencana hanya untuk mencoba minuman tersebut.

Bir Kotjok Abah ini sudah ada sejak tahun 1965. Minuman ini dibanderol dengan harga Rp 5.000. Kamu bisa mencoba membuatnya sendiri dengan mengikuti resep jajanan Bogor yang pernah Setapak Langkah tulis sebelumnya.

Wisata Menarik Lainnya :  Wisata Situ Cinangsi Bogor, Wisata Keluarga Murah Meriah

3. Cungkring Pak Jumat

Kuliner yang satu ini identik dengan gerobak gendong berwarna toska. Cungkring merupakan kulineran khas Bogor dengan berbahan dasar kikil. Mungkin ketika berkunjung ke Bogor kita bisa menemukan cungkring dengan sangat mudah, namun satu-satunya cungkring yang melegendaris di Bogor yaitu Cungkring Pak Jumat.

Cungkring Pak Jumat ini sudah ada sejak tahun 1975. Cungkring ini berisi kikil, kulit, keripik tempe, lontong, dan bumbu kacang. Cungkring Pak Jumat ini dibanderol dengan harga Rp 5.000 per porsi.

2022 06 19
Googlemaps/Nolianto Ananda

4. Soto Kuning Pak Yusuf

Soto Kuning Pak Yusuf ini memiliki cita rasa yang tidak pernah berubah meskipun pemiliknya saat ini merupakan cucunya. Bumbunya yang kental dengan rasanya yang menggiurkan tentu saja menarik perhatian wisatawan.

Soto Kuning Pak Yusuf ini disajikan dengan potongan daging sapi, irisan tomat, kuah kaldu, perkedel kentang, dan lainnya. Kita juga bisa memilih isian lainnya seperti babat, paru, limpa, maupun kikil. Harganya dibanderol mulai dari Rp 30.000 per porsi.

5. Nasi Goreng Guan Tjo

Nasi goreng ini terkenal dengan menunya yang sedikit nyentrik dari yang lainnya. Di sana kita akan dihidangkan beberapa nasi goreng dengan toping yang bervariasi seperti pete, jengkol, maupun daging.

Nasi goreng pete termasuk salah satu menu paling laris yang ada di sana. Bahkan satu porsi Nasi Goreng Guan Tjo ini cukup banyak. Harganya dibanderol mulai dari Rp20.000.

2020 01 11
Googlemaps/johann sanjaya

Wisatawan dari Bogor atau wisatawan yang ingin mengunjungi Bogor, bisa kulineran di Surya Kencana untuk mencicipi lezatnya makanan yang melegenda. Biasanya pada akhir pekan dan libur nasional Surya Kencana selalu saja dipadati para wisatawan sehingga kita harus bisa mengatur waktu agar tidak kehabisan.

Rate this post
Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.
Avatar for Erisa Vindia
Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.