Shila Tirta, Wisata Pemandian Murah Meriah di Tumpang – Malang

Shila Tirta

Kali ini, Setapak Langkah akan mengajak kamu mengintip salah satu wisata pemandian murah meriah yang ada di Desa Bokor Kecamatan Tumpang, sebut saja Shila Tirta.

Seiring berjalannya waktu, Tumpang lagi-lagi berhasil ikut andil dalam menambah daftar panjang destinasi wisata yang ada di kawasan Malang Raya.

Bukan Tumpang namanya jika tidak memiliki beragam destinasi wisata yang diilhami dari potensi alam yang dimilikinya, seperti banyaknya pegunungan hingga potensi sumber air yang dimiliki.

Selain terkenal dengan slogan ‘surganya air terjun’, Malang melalui daerah kecamatan yang satu ini juga memiliki banyak sekali objek wisata pemandian yang eksotis lho!

Alamat : Jl. Raya Tumpang, Tumpang ll, Bokor, Kec. Tumpang, Kab. Malang, Jawa Timur.
Map : klik disini.
Jam Buka : 08.30 – 16.30 WIB (Jum’at Tutup).
Harga Tiket Masuk : Rp 10.000,-

Ya, Shila Tirta merupakan wisata pemandian yang asyik namun ramah di kantong. Bagaiman tidak? hanya dengan merogoh kocek sebesar 10 ribu rupiah saja kamu sudah bisa beraktivitas di sana bersama keluarga.

Sedangkan untuk anak yatim, Shila Tirta sama sekali tidak memungut biaya tiket masuk sepeser pun alias gratis. Karena hal itu sudah menjadi aturan mutlak yang ditetapkan oleh pemilik tempat wisata.

Shila Tirta ini mulai dibuka pada Juli 2020 lalu, bertepatan dengan Idul Adha atau hari raya kurban. Meskipun tergolong baru, wisata pemandian yang eksotis itu nyatanya telah banyak menyita perhatian masyarakat setempat.

Saat hari biasa, Shila Tirta kerap dipadati oleh pengunjung terutama saat weekend dan musim liburan. Tak jarang juga tempat wisata yang satu ini dimanfaatkan sebagai tujuan wisata beberapa lembaga pendidikan setingkat Taman Kanak-Kanak.

Review Shila Tirta Tumpang

Meskipun tergolong masih baru, Shila Tirta nyatanya mampu menyedot perhatian masyarakat setempat bahkan hingga luar daerah.

Selain harga tiket masuk (HTM) yang sangat terjangkau, ternyata wisata pemandian yang satu ini juga memiliki ragam fasilitas yang kerap menjadi magnet bagi para pengunjung.

Wisata Menarik Lainnya :  7 Tempat Menyelam di Nusa Penida Bali, Indonesia

Kolam renang yang ada telah dilengkapi dengan waterboom dengan beragam bentuk dan warna, sehingga dijamin akan membuat si kecil betah untuk berlama-lama di sana.

Selain untuk sekedar aktivitas hiburan, ternyata kolam-kolam itu juga bisa digunakan untuk les renang lho! Kamu bisa belajar berenang dengan pendamping yang sudah ahli dan terpercaya.

Selain wahana waterpark yang seru, tempat wisata yang eksotis ini juga menyuguhkan pemandangan sekitar kolam renang yang sedikit berbeda.

Jika pada umumnya gazebo di sekitar kolam hanya terdiri dari sepasang meja-kursi, namun lain halnya dengan Shila Tirta ini yang juga menyediakan tempat lesehan di salah satu sisi kolam.

Tempat lesehan itu cukup luas dan terlihat sederhana dengan balutan tikar-tikar yang tergelar rapi di sepanjang sudut lesehan. Pengunjung bisa beristirahat santai ataupun melepas lelah di sana.

Tak sampai di situ, beberapa wahana ayunan yang terpasang di tiap sisi kolam juga kerap menambah keseruan para pengunjung terutama anak-anak untuk menghabiskan waktu di sana.

Tak heran jika tempat wisata yang unik ini kerap menjadi pilihan wisatawan untuk menghabiskan waktu liburan yang seru namun dengan biaya yang sangat terjangkau.

Fasilitas di Shila Tirta Tumpang

shila tirta kolam renang dan cafe
Kolam Renang Shila Tirta dengan Fenomena Jembatan Merah di Tengahnya

Fasilitas utama yang kerap menjadi incaran para pengunjung yakni kolam renang. Ada 2 kolam renang yang sengaja didesain untuk anak-anak dan juga remaja, dengan kedalaman yang sedikit lebih curam dari kolam anak-anak.

Kedua kolam tersebut berada berdampingan. Di tengah-tengah kolam terdapat sebuah jembatan berwarna merah yang semakin menambah eksotis pemandangan di area kolam tersebut.

Selain 2 kolam renang, kamu juga bisa memanjakan mata dengan menikmati indahnya taman-taman yang tersusun rapi di tiap sisi jalan setapak menuju kolam tersebut.

Saat perut mulai terasa keroncongan usai beraktivitas, kamu juga bisa bertengger sejenak di kafe-kafe yang ada di sekitar kolam renang. Menu yang disediakan cukup beragam dengan harga yang terjangkau pula.

Fasilitas umum seperti kamar ganti, toilet, hingga mushola dengan segala perlengkapannya juga turut memenuhi tempat wisata yang berada di Desa Bokor tersebut.

Wisata Menarik Lainnya :  Es Tawon Kidul Dalem: Harga Menu dan Info Kuliner Malang 2022

Eits.., ada satu hal lagi yang cukup menarik ! Ternyata Shila Tirta juga membuka lebar pintunya bagi siapa saja yang ingin menyewa tempat untuk berbagai keperluan acara, bahkan acara prewedding dengan segala fasilitas pendukungnya.

Dengan keindahan pemandangan sekitar yang dimiliki, tak jarang Shila Tirta ini menjadi pilihan beberapa masyarakat untuk melakukan aktivitas prewedding bahkan hingga resepsi pernikahannya.

Bagaimana dengan tempat parkir? Jangan khawatir! Shila Tirta menyediakan area parkir yang sangat luas bahkan untuk puluhan kendaraan, dengan tarif Rp 3000 untuk kendaraan roda 2, dan Rp 5000 saja untuk kendaraan roda 4.

Bagaimana? Apa kamu tertarik? Yuk, segera ajak keluarga atau kerabat untuk bersenang-senang menghabiskan waktu liburan di Shila Tirta Tumpang yang murah meriah ini.

Kapan lagi kamu bisa menikmati sensasi kolam renang dengan lesehan sebagai tempat bersandarnya jika tidak di Shila Tirta Tumpang yang eksotis ini? Selamat berlibur!

5/5 - (1 vote)
Hal paling disukai adalah mengungkapkan perasaan/aspirasi lewat tulisan. Lewat pena serta story yang baik, saya harap kamu menyukai tulisan ini.
Avatar for Risqi Isrotul Maghfiroh
Hal paling disukai adalah mengungkapkan perasaan/aspirasi lewat tulisan. Lewat pena serta story yang baik, saya harap kamu menyukai tulisan ini.