Tirta Buana Batu – Rekomendasi Liburan Menghemat Cuan

Kolam Renang Tirta Buana Batu

Kolam Renang Tirta Buana Batu merupakan destinasi wisata Kota Batu yang tak henti-hentinya menghadirkan destinasi wisata yang sangat asyik, menarik sekaligus ramah di kantong.

Ya, kota yang bergelar ‘kota wisata’ itu memang memiliki sejuta destinasi wisata yang banyak menarik wisatawan karena keindahan serta harga tiket yang sangat terjangkau.

Alamat : Jl. Gondo Rejo Patimura, Gang VI Temas, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur, 65316.
Map : Klik disini.
Jam Buka : Kamis – Minggu pukul 07.30 – 17.00 WIB.
Harga tiket : Rp 6.000,00-

Di salah satu jalan di Desa Temas tepatnya, berdiri sebuah wisata air yang diberi nama Tirta Buana Batu. Yakni wahana kolam renang dengan segala fasilitas di dalamnya.

Awalnya, lahan yang kini digunakan sebagai tempat wisata itu adalah serpihan dari perkebunan kelapa sawit yang luasnya mencapai lebih dari 1 hektar.

Seiring berjalannya waktu, pemilik perkebunan kelapa sawit itupun menyulap sebagian kecil lahannya menjadi sebuah tempat wisata air yang hingga kini dapat dinikmati oleh semua masyarakat Batu dan sekitarnya.

Harga tiket yang ditawarkan juga dijamin akan membuat para pengunjung gigit jari. Bagaimana tidak? Hanya dipatok dengan harga 6.000 rupiah saja, pengunjung sudah bisa sepuasnya menikmati wahana kolam renang beserta fasilitas di dalamnya.

Daya Tarik Wisata Air Tirta Buana Batu

Tempat wisata ini memiliki kolam renang yang sengaja didesain baik untuk kalangan anak-anak maupun orang dewasa.

Di dalam kolam renang yang bersih, kamu juga bisa mengajak si kecil untuk bermain seluncuran dengan beragam bentuk dan ukuran.

Selain kolam renang dengan kedalaman yang beraneka ragam, kamu juga akan disuguhkan dengan arena playground yang siap untuk memanjakan si kecil menghabiskan waktu di sana.

Bukan hanya itu, setiap dinding yang mengelilingi kawasan wisata air tersebut dicat sedemikian rupa dengan gambar-gambar menarik yang dijamin tidak akan membuatmu dan si kecil merasa bosan.

Harga tiket yang murah meriah, serta segala fasilitas dan pemandangan yang ada di dalamnya seakan menjadi magnet tersendiri bagi setiap pengunjung yang datang.

Tak heran jika tempat wisata ini tidak pernah sepi oleh pengunjung, terutama di akhir pekan. Sekarang, giliran kamu untuk mencobanya!

Wisata Menarik Lainnya :  Kampoeng Wisata De Berran - Wisata Murah Meriah di Kota Apel

Fasilitas di Wisata Air Tirta Buana Batu

Ada beberapa fasilitas yang tersedia di tempat wisata ini. Hanya dengan uang sebesar 6 ribu rupiah, kamu sudah bisa menikmati semua fasilitas yang ada antara lain:

1. Kolam Renang

IMG 20220729 111958 COLLAGE
Kolam Renang Tirta Buana Batu

Tentu saja, kolam renang adalah wahana utama yang menjadi ikon tempat wisata ini. Ada 3 jenis kolam renang yang disediakan.

Jika kamu bersama buah hati, kamu bisa mengajaknya bermain di kolam renang yang dikhususkan untuk anak-anak, yang telah dilengkapi dengan aneka waterboom seperti seluncuran dengan berbagai bentuk dan ukuran.

Untuk orang dewasa, tersedia kolam renang dengan kedalaman mencapai 170 sentimeter.

Jangan takut hujan, karena di salah satu kolam renang sudah dilengkapi dengan penutup/pelindung semacam terpal yang akan melindungimu dari hujan maupun teriknya matahari.

Yang menarik, selain seluncuran berbahan plastik, di kolam renang untuk anak-anak juga terdapat seluncuran permanen yang tersusun dari bahan semen dan dibentuk menyerupai goa seluncuran.

Tidak hanya itu, di salah satu kolam renang juga terdapat semacam wahana flying fox, yang akan mengajakmu bergelantungan asyik tepat di atas kolam renang tersebut.

Selain itu, di sekitar kolam juga terdapat tempat penyewaan perlengkapan renang mulai dari baju renang, pelampung, serta perlengkapan lainnya.

2. Gazebo

IMG 20220729 112026 COLLAGE
Gazebo Tirta Buana Batu

Di sekeliling kolam, kamu akan dimanjakan dengan beberapa gazebo lengkap dengan properti meja dan kursi.

Bersamaan dengan itu, hiasan warna-warni di sepanjang dinding dengan beragam motif juga pasti akan membuat momen bersantaimu semakin berkesan.

Kamu bisa mengawasi si kecil dengan duduk bersantai sambil menikmati makanan/cemilan di gazebo-gazebo unik tersebut.

3. Kedai Makanan

Screenshot 20220728 050929
Kedai Makanan Tirta Buana Batu

Jangan khawatir ketika kamu merasa lapar, atau tidak sempat membawa bekal makanan dari rumah. Di area kolam renang telah disediakan kedai makanan yang menyuguhkan beraneka menu makanan.

Mulai dari makanan ringan hingga berat ada di sana. Harganya pun juga bisa dibilang setara dengan harga makanan di warteg-warteg yang biasa kamu kunjungi.

Kamu bisa menikmati aneka makanan yang ada dengan duduk santai di area gazebo yang tersebar di sekeliling kolam renang.

4. Playground

IMG 20220729 114325 COLLAGE 1
Playground di Sekitar Kolam Renang

Selain kolam renang dengan beragam waterboom, anak-anak juga akan dimanjakan dengan aneka ayunan dengan berbagai motif dan warna yang akan membuat aktivitas si kecil semakin seru dan tidak membosankan.

Wisata Menarik Lainnya :  Pesona Coban Siuk, Air Terjun Eksotis Tersembunyi di Malang

Jadi, ketika si kecil merasa bosan untuk berenang, kamu bisa mengajaknya untuk bermain ataupun sekedar bersantai di atas ayunan berkapasitas 2 sampai 4 orang tersebut.

5. Hiasan Dinding yang Eksotis

IMG 20220729 111856 COLLAGE
Hiasan Dinding yang Eksotis

Ketika memasuki tempat wisata ini, kamu akan disambut dengan dinding-dinding indah dengan beragam motif dan warna yang memenuhi kawasan Tirta Buana Batu.

Di area pintu masuk, kamu akan melihat pemandangan indah senja hari serta lautan yang terhampar indah memenuhi dinding-dinding di area pintu masuk tersebut.

Semakin masuk ke dalam, kamu juga akan disambut hangat dengan beberapa lukisan dinding yang artistik.

Beberapa lukisan dinding bertema pemandangan alam disertai fauna seperti jerapah, pinguin juga akan semakin membuat matamu seakan tak ingin melewatkannya.

Selain lukisan-lukisan dinding yang eksotis, kamu juga akan dibuat kagum dengan adanya replika hewan-hewan seperti buaya, ikan lumba-lumba, serta pinguin yang menghiasi setiap sudut kolam renang.

6. Kamar Mandi

Fasilitas yang satu ini memang selalu dibutuhkan oleh para pengunjung kapanpun dan di manapun. Kamu bisa membilas diri setelah berendam berjam-jam di kolam renang.

7. Kelas Renang (Privat)

Selain beberapa fasilitas umum yang telah disebutkan, ternyata tempat wisata ini juga membuka kelas renang lho!

Bagi kamu yang tidak bisa berenang jangan khawatir, kamu bisa mendaftar untuk mengikuti kelas renang dengan biaya yang cukup terjangkau, yakni 50 hingga 150 ribu rupiah saja tiap bulannya.

8. Area Parkir

Area parkir di tempat wisata ini cukup luas, bisa menampung kendaraan roda dua maupun roda empat. Jadi, kamu bisa menghabiskan waktumu di sini tanpa repot mencari tempat menitipkan kendaraan.

Tips dan Saran Berlibur di Kolam Renang Tirta Buana Batu

Lokasi yang cukup strategis, yakni dekat dengan Lippo Plaza Batu akan lebih memudahkan wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat wisata yang satu ini.

Jalan-jalan yang dilalui untuk menuju kawasan wisata ini juga cukup baik, sehingga sangat bisa untuk diakses baik kendaraan roda dua maupun roda empat.

Terlepas dari segala keindahannya, jangan lupa untuk tetap menerapkan protokol kesehatan di manapun kamu berada, tanpa terkecuali di Tirta Buana Batu.

Jangan lupa untuk membawa atau memakai baju hangat, karena di lokasi wisata ini udaranya tergolong cukup dingin.

Dan ingat satu hal, Tirta Buana Batu hanya dibuka pada hari Kamis-Minggu. Jadi, jangan sampai kamu berkunjung ke sana selain hari itu ya! Semoga harimu menyenangkan.

Rate this post
Hal paling disukai adalah mengungkapkan perasaan/aspirasi lewat tulisan. Lewat pena serta story yang baik, saya harap kamu menyukai tulisan ini.
Avatar for Risqi Isrotul Maghfiroh
Hal paling disukai adalah mengungkapkan perasaan/aspirasi lewat tulisan. Lewat pena serta story yang baik, saya harap kamu menyukai tulisan ini.