Pantai Watu Pecak Lumajang, Wisata dengan Keindahan Alam yang Spektakuler

Pantai Watu Pecak

Liburan ke Jawa Timur jangan hanya mengunjungi tempat wisata mainstream saja. Kamu juga perlu mencoba wisata Bahari. Ada banyak sekali kota di Jawa Timur yang menawarkan destinasi pantai yang mempesona.

Salah satunya adalah Lumajang yang hadir dengan Pantai Watu Pecak. Wisata pantai ini memiliki keindahan alam yang spektakuler. Perpaduan antara hamparan pasir hitam eksotis dengan hembusan angin segar membuat pantai ini selalu menarik untuk dikunjungi saat liburan di Lumajang.

Sekilas Tentang Pantai Watu Pecak

2 4
Instagram.com/jovita_putrisia

Pantai ini termasuk dalam destinasi wisata yang sedang populer di Lumajang. Menariknya wisata pantai ini juga tidak terlalu jauh dari pantai Bambang. Jadi bila mengunjungi tempat ini kamu bisa sekalian menjelajahi pantai-pantai lain di sekitarnya.

Panti Watu Pecak sendiri terletak di antara pantai-pantai selatan terkenal seperti parangtritis dan pelabuhan ratu. Sesuai dengan karakteristik pantai selatan, ombaknya sangat tinggi dan ganas, sehingga berenang di sini tidak disarankan. Meski demikian banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan di sekitar pantai.

Disamping itu Watu Pecak juga memiliki keunikan yaitu adanya sebuah batu besar yang mempunyai tapak harimau di tengahnya. Batu ini dianggap keramat oleh penduduk setempat karena kisah mistis yang melingkupinya. Orang-orang biasanya enggan mendekati batu keramat ini karena aura mistis yang sangat kental.

Pantai Watu Pecak dapat dinikmati kapan saja kamu mau. Namun sebaiknya dihindari pada hari kerja, kecuali jika kamu memang mencari ketenangan. Pada hari kerja warung makan umumnya tutup, dan para nelayan pergi melaut sehingga suasana pantai menjadi sepi.

Sebaliknya, pada akhir pekan pantai ini menjadi ramai dengan kunjungan bukan hanya dari penduduk setempat tetapi juga wisatawan dari luar kota. Kepadatan pengunjung paling tinggi terjadi sekitar tujuh hari setelah Idul Fitri, di mana wisatawan membanjiri pantai ini untuk merayakan “Lebaran ketupat.”

Daya Tarik Pantai Watu Pecak

Berbagai Daya tarik dan aktivitas liburan yang seru bisa kamu temukan di wisata pantai yang satu ini. Beberapa contohnya yaitu:

Pesona Keindahan Alam Pantai Watu Pecak

4 1
Instagram.com/puguh_bagus_herawati

Daya tarik pertama yang akan memukau pengunjung begitu tiba di kawasan wisata ini adalah pesona keindahan alamnya yang tak tertandingi. Pemandangan laut lepas yang mempesona tentunya mampu menghilangkan stress dan lelahmu.

Sementara itu, keeksotisan pasir hitam memberikan sentuhan warna yang mempesona bersama air laut. Pantai Watu Pecak menawarkan ombak yang menggoda, sehingga berenang di sini sangat tidak disarankan dan bahkan dilarang.

Bermain di Pinggir Pantai

Sayangnya di pantai ini kamu tak boleh berenang. Selain itu di sini juga belum ada wahana air seperti yang umumnya ditemui di pantai-pantai di Bali. Tetapi, hal tersebut tidak mengurangi keseruan untuk menikmati kegiatan di tepi laut.

Beberapa orang memilih untuk bermain dengan pasir seperti membuat istana pasir, atau bahkan sekadar bersenang-senang dengan air. Jika datang secara berkelompok maka kamu juga dapat bermain voli pantai atau sepak bola.

Pada akhir pekan, pantai ini begitu ramai dengan banyaknya pengunjung yang berdatangan. Beruntungnya, garis pantai ini cukup panjang sehingga kamu tidak perlu khawatir akan terjebak dalam kerumunan bersama para wisatawan lainnya.

Bersantai Sambil Mencicipi Kuliner Lezat

Nikmati momen istimewa dengan duduk santai di atas pantai yang lembut sambil menjelajahi berbagai kuliner lezat. Deretan warung makan menanti untuk memanjakan lidahmu. Selain menikmati hidangan khas Jawa Timur yang lezat kamu juga dapat merasakan kelezatan hidangan laut.

Jangan lupa untuk mencoba ikan bakar, dengan beragam pilihan ikan seperti selar, kakap, benggol, dan masih banyak lagi, tergantung pada hasil tangkapan nelayan di hari tersebut. Sambil menikmati hidangan berat, jangan lewatkan kesempatan untuk menyeruput air kelapa segar yang diambil langsung dari pohonnya.

Pengalaman khas pantai seperti ini merupakan must-try saat sedang berwisata bahari. Apalagi harganya cukup terjangkau dan tidak akan membuat kantongmu jadi bolong.

Camping

Meskipun di sini tidak tersedia fasilitas camping ground atau persewaan peralatan berkemah banyak pengunjung yang tetap memilih mendirikan tenda di tepi pantai untuk menikmati keindahan laut saat malam tiba. Jika kamu berencana untuk berkemah di sini penting untuk membawa semua perlengkapan sendiri.

Namun, bagi yang belum terbiasa berkemah di alam terbuka sebaiknya pertimbangkan dengan baik sebelum memutuskan untuk mendirikan tenda di sini. Hal ini disarankan karena angin di pantai ini begitu kencang.

Berkuda Mengelilingi Pantai

3 2
Instagram.com/lutfi_risdyanto

Rasakan pesona keindahan alam pantai melalui kegiatan menunggang kuda. Kegiatan yang satu ini pastinya mampu memberikan kesenangan dan pengalaman baru selama liburan. Bahkan bagi kamu yang tidak mahir menunggang kuda tak perlu khawatir karena ada pembimbingnya.

Dalam perjalanan menunggang kuda nikmatilah sejuknya udara pantai yang mampu memberikan kesegaran dan ketenangan. Untuk menikmati fasilitas ini kamu hanya perlu membayar tarif sebesar Rp10.000 untuk pengunjung anak-anak, dan Rp20.000 untuk dewasa.

Hunting Foto

1 8
instagram.com/devitul99

Tentu saja kunjunganmu wajib diabadikan. Jadi meskipun belum ada spot foto khusus hunting foto keren harus tetap kamu coba. Hal ini karena setiap sudut di destinasi ini menawarkan latar belakang yang indah untuk menghasilkan foto yang istimewa.

Jangan lewatkan pula kesempatan untuk menikmati pesona sunset di sore hari. Keindahan sunset ini sangat memukau sehingga pada sore hari biasanya ramai pengunjung karena ingin menikmati panorama matahari terbenam tersebut.

Harga Tiket Masuk Pantai Watu Pecak

Setiap orang yang liburan ke sini akan dikenakan tiket masuk sebesar 5.000 rupiah. Kamu juga perlu membayar tiket parkir untuk kendaraan pribadi. Untuk motor kamu perlu mmebayar parkir sebesar 5.000 rupiah sedangkan mobil sebesar 10.000 ribu rupiah. Pantai ini buka setiap hari selama 24 jam jadi kamu bisa datang kapan saja.

Lokasi Pantai Watu Pecak

Pantai yang indah dan memukau ini ada di Krajan Dua, Selok Awar-Awar, Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang. Jika berencana liburan kesini kamu harus menggunakan kendaraan pribadi. Hal ini karena tempat wisata ini belum terjangkau oleh kendaraan umum.

Fasilitas di Pantai Watu Pecak

Fasilitas yang bisa kamu temui dipantai ini tergolong lengkap. Beberapa diantaranya:

  • Toilet dan kamar mandi umum
  • Gazebo
  • Tempat ibadah
  • Tempat untuk menyewa kuda
  • Tempat parkir yang luas
  • Warung

Bagaimana menurutmu? Apakah pantai Watu Pecak dengan keindahan alam yang spektakuler ini layak untuk dijadikan destinasi liburan? Kalau iya maka wajib hukumnya untuk mempersiapkan diri dan tabungan jauh-jauh hari agar impianmu liburan kesini bisa segera terealisasi.

Avatar for Yeni Susanti
Yeni Susanti Freelance Writer yang memiliki hobi menulis, nonton drama korea serta menulis artikel dengan berbagai tema mulai dari wisata, teknologi, kecantikan, kesehatan dan lain sebagainya.
Avatar for Yeni Susanti
Yeni Susanti Freelance Writer yang memiliki hobi menulis, nonton drama korea serta menulis artikel dengan berbagai tema mulai dari wisata, teknologi, kecantikan, kesehatan dan lain sebagainya.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments