10 Rekomendasi Pantai Eksotis di Gunungkidul yang Wajib Disambangi

Pantai eksotis di Gunungkidul

Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) atau Jogja, dikenal punya banyak destinasi wisata berupa pantai yang indah. Pantai eksotis di Gunungkidul menjadi kawasan pesisir selatan Yogyakarta yang menarik pengunjung dari berbagai daerah.

Mayoritas pantai yang ada di sana memiliki air berwarna biru dengan pasir putihnya yang menawan. Pantai tersebut tentunya tidak kalah cantik dari pantai yang ada di Bali.

Deretan Pantai Eksotis di Gunungkidul

Berikut ini ada beberapa Pantai eksotis di Gunungkidul yang bisa dikunjungi saat liburan di Jogja.

1. Pantai Pok Tunggal

Snapinsta.app 350090231 210068045250318 8754684733922456843 n 1080
Foto via Instagram.com/pinkanbeby34

Pantai Pok Tunggal disebut sebagai the hidden paradise atau surga tersembunyi. Julukan tersebut karena keindahan Pantai eksotis di Gunungkidul ini tersembunyi di balik tebing.

Di beri nama Pok Tunggal karena dalam bahasa Jawa “Pok” artinya pohon dan “Tunggal” artinya satu. Di pantai ini wisatawan akan menemukan satu pohon duras yang tumbuh subuh dan rindang di tempat ini. Masyarakat sekitar menganggap bahwa pohon duras sangat sulit tumbuh di sekitar sana, dan di pantai ini lah satu-satunya pohon duras yang tumbuh.

Pantai Pok Tunggal ini memiliki air berwarna biru jernih dengan pasir putihnya yang berkilauan. Meskipun pantai ini berbatasan langsung dengan Samudra Hindia, namun ombaknya dinilai tenang. Sehingga pantai ini aman untuk berenang maupun snorkeling.

Pantai ini punya aliran sungai bawah tanah dengan air yang tawar. Sungai ini menjadi sumber air untuk warga Desa Tepus. Keunikan lainnya dari pantai ini yaitu punya tebing-tebing yang menjulang tinggi. Banyak wisatawan yang memanfaatkan spot tersebut untuk berfoto apalagi pada waktu sore hari terkesan begitu indah dengan panorama sunsetnya.

Pantai Pok Tunggal ini beroperasi setiap hari selama 24 jam. Untul harga tiket masuknya sebesar Rp10.000 per orang. Ada pun karcis parkir yang ditaksir mulai dari Rp2.000 hingga Rp5.000.

Alamat: Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

2. Pantai Indrayanti

Snapinsta.app 60782951 297923861084628 6825277142014627780 n 1080
Foto via instagram.com/jogjaviews

Sebenarnya Pantai eksotis di Gunungkidul ini bernama Pantai Pulang Sawal. Namun karena ada rumah makan populer milik sepasang suami istri bernama Indra dan Yanti, pantai ini juga disebut sebagai Pantai Indrayanti.

Pantai Indrayanti ini punya pemndangan pantai selatan yang begitu cantik. Dilengkapi dengan pasir putihnya yang bersih tentu akan memanjakan liburan para wisatawan. Bahkan pantai ini juga memiliki deretan tebing yang bisa dijadikan sebagai spot foto instagramable.

Di sana, wisatawan bisa menikmati keindahan matahari terbenam. Selain itu, wisatawan juga bisa berjemur, berenang, bermain pasir, hingga snorkeling.

Pantai Indrayanti juga punya fasilitas yang cukup lengkap seperti toilet, gazebo, warung makan, deretan kios souvenir, dan masih banyak lagi. Untuk tiket masuknya sebesar Rp10.000 per orang.

Alamat: Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta.

3. Pantai Timang

Snapinsta.app 23734448 132274294151796 1709734714266353664 n 1080
Foto via Instagram.com/adventuretravels

Dulunya, Pantai eksotis di Gunungkidul bernama Timang tidak dijadikan sebagai destinasi wisata. Tempat ini dijadikan sebagai tempat nelayan mencari lobster. Hal itu lantaran lobster dikenal hidup di karang dan bebatuan sehingga menemukannya terbilang mudah dengan topografi Pantai Timang yang penuh dengan batuan karang bertebing batu.

Untuk sampai di pulau ini, nelayan setempat menyediakan sebuah gondola yang bisa digunakan untuk menyebrang. Dengan tebing yang tinggi, ombak yang ganas, serta pulau-pulau kecil di sekelilingnya, membuat momen liburan ke Pantai Tirang ini sangat berkesan.

Tidak hanya dijadikan tempat yang menguji adrenalin saja, keindahan Pantai Timang juga wajib diabadikan dalam jepretan kamera. Bahkan di sekitaran sana juga wisatawan dapat kulineran serta mencicipi hidangan lobsternya yang lezat.

Untuk tiket masuk pantai ini sebesar Rp5.000. Sementara untuk tarif menaiki perahu sebesar Rp150.000 satu kali jalan.

Alamat: Desa Tambakrejo, Tugurejo, Tugu, Kota Semarang.

4. Pantai Wediombo

Pantai Wediombo ini merupakan salah satu destinasi wisata Pantai eksotis di Gunungkidul sekaligus konservasi perairan yang dilindungi di Yogyakarta. Pantai ini berbentuk teluk yang kelilingi perbukitan karang dengan hamparan pasir putihnya yang luas.

Karena kawasan ini dijadikan sebagai tempat konservasi, Pantai Wediombo ini masih sangat asri. Pesona pantainya begitu memanjakan para wisatawan, terutama ketika sunset.

Namun daya tarik utama dari Pantai Wediombo ini yaitu adanya kolam alami yang terbentuk dari batuan karang dengan kedalaman hingga 1,5 meter. Ada berbagai aktivitas menarik yang bisa dicoba di sana seperti berenang, berjemur, surfing, snorkeling, hingga berkemah.

Alamat: Desa Balong, Girisubo, Gunungkidul, Yogyakarta.

5. Pantai Sadeng

Pantai Sadeng termasuk dalam deretan Pantai eksotis di Gunungkidul berpasir putih yang punya pemandangan dan daya tarik menarik untuk dijadikan destinasi liburan bersama keluarga. Pantai ini dinilai eksotis dengan airnya yang jernih dan hamparan pasir putihnya yang bersih.

Selain menikmati keindahan Pantai Sadeng, wisatawan juga bisa mampir ke Telaga Suling, mencicipi berbagai macam olahan seafood, memancing, berburu spot foto kece, dan masih banyak lagi. Bahkan wisatawan juga bisa camping di sekitar Pantai Sadeng.

Alamat: Desa Songbayu, Kecamatan Girisubo, Gunungkidul, Yogyakarta.

6. Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran menjadi salah satu wisata unik di Yogyakarta. Tidak hanya pesona alamnya saja yang indah, di Pantai eksotis di Gunungkidul ini juga ada sebuah bangunan yang dijadikan sebagai destinasi wisata budaya dan sejarah.

Bangunan tersebut merupakan sebuah pura, yang dilengkapi dengan patung-patung dewa. Bahkan di setiap sudutnya, wisatawan akan menemukan sesaji bekas ritual sembahyang kejawen.

Bangunan ini berada di atas tebing sehingga dijuluki dengan Tanah Lot Yogyakarta. Selain berfoto di atas tebing dengan keindahan bangunan tersebut, wisatawan juga bisa menikmati lembutnya pasir pantai yang bersih. Ombaknya pun cukup kenyang sehingga terkesan mendebarkan dan cocok untuk lokasi surfing.

Aktivitas menarik lainnya yang bisa dilakukan di sana seperti kulineran, berenang, berjemur, bermain pasir, berburu spot foto, dan masih banyak lagi. Untuk harga tiket masuknya sebesar Rp5.000 per orang.

Alamat: Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

7. Pantai Kukup

Pantai Kukup juga tidak kalah populer dari Pantai eksotis di Gunungkidul lainnya yang ada. Destinasi wisata ini punya sejumlah daya tarik seperti pasir putih, daerahnya yang dangkal, dan masih banyak lagi.

Hamparan pasir putihnya terbentang begitu luas dengan perpaduan birunya air laut. Pantai ini termasuk dalam daerah dangkal dengan deretan terumbu karang di sekelilingnya. Di sana juga terdapat berbagai macam biota laut seperti berbagai macam ikan hias laut, bintang laut, dan sebagainya.

Pantai Kukup juga berdekatan dengan Pulau Jumino, Gua Karang, dan tempat menarik lainnya. Masuk ke Pantai Kukup, wisatawan akan dikenakan tarif sebesar Rp5.000.

Alamat: Ngepung, Kemadang, Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55881.

8. Pantai Baronan

Pantai Baronan merupakan salah satu panti klasik yang ada di Gunungkidul. Di Pantai eksotis di Gunungkidul ini terdapat sebuah mercusuar di mana wisatawan bisa menikmati keindahan pantainya dengan begitu jelas. Bahkan di sana juga terdapat jam matahari yang seringkali dijadikan sebagai spot foto oleh para wisatawan.

Wisatawan juga bisa melakukan berbagai macam aktivitas menarik di sana seperti berenang, bermain pasir, surfing, hingga kulineran. Untuk tiket masuknya sebesar Rp10.000 per orang.

Alamat: Area Hutan, Songbanyu, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55883.

9. Pantai Sepanjang

Dinamakan Pantai Sepanjang lantaran Pantai eksotis di Gunungkidul ini punya garis pantai terpanjang dari pantai lainnya yang ada di pesisir selatan Pulau Jawa. Suasana pantainya masih begitu alami dengan deretan pohon alem yang menyegarkan.

Pantai ini juga dikeliling oleh bebatuan karang. Airnya berwarna biru sehingga menciptakan kesan yang begitu segar. Pantai ini cocok dijadikan sebagai tempat healing baik bersama keluarga maupun pasangan.
Ada banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan di sana seperti bermain pasir, volley pantai, berenan, piknik, dan sebagainya. Untuk fasilitas yang disediakan juga cukup lengkap.

Alamat: Jalan Sepanjang, Dusun Ngalos, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

10. Pantai Drini

Pantai Drini ini punya salah satu keistimewaan dari pantai-pantai lainnya yang ada di Gunung Kidul. Keistimewaan tesebut yaitu adanya sebuah pulau kecil yang bernama Pulau Drini. Dinamakan Pulau Drini lantaran di sana banyak ditumbuhi santigi atau banyak masyarakat yang mengenalnya dengan nama drini.

Karena punya ombak yang cuku tenang, wisatawan bisa berenang dan bermain air di sana. Bahkan ada pula aktivitas lainnya yang tidak boleh dilewatkan seperti menikmati sunset, berburu spot foto, kulineran, dan sebagainya.

Alamat: Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Itulah rekomendasi Pantai eksotis di Gunungkidul yang dapat kamu kunjungi. Bagi wisatawan Yogyakarta dan sekitarnya wajib banget memanfaatkan liburan akhir pekannya untuk mampir ke pantai tersebut.

Avatar for Erisa Vindia
Erisa Vindia Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.
Avatar for Erisa Vindia
Erisa Vindia Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments