Danau Taman Hidup Probolinggo, Keindahan yang Misterius

Camping Ground Danau Taman Hidup

Di Jawa Timur, Gunung Argopuro diakui sebagai gunung dengan jalur terpanjang di Pulau Jawa, dengan panjang rute mencapai 50 kilometer. Butuh waktu antara lima hingga enam hari untuk menaklukkan seluruh wilayah pendakian, menjadikannya masih banyak bagian yang belum terjamah.

Di antara lokasi yang tersembunyi ada Danau Taman Hidup Gunung Argopuro yang dikenal karena keindahan padang ilalangnya.

Terletak di sisi barat Gunung Argopuro, Danau Taman Hidup seringkali dijadikan tempat singgah bagi pendaki gunung sebelum melanjutkan perjalanan ke puncak. Keindahan alam di danau ini menjadi obat lelah untuk para pendaki atau wisatawan yang berkunjung. Menariknya lagi danau ini juga memiliki sisi misterius yang menarik untuk dieksplorasi lebih lanjut.

Sekilas Tentang Danau Taman Hidup

I am healing myself on all level
Instagram.com/yosefagustin

Destinasi yang memikat, Taman Hidup, menawarkan alternatif menarik untuk meluangkan waktu santaimu dengan petualangan yang menyenangkan. Wisata unik di Probolinggo ini menghadirkan danau yang dikelilingi oleh padang ilalang yang luas.

Tempat wisata alam satu ini menjadi tempat yang sempurna untuk merefresh diri di tengah kesibukan sehari-hari. Tempat ini seringkali ramai dengan pengunjung yang ingin menikmati keindahan alam dengan lebih leluasa.

Suasana berkabut dan udara sejuk ala pegunungan menjadikan Danau Taman Hidup Probolinggo sebagai destinasi yang sangat direkomendasikan. Jadi, jangan tunda lagi, segera jelajahi keindahan alam Taman Hidup bersama teman, keluarga, sahabat, atau orang-orang tercinta di sekitarmu.

Kisah Mistis yang Menyelimuti Danau Taman Hidup

299757728 130221546393707 4465551470589507423 n
Instagram.com/ardit_atmaja

Di tengah luasnya padang ilalang kamu bisa menemukan sebuah dermaga kayu kuno yang membentang hingga menjangkau tepi danau. Pada ujungnya terdapat sebuah gubuk kayu yang atapnya terbuat dari seng, ditopang hanya oleh empat batang kayu.

Dermaga ini nampak sudah lapuk oleh waktu, beberapa papan kayunya bahkan telah lenyap, meninggalkan lubang-lubang hampa di sepanjang jalurnya. Namun, daya tarik tersendiri muncul dari keadaan usang dermaga ini.

Bisa dikatakan bahwa dermaga dengan gubuknya menjadi spot utama untuk berfoto ketika mengunjungi danau ini. Penampilannya yang usang dan lapuk menambah aura mistis dari keindahan danau ini, terutama ketika kabut menyelimuti seluruh permukaan danau dan padang ilalang.

Kabut yang tiba-tiba muncul di Danau Taman Hidup tidak hanya menciptakan nuansa mistis, melainkan juga dikaitkan dengan pertanda buruk. Menurut kepercayaan setempat, Gunung Argopuro dijaga oleh Dewi Rengganis. Ketika berada di wilayah Gunung Argopuro, para pendaki diharuskan menjaga perilaku dan perkataannya.

Melanggar tata krama di daerah ini diyakini akan mengundang kemarahan Dewi Rengganis yang dapat menyebabkan munculnya kabut tebal dan badai hujan. Konon, para pendaki yang terperangkap dalam kemarahan Dewi ini sulit menemukan jalan keluar dari Gunung Argopuro.

Kisah mistis yang melingkupi Gunung Argopuro dan Danau Taman Hidup tidak berhenti di situ. Dewi Rengganis dan dayang-dayangnya juga konon sering menggoda para pendaki untuk terjun ke danau pada malam hari. Oleh karena itu, disarankan untuk tidak mengunjungi Danau setelah matahari terbenam.

Jika memang diperlukan bermalam, pendaki sebaiknya mendirikan tenda di padang ilalang yang jauh dari danau. Terlepas dari kepercayaan pada kisah ini saran ini sejatinya masuk akal. Apalagi saat curah hujan tinggi yang dapat membuat air meluap dan mengancam keselamatan di jembatan kayu tepi danau, baik dari ancaman mistis maupun ancaman alam.

Daya Tarik Danau Taman Hidup

MILKY WAY GALAXY
Instagram.com/fanton_fan

Daya tarik utama yang ditawarkan oleh Danau Taman Hidup adalah pemandangan yang luar biasa. Apalagi pemandangan saat matahari terbit. Pemandangan di danau ini akan sangat luar biasa hingga mampu menghipnotismu.

Selain itu kamu juga mendapatkan foto yang keren jika berkunjung ke wisata ini. Ada spot foto yang indah dan eksotis yang wajib kamu abadikan agar pengalaman liburanmu semakin berkesan.

Harga Tiket Masuk ke Danau Taman Hidup

Banyak destinasi wisata menarik di Probolinggo yang menawarkan keunikan yang patut dieksplorasi, dan Taman Hidup adalah salah satu yang tidak boleh dilewatkan ketika kamu menghabiskan waktu liburan di Probolinggo. Terletak jauh dari hiruk-pikuk perkotaan, danau di Probolinggo ini ideal untuk melepaskan lelah.

Apalagi kamu bisa bebas menikmati pemandangan indah Taman Hidup Argopuro tanpa biaya tiket masuk alias gratis. Hal ini karena destinasi ini sebenarnya merupakan pemandangan yang dapat dinikmati oleh pengunjung yang akan mendaki Gunung Argopuro.

Oleh karena itu, biaya tiket masuk hanya berlaku untuk para pendaki yang akan menuju Gunung Argopuro. Disarankan untuk mengunjungi tempat yang memukau ini pada siang hari yang cerah untuk menikmati panorama indahnya. Di malam hari, suasana gelap dan sepi dapat memberikan pengalaman yang kurang menyenangkan dan berpotensi berbahaya.

Alamat dan Rute Menuju Danau Taman Hidup

Taman Hidup berlokasi di Lembah Gunung Argopuro, diselimuti sejumlah kisah mistis yang menambah daya tariknya. Untuk mencapai danau ini, pengunjung akan diajak melintasi jalur yang cukup ekstrem dan penuh tantangan, menantang adrenalin mereka.

Walaupun jalur menuju destinasi utama Danau Taman Hidup tergolong sulit, namun semua kesulitan itu akan terbayar lunas oleh pesona panorama yang memukau di tempat ini. Rasa lelah yang dirasakan sejenak saat tiba di danau yang memiliki daya tarik tak tertandingi akan segera menghilang.

Alamat Taman Hidup terletak di Desa Bermi, Kecamatan Krucil, Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur. Tempat wisata alam berupa danau ini dapat dijangkau dari Alun-Alun Probolinggo dengan jarak kurang lebih 48 km.

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, akses menuju danau ini melibatkan jalur pendakian Gunung Argopuro. Meski Gunung Argopuro adalah gunung berapi tidak aktif yang sering menjadi destinasi pendakian kamu tidak perlu mendaki gunung ini jika tujuannya hanya ingin mencapai Danau Taman Hidup.

Jalurnya mirip dengan jalur pendakian gunung, menantang dan membutuhkan tenaga ekstra, namun tidak memerlukan pendakian penuh hingga puncak gunung. Agar tak tersesat dan lebih mudah kamu bisa memanfaatkan aplikasi googlemaps untuk menuju lokasi danau ini.

Fasilitas yang Ada di Danau Taman Hidup

Meskipun sejatinya danau ini bukanlah destinasi wisata yang dielola secara profesional seperti kebanyakan tempat, danau ini tetap menjadi sebuah gem hiding yang terletak di jalur pendakian gunung. Keunikan pemandangannya justru berhasil menarik perhatian banyak pengunjung, menjadikannya tujuan favorit saat liburan tiba.

Kealamian dan kebersihan danau ini masih terjaga dengan sangat baik, memberikan suasana yang sangat segar dan memukau. Meski fasilitas yang tersedia di Taman Hidup masih terbatas seperti tempat wisata pada umumnya, keasliannya menjadi daya tarik utama. Di danau ini kamu hanya akan menemukan sebuah tanah lapang yang biasanya digunakan sebagai tempat berkemah, sedangkan fasilitas lebih lengkap hanya dapat ditemui di pintu masuk pendakian Gunung Argopuro.

Tips Berkunjung ke Danau Taman Hidup

Jika kamu akan berkunjung ke danau ini maka ada baiknya untuk mneyimak dulu beberapa tips berikut ini:

  • Kunjungilah Danau Taman Hidup pada hari yang cerah, hindari datang saat mendung atau hujan.
  • Persiapkan kondisi fisikmu dengan baik untuk mengoptimalkan petualangan di Taman Hidup Argopuro.
  • Disarankan membawa bekal seperti minuman dan makanan ringan dari rumah sebelum memasuki area danau.
  • Untuk kamu yang berencana berkemah maka harus hati-hati dan tetap waspada di kawasan yang sepi dan jauh dari keramaian.
  • Bantu menjaga kebersihan sekitar danau dengan tidak membuang sampah sembarangan.
  • Perhatikanlah setiap sikap, perilaku, dan bahasa yang kamu gunakan selama berada di Danau Taman Hidup Probolinggo, demi kebaikan bersama. Jangan sampai bersikap atau melakukan hal yang tidak sopan.

Demikianlah sekilas informasi tentang Taman Hidup, danau terkenal di Probolinggo, Jawa Timur yang memiliki keindahan misterius. Yuk masukan Danau Taman Hidup di Gunung Argopuro dalam daftar destinasi petualanganmu selanjutnya untuk menjelajahi keindahan alam yang memukau.

Avatar for Yeni Susanti
Yeni Susanti Freelance Writer yang memiliki hobi menulis, nonton drama korea serta menulis artikel dengan berbagai tema mulai dari wisata, teknologi, kecantikan, kesehatan dan lain sebagainya.
Avatar for Yeni Susanti
Yeni Susanti Freelance Writer yang memiliki hobi menulis, nonton drama korea serta menulis artikel dengan berbagai tema mulai dari wisata, teknologi, kecantikan, kesehatan dan lain sebagainya.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments