7 Rekomendasi Pantai Banten Paling Hits

Pantai Banten

Bagi wisatawan Jawa Barat ketika ingin berlibur ke destinasi pantai Banten menjadi tujuan pilihan yang merupakan salah satu kawasan yang terletak di paling ujung barat pulau Jawa. Mendengar kata Banten, wisatawan tentunya akan membayangkan sebuah kawasan yang asri dan sejuk.

7 Rekomendasi Pantai Banten

Selain pantai di Bali, Kota Banten ini selalu saja dipadati para wisatawan ketika menjelang hari libur tiba. Maka dari itu, wisatawan yang ingin liburan dan menikmati keindahan pantai Banten yang ada, wajib banget merencanakannya dari sekarang.

Berikut ini ada beberapa daftar wisata pantai di Banten paling banyak diincar oleh orang-orang.

Pantai Sawarna

327065109 898101678008878 7725070153810298340 n.webp
Foto via Instagram.com/pantaisawarna.id

Pantai Sawarna merupakan pilihan utama para wisatawan karena memang sudah dikenal luas entah oleh wisatawan domestik maupun mancanegara. Pantai Sawarna ini berada di Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Google Maps.

Desa Sawarna sendiri terkenal memiliki pemandangan alam yang begitu menawan dari pegunungan, sungai-sungai, goa, hingga pantainya.

Pantai Sawarna terbagi menjadi 7 pantai dengan satu goa di dalamnya. Untuk melakukan liburan di semua area Pantai Sawarna, wisatawan memerlukan waktu sekitar 2 hingga 3 hari dengan satu pemandu professional.

Ketujuh pantai tersebut diantaranya Pantai Ciantir, Pantai Tanjung Layar, Pantai Karang Teraje, Pantai Teluk Lagon Pari, Pantai Pulo Manuk, Pantai Karang Bereum dan Pantai Bukit Cariang. Setiap pantai memiliki keistimewaannya tersendiri.

Beberapa aktivitas menarik yang bisa kita lakukan di pantai Banten ini seperti bermain pasir, berenang, selancar, voli pantai, dan masih banyak lagi. Wisatawan juga bisa berburu spot foto berlatar cantik hingga menikmati hidangan laut lezat.

Untuk masuk ke Pantai Sawarna ini, wisatawan hanya akan dikenakan tiket sebesar Rp 5.000 per orang. Adapun karcis kendaraan ditaksir mulai dari Rp 2.000 hingga Rp 5.000.

Pantai Tanjung Lesung

132830176 835593883904876 2599583091531849422 n
Foto via Instagram.com/jum_hendri

Pantai Tanjung Banten atau lebih dikenal dengan nama Pantai Tanjung Lesung ini menjadi pantai Banten favorit para wisatawan. Pantai Tanjung Lesung ini memancarkan keindahannya dari pasir putih serta air lautnya yang jernih. Adapun kerang kecil serta bebatuan tumpul menjadikan pantai ini terlihat sangat cantik.

Dari Pantai Tanjung Banten ini wisatawan bisa melihat pemandangan Selat Sunda yang menawan. Bahkan wisatawan juga bisa berfoto dengan latar cantik Gunung Anak Krakatau. Apalagi, semilir anginnya dijamin akan membuat wisatawan betah berada di sana.

Di Pantai Tanjung Lesung wisatawan wajib menikmati keindahan sunrise dan sunset. Selain itu, kita juga bisa melakukan beberapa aktivitas menarik seperti berenang, bersepeda, bermain pasir, hingga menyelam dan juga camping.

Bagi wisatawan yang menyukai kegiatan memancing, wajib banget melakukannya di Pantai Tanjung Lesung ini karena memiliki banyak jenis ikan besar mulai dari ikan barakuda hingga trevallies raksasa.

Pantai Tanjung Lesung ini berada di Desa Tanjungjaya, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Banten. Google Maps.

Untuk masuk ke Pantai Tanjung Lesung ini kita akan dikenakan tarif sebesar Rp 25.000 untuk hari Senin sampai Jumat dan Rp 40.000 untuk hari Sabtu dan Minggu.

Pantai Karang Bolong

261460216 641130293572779 2441992130918910307 n
Foto via Instagram.com/arrrafiu

Pantai Karang Bolong memiliki keunikan dari indahnya pemandangan batuan karang. Itulah sebabnya pantai Banten ini dinamakan sebagai Pantai Karang Bolong. Selain terkenal akan keindahan batuan karangnya, Pantai Karang Bolong juga dikenal memiliki cerita mistisnya tersendiri.

Konon, pada zaman dulu, Pantai Karang Bolong ini sering digunakan sebagai tempat bersemedi, wiridan, dan bertapa. Pantai Karang Bolong ini dipercaya sebagai gerbang dimensi menuju kerajaan gaib di bawah kekuasaan kerajaan pantai selatan.

Karena Pantai Karang Bolong ini memiliki ombak yang cukup besar, wisatawan tidak disarankan untuk berenang. Namun tidak perlu khawatir, di sana kita bisa menikmati hal asyik lainnya seperti berfoto dengan latar karang bolong, menikmati pemandangan dari atas gardu pandang, hiking ke bukit bati karang, memancing, menaiki perahu, dan lainnya.

Pantai Karang Bolong ini bisa kita kunjungi di Desa Karang Suraga, Cinangka, Serang, Banten. Google Maps.

Pantai Karang Bolong ini buka setiap hari selama 24 jam dengan harga tiket masuk sebesar Rp 15.000 per orang.

293038281 5613091102058355 142993085247178982 n.webp
Foto via instagram.com/pantaicaritaanyer

Pantai Carita

Pantai Carita tidak kalah populer dari Pantai Sawarna. Kepopulerannya ini berhasil menarik perhatian para wisatawan Banten dan sekitarnya. Pantai Banten ini memiliki keindahan dari pasir putihnya yang berhasil memikat para wisatawan. Apalagi jika terkena paparan sinar matahari, pasir tersebut akan memancarkan kerlipan layaknya sebuah berlian.

Di tepian Pantai Carita, wisatawan akan menemukan deretan pepohonan rindang yang biasa digunakan para pengunjung untuk berteduh. Kegiatan yang tidak boleh wisatawan lewatkan ketika mengunjungi Pantai Carita ini yaitu Diving dan Snorkeling. Kita bisa melihat berbagai biota laut yang menggemaskan.

Aktivitas lainnya yang bisa kita lakukan di Pantai Carita ini seperti bermain bola tangan, menaiki ATV, berenang, hingga mencoba wahana jetski. Wisatawan juga wajib mengabadikan momennya di setiap sudut Pantai Carita yang cantik.

Wisatawan bisa datang ke Pantai Carita yang berada di Kecamatan Carita, Sukarame, Kabupaten Pandeglang, Banten. Google Maps.

Untuk masuk ke Pantai Carita ini wisatawan akan dikenakan tarif sebesar Rp 15.000 per orang. Ada pun karcis parkir kendaraan ditaksir dengan harga mulai dari Rp 10.000. Wisatawan yang ingin mencoba berbagai wahana asyik yang ada di Pantai Carita akan dikenakan tarif mulai dari Rp 25.000.

Pantai Anyer

339670075 908574913701794 235424972985450140 n.webp
Foto via instagram.com/Patra.anyer

Rekomendasi pantai Banten berikutnya yang ada di Banten yaitu Pantai Anyer. Pantai Anyer ini selalu saja menjadi langganan dipadati oleh para wisatawan ketika menjelang hari libur. Hal tersebut lantaran lokasi Pantai Anyer ini cukup strategis serta kondisi lingkungannya yang selalu terjaga kebersihannya.

Sesampainya di Pantai Anyer ini wisatawan bisa menyusuri keindahan Pantai Anyer dengan cara berjalan kali di atas lembutnya hamparan pasir atau menyewa sepeda. Ketika berjalan-jalan di area Pantai Anyer, wisatawan akan menemukan mercusuar dengan ketinggian 16 lantai. Dari atas sana kita bisa mengabadikan momen indahnya Gunung Anak Krakatau.

Selain itu, wisatawan juga bisa berenang, menyelam, berselancar, snorkeling, bermain pasir, menaiki ATV hingga Banana Boat, dan masih banyak lagi. Aktivitas tersebut dijamin akan membuat wisatawan betah berlibur di sana.

Pantai Anyer ini berlokasi di Jalan Raya Anyer, Bandulu, Serang, Banten. Google Maps.

Untuk tiket masuk kendaraan bermotor ditaksir dengan harga Rp 25.000 dan mobil Rp 100.000.

Pantai Tanjung Ciputih

Dinamakan Pantai Ciputih karena pantai Banten ini memiliki pasir berwarna putih serta begitu lembut. Permukaan pantainya landai dan juga memanjang. Adapun deretan pohon kelapa yang turut mempercantik pemandangan Pantai Ciputih.

Pantai Ciputih ini memiliki ombak yang kecil dari pantai lainnya yang ada di sana. Sehingga wisatawan yang datang bersama si kecil dirasa aman untuk berenang di sana. Pantai Ciputih ini juga dilengkapi dengan resort mewah bernama Ciputih Beach Resort. Tidak lupa pula wisatawan bisa mampir ke Taman Nasional Ujung Kulon yang ada di sekitar sana.

Lokasi Pantai Ciputih ini berada di Jalan Raya Ujung Kulon, Kertamukti, Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten 42283. Google Maps.

Pantai Ciputih membanderol tiket masuknya sebesar Rp 10.000 untuk motor dan Rp 20.000 untuk mobil.

Pantai Bagedur

Pantai Bagedur terletak di Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak, Banten. Kawasan pantai ini dikenal begitu asri dan tenang. Banyak wisatawan yang menjadikan Pantai Bagedur sebagai tujuan wisata karena suasananya yang nyaman. Google Maps.

Pantai Banten ini memiliki tekstur pasir yang padat sehingga motor maupun motor aman dibawa masuk ke bibir pantai. Banyak wisatawan yang menyaksikan keindahan Pantai Bagedur di dalam mobil.

Bibir Pantai Bagedur ini cukup luas yakni sepanjanh 2 km sehingga cukup untuk menampung banyak wisatawan. Wisatawan yang datang bersama keluarga, bisa bermain pasir di bibir pantai. Bahkan kita juga bisa mendirikan tenda untuk mendirikan camping di sana.

Pada waktu-waktu tertentu, wisatawan bisa mencoba menaiki kapal nelayan. Kita bisa mengabadikan momen di atas perahu sambil menambah edukasi mengenai cara kerja menjadi seorang nelayan.

Masuk ke Pantai Bagedur ini wisatawan akan dikenakan tarif sebesar Rp 5.000 saja. Untuk menaiki kapal nelayan, biasanya wisatawan melakukan negosiasi lebih dulu dengan nelayan tersebut.

Itulah daftar pantai Banten yang bisa kita kunjungi di Banten. Wisatawan yang ingin mengajak keluarga menikmati keindahan panorama pantai, bisa banget mampir ke salah satu pantai yang menjadi rekomendasi Setapak Langkah.

Avatar for Marlina Septiana
Marlina Septiana Ibu Rumah Tangga yang memiliki hobi membaca serta menulis cerpen dan ulasan buku.
Avatar for Marlina Septiana
Marlina Septiana Ibu Rumah Tangga yang memiliki hobi membaca serta menulis cerpen dan ulasan buku.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments