website stat
Marlina Septiana Ibu Rumah Tangga yang memiliki hobi membaca serta menulis cerpen dan ulasan buku.

Museum Puri Lukisan, Koleksi Keindahan Seni Lukis Museum Tertua Bali

museum puri lukisan ubud

Museum Puri Lukisan merupakan museum tertua di Bali sebagai tempat menyimpan berbagai karya kesenian budaya yang menarik untuk dikunjungi. Museum yang memiliki koleksi lukisan dan ukiran kayu dari tradisional hingga modern.

Wisatawan dari berbagai daerah yang ada di Indonesia hingga turis asing tentunya mengidolakan Bali sebagai salah satu kota favorit yang selalu ingin dikunjungi ketika libur panjang tiba. Tidak heran jika Bali ini dijadikan sebagai pusatnya pariwisata di Indonesia bahkan ada yang menyebut Bali sebagai surganya dunia.

Hal itu tidak semata-mata terucap begitu saja. Faktanya, pesona Bali berhasil memabukkan para wisatawan. Banyak wisatawan yang merasa tertarik untuk datang lagi dan lagi ke Pulau Dewata ini. Itulah sebabnya Bali seketika dikenal luas oleh para wisatawan.

Di Bali ini wisatawan bisa menemukan beragam hal menarik yang bisa dinikmati bersama teman maupun keluarga tercinta. Destinasi wisata di Bali sangat beragam. Wisatawan bisa menemukan aneka tempat wisata alam, taman hiburan, bahkan beragam tempat kuliner Bali yang cukup ikonik dengan memadukan antara ciri khas Bali beserta konsep kekiniannya.

Dari wisata lainnya yang ada, wisata pantai Bali cukup mendominasi. Hal itu karena pesona pantai di Bali begitu eksotis. Airnya yang masih jernih, pemandangan yanh indah, dan suasana yang segar berhasil membuat wisatawan betah berlibur di sana. Namun keindahan Bali tidak hanya bisa dinikmati dari landscape pantainya saja.

Ada salah satu museum yang cukup menarik untuk dikunjungi ketika wisatawan berlibur ke Bali. Museum ini tidak hanya memberikan edukasi saja tetapi museum ini juga menampilkan kebudayaan Bali yang begitu menarik untuk ditelusuri. Wisatawan bisa datang ke sana untuk melakukan liburan yang anti mainstream di Pulau Dewata.

Museum tersebut bisa kita kenal dengan nama Museum Puri Lukisan. Museum Puri Lukisan ini sempat viral di media sosial pada tahun 2018 silam. Kepopulerannya ini menjadikan Museum Puri Lukisan selalu saja dipadati oleh para wisatawan. Tidak hanya wisatawan Bali saja yang merencanakan liburan di sana, beberapa wisatawan dari daerah lain hingga turis asing rela datang ke Bali hanya untuk mengunjungi Museum Puri Lukisan.

Daya Tarik Museum Puri Lukisan

287386398 166892629142573 2596659678207274943 n
Foto via Instagram.com/r_savi3

Bicara mengenai museum tentunya wisatawan akan mengira bahwa tempat tersebut sangat membosankan. Namun perlu kita tau, Museum Puri Lukisan ini berbeda dari museum lainnya. Di sana wisatawan akan dibuat betah dengan beragam karyanya yang indah. Terutama bagi pecinta seni, wajib banget datang ke Museum Puri Lukisan ini.

Wisata Menarik Lainnya :  Phuket Thailand - 9 Destinasi Wisata Terbaik di Negeri Gajah Putih

Museum Puri Lukisan ini berada di kawasan Ubud yang menjadikannya populer dan juga memiliki pesona luar biasa. Museum ini merupakan museum seni tertua yang ada di Bali. Gagasan ide menciptakan museum ini sudah ada sejak tahun 1936 yang dipelopori oleh sekumpulan seniman Bali yang bernama Pitamaha.

Kemudian gagasan tersebut baru terealisasi pada tahun 1956. Sejak saat itu, Museum Puri Lukisan ini dijadikan sebagai museum paling hits di Bali. Hingga saat ini Museum Puri Lukisan selalu ada di hati masyarakat Bali hingga digemari oleh beberapa wisatawan luar.

Sesampainya di Museum Puri Lukisan, wisatawan akan melihat beragam kebudayaan Bali yang menarik. Ada beberapa lukisan dan ukiran kayu yang cukup mencolok di Museum Puri Lukisan. Kesenian tersebut sudah ada sejak tahun 1930. Beberapa diantaranya yang kita tau yakni batuan, ubud, Sanur, young artist, sekolah keliki, dan masih banyak lagi.

Museum Puri Lukisan ini terdiri dari tiga bangunan utama di mana setiap bangunannya menyimpan deretan lukisan yang cukup menarik perhatian. Di sebelah utara gedung, wisatawan akan melihat sebuah area bernama pitamaha gallery. Pitamaha gallery ini menyimpan beragam lukisan karya I Gusti Nyoman Lempad. Di area ini wisatawan tidak hanya akan menemukan sebuah lukisan saja. Ada pula beberapa koleksi seperti seni arsitektur dan juga seni pahat.

Lanjut ke area yang ada di sebelah Barat, wisatawan akan menemukan area bernama Ide Bagus Made Gallery. Area ini dilengkapi dengan berbagai koleksi Ide Bagus Made. Dan bersebrangan dengan area tersebut wisatawan akan menemukan area wayang gallery. Sesuai dengan namanya, area ini menyimpan beragam koleksi wayang mulai dari wayang tradisional hingga modern.

Selain koleksi tersebut, Museum Puri Lukisan juga memiliki beragam karya dari seniman ternama yaitu I Gusti Made Deblog, Anak Agung Gde Sobrat, Ide Bagus Nyana, dan masih banyak lagi. Bagi para pecinta seni, mengunjungi Museum Puri Lukisan ini merupakan sebuah hal yang cukup menggiurkan.

Wisatawan juga bisa bermain-main di area tamannya yang begitu cantik. Taman ini dilengkapi dengan aneka koleksi bunga yang begitu cantik. Lalu ada pula patung beserta kolam yang cantik untuk dijadikan sebagai spot foto yang instagramble.

286870945 833202961326385 7701546200787882375 n
Foto via Instagram.com/r_savi3

Museum Puri Lukisan juga menyediakan area kantin yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan untuk mengenyangkan perut. Beragam menu makanan bisa wisatawan temukan di kantin ini mulai dari makanan berat hingga makanan ringan. Beberapa makanan yang akan wisatawan temukan di sana yakni sate lilit, spaghetti, roti bakar, dan lainnya. Untuk harga menu makanan yang ada di kantin tersebut ditaksir mulai dari Rp 7.000 hingga Rp 68.000.

Wisata Menarik Lainnya :  Alun-Alun Batu - Rekomendasi Liburan Asyik Menghemat Duit

Harga Tiket Masuk Museum Puri Lukisan

Karena merupakan salah satu museum bernilai, Museum Puri Lukisan ini membanderol harga tiket lebih mahal dari museum lainnya yang ada di Bali. Wisatawan akan dikenakan tarif sebesar Rp 75.000 per orang dengan syarat usia di atas15 tahun. Dengan membayar tiket tersebut wisatawan bisa mendapatkan drink dan juga camilan.

Ada pun tiket tambahan berupa karcis parkir yang mana dibanderol dengan harga Rp 5.000 hingga Rp 10.000 tiap kendaraan. Meskipun memiliki tarif yang lebih tinggi dari tarif museum lainnya, tetapi di sana wisatawan akan merasa puas dengan fasilitasnya yang cukup lengkap.

Lokasi dan Jam Buka Museum Puri Lukisan

Bagi wisatawan yang ingin mengunjungi Museum Puri Lukisan ini bisa langsung pergi ke Jalan Raya Ubud, Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali. Lokasinya berdekatan dengan Ubud Monkey Forest sehingga bagi wisatawan yang pernah melakukan liburan di sana tentu sangat mudah untuk menemukannya. Map klik disni.

Jika dari pusat Kota Denpasar wisatawan akan memakan waktu hingga 1 jam perjalanan dengan melalui Jalan Palguna ke arah Jalan Raya Ubud.
Wisatawan yang ingin menjelajahi seisi Museum Puri Lukisan

isa datang ke sana di mana waktu operasional Museum Puri Lukisan ini dari mulai pukul 12.00 WIB sampai dengan pukul 18.00 WIB dan beroperasi kembali mulai pukul 21.00 WIB hingga pukul 00.00 WIB.
Durasi waktu operasionalnya ini cukup panjang. Dan bagi wisatawan yang tidak sempat datang ke sana di waktu siang, bisa mampir di waktu malam hari.

Akomodasi

Wisatawan yang ingin melakukan penginapan di hotel yang berdekatan dengan lokasi Museum Puri Lukisan bisa datang ke Madara Ubud Villas yang terletak di Jalan Sandat No.45, Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571.

Jarak tempuhnya hanya memerlukan waktu sekitar 8 menit perjalanan dari Museum Puri Lukisan. Untuk tarif penginapannya ditaksir dari mulai harga Rp 488.000 hingga Rp 1.893.000 per malam sesuai dengan paket penginapan yanh wisatawan inginkan.

Wisatawan pecinta seni yang berencana melakukan liburan ke Bali bisa banget langsung memusatkan tujuan ke Museum Puri Lukisan ini.

Rate this post
kredit pinjaman online jasa travel hotel terdekat luxury hotel hotel murah wisata luar negeri umroh sewa mobil allianz indonesia travel insurance premi asuransi mobil asuransi islam asuransi wisata atlas indonesia daftar asuransi terbaik di indonesia indonesian travel manulife indonesia pt asuransi adira dinamika asuransi perjalanan peta indonesia lengkap asuransi syariah asuransi perjalanan sewa kendaraan
Marlina Septiana Ibu Rumah Tangga yang memiliki hobi membaca serta menulis cerpen dan ulasan buku.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *