Koridor Gatsu, Wisata unik yang Terpopuler dan Terbaru di Solo

Koridor Gatsu Solo

Solo merupakan salah satu kota yang cukup populer akan tempat wisatanya. Salah satu contohnya ada Koridor Gatsu. Tak seperti tempat wisata kebanyakan, wisata yang satu ini cukup unik. Di sini kamu bisa tak sekedar bisa liburan dan jalan-jalan saja.

Saat berkunjung kamu bisa sekalian menikmati indahnya karya seni lukisan dan mural. Tak hanya itu saja pastinya kamu juga bisa menikmati keunikan dan daya tarik lain yang ditawarkan oleh wisata Solo ini. Untuk lengkapnya simak dulu informasinya berikut ini!

Sekilas Tentang Koridor Gatsu

b 5
Instagram.com/fardeean_thias

Koridor Gatsu, dulunya dikenal sebagai Koridor Gatot Subroto. Namun seiring berjalannya waktu kini tempat ini telah menjadi pusat seni jalanan yang ramai di Kota Solo. Setiap malam minggu, puluhan seniman berkumpul di sini untuk memamerkan karya seni mereka, bergabung dengan beragam anak muda dan wisatawan yang menjelajahi keindahan koridor Gatsu.

Tidak hanya terbatas pada lukisan atau mural di pintu toko, banyak seniman lukis dan musisi yang aktif di sini sepanjang malam. Daya tarik khususnya terletak pada ketertarikan anak muda terhadap karya seniman ini, yang sering kali menghasilkan karya yang sangat cocok untuk diabadikan dalam foto Instagram.

Warna-warni cat diaplikasikan dengan berbagai figur, menciptakan gambar-gambar menarik yang memberikan kesan estetik di Koridor Gatsu. Hal utama yang menarik, para wisatawan untuk mengunjungi area ini berkesempatan untuk menyaksikan langsung proses kreatif para seniman, mulai dari seni lukis, musik, puisi, hingga pertunjukan teater.

Fakta Menarik Koridor Gatsu

c 2
Instagram.com/pramukakeren592

Koridor Gatsu-Ngarsopuro diketahui memiliki panjang kurang lebih 1 km. Panjang tersebut dimulai dari Candi Mangkunegaran hingga mencapai Lapangan Singosaren. Proyek pembangunan koridor ini mendapat perhatian utama dari Walikota Solo saat itu, Gibran Rakabuming Raka.

Terletak di Jl Gatot Subroto atau yang akrab disebut Gatsu-Ngarsopuro, Solo kini tempat wisata ini telah menjadi ikon wisata malam yang menyegarkan sekaligus unik. Hal ini karena wisata ini menggabungkan seni, budaya, dan kuliner.

Koridor Gatsu-Ngarsopuro juga telah menjadi ruang publik yang menarik di Solo. Lebih dari itu tempat wisata ini sukses menarik perhatian warga lokal dan wisatawan dari luar kota berkat sejumlah spot foto menarik yang dapat dinikmati pada malam hari.

Kecantikan lukisan mural yang beragam berhasil dipadukan secara harmonis dengan bangunan-bangunan megah di sekitarnya, menjadikan koridor ini sebagai destinasi urban unik Kota Solo. Selain menjadi daya tarik wisata, koridor ini juga memiliki potensi sebagai warisan sejarah dan budaya dengan karakteristiknya yang khas.

Kegiatan Menarik di Koridor Gatsu

d 2
Instagram.com/rockinsolofestival

Akhirnya Koridor Singosaren atau yang dikenal sebagai Koridor Gatsu menjelma menjadi ikon terbaru yang memperkokoh identitas Solo sebagai kota berbudaya. Pembangunan gapura di kawasan Gatsu Solo tidak hanya bersifat fisik.

Namun wisata ini juga sarat dengan makna filosofis yang mencerminkan kekayaan budaya. Saat mengunjungi koridor ini, ada sejumlah kegiatan menarik yang sebaiknya kamu saksikan dan lakukan. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Jalan-Jalan di Sepanjang Koridor

Koridor ini telah direnovasi secara khusus dan diatur ulang dengan tujuan memberikan kenyamanan bagi para pejalan kaki. Pihak pengelola bahkan melakukan penggantian lantai koridor pedestrian menggunakan batu andesit. Selain itu, kanopi-kanoi yang tersebar di sepanjang koridor dilengkapi dengan lampu-lampu kecil yang mempercantik penampilan kanopi tersebut.

Santai di Bangku Taman

Sebagai area interaksi publik, pihak pengelola telah menyediakan fasilitas berupa bangku taman. Langkah ini dilakukan untuk menciptakan lingkungan yang nyaman sebagai ruang terbuka. Tidak jarang, pengunjung ditemukan duduk santai di bangku, berbincang-bincang. Suasana ini umumnya didominasi oleh keluarga, orang tua, hingga pasangan.

Sentuhan lampu kecil dari kanopi semakin menambah kehangatan tempat ini, memberikan Koridor Gatsu ini nuansa yang semakin hidup. Bangku taman ini sering menjadi tempat duduk yang nyaman untuk menyaksikan pertunjukan seni. Uniknya, bangku ini dirancang khusus menggunakan keranjang atau bronjong, menambah kesan alami dan tradisional.

Mengikuti Workshop di Koridor Singosaren

Selain menikmati keindahan seni, para pengunjung juga memiliki kesempatan untuk mengikuti workshop yang rutin diadakan oleh para seniman. Mulai dari belajar melukis menggunakan cat di atas kertas hingga langsung di atas kanvas, menjadi pengalaman yang menarik, bukan? Terutama bagi kamu yang memiliki hobi melihat sketsa wajah yang hampir sempurna, seringkali ada workshop khusus untuk itu.

Ketika malam semakin larut, Koridor Gatsu menjadi semakin ramai dengan pengunjung, tidak hanya dari kalangan anak muda, namun juga banyak yang datang bersama keluarga. Suasana di koridor berubah menjadi seperti galeri seni mural, menarik perhatian pengunjung untuk melihat-lihat.

Bahkan terkadang, bukan hanya sebagai penonton, tapi juga diundang untuk berpartisipasi langsung dalam pembuatan karya seni mural ini. Tentu saja, ini akan memberikan pengalaman yang sangat berkesan bagi para wisatawan yang berkunjung.

Berburu Oleh-Oleh

Banyak pedagang membuka tempat dagang mereka, menawarkan berbagai produk UMKM khas Solo dengan harga yang terjangkau. Kamu dapat menemukan beragam barang seni, seperti anting-anting, kalung, gelang, pakaian, dompet, tas, topi, dan banyak lagi. Jadi kamu dapat berbelanja oleh-oleh sambil menikmati pertunjukan yang terus berganti di sepanjang Koridor Gatsu.

Hunting Foto Keren

Sebagai pusat seni, tentu saja terdapat banyak lokasi foto yang sangat menarik dan sayang untuk dilewatkan. Koridor pertokoan ini didekorasi dengan berbagai mural yang memiliki daya tariknya sendiri, terutama bagi kamu yang memang suka berburu foto Instagram. Ditambah dengan berbagai ukiran dan lampu hias yang menghiasi trotoar, menambahkan nilai estetika yang memikat.

Mural yang merupakan karya seniman memberikan konsep yang unik. Setiap karya seni memiliki konsep dan pesan moral yang berbeda, yang ingin disampaikan oleh pembuatnya. Penampilan baru di koridor Gatsu Solo ini berhasil menambah keindahan Kota Surakarta, bahkan menjadikannya sebagai salah satu destinasi wisata yang tak boleh terlewatkan pada malam hari, tidak lagi terpusat hanya di area balai kota.

Harga Tiket Masuk ke Koridor Gatsu

Tempat ini bebas tiket masuk, alias gratis, kecuali bila kamu mengikuti workshop yang biasanya memerlukan biaya tambahan. Jika kamu ingin memberikan penghargaan kepada para seniman yang tampil, disarankan untuk membawa uang lebih. Selain itu kamu hanya perlu membayar biaya parkir kendaraan.

Alamat Koridor Gatsu

Koridor seni ini terletak di perempatan Pasar Pon, Jl. Gatot Subroto. Dihadiri oleh dua gapura yang mengesankan, pada sisi selatan (lorong Gatsu) menampilkan warna biru muda dengan arsitektur khas Keraton Surakarta Hadiningrat Kasunanan, sementara di sisi utara (lorong Ngarsopuro) menampilkan warna hijau dengan gaya yang mencerminkan Mangkunegaran.

Rute Menuju Koridor Gatsu

Lokasinya yang strategis yaitu di Jalan Gatot Subroto, Perempatan Pasar Pon, Solo membuat wisata yang satu ini sangat mudah diakses. Untuk mencapai lokasi ini kamu dapat melalui Jl. Slamet Riyadi atau Jl. Dr. Rajiman.

Jalanannya yang tergolong mulus baik memastikan akses lancar tanpa hambatan bagi semua jenis kendaraan, mulai dari sepeda motor hingga rental mobil Solo yang ekonomis, bahkan bus pariwisata. Di sepanjang jalan utama menuju Koridor ini, telah dipasang plang dan petunjuk arah untuk memudahkan para wisatawan yang hendak mengunjungi.

Jam Operasional Koridor Gatsu

Sebelum berkunjung ke sini, penting bagi wisatawan untuk mengetahui bahwa Koridor Gatsu hanya beroperasi pada akhir pekan, yakni setiap Jumat hingga Sabtu. Sebagai destinasi malam, para penjual akan membuka lapak mereka mulai dari sore hingga tengah malam.

Sementara itu, hiburan di koridor ini biasanya dimulai pukul 18.00 hingga 22.00 WIB. Bagi yang datang dalam kelompok besar, opsi untuk menyewa Bis Solo dapat mempermudah perjalanan ke sini sambil menjelajahi kota Solo dengan lebih efisien.

Tips Liburan ke Koridor Gatsu

Berikut adalah beberapa tips untuk kamu yang berencana mengunjungi Wisata Koridor Gatsu di Solo:

  • Mengingat acara berlangsung pada malam hari, pastikan kamu mengenakan pakaian hangat yang nyaman.
  • Sebaiknya hindari kunjungan saat musim hujan atau cuaca buruk karena tempatnya terbuka.
  • Pastikan kondisi tubuhmu fit, karena perjalanan akan melibatkan berjalan sepanjang koridor.
  • Disarankan membawa uang lebih sebagai tindakan pencegahan agar liburanmu berjalan lancar sesuai harapan.

Demikianlah informasi mengenai Koridor Gatsu di Solo yang saat ini sedang populer. Keberagaman spot mural yang menakjubkan akan menjadi daya tarik utama, cocok untuk kegiatan berburu foto.

Avatar for Yeni Susanti
Yeni Susanti Freelance Writer yang memiliki hobi menulis, nonton drama korea serta menulis artikel dengan berbagai tema mulai dari wisata, teknologi, kecantikan, kesehatan dan lain sebagainya.
Avatar for Yeni Susanti
Yeni Susanti Freelance Writer yang memiliki hobi menulis, nonton drama korea serta menulis artikel dengan berbagai tema mulai dari wisata, teknologi, kecantikan, kesehatan dan lain sebagainya.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments